Testride TVS Dazz, Skutik Mungil dengan Ability Mumpuni !!

 

Dazz 8

 

Oke, Setelah kita menilik-nilik Aspek detail, kualitas & material skutik asal negeri India, TVS Dazz, Kali ini EA’s Blog akan mereview seputar ability handling & performa skutik seharga 10 jutaan ini. . . Oiya, Acara ini masih dalam rangka acara Test-Ride TVS Max 125 yang diadakan oleh TVS Motomart, Jatake, Tangerang, Yang EA’s Blog hadiri beberapa waktu silam. . . Kebetulan, EA’s Blog juga sempat mengetes ability dari beberapa produk TVS lainnya seperti TVS Dazz, TVS Apache RTR 160 & TVS Apache X-Venture 180. . .

Penasaran seperti apa sih penilaian EA’s Blog terhadap skutik mungil yang satu ini ?? Yuk langsung aja kita simak Brosist, Cekidots…..!

 

Dazz 11

 

Pertama kali menghidupkan mesinnya, Suara Knalpot yang dihasilkan oleh TVS Dazz terdengar seperti skutik Jepang yang sering wara-wiri di Jalanan, Yakni halusss dan smooth. . . Oke sebelum kita lanjut ke yang lebih detail, Lantaran EA’s Blog pernah menjajal membawa Spacy Helm-In, Beat PGM-FI, Mio J & Mio GT, Maka parameter perbandingannya dengan skutik tersebut tadi saja yaa Brosist. . .

 

Digeber-geber, Nampak skutik India berkubikasi 109 cc ini memang sangat mirip dengan skutik jepang meskipun dibekali mesin overbore (diameter piston besar). . . Satu hal yang unik, Ternyata TVS Dazz dibekali karburator berjenis Konvensional alias Skep loh Brosist ( Cek gambar diatas ). . . Ini tentunya berbanding terbalik dengan kebanyakan skutik di Indonesia yang dibekali karburator berjenis Vakum. . . Kelebihannya, Karburator jenis konvensional ini dikenal lebih responsif, Lantaran langsung menarik tabung skep di karburator tuh Brosist. . .

 

dazz 9

 

Oke, Setelah mengamati karakter TVS Dazz dari detail dan suara mesinnya, Kini waktunya untuk puntir selongsong gas skutik India ini. . . Berkesempatan mengetes pertama sebelum nantinya bertukar motor, EA’s Blog rasakan TVS Dazz ini bener-bener enteng buangeett. . . Motornya nurut poll untuk ditekuk dan selap-selip menyalip truk besar yang hilir-mudik di sekitar Kawasan Industri Jatake. . .

 

Dazz 10

 

Jika dirasakan dan dianalisa, Handlingnya jelas lebih nurut dibanding Spacy milik EA’s Blog. . . Ibaratnya, Handling motor ini serasa membawa Mio J, namun dengan suspensi mumpuni layaknya Beat FI. . . Oleh karena itu, Skutik ini juga nikmat dibawa di jalanan yang rada bergelombang, yang banyak ditemui di area pengetesan. . . Poin penting lainnya, Rem TVS Dazz ini koq mantep (pake banget) yaa ?? Braking dari 60 Km/h hingga melambat dengan jarak yang terlalu jauh, Gak ada gejala ngebuang tuh Brosist. . .

 

Dazz 2

 

Bagaimana dengan performanya ?? Nah, Berbekal Karburator konvensional / skep yang tadi EA’s Blog Sebutkan, Ternyata hasilnya justru diluar harapan tuh Brosist. . . Yup, Masih ada gejala seperti “Ngeden” di Skutik ini saat digeber gaspoll dari posisi diam. . . Dianalisa dari berbagai percobaan ngegas, IMHO Terasa power motor ini baru keluar saat speedometer menyentuh angka 30 Km/h. . . Powernya baru terasa ngisi hingga putaran mesin atas, Sementara dibawahnya malah agak kedodoran dan sedikit di luar ekspektasi. . .

Saat mengingat spek teknis TVS Dazz, EA’s Blog baru sadar kalau Motor ini dibekali Mesin Overbore, yang berarti memang sudah “dari sananya” motor ini jinak di putaran bawah. . . ๐Ÿ˜€

 

Meskipun demikian, Jika dibandingkan dengan Skutik Jepang yang EA sebutkan tadi (Dalam kondisi standard ting-ting), TVS Dazz masih sangat mampu bejaban, bahkan masih bisa sedikit unggul asal tahu bagaimana karakternya & kapan harus menggeber poll. . . Oiya, Lantaran treknya yang berada di lingkungan Kawasan Industri, Jadi pengetesan maksimal hanya bisa diraih sampai sekitar 70-80 Km/h oleh EA’s Blog. . .

 

 

Well. . . Demikian tadi hasil review dan analisa EA’s Blog terhadap performa & ability Sang Skutik India, TVS Dazz. . . Hasilnya, Selain punya kualitas material dan finishing yang baik, TVS Dazz ini juga punya ability yang mumpuni di sektor pengereman & handling, Juga masih bisa bejaban dengan skutik Jepang dalam hal performa. . . Yang perlu diingat, TVS Dazz ini dibanderol Rp. 10 Jutaan pas saja yaa Brosist !! Yang berarti lebih murah sekitar 2-3 juta (CMIIW) dengan skutik jepang yang EA’s Blog sebutkan tadi. . . Nah, Silahkan Brosist simpulkan sendiri bagaimana “last word” nya, Gimana Brosist. . . . ? ? ? ๐Ÿ™‚

 

So, TVS Dazz. . . . Skutik Murah yangย  Punya Ability Mumpuni !!

Dazz 12

Baca Juga yaa Brosist. . . .

 

Bertemu TVS Dazz, Skutik Mungil Yang Maksi Abisssย !!

Bertemu TVS Max 125, Sport Seharga 12,6 Jutaanย !!

Test Ride TVS Max 125, Sport Murah Tapi Tak Murahanย !

New TVS Max 125 dan Jawaban Pertanyaan Brosist Sekalian. . .ย !

Tak Hanya Max 125, TVS Juga Perkenalkan 3 Motor Konsepnya Di Event PRJ 2014ย !

TVS Max 125, Sport Semi-Trail TVS Dibanderol Hanya 11,9 Jutaan Di PRJย !!

Bersiap, Hasil Kolaborasi TVS-BMW Segera Hadirย !

Iklan

38 comments

  1. TVS dazz benerโ€ handal tak tertandingi saya sudah membuktikannya sparepartnya lengkap paling murah di banding mopang topspeadnya sampe cepe loh, punya saya 1liternya bisa menempuh 60

  2. TVS dazz benerโ€ handal tak tertandingi saya sudah membuktikannya sparepartnya lengkap paling murah di banding mopang topspeadnya sampe cepe loh, punya saya 1liternya bisa menempuh 60 km

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s