Kawasaki ZX750 Turbo, Saat Turbocharger Bersemi di Geng-Ijo !!

 

ZX750 Turbo

 

Brosist sekalian. . . Kabar kehadiran Kawasaki Ninja H2 & H2R baru-baru ini memang perlu diakui, telah mengguncang jagad otomotif dunia. . . Sosoknya yang dibangun oleh hampir seluruh Jajaran Divisi Kawasaki Heavy Industries (KHI) Group, Tampilan Hi-Tech, Supercharged-Ready & Performa yang menggetarkan Adrenalin, Mengundang banyak respon positif, sekalipun hanya bisa memimpikannya seperti EA’s Blog. . .

Namun, Ninja H2R bukanlah produk pertama geng-ijo yang ditambahkan teknologi pemutar turbocharger/supercharger loh Brosist. . . Jauh sebelum Ninja H2R meluncur beberapa hari silam, Sebenarnya sudah ada mahakarya Kawasaki lainnya yang tak kalah fantastis. . .

Motor apakah itu dan seperti apa teknologi yang digunakan ?? Yuk kita intip bareng-bareng Brosist. . . Cekidots !!

 

 

 

Lebih dari 30 Tahun sebelum Ninja H2R diperkenalkan ke publik, Sebelumnya Kawasaki sebenarnya telah memiliki jagoan yang tak kalah fantastisnya. . . Yup ! Adalah Kawasaki ZX750 – Turbo, Sosok Produk Kawasaki yang diplot untuk mengisi pasar yang saat itu dihuni oleh kumpulan motor berteknologi Turbocharger, Sebut saja Yamaha XJ650 Seca Turbo, Suzuki XN85 Turbo & Honda CX650 Turbo. . .

Sejujurnya, Kawasaki adalah yang paling tertinggal soal penggunaan Turbocharger di Produk Sepeda Motornya. . . Ini lantaran Kawasaki ZX750 Turbo baru meluncur ke Pasaran di tahun 1983 silam. . . Tertinggal sekitar 2 tahun dari Motor Turbocharged pertama, besutan Kwartet Pabrikan Jepang lainnya. . . Akan tetapi, Meskipun tertinggal tapi Kawasaki justru mampu menjadi yang terbaik loh Brosist. . .

 

ZX750 Turbo 4

 

Sisi Desain, Motor ini mengaplikasi Style Fairing Sambung untuk memaksimalkan sisi Aerodinamika-nya. . . Untuk estestikanya, jangan berharap lebih yaa Brosist, Pasalnya Motor ini lansiran tahun 1983 yang berarti style Full-Fairing pun belum berkembang. . .

Akan tetapi, Bila melihat spek nya yang sudah menggunakan Frame Steel Double-Craddle, Velg Alumunium Cast-Wheel, Suspensi depan Teleskopik Anti-Dive, Suspensi belakang Monoshock & Uni-Trak System, Sudah cukup laah yaa Brosist…. 😀

 

ZX750 Turbo Parts

 

Yang menarik adalah saat kita menilik sektor mesinnya. . . Yup ! Seperti yang disinggung tadi, Kawasaki ZX750 ini sudah dibekali Turbocharger sebagai suplemen mesin Inline-Four nya. . . Menarik, Karena Kawasaki menempatkan unit Turbocharger yang beda dari biasanya, Yakni ditempatkan di depan mesinnya bersebelahan dengan knalpot, Berbeda dengan motor Turbocharger lainnya yang biasanya ditempatkan di belakang mesin. . . Penempatan ulang perangkat turbocharger besutan merk Hitachi ini bertujuan untuk mengurangi gejala “Turbo Lag” , yang sering dialami Mesin Turbocharger Brosist. . .

 

ZX750 Turbo 1

 

Asyiknya lagi, Kawasaki ZX750 juga sudah mengusung Penyuplai BBM berjenis Electronic Fuel-Injection plus Computerized Linked-System tuh Brosist. . . Computerized Linked-System ini berfungsi untuk mengatur Bukaan Throttle, Tekanan Udara, Suhu Mesin & Pergerakan RPM per Tekanan Gas Buang yang dihasilkan Knalpot, Sebuah fitur yang baru ditemui di Motor keluaran 90-an hingga era Modern ini. . .

Itu artinya, Fitur Turbocharger di ZX750 ini dapat dimaksimalkan penggunaannya, Ketimbang menggunakan Karburator dan perangkat “Tradisional” lainnya. . . Yang perlu diingat, Motor ini lansiran 1983 yaa Brosist !! What, Tahun 1983 sudah pakai Penyuplai BBM Fuel-Injected ?? Hmmm…..

 

ZX750 Turbo Engine

 

Uniknya lagi, Mesinnya masih dibekali pendinginan sekelas Oil-Cooled (Pendingin Oli) loh Brosist. . . Satu hal yang perlu diingat, Mesin dengan turbocharger (apalagi turbo jadul), Pasti menghasilkan panas mesin yang luar biasa tuh Brosist !! Kebayang kan, kalau hanya memakai pendinginan sekelas Oil-Cooled ?? Pasti material mesinnya kelas dewa banget deh tuh Brosist….. Itu sebabnya, Kawasaki juga melapisi beberapa part ZX750 ini dengan lapisan silikon (Seal, Seal O-Ring, Rantai) plus diberikan beberapa potongan sirip air-fins yang berbeda ketimbang ZX750 Non Turbo, Yang bertujuan untuk pelepasan panas yang lebih cepat. . .

 

ZX750 Turbo Ride

 

Hasilnya, Saat diboost dengan tekanan standar 10,5 Psi, Kawasaki ZX750 mampu memuntahkan tenaga hingga 112 HP @ 9.000 RPM, Plus Torsi Badak 99,1 N.m @ 6.500 RPM. . . Power Kawasaki ZX750 Turbo ini melejit dan berteriak maksimal saat putaran mesin berada di 5.000 RPM hingga menyentuh redline di 10.000 RPM, Seiring dengan makin besarnya tekanan gas yang dimuntahkan oleh mesin lewat leher knalpot. . . Motor bermesin 738 cc ini mampu berlari maksimal hingga 146 mph atau sekitar 235 Km/h !! Plus catatan 0-402 m mampu ditempuh hanya dalam waktu 10, 9 detik saja !!

Sebuah angka yang bahkan sulit dilewati oleh Superbike 4-Tak era 80-an yang berkubikasi 1000 cc…..

 

Tahukah Brosist ??

Kawasaki ZX750 Turbo Memegang Rekor Sebagai Sepeda Motor Turbocharger tercepat di Dunia,

Pada tahun 1983 Silam….

 

 

Nih Dia Spesifikasi Kawasaki ZX750 Turbo, Spesial untuk Brosist sekalian….

 

Manufaktur : Kawasaki

Model : ZX750E (ZX750 – Turbo, GPZ750R)

Tahun Pembuatan : 1983

 

Engine : 4-Tak, Oil-Cooled, Inline 4 Silinder, DOHC 8 Valve (2 Valve per Silinder), Hitachi HB-10 Turbocharged

Bore x Stroke : 66 x 54 mm

Kapasitas Silinder : 738 cc

Sistem Penyuplai BBM : Electronic Fuel-Injection

Rasio Kompresi :   7, 8 : 1 (Turbocharged Off)

Transmisi : 5 – Speed

Ignition : Digital Electronic

Starter : Elektrik Starter

Max Power : 112 HP @ 9.000 RPM

Max Torsi : 99, 1 N.m @ 6.000 RPM

Top Speed : 235 Km/h

 

Panjang x Lebar x Tinggi : 2220 x 740 x 1185 mm

Jarak Sumbu Roda : 1490 mm

Tinggi Jok : 780 mm

Berat Kosong : 223 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 18 Liter

 

Frame : Double Tubular Steel Cradle

Suspensi Depan : Teleskopik Fork 37 mm, Anti-Dive System

Suspensi Belakang : Monoshock Adjustable, With Uni-Trak

Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik, Disc 280mm, Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Disc 270 mm, Kaliper 2 Piston

Ban Depan :  110/90 – R18

Ban Belakang :  130/90 – R18

 

 

 

Well. . . Meskipun ketenarannya terdengar hingga ke seluruh penjuru dunia, Namun penjualan Kawasaki ZX750 – Turbocharger ini jelaslah tak bersinar, Begitupun dengan para kompetitor lain yang bermesin Turbocharger. . . Selain harganya yang mahal, Perawatannya yang rumit pun pasti menjadi alasan mengapa Motor-motor tersebut kurang diminati. . .

Meskipun demikian, Kawasaki ternyata telah mampu memberikan yang terbaik dalam diri ZX750 – Turbo tuh Brosist. . . Buktinya, ZX750 – Turbo mampu tuh menyabet gelar Motor Turbocharger produksi massal tercepat di Dunia, pada masanya. . . Oleh karena itu, Rasanya tak berlebihan bila EA’s Blog memberikan tagline :

 

” Kawasaki ZX750 – Turbo, Let The Good Times Boost !! “

ZX750 Turbo 2

Oke, Demikian dulu artikel History Ringan ala EA’s Blog yang harus dipublish rada telat ini. . . Kita bertemu di Next Artikel ya Brosist, Tentunya masih dengan Jajaran Motor Legendaris Dunia yang bikin tercengang deh. . . So, Stay tuned terus bareng EA’s Blog yaa Brosist….. See Yaahh 😀

 

So, Kawasaki ZX750 Turbo. . . Rasakan Sensasi Lonjakan Powernya Brosist !!!

ZX750 Turbo 5

Baca jugaa yaa Brosist. . . .

 

Kawasaki Ninja ZXR-250, The Real Ninja 250 !

Kawasaki ZR250 (Balius), Sport-Tourer Dengan Teriakan Bengis !!

Kawasaki KR-250 Tandem Twin, Motor 2-Tak Race Replika Juara Dunia !!

Kawasaki Ninja H2R Muncul di Ajang Intermot, Tampangnya Bengiss !!

Kawasaki H2 Mach IV, Inline-Triple Legendaris Ala Pabrikan Jepang !!

Spesial : The Story of Legendary Ninja 150 !

Kawasaki GPZ250R, Ninja 250 Jadul yang Eksotis Banget !!

Ninja 250 R Brasse 31BLK , Ebusyed Sangar Banget Euy !!

Kawasaki Ninja 250 Minor Facelift Meluncur Tahun Depan ?

Ini Dia Kode Penamaan Motor Kawasaki. . . . !

19 comments

  1. apakah benar klo turbocharged di pasang dimotor maka tidak akan pakai intercooler terpisah? FYI pada mobil yg pake turbo, intercooler berfungsi untuk menurunkan suhu gas buang dari exhaust sebelum masuk kedalam dan memutar turbine turbonya, karena gas buang sendiri sudah punya sifat yg amat panas, maka bisa bikin turbine turbo jadi membara, dimana panasnya bisa merambat ke area rumah keong tempat kipas propeller (yg mana menjadi 1 shaft dg turbine turbo)yg berfungsi memampatkan udara ke mesin itu. akibatnya kerapatan oksigen bisa berkurang lantaran terkena panas tersebut, makanya biasanya dipasang intercooler terpisah klo dimobil. tapi klo ane liat modif yamaha r1 pake turbo di youtube, ngga pake intercooler, jadi dari keempat exhaustnya langsung disatukan 1 pipa menuju turbine turbonya. mungkin yg punya warung bisa menanggapi?

    • harusnya sih pakai intercooler dulu masbroo, Soalnya kalau langsung ya malah bakal drop performanya. . . Makin dingin suhu udaranya, makin banyak oksigen murni yang disupply, otomatis ledakan mesin makin besar. . .

      Mungkin pakai mini intercooler kali masbroo, Jadi di video gak kelihatan…. xixixi 😀

  2. Juoss gandoss! kukira teknologi fi baru ada d jmn modern ini saja,knapa dulu ga d lanjut ya mlh pakai karbu n skrg beralih lg ke teknologi Fi.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s