MiniMoto Tak Hanya Sekedar Lucu, Tapi Juga Mendidik !!

 

MiniMoto 1

 

Dahulu kala, EA’s Blog pernah menulis sebuah artikel tentang Balap Motor yang Unik, Nyentrik dan Lucu dari Negeri Paman Sam. . . Yap ! MiniMoto adalah nama ajang tersebut. . . Balapan dengan Motor berukuran Mini ini, Sangat diandalkan untuk menghasilkan bibit-bibit muda pebalap berkualitas di Amerika sana. . . Lebih dari itu, Kini sudah ada Kejuaraan, lengkap dengan Balapan Resmi nya loh…. Bahkan penjenjangan per-kelas dari Mulai Pemula hingga Tahap Professional di MiniMoto pun Tersedia tuh Brosist . . . !

Nah, Kira-kira bagaimana ya bila Balapan ala MiniMoto ini diaplikasikan untuk pembibitan balap di Tanah Air ??

 

 

Balap Underbone

 

Sebelum melangkah ke pembahasan yang lebih jauh, Mari kita bahas terlebih dahulu kondisi balap di Tanah Air kita Tercinta ini. . . Di Tanah Air, Balap Underbone alias Balap Pasar Senggol alias Balapan Bebek seakan-akan menjadi sebuah “Trademark” yang hingga kini tak tergantikan. . .

 

Kini kita bisa melihat sendiri “Hasil” yang ditorehkan oleh balap Underbone Tanah Air. . . Banyak pebalap-pebalap muda yang bersinar dan mengkilat di Ajang Balap Underbone, Namun justru malah tenggelam saat mulai melangkah ke jenjang yang lebih tinggi (Supersport, dlsb). . . Mengapa bisa demikian ? Yup, Seperti yang juga sudah dibahas oleh banyak rekan blogger lain, Karena memang pada dasarnya Antara Motor Underbone/Bebek & Sport perbedaannya karakternya sangat terasa Brosist. . . !! Selain itu, Perlu diakui, Pembibitan pebalap-pebalap muda di Tanah Air masih belum bisa dibanggakan tuh Brosist….. -_-

Seharusnya ada revolusi di ajang balap kita, Dimana Balap Underbone diganti dengan Balap Sport yang karakternya lebih mirip dengan kelas yang ada diatasnya. . . Misalnya, Balap Sport 150 cc, Lalu naik ke kelas 250 cc !

 

 

MiniMoto Main

 

Bagaimana dengan MiniMoto ?

 

Yup ! Sekalipun dipertimbangkan diboyong ke Tanah Air, Tentunya MiniMoto bukanlah sepenuhnya untuk menggantikan balap bebek seperti sekarang. . . MiniMoto bisa digunakan sebagai pembibitan anak-anak usia dini yang memiliki cita-cita ataupun bakat menjadi seorang pebalap professional. . . Karena seperti kita ketahui sendiri, MiniMoto punya berbagai kelas/penjenjangan yang bisa disesuaikan dengan usia ataupun tingkat keahlian pebalap nya. . . Nah, MiniMoto ini bisa dijadikan pijakan awal para pebalap usia dini, sebelum mereka melangkahkan diri ke Ajang yang lebih tinggi nantinya (Bisa ke Sport 150 cc, lalu ke Sport 250 cc). . .

 

Meskipun Tanah Air tercinta ini telah memiliki “Trademark” balap bebek seperti yang kita bahas di poin pertama tadi, Sayangnya Kondisi ini belum didukung dengan pembibitan pebalap muda yang mumpuni. . . Pasalnya, Bibit-bibit muda yang masih usia dini (bahkan bisa saja dari sejak masih bocah) inilah yang harusnya ditempa ! Bukan hanya dari sisi skill saja, Namun juga mentalitas yang harus bagaikan baja….!

 

 

 

Well. . . Meskipun terlihat lucu, Bahkan di Indonesia tak jarang diibaratkan “lelucon”, Namun pada faktanya Balapan ini sangat berguna bagi para anak-anak ataupun pemula yang ingin memulai karirnya di ajang balap. . . Selain karena ajang balapnya yang terprogram (Di US sana loh yaa), Juga  Lantaran biayanya yang tergolong rendah (di US) untuk kategori balapan resmi. . . Bahkan, Setahu EA’s Blog, Pembalap sekaliber Marc Marquez pun masa kecilnya mengikuti Balapan MiniMoto (MartiMoto) ini (CMIIW). . .

So, Gimana Brosist, Mengapa tak coba dirubah dari sekarang yaa ? Atau Memang Petinggi di Negara tercinta ini sudah Puas dengan Prestasi pembalap kita yang…….. Kitu-kitu wae (Gitu-gitu aja) ??

 

 

So, MiniMoto ?? Tak Hanya Sekedar Balap Lucu-lucuan tuh Brosist !!

MiniMoto 4

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

MiniMoto, Balapan Pemula ala Amerika yang Keren & Lucu !

Sidecar GP, Ini Dia Kelas MotoGP Paling Unik !!

Ragam Iklan “Nyentrik” Produk Sepeda Motor (2)

AJS E90 ‘Porcupine’, Ini Dia Sang Juara GP Kelas Premier Pertama Kali !

Ariel Motors, Tahukah Anda ?

Yamaha Y125 Moegi, Motor Konsep Unik Dari Yamaha !

Suzuki RG500… Mesin Unik, Power Dahsyat !

Johammer J1, Motor Listrik Dengan Desain Unik

WTH : Motor – Motor Ini Memang Eksotis, Atau Malah Overprice ??

Iklan

32 comments

  1. hrsnya tiap kota pny sirkuit kecil buat balap lokal, bs buat bebek ato minimoto, siapa saja boleh ikut, asal masuk wakt terbaik ktka kualifikasi dan pake wearpack dll………..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s