Ariel Motors, Tahukah Anda ?

Ariel Logo

 

Hollaa Brosist. . . Kita kembali lagi masih bersama Artikel History Ringan ala EA’s Blog. . . Brosist ada yang kenal judul diatas ?? Mungkin beberapa diantara Brosist sekalian sudah ada yang tau yaa. . . Tapi bagi yang belum mengerti, Mungkin bakal mengidentikannya dengan sang Vokalis Band Noah yang satu ini. . .

Ariel Onah

Eitss, Kita gak akan membahas tentang Vokalis Ganteng yang Mirip EA tersebut koq Brosist ( #peedeee πŸ˜† ). . . Tapi kali ini kita akan membahas tentang sebuah Pabrikan Motor asal Birmingham, Inggris yang terkenal era 1930-an silam oleh produk motor Square-Four nya. . .

Yap ! Kali ini kita akan membahas tentang Ariel Motors, Pabrikan Roda 2 asal Inggris yang pernah berjaya Jaman Dulu kala. . . Kebetulan namanya sama kaya Vokalis yaa Brosist. . . Seperti apa sih Sejarahnya ?? Yuk kita bahas Brosist !! Cekidots . . . .

 

Ariel Penny

Sepeda High Wheels ala Ariel

 

Pabrikan Ariel pada awal mulanya terkenal sebagai Produsen sepeda High-Wheel atau yang dikenal dengan Penny FarthingΒ pada tahun 1870 silam. . . Pendirinya yaitu James Starley & William Hilman. . . Ariel terus memproduksi Sepeda yang inovatif dan saat itu sangat dibutuhkan oleh Masyarakat inggris hingga tahun 1901. . . Saat itu Ariel dibeli oleh Charles Sangster dan mulai memproduksi Sepeda Motor mulai tahun 1902 dibawah bendera Components Ltd. . .

 

Pada tahun 1902, Ariel memperkenalkan sepeda motor pertamanya yang bermesin 2-Tak, 3-Percepatan yang dijual dengan nama Arielette. . . Sayangnya, Sebelum motor ini berhasil sukses dipasaran, Perang dunia 1 terlanjur terjadi dan menenggelamkan euforia motor ini. . .

Pada tahun 1911 Ariel mengalami Krisis Finansial hingga akhirnya bangkrut pada tahun 1932. . . Pada tahun yang sama, Ariel berhasil diakuisisi oleh Putra kedua Charles Sangster, Jack Sangster dan mengubah nama Pabrikan ini menjadi Ariel Motors (J.S). . . Jack melanjutkan Produksi Motor Ariel yang saat itu sempat tertunda dengan membangun sebuah pabrik di kawasan Selly Oak, Birmingham. . . Jack berhasil membuat motor pertamanya yang diberi label Ariel Square Four, Desain Motor perdananya dirancang oleh Desainer terkenal asal Inggris, Edward Turner. . . Ariel Square Four dibekali mesin 500cc OHC, Square-Four Engine & mampu dipacu hingga kecepatan 140 Km/h. . .

 

Vintage Motorcycle Photographs

Ariel Square Four

 

Selanjutnya, Ariel Motors juga memproduksi Motor 350cc yang diberi nama Ariel Red Hunter. . . Motor yang memiliki Mesin Single Silinder ini mendulang kesuksesan yang luar biasa bagi Pabrikan asal Inggris ini. . . Berkat kesuksesannya, Jack Sangster sang pemilik Pabrikan Ariel Motors mampu membeli Pabrikan Triumph pada tahun 1936. . . Pada era awal mula Perang Dunia 2, Ariel Sukses mereborn Red Hunter menjadi sebuah Motor Militer yang diberi nama Ariel W/NG 350. . .

 

Ariel WNG 350

Ariel W/NG 350, Motor Militer Broo. . .

 

Pada tahun 1951 Jack Sangster menjual Ariel ke Pabrikan BSA (British Small Arms Company Group). . . Meskipun demikian, Ariel tetaplah berjalan namun dengan pengawasan langsung BSA. . . Ariel saat itu mulai memproduksi 2 Produk barunya yang diberi Nama Ariel 500KH & Ariel 650 Huntmaster. . . Motor ini menggunakan mesin Parallel-Twin milik BSA dan mampu dipacu menembus angka 160 km/h. . . Motor ini selanjutnya menjadi pilihan favorit para pencinta Balapan Sidecar lantaran Ability menikungnya yang apik plus Performa Mumpuni. . .

 

Ariel Huntmaster

Ariel Huntmaster, Classic Bangett. . .

 

Tahun 1959, Ariel kembali memperkenalkan Produk barunya bernama Ariel Leader. . . Motor ini dibekali Mesin 250cc 2-Tak dengan desain yang sangat unik. . . Meski basic motor ini adalah Sport, Namun saat itu Ariel membekali Leader 250 dengan full fairing yang imut-imut, Sehingga motor ini malah terlihat seperti sebuah Scooter dibandingkan Sport Tulen. . . Meski desainnya sangat Inovatif, Namun Ariel Leader gagal mendulang kesuksesan lantaran Invasi Motor asal negeri sakura yang saat itu mulai memasuki Pasar Inggris . . .

 

Ariel Leader

Ariel Leader 250cc, 2 Kepribadian Brosist. . . xiixixi πŸ˜€

 

Sayang seribu sayang, Ariel Motors harus mengalami kebangkrutan setelah merilis Produk terbarunya tahun 1970 silam. . . Produk ini dikenal dengan Nama Ariel 3, Skuter Matic 50 cc yang beroda 3. . . Ariel kalah saing oleh Pabrikan inggris lainnya serta oleh Invasi Produk asal negeri Jepang. . . Hingga akhirnya pada tahun 1999 Sebuah Perusahaan produsen Mobil menggunakan nama Ariel sebagai Nama Pabrikannya. . . Ariel dengan Nafas baru ini terkenal dengan Produknya Ariel Atom, Yakni Mobil unik dengan kapasitas 2 penumpang. . .

 

 

Well. . . Udah jelas kan Brosist ?? Ternyata nama Ariel gak hanya sekedar Artis yang jadi Vokalis Band itu loh. . . Semoga artikel Ringan ini mampu menambah wawasan Brosist sekalian tentang Pabrikan yang ada di Dunia Otomotif Internasional. . . Sekian dulu ya Brosist, Kita bertemu di Artikel History selanjutnya Ala EA’s Blog. . . πŸ˜€

 

Ariel Motors ?? Pastinya bukan yang ini ya Brosist. . . . πŸ˜€

Ariel Motor

29 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s