AJS E90 ‘Porcupine’, Ini Dia Sang Juara GP Kelas Premier Pertama Kali !

AJS Main

 

Hollaa Brosist. . . Kita bertemu lagi di hari yang Indah dan tentunya masih bersama Artikel History Spesial ala EA’s Blog. . . Setelah sebelumnya kita sudah membahas sekelumit tentang Yamaha YZR500 bersama Giacomo Agostini, Sang Juara Dunia GP Kelas Premier Perdana Asal Pabrikan Jepang. . . Kini Saatnya kita akan membahas tentang Sang Juara Dunia Perdana GrandPrix Kelas Premier yang dimulai sejak 65 Tahun Silam. . .

 

Ehh, Emang GrandPrix Perdana nya Dimulai Tahun berapa sih Kang Eno ??

Terus Juara Dunia Kelas Premier (500cc) nya Siapa Kang ??

Dulu Balapannya Gimana Sih ?? Blablablabla ??

Yups, Tenang Aja Brosist ! Pada kesempatan kali ini Insyaallah kita akan bahas semuanya, Agar kita semakin mengenal banyak Nilai Historis dari Ajang Balapan Motor Nomer 1 di Dunia ini. . . Oke , Langsung aja kita mulai, Here we go !!

 

 

GrandPrix & AJS

 

1949 GP

 

Sebelum Ajang Balapan Motor GrandPrix kini dikuasai Dorna, GrandPrix sebelumnya dikuasai Oleh FIM (Federation Of International Motorcycling) , Yang Bertajuk FIM GrandPrix Motorcycle Racing. . . Balapan ini dimulai Sejak Tahun 1949 dan menjadi cikal bakal lahirnya kejuaraan MotoGP yang kita kenal saat ini. . . Balapan tersebut dibagi menjadi beberapa kelas, Dari Mulai yang terkecil 125 cc, kemudian 250 cc, 350 cc, Hingga Kelas Premier yang paling bergengsi yaitu 500 cc. . .

Seperti yang kita ketahui bersama hingga di Era Modern ini, Ajang GrandPrix merupakan Balapan Motor Prototype yang Tak pernah diproduksi untuk Massal. . . Lantas Pabrikan Mana yang Mampu Menjuarai GP 500 cc untuk pertama kalinya ??

 

AJS Logo

 

Yup ! Jawabannya adalah Pabrikan Legendaris Asal Tanah Britania Raya, AJS. . . Pabrikan yang dulu bermarkas di Wolverhampton, Inggris ini adalah Pabrikan pemegang Gelar Juara Dunia Perdana lewat Motor Jagoannya AJS E90 ‘Porcupine’ & Pebalap andalannya Leslie Graham. . . Meski kini Eksistensinya sudah tak terlalu tenar di Kancah Roda 2 Dunia, Namun AJS tetaplah sang pemegeng Juara Perdana GrandPrix. . .

 

 

AJS E90 ‘Porcupine’

 

AJS 3

 

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Gelaran Akbar Kejuaraan Motorcycle GrandPrix pertama kali dihelat pada tahun 1949. . . Pabrikan AJS saat itu ikut serta dengan jagoannya E90 ‘Porcupine’. . . Seperti apa sih detail AJS E90 ‘Porcupine’ Kang Eno ??

Berbicara Detail, Tentunya sang Porcupine masih dibekali Desain ala Motor Balap Prasejarah Super Jadul ya Brosist,Β  Bahkan E90 hadir tanpa fairing yang kini menjadi identitas Balapan GrandPrix. . . AJS E90 adalah versi pengembangan dari Edisi Perdananya E90S yang dibekali Supercharger dan berlaga di Ajang European World Championship & Isle Of Man TT (IOM TT). . . Lantaran pada kejuaraan GrandPrix sama sekali dilarang menggunakan Supercharger atau Sejenisnya, Maka AJS bersama Team AMC-nya mulai mendevelop versi Non-Superharger dari E90S hingga lahirlah AJS E90 ‘Porcupine’. . .

 

AJS 2

AJS Engine

 

E90 ‘Porcupine’ Dibekali Mesin 4-Tak, 500 cc, Horizontal Parallel-Twins , DOHC , Gear-Driven Camshaft. . . Pada Eranya, AJS E90 adalah salah satu karya yang paling fantastis berkat konfigurasi Mesinnya yang cukup Kompleks dan Rumit. . . Yang membuat lebih mengejutkan, Ternyata Motor ini juga sudah menggunakan Magnesium Block,Β  Forged-Steel Crankshaft yang konon kabarnya diproduksi di Ahli Pandai besi terkenal di Inggris saat itu yakni Sheffield Blacksmith. . . Powernya sendiri mampu menembus angka 40 bHP dengan Catatan Topspeed tertinggi 100 Mph (160 Km/h). . .

 

Lanjutkan Membaca >> Spesifikasi Detail & Pencapaian Juara Dunia AJS E90 ‘Porcupine’

26 comments

  1. wow 4tak yg penomenal, tanks maz bro inponya. ulas lg y sjarah” permotoran. biar makin tau mkin byk ilmu.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s