Fakta Tentang Produk Roda 2 Asal Negeri China, Ternyata……

 

YX

 

Brosist sekalian. . . . Kehadiran Pabrikan Asal Negeri Tirai Bambu beserta Gelontoran Produk terbarunya ke Pasar Indonesia memang akhir-akhir ini mulai memudar, Setelah sempat booming era 2000-an silam berkat kehadiran Motor Cub/Bebek “Jiplakan” Produk Jepang. . .

– Lantas apa yang terjadi selama moment tersebut ??

– Mengapa Produk Sepeda Motor China yang Identik dengan Kualitas tingkat Rendah plus “Copypaste”  mampu masuk ke Pasar Indonesia ??

Simak secercah jawabannya pada artikel EA’s Blog berikut ini. . .

 

Perkembangan Pasar Asia !!

 

 

Kemacetan

 

Menurut J.W. Alexander, Seorang Ph.D di bidang Industri Otomotif Jepang, Ada beberapa moment yang membuat Produk China mampu begitu berkembang. . . Bahkan hingga ke pasar Global seperti Indonesia, Vietnam, Argentina & Brazil. . .

Pada era kejayaan Sepeda Motor Jepang, Titik laba terbesar mereka justru berada di Pasar Asia. . . Yup, Tak bisa dipungkiri, Pasar sepeda Motor terbesar di dunia berada dalam genggaman China, Diikuti India diposisi ke-2 dan Indonesia diperingkat ketiga. . . Atas dasar itulah Pabrikan Jepang mulai menginvestasikan banyak “Langkah” nya di berbagai negara Asia termasuk yang bisa kita lihat sekarang di Negeri Tercinta ini. . .

 Baca Juga : Penjualan Motor di Bulan Juli 2014 Turun Drastis !!

 

Hero Honda Karizma ZMR

 

Awal Mulanya, Invasi ke Pasar Asia ini dimulai oleh Pabrikan Suzuki dengan Pabrik nya di Thailand pada tahun 1967, Hingga akhirnya diikuti oleh Trio Pabrikan raksasa Jepang lainnya. . . Termasuk Honda yang masuk ke Pasar India di tahun 1984, Kemudian membentuk perusahaan “Patungan” dengan Produsen Lokal India yang diberi nama Hero Honda Motor, Ltd. . .

Di Indonesia gimana Kang Eno ?? Brosist bisa lihat sendiri tuh bagaimana Besarnya Pabrik Honda (AHM) di sisi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Cibitung), Yamaha (YIMM) di Kawasan Industri KIIC Karawang, ataupun Pabrikan Jepang lainnya (Suzuki & Kawasaki) yang bisa kita lihat begitu besarnya menginvestasikan “Jangkauan” nya di Pasar Indonesia. . .

 Baca Juga : Motor Kolaborasi TVS-BMW (India-Eropa) Segera hadir !!

 

Lonjakan Industri Sepeda Motor China !!

 

 

Traffic China

 

Meski Pasar India & Indonesia begitu Gurih bagi Para Kwartet Pabrikan Jepang, Namun Pasar Sepeda Motor terbesar dan paling berkembang di Dunia adalah China. . . Pada tahun 2000, Jumlah Sepeda Motor yang terjual di China sudah mencapai 11 Juta Unit per tahunnya ( Bayangkan bagaimana di tahun 2014 ini Brosist ?? ). . . Padahal, Angka 11 juta unit Sepeda Motor itupun merupakan angka yang sudah dibatasi oleh Pemerintah Negeri Tirai Bambu tersebut. . .

 

Yup, Penjualan & Penggunaan sepeda motor yang melebihi batas kuota telah dilarang di Kota-kota Besar China, Sebagai efek terhadap mengurangi Kemacetan Lalu-Lintas, Polusi Suara & Polusi dari Emisi Gas Buang. . . Menariknya, Produsen Motor di China Ternyata memiliki kapasitas Produksi hingga 20 Juta Unit pertahunnya, Atau 3 x Lipat jumlah penjualan Motor di Indonesia selama tahun 2013 kemarin !! Edyaann !!

 Baca Juga : Ini Dia Daftar Motor Terlaris 2013 Berikut Data Penjualannya !!

 

Mengapa Produk China Bisa Sampai ke Indonesia ??

 

 

Sanex Supra X

 

Nah, Karena kapasitas produksi mereka “surplus” 9 Jutaan Unit sepeda motor, Maka produsen otomotif china mulai merambah pasar ekspor ke berbagai negara seperti Indonesia, Vietnam, Argentina & Brazil. . . Para produsen China juga sebenarnya sudah merambah pasar India, Thailand, Filipina & Malaysia. . . Namun karena peraturan pemerintah setempat yang takut industri sepeda motor domestik nya terganggu oleh sepeda motor Murah Meriah asal China ( serta seringkali desainnya copypaste secara ilegal ) , Maka motor “Kloning Jepang” asal China tersebut gagal bersaing di pasar India, Thailand, Filipina & Malaysia. . .

 Baca Juga : YinXiang YX125, Kloning Honda CS1 Asal China !!

 

Jincheng AX125

Jincheng AX125, Tebak Mirip Motor Apaaa ???

 

Di China, Pasar sepeda motor jenis bebek/cub kurang digemari dibanding Jenis Skutik ataupun Sport-Bike. . . Namun, Karena begitu gila-nya animo sepeda motor bebek di Indonesia & Vietnam pada awal 2000-an silam, Maka Produsen China berbondong-bondong menargetkan penjualannya ke Indonesia & Vietnam. . . Terlebih, Pada tahun 2001 Indonesia memberikan Perizinan Import untuk 87 Type sepeda motor baru, Uniknya 57 dari semuanya adalah Sepeda Motor yang berasal dari Cina dengan kualitas Rendah plus “Copypaste” Produk Jepang. . .

Itulah mengapa pada era awal 2000-an silam buuuaaanyak sekali motor asal negeri China dengan Berbagai Merk sliweran di Jalanan. . .

 

>> BERSAMBUNG >>

 

Well. . . Di Part selanjutnya kita akan membahas tentang “Plagiat” produk China yang ternyata banyak tanpa sertifikasi & Perijinan, Serta perkembangan nya hingga saat ini banyak Produk Keren. . . So, Stay tuned terus bareng EA’s Blog ya Brosist. . . 😀

 

So, Produk China ??

Jangan Hanya Asal Jeplak !! Ini Yang Brosist Sekalian Harus Ketahui !!

Minerva

Yang ini pasti Brosist kenal laahh, Juga Bakal masuk pembahasan di Part selanjutnya…..

Courtesy Pic by Mbah Gugel…….

Iklan

28 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s