Honda CBX 6 Silinder Turbocharger, Tembus 220 HP & 280 Km/h !

cbxt2.jpeg

Kembali lagi di Artikel History selanjutnya Brosist ! Setelah tadi pagi kita membahas seluk-beluk & detail si CBX 6 Silinder , , Kini EA’s Blog coba untuk memberikan artikel mengenai Custom CBX 6 Slinder 1232cc + Turbocharger milik seorang Speedlovers Sejati. . .

Siapkan Posisi Nyaman + Segelas Kopi lalu langsung……. Cekdisott !

cbxt.jpeg

Seorang pencinta Drag race asal Jerman yakni Mark Miller mencoba bereksperimen dengan Honda CBX miliknya. . . Dia menyadari bahwa mesin Parallel-Inline 6 Silinder ini sangat… sangat… sangat… mendukung untuk mencapai Power yang Hyperior, , , Dimana saat ini jarang sekali ditemukan motor baru dengan platform mesin 6 silinder (Kalo Mobil sih banyak). . .

cbxt 4.jpeg

Ubahan pertama yang dilakukan Mark adalah mengganti Stang piston standarnya menggunakan stang piston Custom berbahan baku Titanium + Mengganti piston standar dengan Piston Forged 70mm Kualitas Wahid hingga kapasitas Silindernya membengkak menjadi 1232 cc (Wuihhhh, Siap tanding lawan Hayabusa medium spec nih πŸ˜› ). . . Sebagai tambahannya, , Mark menjejali silinder Head CBX ini dengan Klep (Valve) Titanium berukuran lebih besar dan Per Klep yang lebih stiff (kaku), , , Sehingga Pencinta Sejati CBX ini tak perlu khawatir akan adanya Klep yang Floating saat digeber Gaspoll. . . Jossssspolll !

Untuk mendukung aplikasi Turbocharger ini, , Mark menurunkan Rasio Kompresi CBX dari 9,3 ke 8,7 untuk menjaga agar Mesin tidak ” Meledak ” saat di boost turbo hingga tekanan 10 PSI. . . Tak lupa Sektor kopling juga dimodifikasi & disesuaikan dengan kebutuhan High-Speed. . .
Terakhir, , , Turbocharger + Mini Intercooler garapan bengkel modif “Rayjay Turbocharger” ini dipasangkan dan disinkronisasikan dengan mesin juga karburator spesial Berukuran venturi 47 (Nah EA bingung tuh combine Turbo ke Karburator, Kalo ke Injeksi sih Gak susah2 amat. . . Ilmunya EA belum nyampe soalnya πŸ˜› ). . .

cbxt 11.jpeg

Hasilnya pun bisa ditebak, , , Power standar CBX yang mencapai 103 HP kini melonjak lebih dari 2x lipat hingga menyentuh angka 220 HP pada tekanan bar 10 PSI (Edyannnnnn pisannnnn). . . Yang lebih Gila lagi, , , Ternyata si CBX Turbo ini mampu dipacu hingga tekanan bar 15 PSI dan memuntahkan Output 270 HP (Aduhhh, , , Stressss nih EA)…

cbxt 3.jpeg

Untuk menyeimbangkan Tenaga yang segitu (Gila) besarnya, , Rangka si CBX ini pun banyak mengalami ubahan agar Tidak Bengkok saat digeber gaspoll. . . Tercatat Beberapa sambungan Rangka dicustom Ulang, Shockbreaker, Mounting Mesin, Ban Belakang, Disc Brake, Swingarm juga mengalami banyak Modifikasi agar CBX Turbo ini tetap kuat digeber hingga 280 Km/h . . . Meskipun pada kenyataannya CBX Turbo Gila ini pada Bar 15 PSI mampu digeber hingga 360 Km/h , , Namun Mark Miller tak ingin ambil resiko dengan Konstruksi Frame ala Motor 70-an (Nyosss poll !! 360 Km/h kaya apa ya ? ? )….

cbxt 8.jpeg

Ternyata tak hanya Mark Miller, Di Belahan Dunia Lain juga ada loh Brosist yang Memakai Turbocharger di CBX nya, , , Bahkan hingga sekelas Drag Race 402m (Gilaaaaakk, FYI : Drag Race Luar Negeri Treknya 402m dan Motornya gak seperti Drag di Indonesia, Alias Motor Gila + Spek Gila layaknya Duralium Piston, Blok Mesin Titanium, Turbo + NOS ataupun Supercharger + NOS). . . Usut punya usut, , Ternyata Basic Engine 6 Silinder si CBX ini sangat disukai oleh Para Dragsters Luar Negeri pada medio 1990-2000 an, , Sayangnya kini sparepartnya sudah sangat Jarang atau bisa dibilang Langka. . .
Berikut Sedikit Contohnya….

cbxt 10.jpeg
cbxt 5.jpeg
cbxt7.jpeg
cbxt 9.jpeg
cbxt crazy.jpeg
cbxt drag.jpeg
cbxt drag2.jpeg
cbxt drag3.jpeg

Nah demikian dulu artikel History kita kali ini ya Brosist. . .
Semoga Artikel Sederhana ini mampu menginspirasi kita semua, , Sekaligus juga mampu membuat kita selalu ingin berkarya lebih di dunia Otomotif, , , Khususnya Dunia Otomotif Tanah Air Kita Indonesia. . . Aminn

Oke, , Nantikan artikel History selanjutnya spesial hanya di EA’s Blog ya Brosist ..
Semoga Bermanfaat….

Special Thanks to :
– CBX Forum EU
– Rayjay Turbokit
– Devil Bikefreak , dll

Special Historical Bike by EA’s Blog

22 comments

  1. Karburator + turbo simple koq. Karbu-nya ditaroh di mulut isap turbo (sebelum turbo). Jadi bensin + udara ditekan turbo masuk ke ruang bakar. Kalo mau ribet dikit ditaroh sesudah turbo, respon gas lebih baik drpd konfigurasi pertama, tapi butuh karbu khusus turbo dan fuel pump yg agak high pressure.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s