Trik Suzuki Memanage Panas Mesin All New Satria F150 Injeksi !

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi - Panas Mesin

 

Punya mesin yang lebih kencang dibanding lawan sekelas, Tentu ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri… Dan salah satu yang paling terasa, Adalah panas mesin ! Ya, Teorinya : Makin tinggi spek teknis mesinnya, Maka resiko panas mesin berlebih pun bakal menghampiri. . . Nah, Itu juga yang dialami Suzuki Satria F150 Injeksi ! Ayago yang punya muntahan tenaga fenomenal untuk ukuran 150cc 4-Tak modern ini, Tentu punya risiko panas mesin berlebih. . .

Untungnya, Suzuki mengantisipasi hal ini dengan “Heat Management” yang tergolong ciamik di Satria F150 Injeksi… Apa saja sih yang EA’s Blog maksud ? Yuk, Kita bahas bareng-bareng, Cekidots !

 

Radiator Gambot !

 

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

 

User motor batangan 150cc lain, Mungkin wajib iri pada liquid-cooled (radiator) Suzuki Satria F150 Injeksi… Berganti dari oil-cooled di generasi lawas, Kali ini Epyu Injeksi dibekali radiator yang gede euy buat ukuran motor 150cc 4-Tak. . . Sekilas dari yang EA’s Blog lihat, Ukurannya nggak kalah dibanding ZED – Kawasaki Z250SL milik EA’s Blog yang notabene 250 cc… Ebusyed !?

Ukuran radiator gambot memang tak menjamin pendinginan bakal sempurna, Karena masih ada banyak variabel lain yang menentukan seperti Sirkulasi cairan, Waterpump, Tipe coolant, dan lain sebagainya… Tapi yang jelas, Ini bisa jadi salah satu bukti kalau mesin Epyu Injeksi memang gokil ! Sehingga membutuhkan pendinginan yang advanced. . . Lagipula kalau disuruh pilih, Ya EA’s Blog pasti pilih radiator gambot lah ! Lahwong yang sudah pada upgrade mesin jadi lebih kencang, Juga ikutan upgrade radiator gambot koq. . .

 

 

Oli 1.3 Liter

 

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi - Panas Mesin

 

Oli nggak cuma digunakan sebagai melumasi mesin aja loh Brosist… Masih banyak fungsi lainnya, Dan salah satunya adalah untuk menjaga temperatur mesin ! Biasanya (biasanya nih ya, catat), Makin besar kapasitas mesin / Makin tinggi spek mesinnya, Maka kapasitas oli yang dibutuhkan pun makin banyak. . . Di 150 cc 4-Tak, Biasanya sih nggak lebih dari 1 Liter, Sementara di 250cc berkisar antara 1,5 Liter (Single) hingga 2 Liter lebih (Twin & Four)… Nah, Berapa kapasitas oli Suzuki Satria F150 Injeksi ? Jawabannya 1,3 Liter (1300 ml) Bro !

Tepatnya 1,3 Liter untuk penggantian berkala, 1,4 Liter saat ganti filter oli, serta 1,5 Liter saat overhaul (turun mesin)… Ukuran tersebut bahkan lebih banyak dari Z250SL yang di buku petunjuknya cuma 1 liter doang ! Opo ora edyan…?

 

Kelebihannya sih pastinya oli bakal bisa menghandle mesin 150cc spek maknyus ala Epyu Injeksi. . . Sedangkan kelemahannya, Mungkin nantinya banyak konsumen yang kaget karena harus beli 2 botol oli saat servis… Kecuali ya kalau Suzuki menyediakan oli khusus Satria Injeksi dengan ukuran 1,5 liter misalnya. . . So, Kalau ganti oli Satria Injeksi jangan kaget ya !

 

 

SCEM

 

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

 

SCEM atau yang punya kepanjangan Suzuki Composite Electro-chemical Material adalah teknik pelapisan dinding silinder khas ala Suzuki… Dan Satria FU Injeksi juga salah satu dari sekian banyak produk Suzuki yang kecipratan teknologi tersebut. . . Menggunakan bahan Nikasil (Nickel-Silicon-Carbide), Silinder Blok yang dilapis SCEM diklaim jadi lebih keras & awet berkat kemampuan khusus Nikasil, serta Minim gesekan berkat sifat kelebihan silikon. . . Tapi nggak cuma itu yang jadi kelebihan SCEM. . .

 

Yup, Salah satu keunggulan lainnya dari SCEM adalah pelepasan panas yang lebih maknyus dibanding silinder konvensional… Ini jadi masuk akal, Karena material yang digunakan adalah Silicon-Carbide yang merupakan Ceramic, dan punya sifat melepas panas lebih cepat (Digunakan juga di Ceramic Disc Brake yang super-duper panas lho !). . . Paduan Ceramic – Alumunium yang jadi bahan baku utama pembuatan silinder bloknya, Tentu semakin mendukung pelepasan panas mesin Satria F150 Injeksi yang advanced… Good job, Suzuki !

 

Baca Juga :

– Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor – Alumunium

– Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor – Ceramic Composite

 

 

Lapisan Alumunium Foil

 

 

Lapisan Alumunium Foil Satria F150 Injeksi 2
Lapisan Alumunium Foil Satria F150 Injeksi

 

Lapisan Alumunium Foil atau apalah itu nama ilmiahnya, Jadi fokus perhatian EA’s Blog saat menilik-nilik detail plastik Satria FU Injeksi. . . Awalnya, Saya kira yang lapisan yang ditempel di bagian sayap samping ini cuma ada di unit testride yang disediakan Suzuki kala acara Testride... Soalnya maklum, Saat itu motor digeber nonstop di sirkuit sentul oleh para suhu-suhu yang doyan gaspoll, Dari komunitas hingga media. . . Tapi setelah mendapatkan info dari Om John Hendy , Ternyata di unit produksi massal (versi konsumen) juga ada alumunium foil nya lho !

 

Emang fungsinya untuk apa sih Kang Eno ? Gini nih teorinya Brosist… Alumiunium foil itu terdiri dari 2 sisi. . . Sisi pertama alumunium foil digunakan untuk menangkap panas/kalor, sementara bagian keduanya punya fungsi melepas dan menyebar panas ke area sekitar (makanya sering digunakan untuk kegiatan masak, supaya matangnya merata)! Nah, Kenapa dipasang di bagian dalam sayap samping ?

IMHO, Ini bertujuan agar plastik sayap tersebut (yang kena hawa panas ekstrim secara langsung) bisa menyerap-melepas-menyebar panasnya lebih cepat ! Ini juga bisa disebut sebagai tindakan preventif terhadap kasus plastik “meleot” atau meleleh gitu tuh Brosist. . . Selain itu, Fungsinya juga agar kaki sang rider nggak “mateng” karena panasnya bakal disebar ! Wah, detail juga yak Suzuki ini ?

 

 

 

Well. . . Satria F150 Injeksi memang punya spek yang mantap, Sehingga wajar kalau punya output power yang juga ikutan badak ! Tapi, Konsekuensinya panas mesin juga bakal semakin meninggi… Nah, Untungnya “Heat Management” yang diberikan Suzuki ternyata nggak kalah maknyus dibanding spesifikasi teknisnya lho ! Welldone, Suzi…

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi 15
Yang terakhir sepertinya harus disuguhi beginian, Biar Bro-Bro sekalian rada adem, wkwkwk

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Yamaha Xabre 2016

Balada Speedfreakers 150cc “Standaran”…

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

Test Ride All New Satria F150 Injeksi, Ayago Bertenaga Badak !

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

Apa Aja Sih Kelebihan dan Kekurangan Fisik All New Satria F150 Injeksi ?

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

Suzuki Satria F150 Injeksi Resmi Dirilis, Power Meningkat Drastis !

 

Sport 150 cc Suzuki

Sport 150 cc Suzuki, Ekspektasi & Realita !

82 comments

  1. Semoga ini membangkitkan filosofi “Inovasi tiada henti” dari Suzuki yang sempat menjadi “Inovasi terhenti”. Maju terus Suzuki!!

  2. Biasanya kaya gini dibahas ama blog beken kaya tmcblog.com, coz dulu waktu allnew cb150 n sonic ganti mesin overstroke jg dibahas ampe detail jeroan mesin misal berubahnya aliran cairan radiator sampe lain2, mungkin satria jg akan near dibahas 🙂

  3. Jdi kelibihan sonic apa kank?
    Lebih tipis body pelastik nya?
    Lebih kasar suara mesinya?
    Lebih geter?
    Lebih near square?
    Aduh malah bc lgi wkwk

    • Kelebihan sonic 150
      Lebih irit dari satria f150 fi.
      Irit bahan bakar
      Irit oli
      Irit air radiator
      Irit material plastik #eh
      Irit material cat #waduh keterusan
      Irit tenaga #astaga mohon maaf keterusan soalnya rem depan sonic cuman 1 piston #haiiisssss

    • Kelebihannya menurut gue yaitu
      Plastik hitamnya yg bisa lo gambar pake kuku kan lumayan daripada bengong mending ngebatik plastiknya sonic. Kali nanti banyak yg minat bisa jadi tambahan kan buat keperluan servis motor atau modifikasi. Kira kira ini BC bukan ya?

  4. alfo.. ninja 250 aja ngga pake… sirip2 body nya juga bikin dingin tuh kang.. 😀 kang knp klo motor berradiator ngga pake kisi kisi di blok lagi??

    • SACS mah istilah SIS buat oil cooler, sekarang kan liquid (ya oli juga liquid sih :D) cooler alias pake coolant, jadi SACS nggak dipake dan nggak dijadikan selling point lagi, begitu kiranya.

  5. Ternyata itu toh fungsi alumunium foilnya, dulu waktu njmx saya masih baru ada juga Kang. Kalo sekarang dah lepas entah kemana 😀

  6. Perhitungannya sizuka bener2 mantep buat ayago super,, tidak bisa dikatakan common part seperti saingan tetangga, klo ane masih single, pengen nyimpen di garasi satu aja

  7. Cuman nnti klo udah dipake commuter alias dipake harian, kotor2an, nahhh nnti lapisan AlFo nya gimana? masih nempel tahan lamakah ?

  8. Wow Ternyata masih ada inovasi lain dari suzuki yg belum terpublish ke jagat peblogeran, wkwkwk, inovasi suzuki telah kembali.

    Nice article kang !

  9. Wihhh.. Banyak banget pengetahuannya mas eno.. Seneng banget mampir kesini.. Hehehhe..
    Salam dari kaltim kang..

  10. ane merasa satria fi ini gk user friendly sama yg tinggal di daerah yg gk ada pertamax.
    Kompresi 11,5:1 (CMIIW) menurut ane tinggi banget dan minimal harus pertamax dan paling optimal pertamax plus. Kgk bisa dah premium atau pertalite.
    Pake premium/pertalite ? Kita liat aja mesinnya tahan seberapa lama karena knocking
    Opini ane doang (namun berdasar fakta)

  11. alhamdulillah suzuki laris, Honda serakah market kena apes dgn produk gk mutu, LED 2,2watt silau dipandang tp gk terang sorot di jalanan, hujan dn kabut gk tembus, led vendor murahan biar bnyk untung Ahm

    • Lebih Keki sama Vario150 silau bget cuy…kadang pas negur ownernya kedapatan makai lampu jauh…dan si owner berkilah klu pakai lampu deket sorotnya kurang terang dijalan…heemmmmmm pusing jdnya.

  12. kg udh tau belum, td pagi klo gk salah fans page Yamaha motor indonesia, upload foto mesin 150cc DOHC ket. sihh power 20hp sekian .. td pgi sempet liat dan coment tp pas sya cek lagi foto udh gk ada ..pdahal pgen tak simpen foto mesinnya

  13. Alfo..pernah denger dr suhu custom body work.. Waktu pembuatan body custom dr fiberglass, bagian body yg terkena panas semisal buntut yg knalpot nya undertail atau body penutup mesin.. Bahan fiberglass nya emang dicampur ama alfo tuh Kang.. Biar gak gampang meleot.. Hehe

  14. Saluran air yg keliling di area dinding bore cylinder yg hampir merata gk di bahas mang?
    Maka itu mungkin volume coolant agak banyak en radiator jd jumbo 😀

  15. AHM Please,bikinin yg kaya gini..masa bodo kompresi tinggi,panas tinggi,haram premium yg penting spek tinggi..ga usah mikir lifetime unit yg,skrg jamannya rusak beli baru…AHM Please dgrkn curhatan fbh akut ini

  16. Hadeuh!mantap..tp klo tetangga sebelah yg panas bisa di manage ga? mngkn hrs pk aluminium foil jg kali ya..hehe

  17. Ahm terlalu pede sma nama besar honda.. brojolin sonic dengan kualitas alakarnya
    Misal body pelastik yg tipis cat yg gampang pudar( ga tahan lama mengkilap)
    Engine near square(overstroke)
    Kualitas matrial engine jga alakadarnya ( terbukti di grup sonic banyak yg ngeluh ini itu di engine) meski ga semua unit,
    Power biasa aja 11 12 vs fu karbu
    Dsain keseluruhan 11 12 vs fu karbu..
    Jual irit
    Jual nama besar honda
    Beat bsa laris manis karna yg beli kebanyakan emak” yg ga mentingin kenceng

  18. Njmx 2011 sampe 2014 ada alumunium foil’y, ada di sayap sebelah kiri klo liat dr depan. Klo mx king lom cek, tp ky’y ada.

  19. Terlalu vulgar ni kang eno. Sampe jeroan nya diekspos. Keren ni(bagi ane orang gag mudengan). Lanjutkan.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....