Trik Suzuki Memanage Panas Mesin All New Satria F150 Injeksi !

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi - Panas Mesin

 

Punya mesin yang lebih kencang dibanding lawan sekelas, Tentu ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri… Dan salah satu yang paling terasa, Adalah panas mesin ! Ya, Teorinya : Makin tinggi spek teknis mesinnya, Maka resiko panas mesin berlebih pun bakal menghampiri. . . Nah, Itu juga yang dialami Suzuki Satria F150 Injeksi ! Ayago yang punya muntahan tenaga fenomenal untuk ukuran 150cc 4-Tak modern ini, Tentu punya risiko panas mesin berlebih. . .

Untungnya, Suzuki mengantisipasi hal ini dengan “Heat Management” yang tergolong ciamik di Satria F150 Injeksi… Apa saja sih yang EA’s Blog maksud ? Yuk, Kita bahas bareng-bareng, Cekidots !

 

Radiator Gambot !

 

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

 

User motor batangan 150cc lain, Mungkin wajib iri pada liquid-cooled (radiator) Suzuki Satria F150 Injeksi… Berganti dari oil-cooled di generasi lawas, Kali ini Epyu Injeksi dibekali radiator yang gede euy buat ukuran motor 150cc 4-Tak. . . Sekilas dari yang EA’s Blog lihat, Ukurannya nggak kalah dibanding ZED – Kawasaki Z250SL milik EA’s Blog yang notabene 250 cc… Ebusyed !?

Ukuran radiator gambot memang tak menjamin pendinginan bakal sempurna, Karena masih ada banyak variabel lain yang menentukan seperti Sirkulasi cairan, Waterpump, Tipe coolant, dan lain sebagainya… Tapi yang jelas, Ini bisa jadi salah satu bukti kalau mesin Epyu Injeksi memang gokil ! Sehingga membutuhkan pendinginan yang advanced. . . Lagipula kalau disuruh pilih, Ya EA’s Blog pasti pilih radiator gambot lah ! Lahwong yang sudah pada upgrade mesin jadi lebih kencang, Juga ikutan upgrade radiator gambot koq. . .

 

 

Oli 1.3 Liter

 

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi - Panas Mesin

 

Oli nggak cuma digunakan sebagai melumasi mesin aja loh Brosist… Masih banyak fungsi lainnya, Dan salah satunya adalah untuk menjaga temperatur mesin ! Biasanya (biasanya nih ya, catat), Makin besar kapasitas mesin / Makin tinggi spek mesinnya, Maka kapasitas oli yang dibutuhkan pun makin banyak. . . Di 150 cc 4-Tak, Biasanya sih nggak lebih dari 1 Liter, Sementara di 250cc berkisar antara 1,5 Liter (Single) hingga 2 Liter lebih (Twin & Four)… Nah, Berapa kapasitas oli Suzuki Satria F150 Injeksi ? Jawabannya 1,3 Liter (1300 ml) Bro !

Tepatnya 1,3 Liter untuk penggantian berkala, 1,4 Liter saat ganti filter oli, serta 1,5 Liter saat overhaul (turun mesin)… Ukuran tersebut bahkan lebih banyak dari Z250SL yang di buku petunjuknya cuma 1 liter doang ! Opo ora edyan…?

 

Kelebihannya sih pastinya oli bakal bisa menghandle mesin 150cc spek maknyus ala Epyu Injeksi. . . Sedangkan kelemahannya, Mungkin nantinya banyak konsumen yang kaget karena harus beli 2 botol oli saat servis… Kecuali ya kalau Suzuki menyediakan oli khusus Satria Injeksi dengan ukuran 1,5 liter misalnya. . . So, Kalau ganti oli Satria Injeksi jangan kaget ya !

 

 

SCEM

 

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

 

SCEM atau yang punya kepanjangan Suzuki Composite Electro-chemical Material adalah teknik pelapisan dinding silinder khas ala Suzuki… Dan Satria FU Injeksi juga salah satu dari sekian banyak produk Suzuki yang kecipratan teknologi tersebut. . . Menggunakan bahan Nikasil (Nickel-Silicon-Carbide), Silinder Blok yang dilapis SCEM diklaim jadi lebih keras & awet berkat kemampuan khusus Nikasil, serta Minim gesekan berkat sifat kelebihan silikon. . . Tapi nggak cuma itu yang jadi kelebihan SCEM. . .

 

Yup, Salah satu keunggulan lainnya dari SCEM adalah pelepasan panas yang lebih maknyus dibanding silinder konvensional… Ini jadi masuk akal, Karena material yang digunakan adalah Silicon-Carbide yang merupakan Ceramic, dan punya sifat melepas panas lebih cepat (Digunakan juga di Ceramic Disc Brake yang super-duper panas lho !). . . Paduan Ceramic – Alumunium yang jadi bahan baku utama pembuatan silinder bloknya, Tentu semakin mendukung pelepasan panas mesin Satria F150 Injeksi yang advanced… Good job, Suzuki !

 

Baca Juga :

– Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor – Alumunium

– Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor – Ceramic Composite

 

 

Lapisan Alumunium Foil

 

 

Lapisan Alumunium Foil Satria F150 Injeksi 2

Lapisan Alumunium Foil Satria F150 Injeksi

 

Lapisan Alumunium Foil atau apalah itu nama ilmiahnya, Jadi fokus perhatian EA’s Blog saat menilik-nilik detail plastik Satria FU Injeksi. . . Awalnya, Saya kira yang lapisan yang ditempel di bagian sayap samping ini cuma ada di unit testride yang disediakan Suzuki kala acara Testride... Soalnya maklum, Saat itu motor digeber nonstop di sirkuit sentul oleh para suhu-suhu yang doyan gaspoll, Dari komunitas hingga media. . . Tapi setelah mendapatkan info dari Om John Hendy , Ternyata di unit produksi massal (versi konsumen) juga ada alumunium foil nya lho !

 

Emang fungsinya untuk apa sih Kang Eno ? Gini nih teorinya Brosist… Alumiunium foil itu terdiri dari 2 sisi. . . Sisi pertama alumunium foil digunakan untuk menangkap panas/kalor, sementara bagian keduanya punya fungsi melepas dan menyebar panas ke area sekitar (makanya sering digunakan untuk kegiatan masak, supaya matangnya merata)! Nah, Kenapa dipasang di bagian dalam sayap samping ?

IMHO, Ini bertujuan agar plastik sayap tersebut (yang kena hawa panas ekstrim secara langsung) bisa menyerap-melepas-menyebar panasnya lebih cepat ! Ini juga bisa disebut sebagai tindakan preventif terhadap kasus plastik “meleot” atau meleleh gitu tuh Brosist. . . Selain itu, Fungsinya juga agar kaki sang rider nggak “mateng” karena panasnya bakal disebar ! Wah, detail juga yak Suzuki ini ?

 

 

 

Well. . . Satria F150 Injeksi memang punya spek yang mantap, Sehingga wajar kalau punya output power yang juga ikutan badak ! Tapi, Konsekuensinya panas mesin juga bakal semakin meninggi… Nah, Untungnya “Heat Management” yang diberikan Suzuki ternyata nggak kalah maknyus dibanding spesifikasi teknisnya lho ! Welldone, Suzi…

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi 15

Yang terakhir sepertinya harus disuguhi beginian, Biar Bro-Bro sekalian rada adem, wkwkwk

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Yamaha Xabre 2016

Balada Speedfreakers 150cc “Standaran”…

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

Test Ride All New Satria F150 Injeksi, Ayago Bertenaga Badak !

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

Apa Aja Sih Kelebihan dan Kekurangan Fisik All New Satria F150 Injeksi ?

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

Suzuki Satria F150 Injeksi Resmi Dirilis, Power Meningkat Drastis !

 

Sport 150 cc Suzuki

Sport 150 cc Suzuki, Ekspektasi & Realita !

82 comments

Tinggalkan Balasan