Apaan Sih : Ceramic Disc Brake ( Rem Cakram Keramik ) ?

 

Ceramic Disc Brake 2

 

Brosist sekalian, Rem adalah salah satu bagian yang tak mungkin bisa dilepaskan dari sebuah sepeda motor. . . Piranti keselamatan paling utama ini tentunya semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu. . . Mulai dari rem tipe Drum Brake (Tromol), Disc Brake (Cakram), Full-Floating Disc Brake (Cakram Mengembang Penuh), Carbon Disc Brake (Rem Cakram Karbon), hingga Ceramic Disc Brake (Rem Cakram Keramik) yang kini marak diaplikasikan di arena balap Roda 2 maupun Roda 4. . .

Jika Brosist masih penasaran terhadap jenis Rem yang disebutkan paling akhir tadi, Maka kali ini EA’s Blog akan memberikan penjabarannya spesial untuk Brosist sekalian. . . Memangnya, Seperti apa sih Ceramic Disc Brake itu Kang Eno ? Yuk langsung kita bahas aja Brosist…. Cekdisot !!

 

 

Ceramic Disc Brake 3

 

Belakangan ini, Ceramic Disc Brake atau yang bahasa indonesia nya “Rem Cakram Keramik” mulai digemari oleh para bikers di dunia, Terutama bagi yang berjiwa speedlovers. . . Sebenarnya, Piranti pengereman ini bukanlah sepenuhnya terbuat dari Keramik, Melainkan menggunakan material Campuran antara Serat Karbon & Keramik yang punya bahasa tenar “Composite Ceramic. . . Nah, Jika Brosist pernah membaca sampai tuntas Artikel Metalurgi Serat Karbon, Maka Brosist jelas tak akan asing dengan kata Composite (Komposit) tadi tuh yaa. . .

 

 

Ceramic Disc Brake Process 2

Ceramic Disc Brake Process 3

 

Proses pembuatan Ceramic Disc Brake sendiri membutuhkan waktu yang lebih lama, ketimbang pembuatan Disc Brake biasa. . . Awalnya, Potongan serat karbon dicampur dengan material resin, Kemudian material campuran ini di masukkan ke dalam cetakan disc brake. . . Setelah demikian, cetakan tersebut kemudian di press dengan bantuan alat khusus dengan kekuatan 40 ton lebih, plus suhu 400ΒΊ Fahrenheit. . . Tekanan hebat plus suhu sangat tinggi ini akan mengubah Bubuk resin tadi menjadi sebuah perekat untuk Potongan Serat Karbon. . . Hasilnya, Didapatlah sebuah Cakram Karbon yang diinginkan. . .

 

Ceramic Disc Brake Process

 

Proses pembuatan Ceramic Disc Brake tak lantas berhenti sampai disitu. . . Cakram “setengah matang” ini kembali harus melewati berbagai tahap lagi seperti pelubangan untuk ventilasi pelepas panas (kalau ada), dan pemanasan hingga 800ΒΊ F selama berhari-hari. . .

Setelah itu, Barulah keramik dicampurkan ke bagian cakram tadi melalui sebuah wadah anti panas, Bentuk keramiknya adalah Silikon bubuk. . . Campuran Cakram Karbon dan Silikon bubuk (Keramik) tadi kemudian dipanaskan hingga 3000ΒΊ F, agar silikon meleleh dan menyatu ke bagian Cakram. . . Hasilnya, Akhirnya jadilah sebuah material anyar bernama Silicon Carbide berbentuk Cakram yang kita kenal dengan Ceramic Disc Brake. . .Terakhir, Cakram yang sudah jadi ini melewati tahap pemurnian dari gas oksigen, penghalusan permukaan, hingga pengecekan permukaan yang dilakukan secara miskroskopis untuk membuat Cakram Keramik ini sesuai dengan yang diharapkan. . .

 

Untuk lebih jelas & detailnya, Silahkan Brosist cek sebuah video tentang pembuatan Ceramic Disc Brake berikut ini. . . Tenang saja, Bagi Brosist pengguna hp, EA’s Blog sudah menyiapkan link downloadnya koq πŸ˜€

 

 

Link Download HP > 3,0 MB

 

 

Lanjutkan Membaca >> Kelebihan & Kekurangan Ceramic Disc Brake

Β 

Iklan

32 comments

  1. Sekarang mah udah canggih, awal-awal digunakan cakram keramik itu mengunci dibawah kecepatan 30km/jam. Terus material kampas menempel di permukaan cakram jadi harus sering-sering dibersihkan..
    #ups maaf lupa..master kok digurui..kabur ah…

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s