Spesial : Ini Dia Sejarah Pabrikan Yamaha, Dari Masa ke Masa (Part.2-Tamat)

 

Yamaha

 

Setelah sebelumnya kita puas membahas sejarah awal mula kesuksesan Yamaha, Kini kita akan melanjutkan ceritanya mulai dari era 1960-an, Dimana Yamaha mulai mengikuti kejuaraan WorldGP (Sekarang MotoGP). . . Serta perjuangan Yamaha merebut kelas Superbike serta Segmen lainnya di Pasar Global. . . Jika belum melihat edisi Sebelumnya (Part.I), Silahkan Brosist Klik Link dibawah ini. . . .

Spesial : Ini Dia Sejarah Pabrikan Yamaha, Dari Masa ke Masa (Part.I)

Seperti apa sih cerita lanjutan nya ?? Yuk kita Intip Brosist !! Cekidots. . . πŸ˜€

 

Yamaha 1961

 

Secara Resmi, Pada tahun 1961 akhirnya Pabrikan berlambang Garputala ini mengikuti ajang balap Motor paling bergengsi di Dunia, WorldGP. . . Sayangnya, Pada Musim inilah Yamaha juga harus gigit jari lantaran harus menerima hasil mengecewakan. . .

Hanya ikut di 1 kelas saja (250cc), Pembalap Andalan Yamaha Fumio Ito hanya bisa bertengger pada peringkat 9 dengan Poin 7, Sementara pembalap lainnya Yoshikazu Sunako hanya berada di posisi paling buncit dengan Poin 1. . . Atas dasar inilah, Yamaha Mundur dari Ajang GP kelas 250 cc pada tahun 1962. . . Yamaha coba untuk menciptakan sebuah mesin baru yang mampu bersaing dengan MotoGuzzi, Moto Morini, MV Agusta, serta tentu dengan Seteru senegaranya Honda. . .

Baca Juga : Ini Dia Perbedaan MotoGP Jaman Dulu & Sekarang !!

 

Musim Peralihan….

 

 

RD56 1962

 

Tahun 1962 mungkin adalah tahun yang sangat memusingkan bagi Pabrikan Garputala ini. . . Pasalnya, Mereka harus mampu melewati segala ke misteriusan dari Mesin 250 cc Honda RC164 yang terkenal sangat bertenaga serta memiliki durability kelas wahid. . . Karena tak ingin repot menggunakan mesin 4-Tak yang membutuhkan Riset “Gila” , Akhirnya Yamaha berusaha mengembangkan Motor 2-Tak yang sesuai dengan jati dirinya selama ini. . . Motor racikan anyar tersebut sebelumnya telah diuji coba di Ajang Balap Domestik Jepang serta diberi nama Yamaha RD56. . .

Baca Juga : Ini Dia 10 Motor Dengan Suara Terbaik di Dunia versi EA’s Blog !!

 

Musim Pembuktian & Juara Dunia Pertama !!

 

RD 56 1963

 

Tahun 1963, Akhirnya adalah moment pembuktian bagi Yamaha !! Pasalnya, Pada tahun ini mereka memutuskan untuk ikut serta dalam ajang WorldGP sebagai Tim yang layak untuk diperhitungkan. . . Bukan tanpa alasan, Pasalnya Yamaha RD56 yang menggunakan mesin 2-Tak, Inline-Twin, Terbukti mampu memuntahkan power yang sangar (Khas 2-Tak) plus Durability yang mampu bejaban dengan Jagoan Honda & Moto Morini kala itu. . .

 

Fumio Ito

 

Musim WorldGP 1963, Yamaha RD56 yang ditunggangi oleh Fumio Ito, Yoshikazu Sunako, Phil Read & Hiroshi Hasegawa, Sukses bersaing di 4 seri balapan dari total 10 seri yang digelar di musim 1963. . . Kesuksesan pertama dimulai saat Seri paling bergengsi di Ajang WorldGP, Isle Of Man TT (IOM TT) digelar. . . Saat itu Fumio Ito berhasil menggapai Podium ke-2 serta mencatatkan dirinya sebagai Pembalap Jepang Pertama yang mampu naik Podium di Seri WorldGP paling bergengsi tersebut. . .

Kesuksesan Tim Yamaha tak berhenti sampai disitu, Pabrikan Garputala ini juga berjaya saat Seri GP Assen Belanda dimulai. . . Fumio Ito kembali mampu naik Podium dengan Finish di Urutan kedua, Setelah Duel Sengit dengan Jim Redman yang menunggang Motor Honda. . .

 

Fumio Ito 2

 

Kemenangan Yamaha pertama diraih saat GP Belgia yang dihelat di Sirkuit Spa-Francorchamps. . . Kala itu, Yamaha berhasil mencatatkan hasil gemilang dengan menempatkan dua pembalapnya di Podium, masing-masing sebagai Juara & Runner-Up. . . Adalah Fumio Ito, Sosok yang mampu mengantarkan Yamaha merengkuh Juara Seri pertamanya di kancah GrandPrix, Diikuti Oleh Yoshikazu Sunako di posisi kedua. . .

Hasil yang gemilang ini mengantarkan Fumio Ito berhasil mengantarkan Nama Yamaha bersinar setelah mampu bertengger di Posisi 3 Klasemen Akhir, Tertinggal 18 Poin dari Pembalap Legendaris Honda, Jim Redman sebagai Juara & serta tertinggal 16 Poin dari Pembalap Moto Morini, Tarquinio Provini. . .

Baca Juga : AJS E90 ‘Porcupine’, Ini Dia Juara Grandprix Kelas Premier Pertama Kali !!

 

Phil Read 2

 

Musim 1964, Adalah Musim GrandPrix yang paling membahagiakan bagi Pabrikan Garputala. . . Pasalnya ditahun inilah mereka mampu menjadi Juara Dunia GrandPrix yang Pertama Kalinya sepanjang keikutsertaanya di Ajang tersebut. . . Setelah tahun sebelumnya Fumio Ito menjadi andalan, Kali ini Phil Read menjadi Aktor utama dibalik kesuksesan Pabrikan Garputala merengkuh Gelar Juara Dunia. . . Menunggang Yamaha RD56 dengan improvisasi terbaru, Phil Read sanggup menenggelamkan kedigdayaan Jim Redman yang sebelumnya mampu menjadi Juara Dunia 2 x berturut-turut. . . Yamaha juga berhasil mencatatkan hasil yang positif di Race kelas 125 cc dengan catatan 1 x finish di Podium ke-2 bersama Motor Andalannya Yamaha RA97. . .

 

Phil Read

 

Kesuksesan ini ditorehkan Phil Read dalam torehan 5 kemenangan di kelas 250cc, Yang diraih masing-masing di Seri Prancis (Charade), Jerman Barat (Solitude), Jerman Timur (Sachsenring), Irlandia (Dunrod)Β  & Italia (Monza). . . Tak hanya itu Brosist !! Pelapis Phil Read yang enjadi pembalap kedua Yamaha juga mencatatkan hasil yang menawan, Michelle Duff, Pembalap asal Kanada juga berhasil memenangi 1 seri GrandPrix yakni Seri GP Belgia (Spa-Francorchamps), Sekaligus berhasil menempati posisi 4 di klasemen akhir. . .

Berkat keberhasilan kedua pembalapnya, Yamaha tak hanya mampu mengantarkan Phil Read menjadi Juara Dunia GP250. . . Tapi juga sekaligus menjadi Juara Konstruktor di Tahun 1964 serta menumbangkan Kedigdayaan Honda yang telah bersinar sebelumnya selama 3 tahun berturut-turut. . . Berkat Kemenangan serta Pencapaian inilah, Produk 2-Tak Yamaha semakin dikenal Dunia, serta Memiliki Reputasi yang baik terkait Performa, Reliability & Durability. . .

 

Β Lanjutkan Membaca >> Juara Dunia Pertama Kali GP Kelas Premier plus Rentetan Kemenangan Yamaha !!

Β 

35 comments

  1. siip jadi bisa lebih tau lagi nih.
    oya kang itu kan sejarah produk yg sudah jadi, kl sejarah produk yg belum atau akan jadi, dari mulai pengembangan awal, tes, DLL. pasti ad saja kegagalan suatu produk. itu gimana kang? mungkin ad sejarah”nya, pruduk baru juga gpp deh. tp bukan sejarah y kan baru kemaren…
    xixixixixiiiii….

  2. lengkap tenan masbro..
    asik banget bacanya..
    ini artikel, kalo saya bilang levih advancr, ketimbang artikel ea blog awal2 tahun lalu,
    soalnya banyak link2 yg bisa dipake buat “inget2 yg lupa” joss bener…

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s