Motor Modifikasi Bakal Ditilang ? Baca Ini Dulu !

Tilang

 

Brosist sekalian…. Seperti kita ketahui dari berbagai berita yang beredar, Banyak dilakukan Razia terhadap kendaraan Roda 2 (Sepeda Motor) yang dimodifikasi menggunakan Knalpot Racing. . . Meski masih banyak kontroversi terkait peraturan ambang batas suara (dB) yang diperbolehkan atau tidak, Tapi tindakan tersebut layak kita apresiasi (kalau tidak ada unsur pilah-pilih dan “gocap” disana). . .

Ternyata tak hanya Knalpot Racing yang jadi Bahan Utama masalah Modifikasi motor yang rawan ditilang Polisi loh Brosist ! Masih ada lagi beberapa konsep ataupun part modifikasi yang dilarang oleh Pihak Polisi. . . Apa Sajakah itu ??

 

Razia Knlapot

 

Seperti yang kita sedikit singgung diatas, Penggantian Knalpot Standar ke Knalpot Racing/Brong (Bersuara Keras) adalah menjadi yang pertama dalam pembahasan kali ini. . . Pasalnya, Hal inilah yang sedang menjadi buah bibir dan keresahan di kalangan Bikers Indonesia sekalian. . . Dalam aturan dijelaskan bahwa ambang batas kebisingan Sepeda Motor untuk kubikasi mesin 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (dB). . . Lalu untuk kubikasi 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db. . .

 

Knalpot Bising

 

Untuk pengguna knalpot yang memiliki tingkat kebisingan diambang batas, Kudu berhati-hati nih Brosist. . . Pasalnya, Dalam Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) , Ada ancaman sanksi bagi pengguna knalpot bising yakni pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000. . .

 

Razia Ban Cungkring

 

Hal lainnya yang tidak boleh dilakukan adalah mengganti ban/velg ke ukuran yang lebih kecil. . . Yup ! Seiring dengan konsep modifikasi ala “Thai Look” yang semakin merajalela dengan Ban Cungkring nya. . . So, bagi Brosist yang memodifikasi motornya dengan Ban Cungkring kudu Berhati-hati yaa, atau kalau bisa diganti ke ukuran normal aja deh. . .

Kini Polisi sudah mulai menindak tegas Sepeda Motor yang menggunakan Velg/Ban Cungkring. . . Jadi bila suatu saat Brosist yang motornya dimodifikasi ala Thai Look kena Razia dan Motornya sampai diamankan, Jangan kaget yaa !! Modifikasi tersebut memang dilarang koq ! Selain tidak safety dan ‘menyusahkan’ untuk diri sendiri, Modifikasi tersebut juga bisa membahayakan pengguna jalan lain…..

 

Ban Cungkring Hancur

 

Hal selanjutnya yang dilarang oleh Pihak Polantas adalah Motor yang sudah dirombak modelnya sehingga jauh dari Konsep Motor Standar. . . Meskipun masih “abu-abu” terkait Perubahan apa yang tidak diperbolehkan, Tapi Polisi tetap akan menindak tegas Motor yang dimodifikasi sehingga berubah dari bentuk standarnya. . . Berikut kutipan dari Wadir Lantas Polda Metro Jaya :

” Motor modifikasi itu tidak boleh (berkendara di jalanan), kan ada aturannya. . . Barang siapa yang mengubah bentuk dan sebagainya, maka akan mendapat sanksi pidana,”…..

 

Lampu Silau

 

Hal terakhir yang jadi fokus utama pembahasan kita kali ini adalah Modifikasi yang mngubah pencahayaan lampu. . . Peraturan yang satu ini juga masih abu-abu lantaran belum ada kejelasan dari pihak kepolisian terkait modifikasi lampu seperti apa yang diperbolehkan. . . Namun memang ada Undang-undang yang mengatur hal tersebut yakni pada Pasal 285 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. . . Pasal tersebut memberi ancaman sanksi berupa kurungan atau denda bagi pengendara motor maupun mobil yang lampu utamanya tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. . . .

Pasal lainnya yaitu Pasal 24 ayat (2) Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, untuk sepeda motor harus dilengkapi dengan lampu utama dekat dan lampu utama jauh paling banyak dua buah dan dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 (empat puluh) meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 (seratus) meter ke arah depan untuk lampu utama jauh. . .

 

Silau

 

Nah, Yang jadi perhatian dan Fokus utama dalam masalah Pencahayaan adalah Pada Motor Standar (keluaran pabrik) semuanya sudah menjalani tes dan layak jalan. . . Namun, Yang dilarang adalah mengubah lampu utama yang bisa menyilaukan orang lain yang berlawanan arah dengan Brosist. . . Selain itu, Lampu Rotator & Strobo sudah pasti dilarang ya Brosist !!

 

 

Well. . . Semoga nantinya Polisi cepat bertindak dan tak pandang bulu dalam menertibkan Motor yang bermasalah dalam modifikasinya. . . Masalahnya beberapa modifikasi diatas memang mengganggu kenyamanan serta keselamatan pengendara lain. . . Pihak kepolisian pun menyadari saat ini penegakan hukum memang belum dilakukan secara ketat oleh petugas kepolisian untuk mobil atau motor modifikasi. . . Namun tidak menutup kemungkinan rencana ini akan benar-benar terealisasi. . .

 

So, Jangan sampai salah sasaran ya Pak !! Masa Motor Sport yang Lampunya dari Standar cuma nyala sebelah ditilang sih ??

Polwan

Kalau Pak Polisinya masih nggak bisa, Teteh Polwannya aja deh. . . wkwkwk πŸ˜€

200 comments

  1. So, Jangan sampai salah sasaran ya Pak !!Masa Motor Sport yang Lampunya dari Standar cuma nyala sebelah ditilang sih ??

    Ngakak πŸ˜€
    r15 d.tilang gara2 picek πŸ˜€

      • kata siapa ga? di bandung ade ane di tilang bro,,, jupiter z biru cuma ditutup sebagian pake scotlite hitam transparan dan masih menyisakan warna biru di depan dan di leg shield tetep kna tilang,, padahal itu baru perpanjang pajak dan ganti plat 5 tahunan,,, mentang2 plat luar main tilang mau diangkut,,, dan akhirnya ade ane setor 90rb ke oknum tsb krna ga mungkin ikut sidang wong cuma numpang lewat mau ke jakarta,,,

  2. AWAAAASSS, preman berseragam akan semakin menggeliat dan arogan dalam memalak para biker…., bgtu mau dibilang pengayom masyarakat…..judule ngimpi…..

  3. Dalam aturan dijelaskan bahwa
    ambang batas kebisingan Sepeda Motor untuk
    kubikasi mesin 80 cc ke bawah maksimal 85
    desibel (dB). . . Lalu untuk kubikasi 80-175cc
    maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90
    db. . .
    ——————————————–
    lach..motor harley davidson suara knalpotnya mlah lbih dri 90 db koq gk ditilang..gliran motor kecil yg pke knalpot racing tp batas ambang suaranya msih 90db ttep ditilang… tnya kenapa? krn polisi skrg hnya mikirin duit smata, mkanya gk heran klo perut polisi itu bnyk yg buncit, apalgi ane pernah lihat polisi yg pangktnya lbih tinggi mlah prutnya dach kya gentong lbih buncit lgi pdhl orgnya gk trlalu gemuk….hahahaha
    dn polisi jg ska bkin aturan seenaknya msa qt gk boleh memodifikasi mtor bda dgn standarnya…alasannya ap, mng klo orang mrombak model mtornya jauh dri model standar bkal mngurangi keselamatan dn membhayakan orang lain….? kcuali qt merombaknya bkin bhya dri sndiri dn orang lain sperti pke ban cacing,lampu strobo,lampu stoplampnya wrna putih bkan merah baru dach msih wjar dtilang…

  4. Mas kalo motor yg aki nya 6v kan lampunya kecil, contoh honda win.. Jarak Lampunya ga bisa sampe 40m .. Terus sperapart lampu sudah mulai sulit .. Terus kalo misalnya polisi nindak kita jelasin gmna? .. Salam kenal mass πŸ˜€

  5. Teteh polwan anu murah senyum itu baru,apalagi klo dikasih pengarahan dulu baru ditilang, klo udah kena tilang berarti pelanggaran berat klo cuma sepele sih jangan ditilang kasih peringatan polisi jangan seenaknya menilang harusnya kena tilang 3x sim hangus itu baru Teteh polwan anu murah senyum itu baru,apalagi klo dikasih pengarahan dulu baru ditilang, klo udah kena tilang berarti pelanggaran berat klo cuma sepele sih jangan ditilang kasih peringatan polisi jangan seenaknya menilang harusnya kena tilang 3x sim hangus itu baru Teteh polwan anu murah senyum itu baru,apalagi klo dikasih pengarahan dulu baru ditilang, klo udah kena tilang berarti pelanggaran berat klo cuma sepele sih jangan ditilang kasih peringatan polisi jangan seenaknya menilang harusnya kena tilang 3x sim hangus itu baru Teteh polwan anu murah senyum itu baru,apalagi klo dikasih pengarahan dulu baru ditilang, klo udah kena tilang berarti pelanggaran berat klo cuma sepele sih jangan ditilang kasih peringatan polisi jangan seenaknya menilang harusnya kena tilang 3x sim hangus itu baru joos

  6. Kalau knalpot biasanya polisi cuma lihat bentuknya doank gk standart..tilang..padahal suaranya alus karena uda ada db killernya..itu gmna??
    Kalau lampu biasanya yg kena tilang yg warnanya putih..tp skarang honda vario 110 lampunya pakai led warnanya putih pa mau ditilang juga???

    • Lampu Vario 110 tentunya udah standar jadi gak bakal masalah, Lagipula gak ada bohlam lampunya koq (gak kelhatan). . . kalu knlpot no comment deh, Pinter2 kita aja masbroo πŸ˜€

  7. hadeuh kumaha tuh paingan motor teh boga na modipikasi hungkul ,,,,kenalpotna laun jigana,,,,,moal bisa dolan2 jauh tuh ,kudu seuer niis d bumi ari kieu mah.

  8. Peraturan ini memang masih abu2 terutama buat pak polisinya sendiri dan menurut ane lucu kenapa?masalah knalpot yg bersuara berisik 175cc batas maksimal 90dB nah ane pernah liat tu polkis pake motor ninja ber5 pake knalpot racing semua….tapi masyarakat ditilang lha polkis sendirinya aja pake….gk bisa jadi contoh mau menertibkan yg mencontoh WTF!!

  9. Ane pernah kena razia gara2 knalpot racing. Tapi biar racing suaranya ngebas halus,pas mw ditilang ane blg gini aja…
    Klo mang bnr suara knalpot ane lebih dari 90 Db,bisa dibuktikan gak dgn alat pengukur suara?tnyata mrk gak ada alatnya..akhirnya ane dilepas lg tp mrk ngedumel….hehehehe….
    Trus gmn klo knalpot standar tp bobolan…???

  10. Tambahan buat pak polisi :
    Bukan cuma knalpot motor doank pak yang bikin brinsik
    Knalpot mobil yang racing / brinsik harusnya juga ditindak
    Jangan ada diskriminasi antar pengguna jalan…………….

  11. Skalian aja buat aturan, motor harus standart pabrik, jadi kalo bannya habis, motor harus di buang, tekanan angin kurang buang, dtambahi plat nomer, buang, lampu mati, buang,
    Ok

  12. Rakyat Kecil di Tindas Terus Coba kalau Pejebat
    Contoh nya :
    TU Harley Davison Gak di tilang Tu
    coba kalau motor Bebek Pasti di tilang tau aja mana orang susah mana orang kaya….
    Pokonya makan duit rakyat terus gimana gak kenah sumpah tu polisi sampek2 perutnya buncit Gitu

  13. motor vario parem sabelah ge kena tilang…..padahal geus aho malah diteangan switch on-off na…

    oon tah wereng coklat :mrgreen:

  14. Usul buat pak polisi, tuh tilangin aja ninja 250 yang kagak pake spakbor belakang, dan amanin juga tuh pabrik pembuat selacar+undertail, karena ninja 250 pake undertail selancar gitu gak ada 1 pun pake spakbor belakang, uda berapa kali tuh pas lagi becek motor gak pake spakbor belakang itu nyiprat gue yang di belakangnya!! Gue sering menjauh dari motor bego gituan kalo pas becek. Gue heran orang yang suka nyopotin spakbor belakang itu tollllllllooooooooooooollllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllnya minta ampun, mengira keren kali ya meniru motor GP… Motor GP itu tidak di design untuk jalanan becek dan mempercepat ganti roda.
    Kalo merasa bawaan ninja 250 gak bagus, bisa comot spakbor dari motor lain, atau kreativitas si biker itu sendiri untuk gak nyiprat ke pengendara di belakangnya.

  15. Tilangin tuh yang gak pake spakbor belakang.
    Orang yang sengaja copotin spakbor belakang itu toloollllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllnya minta ampun, saat becek nyiprat pengendara di belakangnya dan juga nyiprat si biker itu sendiri.
    Terutama ninja 250 tuh, tolong tilangin yang gak pake spakbor belakang .

    • Makanya kalo naik motor diwajibin pake pake helm om! Kalo ujan pake jas ujan jadi ga kcipratan, tu yamaha R15, R25, minerva , dll dari pabrik uda pake spakbor mini smua, masa mereka harus nuruti kmauan ente? XD

  16. Nambahin aja yah bro… HID itu diperbolehkan selama menggunakan projector… karena cahayanya yg fokus dan ga menyilaukan orang lain… Orang2 banyak salah kaprah pake HID begitu aja tanpa pake projector… Akibatnya cahayanya nyilauin orang lain, tp kita sebagai pengendara ngeliatnya ga terang ya mereka ga ngerti tambahin boosternya, ganti kiprok, ganti aki… padahal itu ga membantu…. HID itu lampu kendaraan yg dikhususkan memakai projector… Semoga membantu…

    • mencerahkan nih tentang lampu HID klo boleh tau yg bikin fatwa lampu HID boleh asal pake projector itu siapa ya kang? rada gak masuk akal sih klo gak sesuai standart asal tilang. trs bagaimana nasib yg udah modif motornya jd caferacer/japstyle dgn lengkapin semua sektor dr platnomer dpn blkg ada,lampu depan blkg ada, sein lengkap,spion ada,pentil ngace*ng, velg+ban cenderung gede2, spakbor dpn blkg ada dll nya lengkap tp msh ditilang karna alasannya gak sesuai standart keluaran pabrikan? membunuh kretifitas bgt nih peraturan. emangnya klo berubah bentuk dr standar pabrik trus bisa ngebahayain sendiri dan org lain apa? wong modifnya jg bagus dan lengkap kok. motor standar pabrik jg bisa bahaya klo ridernya pekok! tp emangsih klo modifnya bengis kyk japstyle contohnya tp suara knalpot nya feminim yo ibarat macan ompong ra ndue taring hahaha

      • emang iya gan hid wajib pakai projector, liat aja motor ataupun mobil yg pakai hid dari pabrikan semua nya pake projector.
        dan please orang yang punya motor nyopot mika merah lampu rem nya, dan d ganti lampu putih itu maksud nya APA?
        kalau saya boleh bicara itu sangat2 TOLOL, kreatifitas? KAGAK itu nyelakain pengendara di belakang nya.
        please kreatifitas ga ada yg larang, CUMAN PAKE OTAK!!!

  17. Masalah modif jauh dari aslinya kayanya ga bermutu peraturannya.
    masalah lain yang “abu-abu” ini bakal jadi bahan makanan polisi nakal pang

  18. Ikutan share dikit,kemaren hari minggu ane jalan2 ma bini naek motor gank ijo yg jadi masalah selama ini hampir 3 atau 4 bln ane pake aman2 aja eh pas hari minggu kemaren kena tilang gara2 pake knalpot TBR,knalpot nya suruh copot dan mau di sita,ya gw gak mau donk bukan montir gak ahli bongkar pasang.akhir nya tampa babibu lagi via modus titip sidang kasih aja dah 500.padahal menurut ane suara sama knalpot standart nya jugangak beda jauh cuma lebih bulet dikit,menurut ane sih malah lebih kenceng yg 2tak.heran nya kalo ane bawa yg 2tak kenceng di depan dia aman2 aja,ini yg jalan slow kena..bingung dah ama pak kumis sekarang.bukan merasa sok pinter atau gimana ya,menurut ane sih daripada bikin aturan yg abu2 gitu napa gak sekalian aja penjual nya di razia.sama yg aneh lagi tuh motor tua yg jalan nya pake gardan di modif gak karu2an dan kadang menuhin jalan dan bahaya kenapa gak di tindak?takut jadi kurus kali ya kalo sita motor tua.:P

  19. Warna motor di stnk ane merah marun gan. Tapi body ane wrapping item doff 90%. Trus lampu di dada (motor ane jupi mx 09) ane tutup setengah biar keliatan nyipit
    Kira2 kena tilang ga ya?

  20. mas EA mau nanya nih? Motor saya jupiter mx merah maroon 2009 , saya Pakai knalpot Satria f New standar/original @jupiter mx. Kira2 kena tilang iblis berseragam nggak ya πŸ˜€ ,,, semuanya standar hanya merubah knalpot sfu itu tadi??

    • Kalau nggak brisik ga bakal ditilang masbroo. . . biasanya oknum tsb, mendengarkan via suara knalpotnya, kalau standar ya no problem. . . tapi kalau sudah bobokan baru terancam kena:D

  21. mas bro saya mo nny lg,kalo motor NVL y putih biru itu d stnk nya warna apa ya mas,kalo putih mrah kan ttp putih,kalo sama kan mptor saya mo d deko warna biru

  22. mas bro mau nanya. beat fi warna merah ane mau di tempelin striping full body bercorak. bisa kena tilang gak tuh ? tapi tetep warnanya merah kok, dan ada corak hondanya.

  23. bang, mau tanya dong, kalo lampu motor mio sporty bagian depan lampu senja dan sein di skotlet kaca film transparan agak gelap kena tilang ga? warna lampu sein dan senja masih standar dan menurut saya jelas, lampu utama masih standar, mohon pencerahannya…

  24. Kalau emang pengen menindak motor yang modif, tolong tindak dulu motor yang besar2. Jangan mentang2 mereka ikut IMI atau IMBI terus modif mereka yang seperti strobo, rotator, sirine yang berlebihan terus di biarkan begitu saja. Apa polisi takut untuk menindak di karenakan yang punya itu rata2 orang kalangan atau alias berduit gede.?! Bahkan kadang mereka yang bermotor besar kalau sedang konvoi sering arogan di jalan karena mereka merasa motornya besar, apalagi kalau ada pengawal.!
    Tolong para Polisi kasih tanggapan mengenai hal ini.

  25. kalo motor besar sport(400cc up) tp masih pakek knalpot standar bawaan pabrik tu gimana ya?
    kn g ada modif2 an tuh..semua aksesorisnya bener2 standar,,
    ntr tau2 kena juga padahal standar,,

  26. banyak aturan….. bikin pucing kepala ane…. Motor ane standart, semua standart pabrik semua komplit surat menyurat pun komplit tutup pentil pun komplit gak ada yang dirubah kalo sempat ada polisi Tilang ane…. gak usah ngomong lagi ane bacok aja kepala polisi itu. mampus mampus dah…..

  27. ban w pke drag buat harian knalpot custom racing .. normal2 ja2 bwt harian .. g usah cari perkara dah.. modifikasi g bwt kjhatan atw bahaya kok .. tergantung bikernya aja.. jgn standart tp ridernya g handal sama ja bohong… kalo razia bawa alat pengecek (dB) biar g asal aja… yg penting taat djalan aja… itu yg penting ,, jgn maen besut2 aja ada org d blakang coy….

  28. Ikut komen dah. IMHO ya…
    1. Soal modifikasi body/tebeng, nantinya kan jadi beda om sama stnk, dari segi warna maupun bentuk dasar buat seri motor itu. Pada akhirnya nanti akan mempersulit pelacakan pihak kepolisian terhadap motor ybs. Makanya dibatasi untuk modif yg satu ini.
    2. Soal knalpot bronk, jelas sekali knalpot ini mengganggu ketertiban umum. Misal lewat samping tempat ibadah, jangankan knalpot bronk, nyalain klakson aja ga boleh.
    3. Soal lampu HID, memang dari aturan belum dijelaskan secara rinci, jadi istilahnya masih bisa kita modifikasi ASALKAN tidak mengganggu ketertiban umum yakni tidak menyilaukan lawan arah.

    Sekedar saran, modif boleh asal jangan berlebihan dah. Kalo emang punya duit lebih, beli aja motor yg sesuai selera tanpa harus modif berlebihan. πŸ˜€

  29. mau tanya uy.. kalo merubah bebek revo jd motor sport kaya cbr/vixion new, bermasalh/ ditilang ga ya, ? (kaya ganti casing pke fairing, stang jepit, monoshock dll).. makasih

  30. bang gua mao nanya nih.. motor gua jupiter z burhan.. mesin udah gua bore up, gua pake knalpot kaleng kalo kata orang sih udah pasti berisik, tapi gua setel ulang semuanya.. malahan ampe kaga ada suara saking alusnya.. tetep kena tilang kaga tuh?? ibarat kaya suara motor standar.. malahan kadang” motor standar pabrikan masih berisikan tuh motor pabrikan dari pada motor gua yang pake knalpot kaleng..

  31. sedikit cerita ni gan, ane pernah no di setopin pak polisi waktu lagi jalan siang-siang bolong di tengah kota. di berentiin nanya surat-surat, semuanya lengkap. sim + stnk + motor standar, eee ujung-ujungnya mau di tilang gara-gara kenalpot katanya ga standar. padahal ntu knalpot yang ane pake masih standar gan.. cuma warna silencernya aja di cat item. ampe otot-otot an ama tuk pak pol yang bilang masih ga standard. ribet dah, capek otot-ototan adu mulut ama ntu pak pol. ujung-ujungnya motor ane idupin, terus geber-geber . biar kupingnya denger.. alhasil malu sendiri tu pak pol, surat-surat di balikin. sok-sok nanya pulang kmana lgi, ane ambil terus gaspoll aja sok cuek, Faktanya kebanyakan polisi itu suka cari-cari kesalahan buat nilang kita, itulah banyak yg benci ama mereka, biarpun tidak semua oknum kaya gitu. tapii kebanyakan cuma mau minta duit buat damay.
    πŸ˜€

  32. menurut ane klo masalah knalpot racing dan lampu LED atau HID itu sih gak masalah soal nya ane pasang knalpot racing dan lampu utama pake HID kmaren saya kena tilang tapi yang ditanya surat kelengkapan ajj .. klo surat surat lengkap pasti aman

  33. Gan tari td ane kena tilang di pantura,,
    karna lampu sen ane warnanya ijo,
    dan sepion ane yg bukan orinya,
    mang kayak gitu ada apa pasalnya?

  34. Buat rider se-Indonesia saya mau tanya nih… Gimana cara meningkatkan ferforma RX-King yg sudah OS 250 Dan gimana cara setting karbu yg baik. Terima kasih

  35. kenapa penerapan aturan berkendaraan di jalan raya, antar daerah berbeda beda, …di daerah purworejo jateng knalpot tidak standar …tidak begitu dipersoalkan oleh polisi lalin,yang penting SIM dan STNK ada, ….tetapi di daerah kaligawe semarang ….saya surat surat lengkap,….tapi polisi yg sedang gelar razia ….cari cari knalpot motorku yg gak standar,padahal suaranya juga gak berisik,jika di banding knalpot rissing

  36. #PolisiManja
    klo ane lucu gan, Tampang sangar, tapi manjanya bukan main..
    gara2 disuruh minggir, trus minggirnya agak jauhan..
    surat lengkap, dalih gara2 melanggar aturan gak mau minggir, disuruh bayar 250k, dan harus ikut sidang + ditahan motornya..
    -Polisinya marah2, “Kamu buat saya lari2, kalau saya kena serangan jantung gmna?”
    -Ane, “Maaf bapak, saya ini sdh minggir”
    -Polisi, “Mana kuncinya” sambil mau nulis surat tilang tp gak jd..
    -Ane, “(*dalam hati, weh mau diangkut nih), terus saya kerja gmna bapak?”
    -Polisi, “Kamu kerja dmna?” sambil mau nulis surat tilang tp gak jd..
    -Ane, “di jalan *********** pak, lembaga pendidikan, trus gmna saya ksana bapak, saya perantauan”
    -Polisi, “Kalau saya suruh minggir ya minggir,.. Ya sudah, sanggup kamu bayar 250k?” sambil mau nulis surat tilang tp gak jd..
    -Ane, “iya ini saya sdh minggir, tidak pak”
    -Polisi, “bayar setengah aja”
    -Ane, (*dalam hati, intinya suruh damai)
    tunjukin dompet dihadepan polisi itu dan polisi lainnya karna kesel ada polisi yang manja kek gini,
    tunjukin kalau di dompet ada 100k++ (padahal ada keselip 200k lg)
    akhirnya di selepet deh 100k ane..
    -Polisi, “50k lagi”
    -Ane, “nih bapak liat sendiri duit saya ada berapa sisanya” 25k++ (yg terlihat) dan 200k (yg tersembunyi)
    -Polisi, “Oke Jalan Sana..!!” sambil batuk2 mau muntah (entah disengaja atau tidak, dan sepertinya karma Allah menunjukkan hidayah pada polisi itu..
    -Ane, “Semoga lekas sembuh ya pak” sambil senyum
    -Polisi,”ya sana” sambil dilihat temen2 polisi lainnya, polisi ini semakin keras batuknya dan mau muntah..

    Smg bapak2 polisi indonesia diberikan hidayah atas kesengajaan kecurangan yg dia lakukan

  37. saya mau tanya om. saya kan punya motor honda c70 full modifikasi ala japstyle. tpi motor saya sama sekali gak ada surat2. stnk, bpkp gak ada semua. selama saya pake motor ini belum pernah di tilang. kata orang2 sih klo motor2 lawas gak di tilang lgi, tpi klo seandainya kena tilang. gimana ya cara jelasin ke polisi nya yak??? dan seandainya motornya terpaksa dibawa ke polres gimana cara ngambilnya tuh? toh surat2 nya gak ada sama sekali.. mohon dijawab ya om. makasihh

  38. kalo itu masalahnya yg jual harus ditilang juga boss……………kalo ada penjual pasti ada pembeli dan pengguna bosss hehehehe

  39. Memang risih kalao ada motor matic / bebek tulent pake knalpot racing coz gak sesuai dg value nya secara mereka bkn genre rock “ehh” sport ding πŸ˜€

    tapi kalo motor sport tnp knalpot racing rasanya gimana gitu loh… hampa terasa motorku tanpa racingmu πŸ˜€ hahaha

    persis kaya Ninfi 250 / R25 tnp knalpot racing rasanya itu hening bin jempling kalau melintasi jalanan 😦 mungkin mereka blm mampu membeli knalpot atau takut ditilang yah πŸ˜€ pdhl suara 4tak dua silinder itu soundnya sanfat merdu bkn knalpot bass yang beberekbekan tape deh eta mah :-/

    disatu sisi saya menilai aturan kebisingan itu gak efektif coz produksi knalpot makin rame baik lokal maupun import, so kalo mau tutup aja pabrikan lokal utk mengurangi kebisingan πŸ˜›

  40. Ada aturan larangan pakai plat nomor modifikasi gan? Saya ditilang padahal ga macem-macem ko modifikasinya. Cuma disesuaikan ukurannya sama ukuran lebar motor Ane. Motor ane GT125

  41. Auwah… apa slahnya orang pakai knalpot racing .. orang ada yg jual kok.. knalpot r9 khusus vixsion.. r9 khusus fu.. kita pembeli wajar donk memakainya.. kalo di larang pakai.. jangan di jual donk.. stop produksi baru.. kita sudah beli mahal.. kita pakai di palaki lagi sama polisi.. yg untung polisi dan penjualnya donk.. coba tanya untk apa knalpot racing di jual.. ya untk di pakai.. kalao gk di jual gk ada yg pakai aman.. polisi slah nilang.. harusnya penjualx yg di tilang pembeli punya hak untuk memakainya..

  42. Polisi harus tau ini kalau memang memodifo kasi motor membahayakan diri sendiri dengan orang lain.. dan melanggar aturan lalu lintas. Haruanya polisi stop produksi aksesori motor yang membahayakan pengendara di jalanan baik diri sendiri ataupun orang lain.. itu yg harus di lakukan POLISI JIKA MEMANG MELINDUNGI MASYARAKAT. Bukannya masyarakat di palak. Motor besar membuat kebisingan gk masalah tuh.. kalo motr kecil oo di peras di hukum.. apa bedanya kan sama2 membuat kebisingan sama.. kalo orang miskin curi 1 buah pisang orang kaya.. orang kaya menuntut penjara bertahun tahun… kalo pejabat mencuri uang masyarakat (korupsi) penjaranya lebih cepat daripada orang mencuri buah pisang yang harganya hanya seberapa di bandingkan pejabat korupsi ratusan juta.. hukum indonesia aneh ss lht di berita .. kalo bgni susah indonesia menjadi negara yang maju.. ini baru menurut pemikiran orang bodoh..sprti ss pendidikan kurang.. indonesia kayak tambang tp masyarkatnya 70% miskin dan kurang maju di bandingkn dgn negara lain jgn jauh2 dgn mlaysa sja jauh tertinggal indonesia dri ketegasan hukum kebersihan.. apa lagi kekayan menurut logika.. karena belum ss cek secara rinci..jdi jangan heran orang di perbatasan sana lebih memilih ke malaysia..

  43. om, mohon pencerahannya. dalam undang2 tersebut maksimal db diukur dalam keadaan motor diam atau pada rpm tertentu? terimakasih πŸ™‚

  44. kang ane Pake NVL nihh…
    ane mau ganti knalpot.. ya r9 muffler sakura..
    tuh bakal kena tilang Kaga?
    n baik Yg mana? hehe newbie msih πŸ˜€

  45. UU nya abu-abu biar bisa gocap style..

    Untuk sendalpot, Kalau razia gak bawa alat penghitung kekerasan suara / db meter, sepertinya razia gocap yang tanpa surat tugas berisi apa tujuan utama dari razia itu sendiri (razia sajam, kelengkapan kendaraan atau narkoba) Karena alat perlengkapan razia nya aja gak lengkap..
    Kalau sampe asal tilang sendalpot, itu sama aja kayak nangkep orang yang lagi berangkat lomba cosplay karena bawa pedang plastik
    #Ketentuannya batas suara, bukan bentuk knalpot
    #asal tangkep pembawa pedang plastik karena bentuknya, bukan tajam nya

    Yang pake sendalpot modifikasi dan yakin tidak melebihi ambang batas db monggo download aplikasi db meter di smartphone nya, buat bukti sebagai pengganti ketiadaan alat db meter dari pak polkis..

  46. Jangan sampe ada polisi tolol yg ditugaskan razia,
    Motor sport dua lampu, lampu satu utk jarak dekat dan lamu satunya lg utk jarak jauh, kan gak mungkin dua2nya dinyalain terus…

  47. Mending tilang tuh koruptor yg makan uang rakyat pak pak, dr pada nilang kretifitas anak bangsa, motor yg udh dibeli kan udh jdi hak milik jd terserah mau dibikin kaya apa, toh gk merugikan rakyat juga

  48. Iyah untuk pelk 17 kenapa harus di tilang.
    Why???
    Lagian kan itu memang SNI bahkan perusahaan besar pun membuat ban tersebut.
    Kalo memang tidak boleh kenapa bisa d jual bebas.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s