Suzuki RK67, Bukti Kegilaan Inovasi Dari Suzuki !

 

RK1

 

Holaa Brosist, Kembali lagi kita bertemu di hari yang indah ini. . . Pada kesempatan yang indah ini, EA’s Blog kembali akan menghadirkan jajaran motor-motor super legendaris dunia, Yang semoga mampu menginspirasi kita semua agar selalu berkarya terus di dunia otomotif Indonesia. . . Motor yang akan kita bedah pada kesempatan kali ini adalah Suzuki RK67… Sebuah mahakarya dari Pabrikan Jepang yakni Suzuki. . .

Seperti apa sih Keunikan Motor yang satu ini ?? Yuk langsung kita bahas saja Brosist. . . Cekidots !!

 

 

RK2

Suzuki RK67 adalah jagoan Suzuki di kancah WorldGP (Sekarang MotoGP) kelas 50 cc pada tahun 1967. . . What The Fuc* !! 50 cc ??

Iya Brosist beneran 50 cc Koq. . . FYI, Pada era 1960-an dulu, Balapan Motor terakbar di Dunia WorldGP (Sekarang MotoGP), Terbagi menjadi banyak kelas yakni 50, 125, 250, 350 & 500 cc. . . . Team Suzuki sendiri mulai terjun ke balapan dunia pada tahun 1960 di Kejuaraan Isle Of Man TT, Sampai akhirnya ikut serta WorldGP pada ajang GP Assen, Belanda di tahun yang sama. . . Sayangnya, Saat itu Suzuki tak mendapatkan hasil yang diinginkan. . .

 

RK4

 

Balik lagi ke RK67, Motor ini diciptakan saat Suzuki kala itu terdesak oleh super powernya Motor 4-Tak Pabrikan Honda di ajang WordGP kelas 50 cc, yakni Honda RC116. . . So, Suzuki pun pun dituntut untuk menciptakan sesuatu yang Mutakhir dan Benar-benar “Gila“. . .

Nah akhirnya pada akhir tahun 1965, Tepatnya pada ajang GP Amerika di sirkuit Daytona Beach, Suzuki memperkenalkan jagoannya yang kini memiliki spek 11-12 dengan jagoan Honda kala itu… yakni Suzuki RK66/67. . . Yap ! Suzuki RK67 ini dibekali Mesin 2-Tak 50 cc dengan konfigurasi Inline 2 Silinder !! Itu berarti tiap silindernya hanya punya kubikasi (baca : cc) cuma 25cc aja tuh Brosist… Edann pisann !!!!!

 

RK Naked

 

Jangan tersentak dulu karena melihat keunikan mesinnya ya Brosist. . . Hebatnya lagi, Motor ini juga dibekali part yang kecilnya imut-imut plus transmisi 14-Percepatan, Kalo kata fansboy Indonesia sih 14-Spiit !! Yang bikin lebih gila lagi, Motor 50 cc alias cuma setengahnya Mantan Supra Fit Jadul EA ini mampu memuntahkan power sebesar 17,5 HP dengan Redline hingga 17.500 RPM !!

 

Brosist bisa bayangin gak suara motor 2-Tak Redlinenya setinggi itu ? Kalo 4-Tak sih sudah pernah kita bahas pada duet Edan Honda RC166 & RC149, Dan hasilnya Fantastis. . . Lantas apa jadinya motor yang standarnya sudah “menjerit” kemudian ditambah lagi jeritan ala 17.000 RPM ?? Gokil Bro & Sist !!! Video tentang suaranya akan EA’s Blog sertakan di Akhir artikel. . .

 

RK 14 speed

 

RK Crank

 

 

Tak hanya di sektor mesin saja, Kegilaan Inovasi Suzuki berlanjut hingga ke bagian lain termasuk rangkanya. . . Sekilas bila kita amati, Memang terlihat hanya seperti seonggok rangka milik motor Jadul. . . Tapi jangan salah Brosist, Rangka tersebut berbahan baku alumunium loh. . . Hebatnya lagi, Berkat pengaplikasian rangka ringan tersebut Berat Kosong dari Suzuki RK67 hanya 58 kg saja Brosist !!

Perpaduan antara sektor mesin & rangka yang unik tadi berimbas kesisi performa. . . Ternyata Suzuki RK67 yang hanya bermesin 50 cc ini saat race mampu menembus top speed hingga 176 Km/h loh Brosist. . . Alias sama dengan Ninja 250cc plus knalpot Racing di era modern ini. . . Edann Polll !!

 

RK3

 

 

Berkat pembalap asal Jerman Hans-Georg Anscheidt, Suzuki akhirnya mampu menjadi Juara dunia WorldGP 50cc pada tahun 1966. . . Pada tahun berikutnya, Suzuki seakan semakin berada diatas angin. . . Yap ! Berkat mundurnya Pabrikan Honda dari ajang GP 50cc, Akhirnya Suzuki bersama Anscheidt mampu kembali menjadi juara dunia pada tahun 1967, Sekaligus mengunci gelar Juara Dunia Konstruktor di tahun yang sama. . .

Sayangnya, Peraturan yang ditetapkan FIM untuk ajang GP 50cc ditahun 1968 sangat memberatkan Suzuki… yakni pembatasan jumlah silinder menjadi hanya 1 silinder dan jumlah transmisi maksimal 6-Speed. . . Otomatis, Pengembangan versi Terbaru dari RK67 yakni Suzuki RP68 yang memiliki spek mesin 2-Tak 50cc, Inline-3 silinder plus Redline 20.000 RPM ini pun terhenti, dan akhirnya Suzuki Resmi mengundurkan diri dari ajang GP 50cc pada tahun 1968. . . Duhh, Sayang banget yaahh 😦

 

K hans

 

Oke, Sebagai Tambahan nih dia EA’s Blog sertakan secuil Spesifikasi Suzuki RK67 :

 

Manufaktur : Suzuki Motor Co.Ltd

Model : RK67

Class : WorldGP

 

Engine : 2-Tak, Parallel-Inline 2 Sinder, Liquid Cooled, Rotating-Disk

Bore x Stroke :  32,5 x 30 mm

Kapasitas Silinder : 49,7 cc

Rasio Kompresi :   8,3  :  1

Transmisi : 14 Percepatan

Max Power : 17,5 HP @ 17.500 RPM

Top Speed : 176 Km/h

 

Frame : Alumunium Double Craddle

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Double-Shock, Alumunium Swingarm

Rem Depan : Drum Brake (Tromol)

Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)

Berat Kosong : 58 Kg

 

Well. . . Mahakarya Suzuki barusan memang sangat layak bila mendapatkan acungan 5 jempol. . . Dari Suzuki RK67 juga lah, Kita seharusnya belajar tentang makna kerja keras, semangat pantang menyerah & inovasi tingkat tinggi. . . Meskipun saat itu Suzuki bisa dibilang sebagai Anak Bawang di kelas World GP, Namun berkat Inovasi para team engineer-nya Suzuki RK67 mampu mencatatkan hasil yang fantastis, yaitu Juara Dunia. . .

 

So, Tak berlebihan rasanya bila EA’s Blog memberikan tagline :

 

” Suzuki RK67, Trully Taste of Suzuki “

 

RK5

 

Okey, Demikian dulu Artkel diawal hari ini ya Brosist. . . Silahkan berikan pendapat, komentar ataupun masukan Brosist di Kolom komentar ya. . . Jangan lupa, Setelah ini masih ada artikel History menarik lainnya loh. . . So, Stay tuned terus di EA’s Blog ya Brosist !! Oiya. . . Sesuai janji diatas, Nih dia video lengkingan suata RK67. . .

 

 

Baca juga yaa Brosist. . . .

 

 

Suzuki Madura 2

Suzuki Madura, Sang Cruiser Kekar yang Bernama Unik !!

 

GS1100 Ride

Suzuki GS1100… Flagship Suzuki, Tercepat di Eranya !!

 

Bandit Main

Suzuki Bandit 250, Naked-Tourer Ganas Pencuri Hati Bikers !

 

RG500 Speed

Suzuki RG500… Mesin Unik, Power Dahsyat !

 

GSX R SP

Suzuki GSX-R 250 SP, 250cc Super Screamer Engine Andalan Suzuki !

 

RGVSP

Suzuki RGV250SP, 250cc Race-Oriented Hyper Kencang

 

TV250 1

Suzuki TV250 ‘Wolf’ , Saat Gamma Melepas Bajunya !

 

G-Strider Last

Suzuki G-Strider, Motor Yang Melampaui 1 Dekade Lahirnya Vultus !!

Iklan

50 comments

  1. kok berbanding terbalik ama kata2 fanboy DOHC?
    wkwkwkwkwkwkwk

    2 tak by default bisa ke rpm tinggi asal material n reed valve or sejenisnya tepat. lha wong RGR aja bisa 14rb rpm kok. di KNC juga ada yang tembus 14rb rpm.

    cmiiw

  2. bravo dech buat suzuki..jaman dulu emang suzuki top banget..di indonesia pun di tahun 90 an..nih kt bokap gw suzuki sempet melegenda..sama2 bersaing dg honda dan yamaha.malahan kawasaki gk sempet narik napas..karena sengit nya persaingan 3 brand di atas.tapi sekarang kok malah tenggelam.malahan kawasaki yang menggaungkan produk nya di indonesia.klw suzuki mau bangkit lg di pasar indonesia harus berani berinovasi..baik dalam bentuk desaign,mesin,sparepart.serta kemudahan2 yg lain.semoga dengan di luncurkan nya suzuki hayabusa menjadi cikal bakal kebangkitan suzuki seutuhnya.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s