Yamaha YZF 750R, Klan YZF Series Pertama di Dunia !

 

Yamaha YZF 750 R Genesis  1993

 

Holla Brosist!!

Bertemu lagi di weekend special ini masih bersama Artikel History ringan ala EA’s Blog, yang pastinya sayang untuk dilewatkan. . . Saat kini ranah media otomotif hingga ranah blogsphere sedang ramai membahas Yamaha YZF R25  yang laris manis tanjung kimpul, Mengapa kita tak belajar dari sejarah klan YZF Series yang kini melekat di produk Sport andalan pabrikan garputala. . . Yap ! Yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Pelopor YZF Series pertama di dunia yaitu Yamaha YZF 750R. . .

Nah, Seperti apa Sejarah, Detail, Lika-liku & Performa Sport Pertama Penyandang Titel YZF Series ini ??? Ayo kita bahas bersama-sama sosok Yamaha YZF 750R Brosist. . . Cekidots !!

 

Pada pertengahan 80’an, Yamaha sukses dengan produk 750cc nya yakni FZR 750R, Motor ini dinilai sebagai alternatif favorit dari Honda V4 VFR750R yang saat itu dibanderol jauh lebih mahal. . .  Namun, Hadirnya New Kawasaki ZXR-750 pada tahun 1989 yang saat itu lebih advance serta lebih powerfull  membuat Yamaha FZR 750R terlihat ketinggalan jaman dan cupu ketimbang produk pabrikan geng-ijo tersebut. . .

 

 

Pada medio akhir tahun 1989, Sebuah perubahan pada FZR 750R mulai terkuak. . .  Yamaha meluncurkan motor bercodename OW01 (FZR750RR), Sebuah motor Replika WSBK, Limited-Edition & Super Mahal, yang masih mengusung kubikasi 750cc namun memiliki spesifikasi yang jauh lebih advance dibanding FZR 750 bahkan ZXR-750 sekalipun…. Hingga akhirnya pada penghujung tahun 1992, Yamaha mendapatkan respon sangat positif terhadap kehadiran OW01. . .

Atas dasar inilah, pada tahun 1993 Yamaha mengeluarkan produk barunya, yang hingga kini dikenal sebagai sukesor Era baru Sport Yamaha meninggalkan generasi FZR Series yang melegenda, Dengan nama Yamaha YZF 750R. . . Motor ini sendiri terbagi menjadi 2 Varian yaitu YZF 750R & YZF 750SP yang lahir pada tahun 1994 (YZF 750SP akan kita bahas di lain kesempatan ya Brosist). . .

 

 FZR 87

OW01

YZF750R Main

Tiga generasi menuju YZF750R, Dari atas ke bawah : FZR750R, FZR750RR (OW01), YZF750R

 

 

Lebih Detail Tentang Yamaha YZF750R

 

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

Menilik sektor desain, YZF 750R Mengusung perubahan yang signifikan disbanding pendahulunya FZR 750. . . Brosist bisa tengok di bagian headlampnya yang kini lebih catchy meninggalkan headlamp bulet-bulet yang ada pada FZR750. . . Ditambah lagi dengan sederet tambahan baru seperti swing-arm alumunium bergaya superbike modern dengan stabilizer, Model Alumunium deltabox frame baru yang mengurangi jarak sumbu roda, Lekukan dan garis body yang ciamik, Serta fork depan baru berjenis Inverted Fork (Upside Down) plus Suspensi belakang monocross dengan link yang menambah superioritas handling & stabilitas YZF 750R. . .

Tak lupa, Motor ini juga dibekali Dual Disc depan super lebar 320mm dan diapit oleh Cakram Kaliper 6 piston, Yang menjadikan YZF750R sebagai motor pertama di kelasnya yang mengadopsi pengereman jenis ini…. Jossss !!!

 

 

YZF 4

 

Lanjutkan ke Performa, Top Speed & Detail Unik tentang EXUP System, Yamaha Genesis 5 Valve di Mesin YZF750R di Halaman 2

56 comments

  1. Artikel favorit gua nih,,history,,request donk,,perkembangan klan yzf dri thun ke thun,jdi misal r1 2001 koaya apa,thun 2002 kaya apa, thn 2003 kya apa,dst gan..

    saran gan,, klau nulis dbkin 1 part aje,biar mudah trus gk makan kuota gede gan.. apalagi buat orang kere kaya ane gan.. Hahaha,,ngirit kuota..

    • Okeh siap gan, YZF series bakal berlanjut terus koq 😀

      Hehehee, kalo dibikin 1 part jadi panjang bnget masbroo… Jadi ga enak malah dibacanya…
      Oiya thanks masukannya, Nanti bakal dipertimbangkan untuk resize fotonya dulu supaya enteng loadnya….

  2. I have to thank you for the efforts you’ve put in writing this blog.
    I really hope to view the same high-grade content from you in
    the future as well. In truth, your creative writing abilities has inspired me
    to get my own blog now 😉

  3. dalam sejarahnya, Yamaha emang ga ada ya produknya yg bervesin V-Twin atau V-4? kalo V-4 setau ane kok cuma Yamaha V-Max aja, tapi itu kan motor cruiser.

  4. Nyoooshh… itu genesis emng teknologi yg melegenda dr yamaha.. cuma sayang gk berlanjut..nafasnya hanya sampai di R1 2007..sebelum akhirnya digantikan sm crossplane engine (CMIIW).. coba tetap dipakai pada R1 terbaru ya..bakalan nyos lagi tuh.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....