Spesial : Pelajaran Penting Dari Kisah Soichiro Honda. . .

Soichiro Honda

 

Holla Brosist. . . Masih inget kan Artikel Spesial EA’s Blog yang membahas tentang Kisah Hidup sang Pendiri Pabrikan Honda, Soichiro Honda ? Kalau belum membaca kisahnya, Silahkan Brosist baca disini. . .

 

– Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda (Part. 1)

– Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda (Part.2)

– Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda (Part.3-Tamat)

 

Kisah tersebut mengandung Makna yang sangat Inspiratif tentang jatuh-bangunnya Honda dalam menghadapi bermacam kegagalan dalam Hidupnya. . . Intinya, Sayang banget dehh kalau Brosist lewatkan !!

Nah sesuai dengan janji EA’s Blog pada Artikel Soichiro Honda Part Terakhir, Kini EA’s Blog akan coba merangkum tentang apa saja pembelajaran penting yang bisa kita ambil dari kisah hidup yang masterpiece, Soichiro Honda. . . Let’s Cekdisot. . .

 

 

Kenali Bakat Anda

 

Honda Kecil

 

Ini yang menjadi pembahasan awal dari Cerita Inspiratif Honda. . . Soichiro Honda pada Masa kecilnya selalu penasaran dan tertarik dengan sesuatu yang berbau Teknis. . . Hal ini dapat kita lihat tentang bagaimana Honda Kecil selalu Mengejar Mobil, Bersepeda ber mil-mil jauhnya hanya demi Menyaksikan Pesawat Terbang, hingga Menyaksikan Cara Kerja mesin penggiling Padi selama berjam-jam, Semuanya hanya demi memuaskan rasa keingintahuan nya yang sangat mendalam tentang dunia Permesinan. . . So, Hal Positif apakah yang selalu mengundang rasa Keingintahuan Brosist ??

 

 

Miskin Bukan Alasan !

 

Honda Muda

 

Coba lihat basic keluarga dari Soichiro Honda ?? Hampir tak ada yang spesial disana, Ayahnya hanya seorang Pandai besi dan Ibunya seorang penenun. . . Bahkan Honda Kecil pun tidak merasakan yang namanya Pendidikan Tinggi sampai akhirnya memiliki bengkel sendiri. . . Namun apa yang mampu dilakukan Honda sudah selayaknya menjadi pelajaran untuk kita semua Brosist. . .

Meski hanya bermodal pendidikan Formal, Tapi Soichiro Honda adalah orang yang selalu ingin tahu lebih dan meluangkan waktunya hanya untuk mempelajari seluk-beluk tentang dunia permesinan. . . Tahukah Brosist kalau keahlian Honda dalam memperbaiki mesin mobil pada usianya yang baru 15 tahun berasal dari mencuri-curi kesempatan mempelajari mesin mobil saat bengkel sudah tutup serta lewat buku yang dipinjamnya dari perpustakaan lewat uang hasil gajiannya sendiri ?? Kalau sudah,  Mengapa masih menganggap Materi adalah Alasan untuk tidak berkarya ??

 

 

Tak Mudah Putus Asa

 

 

ART Shokai

 

Saat Honda Muda mendapatkan tempat kerja Pertamanya, Honda tak langsung jadi Teknisi loh Brosist. . . Honda Muda justru mendapatkan pekerjaan sebagai tukang asuh Bayi sang pemilik bengkel. . . Namun, Honda Muda Tak Putus Asa, Ia selalu mencuri-curi waktu untuk mempelajari cara kerja mesin saat bengkel tutup hingga akhirnya Ia mampu menunjukkan keahliannya yang memukau pada Sang pemilik bengkel. . . Bahkan, Honda Muda juga akhirnya berhasil dipercaya menjadi Kepala bengkel Cabang di Kota Hamamatsu. . . So, Point Utamanya adalah Jangan Menyerah & Pantang Putus Asa !!

 

 

Selalu Berusaha Bangkit dari Kegagalan

 

Soichiro Honda Cub

 

Jika Brosist menyimak Kisah sang Pendiri Pabrikan Honda ini secara seksama & keseluruhan, Sudah pasti Brosist akan menemukan banyak kegagalan dalam usaha Honda Merintis Usahanya. . . Mulai dari Ring Piston yang ditolak Toyota, Pabrik yang porak poranda, Jatuh Miskin & Sakit, Produk yang kurang diterima di pasar Amerika, Serta kegagalan besar di awal ikut sertanya Honda di ajang WorldGP (MotoGP). . . Tapi apa kisah Selanjutnya ?? Honda selalu mampu Berjuang dan Bangkit hingga memiliki salah satu Perusahaan Roda Dua Terbesar di Dunia. . . So, Ada Brosist yang masih mau mengeluh ?? Ayo Bangkit & Berjuang !!!

 

 

Manusia Biasa

 

Pabrik Honda

 

Dari berbagai kisah bangkitnya Honda dari Keterpurukan, Ternyata tersimpan banyak hal yang juga perlu diperhatikan Brosist. . . Honda tak langsung mampu Bangkit dan berjuang begitu saja, Namun juga sempat mengalami masa sulit dalam kehidupannya. . . Saat Pabriknya runtuh untuk yang kedua kalinya, Honda juga tak langsung bangkit ! Ia hanya termenung meratapi rasa sedihnya di atas puing-puing pabrik miliknya. . .

Ini menjadi sebuah pembelajaran besar bagi kita semua. . . Meskipun sosoknya terkenal dengan Kegigihan, Perjuangan, Karya-karya nya yang melegenda serta berbagai hal lainnya, Honda juga tak selamanya mampu bangkit. . . Ini menunjukkan bahwa Soichiro Honda juga hanyalah Manusia Biasa sama seperti kita semua, Tinggal semangat & kegigihannya saja yang perlu kita tiru untuk terus berkarya demi Negeri ini. . .

 

 

Terus Berkreasi & Ber-Inovasi

 

NR750 Open

 

Pencinta Otomotif mana yang tak kenal dengan Karya Soichiro Honda yang Melegenda. . . Saat Gagal dan Mengalami kekalahan, Honda justru tak begitu saja menerima kegagalan tersebut. . . Semuanya ia jadikan pembelajaran untuk selalu berkreasi dan berinovasi hingga menjadi yang terbaik di antara yang terbaik. . . Bahkan saking Inovatif-nya, Honda sering disebut sebagai pakar otomotif yang “Gila”. . .

Mungkin ada Brosist yang belum tahu bagaimana gilanya Honda menantang Motor 2 Tak di ajang WorldGP (MotoGP) dengan Jagoannya Honda RC166, Honda RC149, Honda RC116 & NR500. . . Tak hanya di ajang balap, Karya Motor Jalanan Soichiro Honda juga banyak mengundang decak kagum layaknya Honda Supercub, Honda CBX1047, Honda VFR750 hingga sekelas Honda NR750 yang penuh dengan Inspirasi. . .

 

Diawali Mimpi, Dilanjutkan Kerja Keras !

 

The Power of Dream

 

Ya ! Semua yang dilakukan oleh Soichiro Honda hingga menghasilkan sesuatu yang berarti adalah Buah dari Mimpi Besarnya sejak masa kecil. . . Sejak Kecil, Honda memang selalu bermimpi untuk bisa menciptakan Mobilnya sendiri & Membuat Pabriknya sendiri, Dan hal tersebut pun berhasil diwujudkan berkat Kerja Keras yang tak pantang menyerah !! Saat Mimpinya terwujud pun, Ia tak serta-merta berhenti begitu saja. . . Honda Justru memulai Mimpi barunya yang kemudian dilanjutkan dengan kerja keras yang jauh lebih gigih dibanding sebelumnya. . . Semuanya sejalan dengan apa yang menjadi Filosofi Honda saat ini yaitu “The Power of Dream”. . . So, Mulailah Bermimpi, Lanjutkan dengan Kerja Keras !!

 

 

Well. . . Demikian yang dapat EA’s Blog share dari sekelumit kisah tentang sang pendiri pabrikan sayap mengepak, Soichiro Honda. . . Harapan EA’s Blog sangat sederhana, Semoga kisah ini selalu mampu menginspirasi kita untuk selalu melakukan yang terbaik dalam menjalani kehidupan sehari-hari. . . EA’s Blog haturkan Mohon maaf apabila masih terdapat kesalahan penulisan atau kesalahan kata, Silahkan Brosist berikan Komentar, Saran & Pendapat Brosist di Kolom Komentar yaa. . .

Jika memang Artikel ini dirasa mampu menginspirasi bagi Orang lain, Bantu EA’s Blog share lewat Kolom Social Media dibawah ya Brosist. . . Sampai berjumpa lagi di Artikel para Pembesar Dunia Otomotif lainnya hanya di EA’s Blog. . . See Yah

 

“Orang melihat kesuksesan saya hanya satu persen. Tapi, mereka tidak melihat 99% kegagalan saya”, -Soichiro Honda-

Soichiro_Honda

44 comments

  1. Honda The power of dream ya bukan sekedar tagline namun menjadi filosofi hidup sang opa Honda…. pantas saja kalo honda menjadi pabrikan roda 2 terbesar dan tersukses di dunia karena filosofi sang pendirinya selalu melekat dalam sebuah produk honda dan para pembesarnya..

  2. tapi semua di awali oleh Michael Faraday, kalo tanpa coba2 nya di lab Humphrey Davy, mungkin Soichiro Honda tidak ada. dan kondisi Michael Faraday justru lebih mengenaskan dari pada Soichiro Honda yang nota bene masih mengenyam bangku pendidikan.

    Michael Faraday justru terlahir miskin, dan menyukai bidang fisika terutama elektronika dan listrik. Dan yang pasti beda dengan Honda, Michael Faraday gak bisa matematika.

    All Hail Michael Faraday

    🙂

  3. ngmong opo kwe to Roy?
    Tau ga blog ni mbahas motor le tole..
    gak nyambung wes,
    m.faraday tu ilmuwan doank..nah soichiro ni ilmuwan plus pengusaha besar..itu hebatnya!

    • beda nya adalah Michael Faraday adalah awal mula dari magnet yang ada di motor ente. diawali dari riset dia, kemudian berkembang sampai sekarang.

      berbeda dengan Honda, Faraday tidak mengenyam bangku pendidikan. karena latar belakang nya miskin itu pula lah dia gak bisa matematika.

      tanpa Faraday, Honda itu tidak ada.

      🙂

      • @roy
        Tanpa ema n bapa lu,lu ga bakal bacot disini.Tanpa kakek n nenek lu,ibu bapa lu ga akan kawin.Tanpa,tanpa dan tanpa.Tanpa ijin tuhan YMH esa,kita ga akan komen di blog sekeren ini 😀

    • Terima kasih banyak buat apresiasinya massbroo. . . Saya insyaallah akan tetep nulis terus untuk pembaca sekalian. . . skali lagi, Terima kasih banyak masbroo 😀

  4. haturthankyu banget mas… artikelnya sanget bermanfaat.
    konten yang jelas dan berbobot – saya suka (Y) (Y) xD

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....