Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda (Part.3-Tamat)

Soichiro Honda

Artikel ini adalah kelanjutan dari Kisah Soichiro Honda Part. 1 & Part.2 . . .  

 

Singkat Cerita, Setelah Honda mengalami kegagalan hebat bersama pabrik Tokai Seiki nya, Kini Honda justru berbalik menjadi seseorang yang berada dalam jerat kemiskinan. . . Saat Ia harus bisa menafkahi keluarganya, dan hanya bisa wara-wiri dengan sepedanya, Sebuah ide yang revolusioner pun muncul. . . Awalnya, Ia hanya berfikir bagaimana bila menggabungkan mesin bekas sisa peperangan ke sepeda yang ditungganginya agar tak perlu repot-repot menggoes. . . Namun tanpa disadari, Ternyata banyak orang lain yang berminat untuk mencobanya dan mengaku ingin membelinya (Meskipun saat itu harus digoes seperti sepeda biasa dan mesin baru bisa nyala setelah 30 menit). . .

 

Honda A-Type

 

Motor pertama buatan Soichiro Honda terkenal dengan Nama A-Type dan selanjutnya Dikenal dengan nama Chimney, Dibuat pada November 1947. . . Kalau dilihat-lihat sih bentuknya lebih mirip sepeda dibanding motor 😛 , Output power nya sanggup mencapai 0,5 HP. . . Motor ini mendulang sukses yang terbilang cukup besar, Karena memang saat itu Honda belum mempunyai Pabrik. . .

Setelah A-Type sukses, Soichiro Honda pun mulai memikirkan untuk membuat pabrik kembali dan menghapus ingatan kegagalan pahit di Tokai Seiki. . . Namun karena manajemen keuangan yang sangat buruk, Honda justru malah hampir bangkrut dibalik kesuksesan produk A-Type nya (Honda memang jenius di bidang Mesin & Pemahaman Konsumen, Tapi tidak saat berbicara masalah finansial). . . Namun semuanya menjadi cerah saat Honda bertemu seorang ahli keuangan & marketing Takeo Fujisawa, Yang nantinya akan menjadi salah satu pembesar di Pemasaran Produk Honda baik di Pasar Domestik Jepang ataupun Pasar Global. . .

Akhirnya pada 24 September 1948, Soichiro Honda mendirikan pabrik motor pertamanya yang diberi nama Honda Motor Company yang merupakan cikal bakal Motor Honda yang dipakai Brosist sekalian, Dengan dibantu oleh Takeo Fujisawa, dan kembali merilis motor baru dengan label B-Type dan selanjutnya C-Type. . . Motor ini sejatinya merupakan pengembangan dari A-Type dengan mesin baru 90cc. . .

 

Honda Motor Company

Honda Motor Company, Tahun 1948 (View Udara)

 

Setelah sukses dengan produk A,B & C-Type nya, Soichiro Honda akhirnya memperkenalkan Honda D-Type pada tahun 1949. . . Berbeda dengan tipe sebelumnya, D-Type ini sudah sepenuhnya berbentuk motor sungguhan, Dengan berbekal mesin 2-Tak 98cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 3PS. . . Motor ini dulu sangat terkenal seantero Jepang dan sangat Legendaris dengan warna merah maroon nya yang juga sebagai Motor modern pertama buatan pabrikan Honda. . . Motor ini dikenal luas dengan Nama Honda Dream, Yang turut mewakili Mimpi Soichiro Honda untuk Motor Pertama buatannya sendiri. . .

 

” Aku tak dapat mengingatnya. Yang jelas dulu aku selalu berucap bahwa Honda akan menjadi Pabrikan besar di Dunia, yang juga adalah mimpi untuk kami semua. Pria tua itu (Soichiro Honda) pasti sangat senang dengan motor barunya (D-Type). Setelah semuanya yang telah Ia lakukan, Itulah Motor Sungguhan pertama buatannya sendiri” -Kiyoshi Kawashima- Selaku Presiden Honda 1973-1983, Sekaligus orang yang ikut serta di dalam development Honda D-Type.

 

D-Type

Honda D-Type

 

Sebagai Tambahan, Mungkin banyak Brosist yang belum tau dan bertanya-tanya Mengapa Honda menggunakan Logo Sayap Mengepak sebagai Logo Pabrikannya. . . FYI, Saat Honda membuat pabrik Motor pertamanya, Soichiro Honda terinspirasi dari Dewi Nike yang berasal dari Mitologi Yunani (nama aslinya : nenikhamen). . . Dewi Nike adalah Dewi Kemenangan & Keberhasilan (Victory) dalam mitologi Yunani Kuno, yang identik dengan sayap besar di Punggungnya. . . Ini menginspirasi Soichiro Honda yang Bermimpi ingin produknya sukses dan berhasil di Pasaran serta Sukses diajang Balap yang sudah sangat lama diimpikannya. . . So, Sekarang Brosist sudah faham kan makna sejarah logo Sayap Mengepak Honda ??

 

 

Dewi Nike

Honda Old Emblem

Honda Logo New

Dewi Nike, Logo Honda Motor Era Pertama & Logo Honda Motor Era Modern

 

Balik ke Cerita. . . Ternyata Honda Dream (D-Type) pun memiliki kekurangan di mata Konsumen, Yakni asap yang mengebul dan Suara yang berisik lantaran masih mengusung mesin 2-Tak. . . Tak ingin mengecewakan Konsumen, Honda pun merefresh Honda Dream dan kembali mengeluarkan motor baru yang lebih canggih yakni Honda E-Type. . . Motor ini adalah salah satu motor paling keren dan “wah” di jepang kala itu, Mesinnya sudah mengusung 4-Tak, OHV 149 cc, dan mampu berlari maksimal 80 Km/h. . . Produksi motor ini mampu mencapai 130 unit per hari dan mengantarkan Honda ke dalam kesuksesan besar kala itu. . .

Meskipun berada dalam kesuksesan besar, Inovasi Honda tidaklah terhenti, Justru malah Inovasi Honda makin menggila dengan berbagai Produk barunya yang sangat fenomenal dan memanjakan Konsumen layaknya Honda F-Type, Honda Benly, Honda C-70 Twin, Hingga Motor Tersukses sepanjang sejarah yaitu Honda Super Cub yang juga akan segera kita Bahas di Artikel History EA’s Blog. . . Honda juga akhirnya Sukses menembus Pasar Amerika pada tahun 1959 . . . Hanya butuh beberapa tahun, Sebelum akhirnya Strategi Duet Honda-Fukusawa mampu menaklukan pasar Roda dua Amerika yang kala itu dikuasai Pabrikan Besar Harley-Davidson. . .

 

E-Type & Super Cub

 

Keberhasilan itu seakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi Soichiro Honda. . . Namun dibalik itu semua, Masih ada mimpi yang belum berhasil diwujudkan olehnya. . . Apakah itu ?? Yap, Jawabannya adalah Dunia Balap Internasional yang sama sekali belum tersentuh Oleh Honda. . . Akhirnya pada tahun 1959, Honda mengikuti kejuaraan Isle Of Man TT (IOM TT) 125cc yang saat itu merupakan salah satu seri dari kejuaraan WorldGP (MotoGP) bersama Motor Andalannya Honda RC141 & RC142. . . Ini sekaligus menasbihkan bahwa Honda adalah Pabrikan Jepang pertama yang ikut serta dalam Kejuaraan Balap Roda 2 Paling Bergengsi di Dunia, WorldGP. . . Meski hasilnya tak terlalu baik, Tapi Honda mampu menyabet gelar Manufacturers Team Award kala itu. . .

 

 

1959 IOM TT

 

Pada tahun 1960, Honda mendeklarasikan ikut Kejuaraan WorldGP sepenuhnya di kelas 125 & 250 cc. . . Tahun 1960 adalah tahun pembelajaran bagi Soichiro Honda, Karena saat itu Ia gagal total merebut Juara Dunia yang saat itu dikuasai MV Agusta. . . Namun, Honda tak pantang Menyerah, Ia kembali turun di ajang WorldGP 1961 dengan Motor Barunya 2RC143 & RC162 yang bermesin 4-Tak, Menantang Pabrikan lain yang unggul dengen mesin 2-Taknya. . . Berkat Inovasi Gila yang dilakukan oleh Soichiro Honda, Akhirnya Ia berhasil merebut Dua gelar Juara Dunia sekaligus pada tahun 1961 di kelas 125 & 250 cc. . . Sebuah kebanggan besar bagi Soichiro Honda, Sekaligus Mimpi berikutnya yang menjadi kenyataan berkat kerja kerasnya selama ini. . .

Tahun Berikutnya (1962) Honda mengikuti 3 Kelas sekaligus yaitu 125, 250 & 350 cc. . . Ajaibnya Honda kembali mendulang Juara Dunia di semua kelas yang Ia ikuti di tahun 1962. . . Namun itu tak berlangsung lama, Pada tahun 1963 Honda mendapatkan perlawanan Super berat dari Pabrikan Eropa & Pabrikan Jepang lain yang mengikuti Jejaknya di WorldGP layaknya MZ, MV Agusta, Suzuki & Yamaha yang banyak mengandalkan mesin 2-Tak. . . Otomatis Honda harus membuat motor 4-Tak yang “super gila” untuk bisa mengalahkan kedigdayaan mesin 2-Tak pada kubikasi mesin yang sama. . . Hingga pada tahun 1966 Soichiro Honda menciptakan Honda RC166 & Honda RC149 yang hingga kini selalu dikenang sebagai Mahakarya Fantastis yang mampu mengalahkan eranya sendiri dan berhasil menyabet Juara Dunia kelas 125 & 250cc. . . Akhirnya Honda Resmi mengundurkan diri di kejuaraan WorldGP pada tahun 1968 karena regulasi yang membatasi penggunaan jumlah silinder, Yang juga turut mematikan inovasi Honda di ajang WorldGP kala itu. . .

 

 

RC149 Main

 

Honda kembali ikut serta di Ajang WorldGP pada tahun 1978-1979 bersama Motor barunya yang tak kalah legendaris Honda NR500. . . Demi menjungkalkan kedigdayaan power 2-Tak, Honda sampai membuat Motor yang memakai Oval Piston V-4 ! Sebuah teknologi mesin Inovatif dan Gila “ala Mesin V-8” yang proses pembuatan & materialnya masih menjadi misteri kala itu. . . Sayangnya, NR500 gagal mendulang hasil yang positif akibat terlalu kompleks dan sangat rumit bahkan hingga di era Modern ini. . . Akhirnya Honda mengalah dan mengikuti regulasi dengan menghadirkan Honda NS500, Motor 2-Tak 500cc bermesin V-3 pada tahun 1982. . . Tak butuh waktu lama bagi Honda untuk merebut gelar Juara Dunia, Pada tahun 1983, Freddie Spencer yang menunggangi NS500 mampu menyabet gelar Juara Dunia. . . Berbagai Motor Fantastis dan Juara Dunia Baru Lainnya pun Hadir setelah Era Honda NS500 pun banyak layaknya Honda NSR500, Honda RC211V hingga yang saat ini dipakai Oleh Juara Dunia Termuda Marc Marquez Bersama Team Factory Honda (Repsol Honda), Honda RC213V. . .

 

 

1983 Battle

 

Berkat keberhasilan di Kancah balap Ini akhirnya Honda mampu dikenal oleh Masyarakat seluruh Penjuru Dunia dan Akhirnya mampu menjadi salah satu Pabrikan Roda 2 Terbesar di Dunia. . . Soichiro Honda menyerahkan tampuk pimpinan Honda Motor ke Tangan Kiyoshi Kawashima pada tahun 1973. . . Sementara itu Soichiro Honda menjabat sebagai Direktur namun tetap memberikan keputusan penting bagi kemajuan Pabrik Honda yang Ia Bangun Sendiri. . . Selebihnya ia fokus ke berbagai Yayasan Honda yang bertujuan untuk menciptakan engineer sekelas Soichiro Honda berikutnya. . .

Akhirnya, Pada tanggal 5 Agustus 1991, Soichiro Honda menghadap sang pencipta pada usia 84 Tahun, Setelah dirawat di RS Juntendo, Tokyo, Akibat penyakit Lever yang diderita-nya. . . Seperti yang sering dilakukan pada masa kecilnya, Dalam Komik yang EA’s Blog baca, Honda kembali mengejar Mobil yang kini adalah ciptaannya sendiri. . . Namun bedanya, Kini Jalur mobil itu mengarah ke Langit yang sekaligus menandakan akhir dari kehidupan sang Engineer Berbakat yang mampu mewujudkan semua Mimpi yang selama ini dicita-citakannya dengan Kerja Keras, Pantang Menyerah & Selalu Ber-Inovasi dalam Kehidupan sehari-harinya, Meski harus mengalami Berbagai Kegagalan & Kenyataan Pahit semasa Hidupnya. . . .

 

Soichiro_Honda

 

Oke, Sekian dulu yang bisa EA’s Blog share dalam sekelumit tentang Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Honda. . . EA’s Blog Mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada kesalahan penulisan karena keterbatasan waktu. . . Semoga Artikel dari Blog Sederhana ini mampu menginspirasi Brosist sekalian Agar mampu Berkarya Lebih sekaligus memiliki Jiwa Pantang Menyerah dalam menjalani kehidupan yang semu ini. . . Next Artikel, Ada Resume Sederhana sekaligus Apa yang bisa kita pelajari dari Kisah sang Masterpiece dunia Otomotif, Soichiro Honda. . .

Baca Juga > Pelajaran & Pembelajaran Penting Dari Kisah Hidup Soichiro Honda !

 

Oiya, Bagi Pembaca sekalian yang juga pencinta dunia Roda dua selain Honda. . . Tenang aja koq, EA’s Blog sudah menyiapkan artikel tentang Torakusu YamahaShozo KawasakiCount Augusta Family bahkan hingga sekelas Karl BenzWalter ChryslerHenry Ford dll. . . Yang penting, Makin banyak Brosist yang request artikelnya, Makin cepat EA’s Blog posting soal orang-orang hebat lainnya tadi. . .

So, Sampaikan requestmu di Kolom Komentar & Stay Tune bareng EA’s Blog terus ya Brosist. . . 

 

Sumber Cerita : Komik Soichiro Honda (The Story of Soichiro Honda) Plus sedikit tambahan informasi dan kutipan dari World-Honda.com & Wikipedia. . .

Iklan

44 comments

  1. Setelah membaca dari part awal sampe akhir ane bisa narik kesimpulan ternyata kesuksesan itu bukan dari hasil memBC produk lain memblow up kelemahan kompetitor dan menyerah pada kegagalan kesuksesan itu lahir dari inovasi tiada henti pantang menyerah menghasilkan karya yang terbaik dan selalu konsisten dalam menghadirkan sebuah karya yang memiliki karakter dan jiwa……. jadi menurut ane para FB2 yg suka BC itu gk pernah belajar dari kegagalan tapi malah mencari kesalahan orang lain
    #SEKIAN 😀

      • Lah itu ada Repo 110 & Variyem 125 kang. . . Mungkin emang masih diterima masyarakat karena handal & irit jadi masih dipertahanin. . . Gak semua masyarakat suka ngebut & high tech loh

      • haha masbro artikelnya udah keren,,,ditambah ente mengemasnya dg apik..jadi lebih enak dibaca dah…
        Lanjutkan!!!

        udahlah masbro, si ROy mah 100% the power of sirik ma honda itu
        gak ada gunanya digubris, dibiarkan saja
        gak tau dia, kalo mesin EFT (mesin blade awal 2008) itu mesin yg benar2 BARU, banyak inovasi di mesin EFT dibandingkan mesin C series !!!
        Nah kalo diteliti lagi yamaha baru mengejar ketertinggalan teknologi mesin bebek honda ini, baru di tahun 2012 dengan munculnya z1, lihat noh mesin z1 kan adaptasi dari EFT nya honda..coba teliti lagi !! mirip2 toh inovasi mesin yamaha z1 2012 ama eft nya honda 2008???
        Apa gak gila tuh..yamaha ketinggalan 4 tahun di belakang honda masalah teknologi mesin bebek??haha
        udah lah bro ROy jangan suka BC trus kerjaannya..konsumen otomotif skr mulai bisa menilai Loh, mana pabrikan yang BERJUANG DENGAN INOVASI, dan mana pabrikan yg BERJUANG HANYA DG BC !!!

        haha…salam One Heart

      • Terima kasih banyak massbro buat apresiasi nya…. Oiya Maap tadi kena moderasi sebentar. . . 😀

        Ya sudahlah, Urusan itu mah biasanya sepi disini. . . Heheheheeee 😀

      • tambahan

        teknologi EFT adalah penggunaan roller rocker arm ditambah piston keramik plus ring seher 4 lapis… ditambah jg sistem kopling bunga matahari!!!

        sebagai mana diketahui roller rocker-arm sudah dipake sejak jaman prasejarah,,,, Suzuki terlebih dahulu menerapkan teknologi ini dimotor’y (bebek shogun)!!!

        apakah berarti Honda masih dibawah Suzuki teknologi nya?

        hehehe

      • wkwkwk..mas roy,mas roy..
        Saya tahu anda itu anti honda,sampe2 bwat fitnah yg gak2..
        Mslah mesin bebek honda skr yg gak brubah2 dr generasi c series jelas SALAH ! FITNAH anda namanya diatas!
        Wkwkw..eft itu ga cuma itu doang bang teknonya,ada offset piston,noh skr jg dpake r25 teknonya,dan bnyak lain2,silakan brwsing dwe..suzuki?loh skr mesin suzuki vs honda kuat mana?irit mana?kenceng mana?mudah drawat mana?..kok msyrkt dr jadul mpe skr kok ga pindah ke szki aja d kelas bebek,kalo emang szki lbh ok?jstru ms honda yg makin naek?haha fakta bro..pake data!
        Ni ane jelasin biar ente paham!
        Sejak vario muncul,mulailah revolusi mesin bebek honda mjd 110cc dr yg 100cc,dr c series ke eft yg basic e nyomot dr si vario..dmulai dr blade,mpe new blade 110cc yg revisi trkhr,
        nah sdgkan d kelas 125cc pengembangan dr karisma..mpe skr new hsx fi ama new blade 125cc revisi trkhr dr mesin karisma
        Nah jelas to?bebek honda skr mesinnya uda jaauuuh beda ama c series dulu,eh kok situ msh mbhas2 mesin c series utk bebek hnda skr..situ tu kudet,mau fitnah apa ga mudeng mesin seh?
        Salam one heart!

  2. artikel kisah soichiro terakhir ini yg tak tunggu2, penuh inspiratif ……………
    habis ini apa kisah apalagi mzbroEA??

  3. mantafff mas bro EA, tinggal nunggu film nya ini, apa ud ada film ya? film drama super keren pasti klo ada.
    secara keseluruhan, ringkasan mas bro EA ud top banget lah, sukses buat bro eno… 🙂

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s