Honda VFR750R (RC30), The Ultimate Legendary 750cc !

RC30 Main 2

Alhamdulillah kita kembali masih diberi kesempatan untuk bisa berkumpul bersama di artikel ringan ala EA’s Blog. . . Setelah sebelumnya kita membahas tentang YZF750R yang merupakan YZF Series pertama di dunia, Kini kita akan membahas tentang produk pabrikan pesaing yang katanya mampu membuat orang melirik begitu melihat & mendengar suara mesinnya. . . Yap ! Motor itu dibuat oleh pabrikan roda dua terbesar di jepang Honda, Yang diberi Kodename RC30 atau yang lebih dikenal sebagai VFR750R. . .

 

Seperti apa Sejarah, Detail & Performa RC30/VFR750R ini ?? Yuk kita bahas bersama-sama Brosist, Cekdiswanaut !!

 

RC30 2

Honda VFR750 (RC30) diperkenalkan pada tahum 1987 di pasar domestik jepang dan diimpor ke berbagai negara mulai akhir tahun1989. . . Motor ini didevelop langsung oleh Team HRC dan terlahir sebagai Race-Oriented dengan Konfigurasi mesin indahnya V4 DOHC-Gear Driven Camshaft, Atau bisa dibilang RC30 adalah motor balap yang diberi lampu depan, spion, lampu sein, standar samping & box air filter standar. . . RC30 juga adalah Superbike jepang pertama yang menggabungkan antara Keindahan Desain Body, Mesin Eksotis & Build Quality terbaik, Menyaingi pabrikan spesialis motor eksotis kala itu Ducati & Bimota. . . Tak hanya itu, RC30 ternyata merupakan motor produksi massal pertama asal negeri sakura yang seluruh proses perakitannya dikerjakan secara Handmade alias Full Buatan Tangan oleh Engineer HRC. . .  Ajibb !! (Proses pembuatan RC30 Secara Handmade akan EA sediakan melalui video youtube pada akhir artikel)

RC 30 3

Di sisi desain & fitur, RC30 tak jauh berbeda dengan dengan desain beberapa superbike lainnya. . . Namun di tahun 1987 RC30 tetap adalah yang paling eksotis berkat bodywork berkualitas tinggi plus beberapa part dengan material kelas wahid, Sebut saja Alumunium Twinspar Frame dengan Low Center of Gravity yang Super Stabil, Alumunium Single-Sided Swingarm (Mono Arm / ELF Designed Pro-Arm) plus Pro-Link Monoshock buatan Showa, Fork Depan Teleskopik 43mm Spesial buatan Showa, Blok Magnesium & Velg Lebar berbahan baku Magnesium buatan MagTek yang juga digunakan oleh NSR250SP. . . Gilaaa speknya !! *Ngiler  😀

RC30 1

Tersembunyi dari Keindahan bagian eksteriornya, Ternyata Jeroan RC30 ini lebih eksotis lagi loh Brosist. . . . Mesin V4 DOHC Gear-Driven Camshaft nya bener-bener bikin mata pengamat otomotif sampai ahli mesin abal-abal macam EA’s Blog ga bisa berkedip deh. . .

Eits, Tunggu deh, Apa sih itu Gear-Driven Camshaft di RC30 kang Eno ?? Kelebihannya dan kekurangannya apa ??

Gear Driven Camshaft (Timing Gear) adalah penggerak Camshaft (noken as) dengan bantuan Gear atau beberapa susunan gear, Berbeda dengan motor di Indonesia yang menggunakan Chain-Driven Camshaft (Rantai Keteng/Rantai Kamprat) atau mobil di Indonesia yang menggunakan Belt-Driven Camshaft (Sabuk Belt, Mirip CVT Motor Skutik). . . Kelebihannya yaitu Loss power dikurangi signifikan, Power hasil putaran Crankcase tersalur dengan sempurna ke Noken-As. . . Kekurangannya, Harga Gear-Driven jauh lebih mahal daripada Chain ataupun Belt-Drive, serta Suara mesin yang dihasilkan mesin jadi lebih berisik, Untungnya engineer HRC berhasil mengubah suara mengganggu itu menjadi suara mesin yang merdu dan membuat ketagihan pengendaranya. . . Bahkan suara mesin RC30 masuk top ten daftar motor bersuara terbaik versi Motocycle & Visordown. . . Mantap kan Brosist !!!

RC30 Gear Driven Camshaft

Diagram Gear-Driven Camshafts, Gak ada Rantai atau Beltnya kan Brosist !!

 

Lanjut membahas detail mesin RC30, Stang piston motor ini juga dibuat dari bahan titanium plus Camshaft Chrome Molybdenum loh Brosist. . . Tak hanya itu, Valve (Klep) RC30 juga dibekali material Titanium juga !! Ediiyan untuk ukuran motor tahun 80’an !!

Hasilnya, Power yang dihasilkan RC30 menjadi Super Smooth (Khas V4 plus Titanium Valve & Stang piston Titanium, Powernya Merata di seluruh rentang RPM, Bahkan dengan Close-Ratio Gearboxnya, Gear 1 RC30 mampu menembus angka 128 Km/h (80 Mph) dengan sangat mudah. . . Output Powernya mampu memuntahkan tenaga maksimum hingga 113 HP @ 11500 RPM & Torsi Maksimum 72 N.m @ 10500 RPM. . . Catatan top speednya tembus 244 Km/h dengan akselerasi 0-402 m dalam waktu 10,9 detik (200 Km/h). . . Meskipun sudah sangat memuaskan dan membuat ngiler hampir seluruh biker luar negeri sana, Namun HRC tetap memberikan opsi Racing Kit untuk RC30 yang membuat Max Powernya tembus 130 HP dan redlinenya tembus hingga 14.500 RPM. . . Waoww Mantap !!

RC30 Speedo

RC30 Engine

 

Sebagai tambahan, Berikut EA berikan spesifikasi lengkap VFR750R (RC30) Spesial untuk Brosist pembaca setia EA’s Blog. . . Cekidots !!

 

Manufaktur : Honda (Honda Racing Company)

Model : VFR750 (RC30)

Tahun Pembuatan : 1987 – 1993

 

Engine : 4-Tak, Liquid Cooled, V4-4 Silinder, DOHC 16 Valve, Gear-Driven Camshaft

Bore x Stroke : 70 x 48,6 mm

Kapasitas Silinder : 748 cc

Sistem Penyuplai BBM : 4 x Karburator Keihin FCR 35mm

Rasio Kompresi :  11,0 : 1

Transmisi : 6-Speed, Close Ratio

Ignition : HRC CDI Unit

Starter : Elektrik Starter

Max Power : 113 HP @ 11.500 RPM,   75,5 HP @ 10.500 RPM (Japanese Spec)

Max Torsi : 72 N.m @ 10.500 RPM

Top Speed : 244 Km/h

 

Panjang x Lebar x Tinggi :  2045 x 700 x 1100 mm

Jarak Sumbu Roda :  1410 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 135 mm

Berat Kosong : 180 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 18 Liter

 

Frame : Alumunium Twinspar Frame, Low Center Gravity

Suspensi Depan : Teleskopik Fork 43mm

Suspensi Belakang : Monoshock with Pro-Link System, ELF Designed Single Sided Swingarm (Mono-Arm)

Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik 310mm, Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Cakram Hidrolik 220mm, Kaliper 2 Piston

Ban Depan : 120/70 – 17 inch

Ban Belakang : 170/60 – 18 inch

 

Well. . . Honda VFR750R (RC30) merupakan idola para pencinta superbike era akhir tahun 1980, Dan bahkan hingga era modern saat ini. . . Bobotnya yang Ringan, Mesin Eksotis, Handling Superior, Build Quality Handmade Terbaik plus Support Langsung Team Balap Terkenal Dunia HRC menjadi beberapa alasan RC30 ini menjadi favorit para Bikers berjiwa speedlovers sejati, Meskipun saat itu harganya hampir dua kali lipat motor sekelasnya. . . Hingga akhirnya VFR750R discontinue pada tahun 1993 dan digantikan oleh suksesornya yang kala itu menggabungkan keunggulan RC30 & Banyak mencomot keunggulan dari Motor Super Legendaris Dunia Honda NR750, Yaitu RVF750R (RC45). . .

Oleh karena itu, Tak berlebihan rasanya bila EA’s Blog memberikan tagline :

” Honda VFR750R (RC30), Another Amazing Taste by Honda”

RC30 End

 

Bonus Video Pembuatan RC30 Handmade Seperti Janji Sebelumnya :

 

Oke, Sekian dulu yang bisa EA’s Blog Share pada kesempatan kali ini. . . Semoga artikel Historical Bike ringan ini mampu sedikit menghibur di hari spesial Brosist. . . Silahkan berikan Masukan, Kritik, Komentar, ataupun Request Brosist di kolom Komentar dibawah ya….

 

Jangan lupa selalu Update Bareng EA’s Blog ya Brosist !!! See yah…..

34 comments

    • Bahan mentahna pasti na internet kang. . . Tambahan detailna mah ngibring di forum orang luar plus e-mail an jeung babaturan sisana dicari teknologi mesinna di buku koleksi sayah…. 😀
      Asli parusing pisan nyieunna, Tapi tetep gas teruss… :mrgreen:

  1. bgusnya honda bkin motor sport ini aja lagi.. tinggal disesuaikan desainnya dengan abad 21.. trus itu di injeksikan..

    jos

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....