Mesin 150cc Ala Bebek ini Mampu Menyemburkan Tenaga 20,7 HP !! Edaaann !!

 

Daytona Anima 150 Main

 

Kalau berbicara masalah Mesin Selonjoran alias Mesin Tidur alias Horizontal-Engine seperti gambar diatas.… Pastinya kita akan teringat dengan Motor Bebek & Skutik yang “habitatnya” merajalela di Tanah Air. . . Di indonesia, Mesin ini kerap digunakan untuk menunjang aspek efisiensi, keiritan & kenyamanan, Dibanding mengutamakan unsur speed. . .

Namun, Apa jadinya bila ada mesin selonjoran yang mampu mengalahkan power motor sport dengan kubikasi yang sama dalam kondisi standard ?? Brosist Nggak Percaya ?? Nih dia jawabannya….. Cekidots !!

 

 

Daytona Anima 150

 

Adalah Daytona… Pabrikan Race-Kit asal Jepang yang membuat mesin yang IMHO, sangat spektakuler ini. . . Bagaimana nggak, Meskipun masih dibekali mesin 4-Tak 149cc selonjoran, SOHC 4V, plus pendinginan air-cooled alias setara dengan mesin motor bebek…. Tapi tenaga maksimum yang dikeluarkan mampu mencapai 20,7 HP loh Brosist !!

Jika dibandingkan dengan Motor Sport yang berkubikasi sama di tanah air, Maka mesin milik Daytona ini adalah yang paling superior !! Pasalnya, Sport 150cc tanah air hanya memiliki power rata-rata di kisaran 13 – 17,8 HP saja…. Itupun rata-rata sudah dibekali mesin tegak (vertikal) , Bahkan ada yang sudah DOHC dan menggunakan pendingin Liquid-Cooled Brosist. . .

 

Daytona Anima 150 3
Apa sih resep dibalik powerfullnya mesin Daytona Anima 150cc ini ?? Ini dia resepnya Brosist :

 

Mesin : 4-Tak, Silinder Tunggal Horizontal, Air Cooled (Opsional Oil-Cooled), SOHC 4 Valve, Ceramic Coating

Bore x Stroke : 62 x 49,5 mm

Kapasitas Silinder : 149,4 cc

Transmisi : 4-Speed

Rasio Kompresi : 12,1 : 1

Power : 20,7 HP | Redline 14.000 RPM

Sistem Penyuplai BBM : Karburator Keihin PE28 / PWK33 (Opsional)

 

Fitur : Forged Pistons, HYVO Silent Cam Chain, Programabled CDI, Klep In 24,5 mm, Klep Ex 21 mm, Racing Intake Manifold, dll

 

 

Daytona Anima 150 & 190

 

Bahkan, Daytona juga membuat versi 190cc nya yang diberi nama Daytona Anima 190 FDX Monster loh Brosist !! Perbedaannya hanya di panjang stroke yang membengkak jadi 62 mm. . . Namun, Untuk urusan tenaga… Daytona versi 190cc mampu memuntahkan tenaga hingga 24 HP tuh Brosist !! Edyaaannn….

 

 

 

Well. . . Untuk harganya, Setelah EA’s Blog cek… Mesin 150cc asal Daytona Jepang ini dibanderol sekitar 17 jutaan, dan versi 190cc nya dibanderol sekitar 19,2 jutaan. . . Memang mahal sih, Tapi melihat ability nya sedemikian mantap, IMHO Tentu harga demikian adalah nilai yang sesuai. . .

Yang menarik, Ternyata mesin ini bisa dipasang di motor sekelas Honda Supra/Wave loh Brosist !! Hasilnya dijamin deh,,, Tampilan standar tapi begitu digeber gasspoll, bisa langsung bikin mingkem. . . wkwkwkwk 😀

 

So, Daytona Anima 150 ??

Bahan Engine Swap Bebek Nih Brosist !!!

 

 

Daytona Anima 150 5

 

Baca juga yaa Brosist. . .

 

Upgrade Performa Beat FI, Colek Dikit Naik 4 HP diatas Dyno !

Honda Vario 125 FI Bore-Up Spek Harian, Tembus 12,99 HP On Dyno !

Mesin 1500cc yang Mampu Tembus 400 HP ?? Gile lu Ndro !!

Bener Nggak Sih, Forged Piston Lebih Maknyus Dibanding Piston Biasa ??

Yuk kita Kenali Macam-Macam Penggerak Noken As, Plus Kelebihan & Kekurangan nya !!

Apaan Sih : Titanium Fracture-Split Connecting Rods ?

Honda Beat FI, Bore-Up 54mm Tembus 12,6 HP di Dyno !

Nih Dia Penjelasan Tentang Material Ceramic !! Apa sih Kelebihannya ??

93 comments

  1. daripada beli mesin segitu mahal nya mending ngoplos sendiri mesin nya. supra kalo mau bikin jd 250cc paling mahal-mahal nya 7-10 jt doang

  2. dari sini sudah kelihatan, tuning expert headquarter sekelas daytona
    itu mesinnya meski SOHC namun 4 katup,
    Hp nya jadi sekian , RPM red line ada di 14.000
    tentu itu karena karakternya over bore,
    lha yg ngerasa menguasai di mari?
    overstroke lho…
    ckckck

  3. liat kata2 diparagraf akhir, ane udah gak heran, cuz dari bentuknya aja udah sangat familiar dg mesin C-Seriesnya Honda. bahkan dari stroknya aja udah sama dg mesin C-Seriesnya Honda, 49.5mm. ini engine basisnya dari situ feeling ane:v

      • tapi ane pernah baca di situs daytona di speknya ada tulisan kayak gini bro “DAYTONA 150CC ENGINE DIRANCANG UTK DI PAKAI KOMPETISI DI LAPANGAN PENDEK .ADALAH ILLEGAL DI GUNAKAN DI JALAN UMUM.”

        waaaa batal kepengen deh 😦

        btw yakin nih dudukan mesin hsx 125 itu sama ama blade 110 ???

      • Kalau dirancang khusus buat balapan, emang iya kang…. wekekekeee 😀
        Tapi ya namanya modifikator kan biasanya ada aja akalnya 😛

        Oiya, Kalau urusan mounting saya kurang paham sih broo, masuk apa nggaknya 😦

  4. stroke 49,5mm itu motornya Supra X , Grand, Astrea Impresa, Fit X, Supra Fit, Supra V, Supra XX, & Legenda. emang masuk motor econo-engine, tapi buat para mekanik, engine C-Series bisa Dibilang patethic, karena jarak 4 baut tusuk sate yg sempit which mean susah bore up, lalu crankshaft yg lemah (pernah baca motorplus dulu, kekuatannya cuma 2,5 ton, Jupiter Z 4 ton, punya shogun 110/smash katanya sanggup 6 ton), serta pelumasan oil yg masih ngandalin cipratan dari daun kruk-as.

    • tanpa geser baut tanam masih bisa dibore-up ko bro, asal tahu caranya ya. search aja mbah gugel. pelumasan bisa dimodif pakai pompa oli jupiter, atau bisa juga beli krengkes +pompa oli kanan punya mocin garuda, beres deh.

  5. btw itu yg versi 190 cc strokenya mencapai 62mm keknya buat ngejar Torsi gede nih, stroke segitu buat high RPM ga aman tentunya.

  6. masih dipertanyakan durability nya untuk dipakain harian.. Bikin mesin powerful mudah, bikin mesin durable mudah, bikin mesin murah mudah, yang menantang tu bikin mesin yng powerful, durable, dan murah..haha,

  7. what stroke 49,5mm Power : 20,7 HP | Redline 14.000 RPM. ngak yakin tembus 14000rpm, speed piston 21 m/s cuma 12.727 rpm, kecuali material silindernya kelas dewa.

  8. Wuih ngeri kaleee tenagany ampe sgtu…
    Kompresiny tinggi = butuh ron tinggi
    Rpmnya gila ampe 14.000
    Pake ceramic coating…
    Kaburtorny kayak keran deres banget…
    Logislah, material bagus, ron tinggi, suplay deres…
    Buat swap engine trun kelas balap celeng, kira2 menang ngga ya Kang… Hihihi….

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....