Ini yang Bikin Balapan Moto3 Lebih Spesial Dibanding Moto2!

MOTO3 SPECIAL PARTS

Terus gimana caranya itu Kang motor Moto3 bisa punya bobot yang cuma 80-an kilo doang? Gimana caranya motor sport yang kapasitasnya 250cc tapi beratnya lebih enteng dari matic unyu-unyu kita dirumah?

Nah ini, jawabannya adalah part fantastis yang dipakai Moto3.

Meskipun dari sisi permesinannya dicekik secara ekstrim oleh regulasi demi mengurangi cost, tapi dari sisi sasis sama detailnya masih dikasih kelonggaran spek. Dan karena dikasih kelonggaran, well, it’s party time buat produsen & suplier part Moto3!

Honda NSF250RW, Mahindra MGP3O & Ioda TR itu pakai sasis utama yang dibikin secara handbuilt pakai alumunium. Sementara KTM RC250GP itu pakai sasis trellis unik yang juga dibikin secara manual. Buat swingarmnya semua kompakan pakai aluminium.

Untuk sub frame nya hampir semua produsen pakai sambungan sasis belakang dari carbon fiber yang super enteng kalau dibandingin sama aluminium. Sementara untuk bodypart nya juga sama-sama dibuat pakai material carbon fiber. Karena carbon lebih kuat, plus nggak gampang pecah kayak plastic ABS.

Kenapa nggak pakai sasis carbon fiber juga? Karena seperti yang kalian duga, sesuai regulasi sasis utamanya itu dilarang pakai carbon composite.

Buat kaki-kakinya, semua kayaknya kompakan ya pakai velg OZ Wheel Forged Magnsium. Tapi ukurannya dibatasi lho, maksimum 2.5 inci untuk velg depan dan 3.5 inci buat velg belakang. Velg yang nggak dijual resmi (exclusive Moto3) ini dibalut sama ban Dunlop 90/80-R17 di depan, plus 115/75-R17 di belakang. Dan lagi, ukuran bannya juga exclusive untuk Moto3!

Sementara buat suspensinya ada 2 suplier, WP Suspension di KTM dan sisanya pakai Ohlins. Triple Clamp dibuat dari Magnesium, knalpot dari Akrapovic, Disc Brake Galfer, kaliper Brembo… Wah pokoknya jauh banget deh pokoknya kalau dibandingkan motor 250cc dipasaran!

Harga suspensinya mungkin malah sudah cukup untuk beli beberapa unit seken Ninja 250SL & Z250SL yang sekarang harganya murah meriah…. Ckck!

2020 Moto3 World Champion, Albert Arenas

Pokoknya semua komponen di motor Moto3 itu dibuat secara khusus sama supplier parts kenamaan dunia. Gokilnya, semua part tadi dibuat seringan dan sekuat mungkin, tapi tanpa pakai material kelas dewa kayak Titanium atau Carbon Fiber yang dilarang sama regulasi.

Makanya jangan heran kalau bobotnya bisa cuma 80-an kilogram doang meskipun jarang pakai material eksotik. Soalnya selain mesinnya yang super high-tech dan enteng, part pendukungnya juga dibuat secara khusus, bahkan kadang ekslusif buat Moto3 doang lho!

4 comments

  1. kelas mahal yang kalo nonton di tv sperti iring-iringan siput mau ngantri pertamax yang dipercaya bisa naikkin hp sampai 1000% sesuai dengan perubahan harga yang terjadi

  2. NSF250R (tanpa W) bentuk bodynya ikonik banget, yang RW malah jelek…
    kalo KTM dari generasi awal entah kenapa kok aneh ya, kaya deformed/bantet gitu deh

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s