Ini yang Bikin Balapan Moto3 Lebih Spesial Dibanding Moto2!

MOTO3 SPEED & POWER

2018 Moto3 World Champion, Jorge Martin

So, apa keuntungan pakai teknis yang dijelaskan sebelumnya kang? Selain punya bobot mesin yang jauh lebih enteng dibanding motor 250cc single dipasaran, spek full racing tadi juga bikin power motor Moto3 diklaim sanggup tembus 60 HP. Dengan torsi sekitar 28 Nm lebih, plus range RPM yang cuma terpakai antara 9.000 sampai 13.500 RPM.

Itu artinya, motor Moto3 ini punya output tenaga yang 2 kali lipat motor 250cc silinder tunggal dipasaran kayak CBR250 CBU, KTM RC250, Ninja 250SL atau ZED Z250SL saya!

Kalau gitu, berarti powernya bisa dong ya ditandingi ZX-25R versi full race? Kemungkinannya sangat terbuka, apalagi yang mesinnya full tuning buat balapan resmi. Problemnya, dibanding motor produksi masal kayak CBR250RR SP atau ZX-25R, yang unggul dari Moto3 ini bukan cuma powernya doang!

Bobot motor Moto3 itu cuma berkisar antara 82-84 kg doang lho, alias bedanya itu hampir 100 kg lebih enteng dari ZX-25R! Bahkan minimal bobot yang diperbolehkan regulasi official tahun 2021 itu cuma 149 kg plus rider. Kalau ridernya mungil, atau masih dibawah bobot tadi. Semuanya wajib pakai ballast pemberat tambahan sampai beratnya pas di 149 kg.

Rasio power to weight ini bikin potensi motor Moto3 jauuuhhh banget dari kelas produksi masal manapun dan bahkan bisa ngasepin kelas 125cc 2-Tak lawas yang full development dengan selisih yang nggak main-main, sampai 2 detik per lap di sirkuit tertentu. Edan nggak tuh!

Kayaknya sampai sini aja ya komparasi Moto3 sama motor 250cc produksi masal. Soalnya keduanya beda konsep… Yang satu prototype yang full dicekik regulasi, sementara satunya lagi motor produksi biasa yang suka-suka pabrikan mau dibikin gimana speknya.

Soalnya kalau kita bahas lebih lanjut, well, perbandingannya bakal makin absurd.

Bayangin aja, dengan power 60 HP plus total bobot 149 kg tadi, motor Moto3 punya topspeed yang bisa tembus 246 km/h di seri Losail 2022 kemarin! Bahkan dengan slipstream, which is lumrah di Moto3, topspeed nya bisa tembus sampai 250 km/h. Edan, motor 250cc silinder jomblo tapi topspeednya kayak moge 600cc.

4 comments

  1. kelas mahal yang kalo nonton di tv sperti iring-iringan siput mau ngantri pertamax yang dipercaya bisa naikkin hp sampai 1000% sesuai dengan perubahan harga yang terjadi

  2. NSF250R (tanpa W) bentuk bodynya ikonik banget, yang RW malah jelek…
    kalo KTM dari generasi awal entah kenapa kok aneh ya, kaya deformed/bantet gitu deh

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s