Bebek Ayago yang Terlupa (Ft. Suzuki Satria F150 & Honda Sonic 150R 2019)

Masih ingat momen saat Honda all-out menggempur pasar bebek dengan menghadirkan Sonic 150R sebagai nemesis Satria F150 Karburator? Masih ingat juga gimana jawaban Suzuki Indonesia setahun kemudian, saat merilis All-New Satria F150 Injeksi yang punya spek mesin & power mind-blowing untuk ukuran motor bebek 150cc?

Saran saya, kalau bisa jangan dilupakan. Karena momen gokil tersebut mungkin nggak bakal pernah terulang lagi.

 

Dilupakan Pabrikan

 

 

Honda Sonic 150R 2019
Honda Sonic 150R 2019

 

Hanya berselang beberapa hari pasca Suzuki merilis Satria F150 2019, Honda langsung meresponnya dengan refreshment terbaru Sonic 150R. Benar-benar pergerakan yang sengit dari kedua manufaktur ayago 150cc modern tersebut, yang sudah berlangsung sejak tahun 2016 yang lalu.

Paragraf diatas kedengerannya kayak battle bebek ayago sungguhan ya, dimana Honda ataupun Suzuki saling unjuk kebolehan merebut hati para rider muda ataupun yang ‘berjiwa’ muda. Dan semuanya fakta lho! Tapi sayangnya, itu nggak menggambarkan kondisi sesungguhnya dilapangan. Press rilis tetaplah press rilis.

Yang ada, sejak pertama rilis di 2015, Honda Sonic 150R sama sekali nggak pernah mendapat update apapun kecuali stripe & warna. Pun demikian dengan Suzuki Satria F150 Injeksi yang dirilis setahun setelahnya, cuma gonta-ganti warna doang. Buat yang penasaran, kalian bisa lihat warna terbaru Honda Sonic 150R & Suzuki Satria F150 Injeksi versi 2019 pada slideshow dibawah ini.

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Kalau melihat usia keduanya yang baru 3-4 tahunan mengaspal di Indonesia, sebenarnya masuk akal juga kalau Honda Sonic 150R & Suzuki Satria F150 2019 nggak mendapat major facelift tahun ini. Tapi kalau melihat bagaimana kondisi market skuter matik, yang hampir setiap tahun ada model terbaru, plus update major facelift yang jor-joran… Ini pastinya bukan kabar yang positif untuk fans motor bebek.

Terlebih bagi Honda Sonic 150R versi 2019. Setelah melihat update yang didapat Supra GTR, saya sebelumnya mengira sang ayago juga bakal mendapat sedikit sentuhan anyar, atau minor facelift. Tapi sayangnya, malah nggak sama sekali. Yang ada, Supra GTR malah memanfaatkan part lawas (speedometer) punya Sonic 150R, wkwkwk.

 

Dilupakan Anak Muda

 

 

Nggak usah didebatkan, sejak dulu market utama yang dituju oleh segmen bebek ayago adalah anak muda – baik yang masih merengek minta dibeliin ke orang tua, ataupun yang baru memulai ke dunia kuliah & kerja. Mereka-mereka ini adalah yang menjaga segmen ayago tetap on-fire dengan trend modifikasi thailook, part aftermarket blink-blink, sampai ke oprek mesin & pamer topspeed di speedometer.

Sayangnya, saat ini selera anak muda sudah jauh banget berubah. Sejak awal musim sekolah tahun ini, setiap hari saya antar-jemput adik kesayangan ke SMK di pinggiran Tangerang. Dari ratusan siswa yang pakai motor, coba tebak tipe motor apa yang paling banyak dipakai anak sekolah? Yes, 80% pakai matic dan sisanya motor batangan kayak sportbike, naked & trail. Yang pakai ayago? Masih banyakan 10 jari saya.

 

 

Jaman telah berubah, dan minat mereka pun berubah. Kalau dulu modifikasi Thailook di ayago itu paling keren, sekarang lebih keren modif Babylook yang konyol di skutik. Kalau dulu berlomba-lomba beli part aftermarket eyecatching buat bebek super tersebut, sekarang partnya bahkan lebih banyak ditemui di skuter matik.

Oprek mesin? Sama aja. Dari yang masih pakai Mio klasik yang oprek-able, sampai ke motor sport yang butuh budget nggak sedikit. Bedanya kalau dijaman saya dulu aturan soal knalpot racing masih longgar. Sekarang karena peraturan yang diterapkan pihak sekolah jauh lebih ketat, alhasil knalpot ember pun jadi solusi. Saya bukan orang yang pro atau kontra knalpot racing, tapi untuk urusan knalpot mberr. Saya kadang suka naik darah kalau nemu yang begini digeber-geber dijalan umum.

 

 

Melihat kondisi dilapangan, saya juga jadi nggak aneh kalau Honda & Suzuki terkesan santuy dalam hal pengembangan Sonic 150R & Satria F150 Injeksi. Logikanya, “Buat apaan direfresh? Toh konsumennya juga sudah minim”. Meski kadang suka kepikiran juga, seandainya Sonic & Satria Injeksi tetap diupdate & di-hype seperti 3-4 tahun lalu… Mungkin nggak sih kalau anak muda tetap kepengen beli bebek ayago?

Karena buat saya, baik Honda Sonic 150R & Suzuki Satria F150 itu benar-benar luar biasa FUN sewaktu diajak riding! Yes, nggak bohong, meskipun pada faktanya mesin Sonic jauh lebih inferior tapi akselerasi gear 1-2-3-4 nya amazing. Apalagi Satria Injeksi, beuh, sekali geber langsung dewa-mode-on! wkwkwk….

Masih ingat saat riding bebek ayago menambah kegantengan sampai 150%? Masih ingat saat iri melihat teman sekolah pakai ayago keluaran terbaru? Lebih baik jangan dilupakan, karena momen tersebut mungkin nggak bakal kembali lagi.

24 comments

  1. Wkwkwk
    Ane pernah nih kang jaman smk dulu, gimana yang naik satria karbu pada gonta – ganti bonceng cewek

    Sedangkan ane cuman mikir keren kali ya punya satria bisa nambah kadar kegantengan, tp apalah daya cuman punya revo abs, wkwk nostalgic banget

  2. Ngenes epbeye kang..ayago ga punya..trail ga punya..bebek 6speed ga punya…bebek dohc ga punya…cuma punya motor yg rasanya sama..lc4v sohc

  3. jaman gua sekolah, Gua pakai Kawasaki G-7 dan gua cuma bisa ngiler lihat temen2 gua pake Yamaha Champ, Suzuki Sprinter dan Yamaha Tiara…
    indahnya 90-an…

  4. Pengen banget satria kl ada dwt lebih, kalo sonic gak perlu ditengok.
    Kalo jaman sekolah dr smp pake rx king ’94 dilanjut ’98. Sekarang pake matic trus nungguin wr155x buat anak.

  5. Wah getting back old memorable deh Ayago dulu eranya. Prestise dan pride banget karena CBU beda sama sekarang udh gak terlalu jadi primadona lagi. Sudah habis masanya , minat pasar berubah dan terus bergeser.

  6. Back to 90 , generasi kita dah mendekati ….⌛🕛🚧
    Seindah kenangan yg pengen mtr 💪 punya astrea grand aja dah bersyukur🏆 , motor ayago sekarang hidup segan mati tak mau 🔪, sementara puas dgn lexi krn ngepas dikantong 🎠

  7. Kalo ente2 pernah merasakan ayago jadi tren,dapat dipastikan kalo sampeyan2 udah ber umur.yg masih jomblo buru cari gebetan,yg pacaran buruan nikah.

  8. Saya juga sebel kang kalo ada motor knalpot mbeer lewat,
    Pengen ngisi air di knalpotnya atau ngelem alteco lubang kunci nya

    • Kalau cuma lewat, atau pas nyalip dijalanan itu nggak masalah sama sekali sebenernya. Yang bikin sebel itu kalo digas-rem-gas-rem, kadang suka senyum2 dalam helm, tapi kalo lagi panas & lelah ya sebel juga lama2.

  9. Sekarang itu eranya matic entry-mid level dan matic premium. Tau nanti di dekade selanjutnya motor apalagi yg ngetren. .

  10. tahun 2005 awal2 ayago bisa dimiliki semua kalangan, sebelomnya CBU.

    yang paling bodoh ya ahaem, dimasa itu yang paling keren Sonic n Dash, eh yang muncul CeeS wan. yang keruk profit ya jadi suziku lah . . .

    padahal kalo Sonic lokal udah ada dari tahun segituan, mungkin saya ga bakal beli CBR150 karbu.

      • sneak peek TVC nya dasyat banget, sampe penasaran ni motor jenis apaan sih, begitu reveal, ZOOOOONK!!! motor jenis amphibi, seport ga sampe, bebek kok hidrocepalus.

  11. Saya suka ayago model satria awal dan jabrig,
    Selera hilang setelah lihat model satria yang injeksi ini apalagi sonic Big no!!!
    Kalau saja body satria jabrig di aplikasikan ke mesin injeksi ini Saya yakin 10-15rb unit per bulan masih terjaga untuk suzuki

  12. Dari dlu kepengen punya ayago, eh pas masuk kuliah baru dikasih motor sendiri, eh bingung milih gk dikasih ayago soalnya kekecilan, eh akhirnya keambil Mx King, bebek rasa ayago rasa sport 😂😂😂

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s