Tanya Eno : Perkembangan Model Knalpot Sepeda Motor ?

 

Panigale Exhaust

 

Seperti yang sudah dikatakan dalam artikel sebelumnya… Perkembangan dunia roda 2 beserta intriknya memang sangat menarik untuk dipelajari, atau hanya untuk sekedar diketahui. . . Mungkin inilah yang membuat Bro Max Budi menanyakan via Facebook Fanpage EA’s Blog tentang Perkembangan Knalpot di sepeda motor. . .

 

Nah, Setelah 2 hari ( ini serius lho 2 hari ๐Ÿ˜€ ) mengamati dan mempelajari trend perkembangan roda 2 lewat buku Definitive Visual History bab. Design Diversity, Sekiranya EA’s Blog sedikit mampu menjawab tantangan *eh pertanyaan tersebut. . .

Brosist penasaran ?? Yuk kita bahas aja bareng-bareng. . . Cekdisot !!

 

 

Era 1920 – 1940

 

 

1930 Exhaust

 

Dalam masa ini, Perkembangan sepeda motor banyak diisi oleh Pabrikan Eropa, Termasuk pabrikan yang mungkin Brosist belum ketahui seperti Jawa & Ariel Motorcycle. . . Nah, Spesial untuk model knalpotnya, Era ini terkenal dengan model knalpot pipih… Yaitu model pipa tunggal memanjang dari leher knalpot, lalu membesar dan justru memipih di ujung knalpot. . . Dalam era ini, Filosofi knalpot hanyalah digunakan sebagai alat untuk penyalur gas buang dari sepeda motor, alias masih sangat konvensional *eh atau tradisional yaa ๐Ÿ˜€ . . .

 

Ariel Huntmaster

 

Selain bentuk knalpot pipih, model knalpot dengan ujung pipa yang mengecil (modelnya sama seperti pipih, Tapi berbeda di ujung knalpot) juga menjadi ciri khas di era ini. . . Knalpot model ini lantas menjadi pilihan bagi para pabrikan jepang di era selanjutnya, seperti yang bisa kita lihat di motor jadul Honda CB-Series. . .

 

 

Era 1950 – 1970

 

 

RC166

 

Di awal era 50’an, mesin multisilinder (baca : bersilinder banyak) mulai berkembang pesat di arena balap dunia. . . Nah, Untuk mendukung ability mesin yang mulai meningkat tersebut, maka filosofi knalpot pun berkembang selain untuk penyalur gas buang, juga untuk meningkatkan performaโ€ฆ Era ini terkenal dengan Knalpot Megaphone nya yang bersuara eksotis. . . Model knalpot ini terlihat layaknya pipa besi yang berjumlah banyak dan berada di dua sisi sepeda motor (kanan & kiri)… detailnya, kadang dibuat satu knalpot untuk satu silinder (one into one) ataupun satu knalpot untuk 2 silinder (2 into 1). . .

Suara yang dihasilkan jenis knalpot ini sangat fantastis dan menggelegar, seperti yang terdapat di motor balap seperti MV Agusta 500-3 (3 Silinder) hingga MV Agusta 4 (4 Silinder), Honda RC149 (5 Silinder) & Honda RC166 (6 Silinder). . . Era ini jug dikenal dengan ”crazy engine, crazy exhaust”

 

Benelli Sei 750 Exhaust

 

Di akhir 60-an, Sepeda Motor yang diproduksi massal pun mulai mencomot jenis ini, seiring dengan mesin multisilinder yang mulai diaplikasikan. . . Bedanya, Jika di dunia balap knalpot jenis ini hanya dibekali finishing powder coat (atau bisa juga keramik), Nah di motor jalanan rata-rata dibekali finishing chrome yang menawan. . . Contohnya, bisa kita lihat di Benelli Sei 750, Kawasaki Z1 900, hingga Honda CBX1047. . .

Knalpot Megaphone ini ternyata mampu melewati berbagai zaman, khususnya di Jenis Motor Cruiser tuh Brosist. . . Coba Brosist lihat model knalpot milik Harley-Davidson ? Bagaimana output suaranya ?? Yaaa ! Menggelegar mendebarkan jantung & gendang telinga bukan ? Itulah keistimewaan knalpot Megaphone. . .

 

 

Era 1980 – 2000

 

 

Ninja GPZ900R

 

Era ini ditandai dengan perubahan jenis knalpot yang cukup cepat tuh Brosist. . . Awal 80-an, Knalpot megaphone bertransformasi menjadi model yang lebih modern. . . Sekilas modelnya sih mirip dengan megaphone, Tapi yang terbaru ini mengusung 2-step knalpot yang terdiri dari leher & silencer knalpot tuh Brosist. . . Nah, Karena peraturan emisi gas buang yang mulai ketat di era ini, Maka kini filosofi desain knalpot selain ditujukan untuk menambah performa, juga untuk meminimalisir emisi gas buang yang berbahaya… Contohnya, Seperti adanya penambahan catalytic converter. . .

 

2003 YZF R1

 

Hingga di akhir era 80-an, Sebuah tahapan baru dimulai dalam perkembangan knalpot roda 2. . . Yup, Kali ini modelnya berubah menjadi model 2 step tulen, dengan ukuran diameter pipa silencer yang super besar tuh Brosist ! Contohnya bisa kita lihat di Motor 250cc, 400cc, Supersport, hingga Superbike era 90 – 2000’an tuh Brosist. . . Era ini juga ditandai dengan berkembangnya Sistem Butterfly Valve (Powervalve) di knalpot motor 4-Tak… Seperti yang bisa kita lihat pada teknologi Yamaha EXUP, Suzuki SET, Honda H-VIX, dll. . .

 

916 3

 

Di sisi lain, Ada sebuah model knalpot baru yang juga tak kalah tenar di era 90-an. . . Yup ! Model Knalpot yang EA’s Blog maksud adalah Knalpot Underseat / Undertail. . . Model Knalpot Underseat ini memiliki keunggulan, yakni agar motor mampu diajak cornering meski dalam sudut ekstrim sekalipun ! Knalpot yang posisi nya dibawah jok ini sebenarnya memang sudah lebih dulu tenar di motor 2-Tak Race-Replika, Tapi untuk di motor 4-Tak… Model knalpot yang ”membakar bokong” atau bahasa sunda nya “Ass Burner” ๐Ÿ˜€ ini mulai terkenal saat Ducati 916 yang legendaris menggunakannya. . .

 

 

Era Modern !

 

 

YZF R1 2015 Titanium Exhaust

 

Memasuki Era Modern, Perkembangan Model Knalpot sampai pada puncaknya… Dimana kini pengembangan tak hanya sebatas model semata, Tapi juga mencakup material yang digunakan. . . Material berkelas seperti Alumunium, Titanium, hingga Berlapis Keramik mulai dijejalkan ke dalam motor Produksi massal. . .

Kalau diamati lebih lanjut, Model Knalpot pada era modern ini masih belum bisa lepas dari era millenium silam, Alias masih dibekali Knalpot 2-Step dengan silencer berukuran besar…. Bedanya, Silencer Knalpot kini ukurannya jauh lebih mini ketimbang era 90 – 2000 an tersebut. . . Berbagai Inovasi pun mulai ditunjukkan dengan membuat knalpot berbentuk Oval, Hexagonal, Segitiga atau yang lainnya. . .

 

Panigale Exhaust

 

Oiya hampir lupa ๐Ÿ˜› , Di era ini ada satu lagi jenis knalpot yang berkembang… Yakni Knalpot Underbelly. . . Yap, Jenis knalpot yang berada di kolong bawah mesin ini memang efektif untuk mampu menambah sudut cornering, seperti halnya knalpot underseat. . . Bedanya, Knalot Underbelly tak membuat (maaf) bokong rider apalagi boncenger bakal kepanasan tuh Brosist ! Tapi sayangnya, Jenis Knalpot ini sepertinya tak bersahabat di tanah air, Karena selain polisi tidur yang super edan gila tingginya, knalpot ini juga lemah saat melewati banjir (meskipun di beberapa pabrikan diklaim mampu melewati banjir sekalipun). . .

 

 

 

Well. . . Begitulah kira-kira jawaban yang bisa EA’s Blog berikan terkait request bro Max Budi, Semoga mampu memuaskan yaa Bro ๐Ÿ™‚ . . . Silahkan dikoreksi atau dikomentari bila terdapat kesalahan yaa Brosist. . . Nah, Kalau Brosist mau pertanyaannya jadi artikel di EA’s Blog…. Silahkan tulis di kolom komentar yaa. . . Dan jangan lupa, Like Facebook Fanpage EA’s Blog juga yaa Brosist (Promosi ๐Ÿ˜› ) wkwkwk ๐Ÿ˜€

 

So, Perkembangan Knalpot Roda 2 ? Clear kan ??

 

 

YZF R1 2015 Magnesium Sub-Frame

 

Baca juga yaa Brosist. . .

 

Ariel Motors, Tahukah Andaย ?

Setelah 50 Tahun, Ariel Ini Bangkit Dari Kuburย !

Pabrikan JAWA Motors, Tahukah Andaย ??

Yamaha RZ201, Sisi Misterius dari Pabrikan Garputalaย !!

Honda RC116, Gendeng & Edannya Gak Kira-Kiraย !!!!!

Honda RC149, 125cc Paling Edan di Duniaย !

Honda RC166, 250cc Paling Gendeng di Duniaย !

Iklan

47 comments

  1. Luar biasa, beginilah bloger berkualitas, gak kaya lapak sebelah (dagangan pertamina) judulnya menarik tapi isinya amburadul, gd konsep yang jelas dalam tiap penulisan, asal nulis we meureun nyak gak berkembang pula, maju terus kang eno, tong pundung deui nyak

  2. klo aku lebih suka model 1980-2000 bro yg silenser besar, baik knalpot stndr maupun racing, kesannya lbh sangar bro… knalpot jaman skrg jujur aja menjijikkan ga karuan modelnya/kayak bukan knalpot (byson, cbr thailand, mx king) apalagi pny ducati yg meliuk” kayak cacing di dekat sok belakang.

    • dulu bahkan knalpot racing free flow di indonesia juga sama gedenya yaa… saya inget tahun dulu tiger, megapro, atau thunder, knalpot racingnya gambot trus hole knalpotnya muat bola tennis ๐Ÿ˜€

      • iya jaman SMA masih sempat jg makek knalpot model gitu, lagi ngetrend ๐Ÿ˜€ skrg jg masi bnyk model gituan tp silensernya ga se-jumbo yg dulu lagi

  3. 2 tak keluaran awal knalpotnya model biasa kayak king… awal 1970 keluarlah model chamber/gembung tanpa silenser, suaranya pecah/bising dan hanya dipake di motor balap, yg pertama memakai klo gak salah tz750 trus diikuti sama rg700. motor jalan raya memakai model biasa… pertengahan 1980 keluar model chamber dgn silenser dan diterapkan juga di motor jalan raya, sdngkn model biasa hanya diterapkan di motor jalan raya cc kecil.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s