Yamaha Genesis, Teknologi 5 Valve per Silinder ….

Genesis 5 Valve

Holla Brosist, Kita bertemu lagi di artikel ringan ala EA’s Blog. . . Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas seputar teknologi mesin yang pernah dikembangkan Yamaha sejak era 80-an yakni Yamaha Genesis. . .

Seperti apa keunikan dan kelebihannya ?? Let’s Cekidot !!

 

Yamaha Genesis adalah teknologi 5 Klep (Valve) per Piston, Yang diperkenalkan Yamaha Motor Corporation pada tahun 1984 atau 30 tahun silam. . . Pada awal pengaplikasiannya, Teknologi ini menerapkan 3 Klep Isap (Intake) & 2 Klep Buang (Exhaust), Pada konfigurasi mesin inline 4 Silinder dengan kemiringan 45 derajat ke depan. . .

4.1.1

FZ GenesisYamaha FZ750 Genesis, Lihat kemiringan blok silindernya, 45 derajat loh Brosist…

 

Teknologi ini adalah bukti keseriusan Yamaha menantang trio Jepang lainnya yang telah lebih dahulu bermain di kelas 4-Tak, Sementara Yamaha saat itu justru terlena dengan kesuksesan motor 2-Taknya yaitu RD250 & Jagoan motoGP mereka YZR500. . . Walhasil Yamaha selalu dianggap tertinggal untuk urusan motor 4-Tak oleh konsumen global pada saat itu. . . Sehingga mau tak mau, Yamaha harus menciptakan sebuah Trademark baru sebagai penguatan Image untuk motor 4-Tak buatanya. . . So, Research & Development besar-besaran pun dimulai……

Sebenarnya pada awal masa development-nya, Yamaha Genesis mengusung 7 Klep/Valve (4 Isap & 3 Buang) kemudian tak jadi dilanjutkan diakibatkan desainnya yang terlalu kompleks. . . Kemudian berubah menjadi 6 Klep/Valve (3 Isap & 3 Buang), Namun karena banyaknya masalah pada konfigurasi 6 Klep seperti desain kubah piston yang berantakan dan hasilnya dinilai tidak efisien, serta masalah cost yang sangat tinggi, Akhirnya Yamaha memutuskan untuk merubahnya menjadi 5 Valve (3 Isap & 2 Buang). . .

“Saat itu Yamaha berani sesumbar bahwa Teknologi Yamaha Genesis ini akan sangat bermanfaat dalam mengail performa hingga 10 tahun kedepan”. . . -motorcyclespecs-

Genesis Piston

 

Lantas apa sih keuntungannya menggunakan 5 Valve ???  Bukannya 4 Valve sudah mumpuni ??

“More Fresh Air + More Fuel = More Power” …… -Buku Four Stroke Performance Tuning, Karya Graham Bell-

5 Valve vs 4 Valve

Yapp Benar !! Dengan pengaplikasian lebih banyak Klep isap (Intake Valve), Maka campuran udara dan BBM menjadi semakin berlimpah yang mengakibatkan ledakan power yang bertambah. . . Selain itu lubang Intake 3 valve lebih sempit dibanding Intake 2 valve pada diameter piston yang sama, Otomatis aliran udara makin cepat tersedot oleh ruang bakar yang hasilnya, More Power !!!  Terlebih, Teknologi Yamaha Genesis ini dikombinasikan dengan Yamaha EXUP System. . . Sehingga power makin besar sekaligus konsumsi BBM bisa ditekan seminimal mungkin, , Mantap !!

5 Valve Genesis

 

Well. . . Seiring berjalannya waktu, Yamaha akhirnya mendapat kesuksesan besar pada produk pertama Yamaha Genesisnya, Yamaha FZ750 Genesis. . . Pernyataan sesumbar mereka pun seakan jadi kenyataan saat melihat suksesnya produk flagshipnya Yamaha R1 yang mengaplikasi Genesis hingga 2009, Sebelum akhirnya digantikan teknologi terbaru yakni Crossplane Crankshaft. . . Bahkan tak hanya R1, Yamaha YZR M1 yang notabene sebagai gacoan Yamaha di ajang motoGP pun pernah dijejali teknologi ini hingga tahun 2004. . . Once Again, Superb Engine Development by Yamaha !!

 

R1 Genesis

YZF R1 2007 dengan Teknologi Yamaha Genesis Terbaru

 

Okey, Sampai disini dulu artikel ringan kali ini. . . Silahkan berikan saran, kritik, info & koreksi bila ada kesalahan penulisan ya Brosist. . .

Last, Komentarnya EA’s Blog tunggu di kolom komentar ya Brosist. . . !

See yahh !!

18 comments

  1. Mantap juga ya teknologi 5valve per silinder terus honda NR750 yg 32 valve / 8valve persilinder itu gimana ya….bisa dijelasin gak?

  2. masih sangaran Honda NR750
    Mesin 750cc , 4-Tak , V4 Oval Piston, DOHC 32 Valve,
    Dual Liquid Cooled , Honda PGM-FI
    top speed 255 Km/jam (di limit red line mesin 15.000 Rpm)
    Mampu dioptimalkan Redline nya Hingga 23,000 Rpm

    coba anda bayangkan top speed ini motor jika red line
    mesinnya di optimalkan hingga 23.000Rpm.
    pastinya motor 2 tak cc sejenis tewas di tempat!!!!

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....