Teknologi Mesin Yang Akan Dipakai Yamaha YZF R25 ?

R25

Pic Spyshoot by kang IWB

Setelah kemarin jepretan Spyshot yang diduga Yamaha YZF R25 atau yang lebih dikenal dengan nama R25 membuat geger jagad blogsphere dari mulai blogger senior hingga blog-blog baru, Rasa-rasanya EA’s Blog ingin juga membahas tentang si R25 ini. . . Eits, Tapi bukan pembahasan detail spyshot ataupun timingnya seperti yang kemarin dibahas di hampir semua blog koq Brosist, Bossyen itu mah. . . Kini kita akan membahas tentang prakiraan teknologi mesin yang akan digunakan di sport 250cc 2 silinder terbaru andalan Yamaha ini. . .

Teknologi Apa sajakah itu ?? Okey Langsung saja, Cekdisot Brosist !!

 

1. Yamaha EXUP System

EXUP 2

Teknologi ini adalah Penempatan sejenis katup (Valve) pada Knalpot motor Yamaha. . . Prinsip kinerjanya mirip seperti Powervalve pada motor 2-Tak. . . Penggunaan teknologi EXUP System ini memiliki banyak fungsi yang cukup membuat akselerasi meningkat & power merata di setiap rentang RPM mesin. . . Hasilnya, Power ala mesin inline yang lemot di putaran bawah akan tereliminir dan mampu menghasilkan tarikan yang lebih mantap dibanding sistem knalpot standar. . . Bila Brosist ada yang melihat secara langsung spyshot-nya, Ciri yang sangat gamblang dari penggunaan teknologi ini yaitu suara knalpot yang sangat senyap dalam kondisi idle RPM (1000 – 2000 RPM) . . .

EXUP1

Penjabaran secara lengkap tentang EXUP System bisa Brosist baca disini. . .

 

 

2. Teknologi Yamaha Genesis

R25 5 Valve

Selanjutnya ada teknologi Yamaha Genesis alias Teknologi DOHC 5 Valve (Klep) ala Yamaha. . . Teknologi ini menggunakan 5 Klep yang terdiri dari 3 klep intake & 2 klep exhaust. . . Fungsinya pun sangat sederhana namun sangat terasa yakni, campuran udara & BBM yang masuk ke ruang bakar akan lebih banyak, Sehingga ledakan power yang dihasilkan dipastikan bertambah besar ! Β Hasilnya, Output power yang menggunakan Teknologi ini tercatat lebih besar dibanding mesin yang hanya mengusung DOHC 4 Valve biasa. . . Bila Brosist ada yang melihat spyshot nya secara langsung, Perhatikan kemiringan mesinnya ! Ciri yang sangat gamblang dari penggunaan mesin ini adalah konfigurasi mesinnya yang mempunyai sudut kemiringan hingga 45 derajat bahkan ada yang real 45 derajat loh (miring 45 derajat ke arah depan)….

FZ9

Penjabaran secara detail mengenai Yamaha Genesis 5 Valve, Bisa Brosist baca disini. . . .

 

 

3. Crossplane Crankshaft

Crossplane

Nah ini dia Teknologi yang sedang booming di motor Yamaha. . . Meskipun bukan original atau hasil karya Yamaha asli layaknya EXUP & Genesis, Namun teknologi ini makin sering digunakan pada line-up motor sport milik pabrikan Garputala pada era modern seperti sekarang ini. . . Teknologi ini memiliki desain Crankshaft (Kruk-As) yang saling-silang atau bisa disebut memiliki durasi pembakaran yang lebih unik (setiap 90 derajat) dibanding mesin konvensional biasa yang memiliki durasi 180 derajat. . . Hasilnya, Power mesin yang dihasilkan mampu lebih smooth & getaran mesin yang minim. . . Bahkan dengan pengaplikasian teknologi crossplane crankshaft ini mampu menambah handling motor saat keluar masuk tikungan dibanding motor dengan mesin Crankshaft konvensional (Flat Plane) . . . Ciri yang membedakannya dengan Mesin yang menggunakan Kruk-As konvensional sangat sulit dibedakan saat kondisi idle RPM. . . Namun pada saat digeber barulah terasa perbedaannya, Yakni suara yang dihasilkan knalpotnya lebih padat dan berisi dibanding motor konvensional biasa. . .

R25 Pistons

 

 

4. Mesin Konvensional Biasa

Yamaha Twin

Yap ! Apabila memang Yamaha nantinya bakal mengaplikasi mesin Inline 2 silinder biasa layaknya Ninja 250, Tentunya akan menjadi sebuah kekecewaan bagi EA’s Blog. . . Seperti yang pernah EA’s Blog baca di sebuah artikel milik wak haji Taufik TMCBlog, Mengingat Ninja 250 hadir jauh lebih dulu dibandingkan R25, Tentunya sebuah perbedaan mesin yang berarti sangat dibutuhkan untuk menggeser gen Ninja yang kini dianggap sebagai motor berperforma tinggi. . . Nah apabila nantinya Yamaha memang akan mengaplikasikan mesin konvensional biasa, Mungkin yang bisa kita harapkan adalah harga jualnya yang akan lebih murah dibanding gen Ninja 250. . .Β 

Ninja 250 Engine

 

 

So, , , Kira-kira mana Teknologi mesin yang akan diterapkan di motor sport 250cc terbaru Yamaha ini ???

R25 Rossi

Silahkan sampaikan pendapat Brosist di Kolom Komentar yaaaa……

Iklan

29 comments

    • Cara kerjanya persis mesin konvensional koq masbro. . .

      Tapi setting durasi pembakarannya pasti berbeda alias dibikin sesuai karakter yang diinginkan, bisa 90 derajat, ataupun 270 derajat. . .
      Biasanya yamaha memakai dua desain durasi kruk as tadi. . . supaya power di rpm bawah tetap nampol, gak kaya mesin inline 2 silinder biasa. . .

      • jadi main timming crankshaft aja ya bro?tak kira sudut as piston nya yg 270 drajat.hehehe.aneh dong kalo gitu

      • kalo urusan detail sampe ke timing dll, saya masih belum mengerti banyak masbro soal crossplane di Yamaha. . . nanti saya pelajari lebih detail lagi deh, sekaligus bikin artikel soal crossplane. . .

    • katanya ada jeda dipembakarannya…itu yg di R1.g tau kalo yg 2cilinder hehehe.manstab bro.nambah pengetahuan permesinan.hehehe

  1. tanya sangat oot boleh ga bro ? klo diperhatikan
    knapa (terutama) rossi (atao rider motogp laen juga?) pas sebelom naik motornya mesti jongkok dulu di sebelahnya…itu ngecek apanya atau berdoa biar selamat gitu ?
    jawabnya yg serius lho πŸ™‚

    • Nyantai aja broo. . . πŸ˜€
      Kemungkinan besar berdoa sambil hatikehati sama motornya bro…. namanya juga udah super professional. . . *just pendapat ya broo.. πŸ˜€

  2. […] Yamaha YZF R25 nantinya akan dibekali mesin Inline 2 Silinder layaknya Kompetitor. . . Bedanya, Engine R25 benar-benar baru alias sebelumnya masih belum ada, Sementara itu Ninja 250 FI mengambil basis mesin Kawasaki EX250, Yang sudah terbukti kehandalannya sejak berpuluh tahun silam (Sejak 1983) plus tambahan teknologi terkini layaknya Fuel-Injeksi. . . Perbedaan selanjutnya adalah Ninja 250 FI masih Built-Up dari Thailand sementara YZF R25 “katanya” diproduksi di dalam Negeri + bakal diekspor ke berbagai negara. . . Mungkinkah Yamaha berani mencangkokkan Teknologi Mesin yang lebih Advanced dibanding Ninja 250 FI ?? Crossplane Crankshaft, EXUP, Atau Genesis Mungkin ??? […]

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s