All-New Honda Scoopy yang Menantang Poor Man’s Vario

Akhirnya, Honda Scoopy terbaru dirilis PT. AHM beberapa hari yang lalu. Dan sesuai ekspektasi, Scoopy baru ini pakai mesin ala Genio, sasis eSAF terbaru, plus beneran full fitur banget. Soalnya, selain mempertahankan fitur lawas, di versi baru ini juga ada tambahan Keyless atau Honda Smart Key di versi Stylish & Prestige.

Yang diluar ekspektasi, justru bukannya jelek – tapi malah melebihi ekspektasi. Dari sisi kaki-kaki misalnya, itu model velg udah baru lagi aja… Ini pabrikan rada gendeng emang, setiap upgrade produk seringnya juga rata-rata ganti cetakan velg juga. Terbalik sama Mio & Fino yang dari sejak jaman Empu Gandring gitu-gitu aja model velgnya.

Ditambah lagi finishingnya yang makin banyak plastik ABS dan makin terlihat pengurangan bagian plastik kulit jeruknya. Plus ada tambahan layar speedometer digital mini yang isinya ada data konsumsi bahan bakar, dan cetakannya beda dari motor manapun.

Yang saya sebutkan tadi memang kelihatannya simpel kalau dilihat dari mata konsumen. Tapi buat yang ngerti gimana susahnya bikin cetakan (casting) apalagi soal machining segala rupa – ditambah kesan serius Honda menggarap finishing di Scoopy terbaru – ini layak buat mendapat apresiasi.

Harganya juga cuma naik sekitar 800 ribuan untuk yang versi Smart Key (Stylish & Prestige)… Sementara yang masih pakai alarm standar (Sporty & Fashion), harganya cuma ada kenaikan 200 ribuan dari versi lawas. Which is kabar yang benar-benar positif, khususnya buat yang versi Smart Key! Berikut perbandingan harganya untuk bahan komparasi.

Yang varian Fashion warna biru pasti indennya super-duper lama deh…

Yang jadi masalah pertama mungkin soal harga ini ya… Soalnya sekarang bedanya cuma 800 ribuan sama Vario 125 CBS-ISS tipe tertinggi. Vario menang dikapasitas mesin, speedometer full digital, dan sensasi riding yang lebih baik. Sementara Scoopy unggul segala-galanya di aspek selain yang disebutkan tadi, kayak fitur, finishing touch, kaki-kaki, anti gredek, dan lain-lainnya. Soal ini terserah sih, mau pilih Poor Man’s Vario atau Matic Spesial bermesin Sejuta Umat.

Next catatan yang patut kalian perhatikan sebelum beli Scoopy terbaru ini adalah performa mesinnya. Soalnya di Scoopy versi lawas itu akselerasinya beda dari BeAT yang terkenal enteng… Scoopy ini lebih lemot karena faktor kaki-kaki yang lebih lebar dan lebih berat. Soal aspek ini, kalian bisa cek review di YouTube ya, saya belum dikasih kesempatan test.

Soalnya kalau buat dipakai di jalan nanjak dikit aja, Scoopy versi sebelumnya itu dijamin bakal bikin kalian kerepotan. Kecuali kalau memang beliin buat dipakai pacar, anak, istri, atau simpenan… Nah, kalau demikian malah bagus, biar nggak ada yang ngalay lagi sambil bonceng tiga kayak cabe-cabean!

Yang Stylish warna merah tetap favorit saya…. 🙂

Jadi ya, kalau problem tadi sudah di minimalisir, Scoopy ini jadi salah satu motor paling fantastis dikelas mid-end. Soalnya selain faktor Vario 125 tadi, kayaknya nggak ada alasan lain buat skip Scoopy terbaru ini… Kecuali kalau kalian Honda-haters, atau komunitas anti jok keras – nah kalau sudah demikian saya nggak bisa bilang apa-apa udah.

Mau ada yang nyaranin Fino Grande? Balik ke gua lagi gih bareng velg dinosaurus palang 5 kalian!

11 comments

  1. yang prestige dikasih velg warna emas gitu kok kurang pas ya rasanya? jadi kurang prestige.
    simkuring vote yang stylish brown Kang, cakep bener..

  2. Bisa mereun hando nyieun mesin anyar minimal 125cc air cooled weh, kanggo matic entry level na, soal na mesin nu ayna teu enak pisan dibawa nanjak

  3. Banyak yang ngeluh Scoopy itu lemot nanjak gara2 pakai ring 12.jadi kesimpulannya lemot nanjak gara2 pakai ring 12 apa karena velk dan ban gede nih

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s