WTH : Sebutan Unik Antara Hewan & Sepeda Motor !

 

Antara Hewan & Sepeda Motor

 

Kalau mau ditelusuri lebih mendetail, Dunia Otomotif Roda 2 Indonesia sebenarnya sangat menarik… Tingkah laku para pengendara sepeda motor yang bermacam-macam, Style modifikasi yang beraneka ragam, Hingga Penyebutan terhadap bagian sepeda motor yang terdengar unik. . . Nah, Ngomong-ngomong soal sebutan di sepeda motor… Ternyata banyak motor hingga bagian-bagiannya yang diidentikkan dengan hewan tertentu loh Brosist !! Ahh, Yang bener nih Kang Eno ? Binatang Apaan sih ?? Yuk, Langsung kita bahas aja… Cekdisot !

 

 

Kepala Babi

 

 

Kepala Babi

 

Sebelumnya mohon maaf, Bukan bermaksud berkata kotor atau semacamnya… Tapi inilah yang lazim terdengar untuk penyebutan Part sepeda motor yang berupa Kaliper Cakram. . . Usut punya usut, Penyebutan ini dikaitkan dengan model kaliper cakram Twin Pots / Kaliper 2 Piston (Dulu rem cakram masih pakai Twin Pots) yang memang modelnya mirip seperti hidung/kepala babi. . .

 

 

Capit Udang

 

 

Capit Udang

 

Ini yang menurut EA’s Blog terdengar paling gokil… Coba tebak, Part apa yang sering disebut Capit Udang ?? Nah, Jawabannya ternyata Swingarm tuh Brosist ! Sebutan ini terkenal lantaran model swingarm memang menyerupai huruf U, yang identik dengan Capit Udang. . . Dan lucunya lagi, Di beberapa tempat ternyata Capit Udang tak hanya berarti Swingarm loh Brosist… Bahkan holder spakbor depan motor klasik pun juga sering disebut dengan sebutan Capit Udang. . . Ada-ada saja…

 

 

Shogun Kebo

 

 

Shogun Kebo

 

Sebutan ini terkenal di awal era 2000-an silam – Momen dimana motor ini sedang beken-bekennya. . . Julukan “Shogun Kebo“, Diidentikkan kepada Suzuki Shogun 110 Generasi awal tuh Brosist ! Secara umum sih, Tak ada yang mengidentikan sebutan kebo di Shogun legend ini (Bahkan nggak ada tanduknya juga, wkwkwk 😀 ). . . Namun usut punya usut, Shogun 110 dipanggil dengan sebutan kebo, Lantaran bentuknya yang memang gede-melebar-semok, layaknya seekor kerbau (baca : kebo). . .

 

 

Ban Cacing

 

 

Ban Cacing

 

Ini nih yang lagi ngetrend akhir-akhir ini… Apalagi kalau berbicara tentang modifikasi ala Negeri Gajah Putih, Thailook. . . Yup, Ban Cacing adalah sebutan untuk Karet bundar dengan ukuran metrik yang sangat kecil ! Biasanya berukuran antara 50/80 – 60/80 – 60/90. . . Tak jelas awal mulanya bagaimana, Tapi mungkin disebut ban cacing lantaran ukurannya yang sangat kecil, bagaikan hewan tak bertulang belakang tersebut. . .

 

 

Jupiter Burhan (Burung Hantu)

 

 

Jupiter Burhan

 

Bukannya soal mistis loh ya… Tapi sebutan ini memang sudah “mendarah daging” untuk penyebutan Yamaha Jupiter Z generasi ketiga, Lansiran tahun 2008-2011 silam. . . Disebut “Burhan” alias Burung Hantu, Lantaran mengusung model Headlamp yang sekilas memang mirip mata & paruh burung hantu yang tajam dan agresif. . . Any Question ??

 

 

Leher Angsa

 

 

Leher Angsa

 

“Kalau mau ganti Karbu, Leher Angsa nya juga harus ganti No !”, Itulah kata leher angsa yang pertama kali EA’s Blog dengar sejak tahun 2007 silam. . . Awalnya sih nggak ngerti, nggak nyambung banget sumpah deh – Karena yang ada di pikiran EA’s Blog saat itu adalah… Apaan sih hubungan angsa sama Karburator ?? wkwkwk 😀 . . . Eh, tau-taunya leher angsa adalah sebutan untuk Part sepeda motor yang berupa Intake Manifold… Disebut leher angsa, Lantaran memang di motor bebek & skutik, Bentuknya panjang- melengkung layaknya bentuk leher angsa. . .

 

 

Mata Kucing

 

 

Mata Kucing

 

Part ini sering kita jumpai di beberapa motor lansiran lawas, serta produk roda 2 yang berbasis eropa… Yup, Mata kucing adalah yang EA’s Blog maksud. . . Disebut mata kucing, Lantaran benda yang biasanya berwarna kuning atau merah ini mampu memantulkan cahaya saat terkena sinar di kegelapan… Persis seperti mata kucing yang secara alami mampu melakukannya. . .

 

Motor Bebek

 

 

Motor Bebek

 

Nah, Kalau ini sih sudah sangat mendarah daging banget deh Brosist… Bahkan, paling populer diantara semua sebutan yang sudah kita bahas diatas. . . Yup, Motor bebek adalah sebutan untuk motor berjenis Mopeds / Underbone, dengan ciri khas rangka step through, atau mampu dilangkahi oleh usernya. . . Seperti beberapa sebutan lainnya, Tak jelas bagaimana awal mula penyebutan untuk Motor Bebek yang satu ini… Namun, bentuk motor bebek yang memang secara sekilas menyeupai unggas, Adalah penguat dimulainya penyebutan tersebut. . .

 

 

 

Well. . . Ternyata tanpa disadari, Banyak juga ya sebutan untuk sepeda motor yang diidentikkan dengan jenis hewan… Beberapa diantaranya memang secara bentuk serta fungsi identik alias mirip, Namun tak sedikit juga yang penyebutannya justru tak masuk akal. . . Nah, Bagaimana Brosist… Punya sebutan lain yang berhubungan antara Sepeda Motor – Hewan ?? Yuk, Sebutkan di Kolom Komentar di bawah !!

 

Cebong Streetfire-  R15 Lele

Kedua ini Jangan dibahas ya…. Nanti bisa perang dunia euy, wkwkwkwk 😀

 

 

Baca Juga Artikel Gokil yang Lainnya yaa Brosist. . .

 

 

Mike Hailwood Pudding Basin Helmet

Pebalap MotoGP Jadul Ini Cuma Pakai Helm Catok !!

 

Yamaha FZ400R Rongsokan 8

Disini Disayang Disana Dibuang, Yamaha FZ400R Inline-Four !!

 

RC116 Test

Motor MotoGP Jadul Ini Ternyata Cuma Pakai Rem Sepeda !!

 

Anak Sekolah Pakai Moge 2

Anak Sekolah Bawa Moge ? Gokil Bro !!

 

Rongsokan 2-Tak

 Ini Dia Surganya Para 2-Tak Speed Lovers !!!

 

Standar Samping Ceker Ayam 4

 Standar Samping Model Ceker Ayam, Ada yang Mau Coba ?

 

Cewek Gagal Naik 2-Tak 2

Jangan Biarkan Ladybikers Pemula Geber Motor 2-Tak Sendirian !

 

Piringan Cakram Gear 5

Gear Belakang Dipakai Jadi Piringan Disc Cakram ! Edaaann !!

 

wpid-honda-beat-fc50-cute.jpg

Loh, Kenapa Honda Beat jadi Buruk Rupa begini yaa …?

 

wpid-1459054_435630326584937_674778491380322399_n.jpg

Ini Honda Supra… Loh, Koq Mesinnya 2-Tak Radiator !!??

 

Ngebut 250 Kmh Tanpa Helm Main

Ngebut Tanpa Helm ?? Ini Dia Hasilnya… Monyong Deh Ente !!

 

Stunt di Jalanan Umum 4

Ini Dia Alasan Untuk Tidak Stoppie Dijalan Umum !!

54 comments

  1. Yg paling aneh ya capit udang sama kepala babi….bingung dulu waktu pertama denger….Itu montir lagi bahas motor apa makanan 😀

  2. Kang eno masih ada nih bgian motor yg pake istilah hewan motor honda grand keluaran pertama(lampu belakang belum bertingkat) disebut grand pantat monyet ama kaze generasi pertama disebut kaze pantat monyet,honda cb gelatik(mungki karna tangki bbmnya bentuknya mirip corak di pipi burung gelatik)itu istilah didaerah ane

  3. rumah keong klo g salah juga ada kang. Istilah part utk rumah kabel spedometer yg di ban depan.

    Yg ketinggalan si domba garut kang.

  4. Inget dulu pas denger orx2 bahas soal kenalpot telo(singkong), tk kira knalpot dr bahan telo(batang singkong)
    ternyata …. Wkkkkkk

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s