WTH : Motor MotoGP Jadul Ini Ternyata Cuma Pakai Rem Sepeda !!

 

RC166 Rem Sepeda Main

 

Kejuaran WorldGP (WGP) atau yang saat ini dikenal dengan nama MotoGP, Ternyata menyimpan berbagai kisah unik loh Brosist ! Dahulu kala, Kelas di GP terbagi dari yang paling besar (500cc), hingga ke yang paling kecil (50cc), bahkan sampai ada kelas yang paling nyentrik (Sidecar). . . Oke… Sebelum kita bahas lebih lanjut, EA’s Blog ingin klarifikasi terlebih dahulu, kalau judul artikel Balap MotoGP Jaman Dulu, Ternyata Cuma Pakai Rem Sepeda diatas, relevan dengan isinya. . . So, ini bukan hanya artikel yang sekedar panas di bibir *eh judul saja yaa Brosist. . .

Nah, Brosist pada penasaran banget kan, bagaimana sistem pengereman (Rem Sepeda) di Ajang Balap Motor tertinggi Dunia tersebut ? Yuk kita intip bareng-bareng ya Brosist. . . Cekidots !

 

Berbicara soal kelas GP jadul yang paling mungil alias 50cc… Ternyata ada fakta mengejutkan loh seputar balapan yang diisi motor-motor “mungil” dengan spek gahar ini. . . Salah satunya adalah penggunasn rem yang pastinya bikin kita melongo, yaitu rem yang mirip sepeda !! Ah, Yang bener Kang Eno ? Becanda aja kali Nih !

 

RC116 1

 

Nah, Coba perhatikan dengan seksama gambar diatas… Motor dalam pic tersebut adalah Honda RC116, Jagoan pabrikan sayap mengepak di ajang WorldGP kelas 50cc tahun 1966 silam. . . Sekarang, Coba Brosist lihat lebih detail ke Area Ban Depannya… Adakah Rem yang dipasang di dekat As Roda depannya ? Jawabannya, Tidak Ada !!

 

RC116 MotoGP Rem Sepeda

 

Percaya nggak percaya, Rem depan yang digunakan persis layaknya yang kita temui di sepeda tuh Brosist… EA’s Blog paham betul lah, Karena semasa kecil dulu sudah puas bermain sepeda 😀 . . . Kampas remnya langsung menekan tepian velg jari-jarinya untuk memperlambat laju motor “gila” ini… Via website resminya, Honda menyebut jenis rem ini dengan “Caliper-Type Front Brakes“. . . Mungkin bahasa Indonesianya, “Kaliper Tempel” kali yaa Brosist, wkwkwkwk 😀 . . .

 

 

Tahukah Brosist ?

RC166 MotoGP Rem SepedaHonda menggunakan jenis Rem Sepeda di RC166 demi memangkas bobotnya (Karena tambahan rem tromol pasti bakal menambah berat), Agar bisa bersaing lawan motor 2-Tak. . . Terdengar gila ? Ya, Itulah Honda…. Di Masa Silam. . .

 

 

 

 

 

 

RC116 Test

RC116 Engine RC116 2 RC116 4 RC116 3

 

Yang membuatnya lebih gokil bukan hanya penggunaan rem yang tak lazim ini loh Brosist… Tapi bila kita lihat Spek RC116 seperti yang sudah EA’s Blog bahas di Artikel Historical Bike silam, Pasti Brosist bakal “ndlongop” deh !! Yup, Motor ini bukan sembarang kuda besi 50cc seperti umumnya loh. . .

Honda RC116 adalah Motor balap GP 50cc jadul yang memakai mesin Inline-Twin, DOHC 8-Valve, Gear-Driven Camshaft, Dengan Power maksimum mencapai 16 HP @ 21.500 RPM (Setara Motor 150cc Modern) !! Tak hanya spek, power & lengkingan suara nya yang dahsyat… Tapi juga top speednya tercatat mampu tembus 100 Mph atau sekitar 160 Km/h loh Brosist… Dan kecepatan tinggi tersebut hanya mengandalkan Rem Sepeda ? Damn, Soichiro-San Kidding Me ! 😀

 

Nah, Ini dia sedikit Video “kegilaan” bersama Honda RC116… Cekidots !

 

 

 

 

Well. . . Ini tentu bukan hanya bukti betapa “gokil” nya tunggangan GP di masa lampau… tapi juga sekaligus membuktikan betapa kenekatan, keberanian & skill sangat mumpuni para rider / pembalap di masa silam. . . Lucunya, Bahkan dengan rem sepeda ini pun Luigi Taveri masih mampu menjuarai IOM TT (Saat itu masih jadi bagian WGP) bersama Honda RC116 di tahun 1966. . . Sementara para pebalap di era Modern ini ? Jangankan diminta main di IOM TT… Cuma salah pilih ban pun sudah pada rewel tuh ! Iya nggak Brosist ?

 

So, Rem Sepeda di Motor GrandPrix ? Ada Koq, Honda RC116 Jawabannya !!

 

RC166 MotoGP Rem Sepeda 2

 

Baca Juga Artikel Gokil Favorit Pembaca lainnya yaa Brosist. . .

 

 

Anak Sekolah Pakai Moge 2

Anak Sekolah Bawa Moge ? Gokil Bro !!

 

Rongsokan 2-Tak

 Ini Dia Surganya Para 2-Tak Speed Lovers !!!

 

Standar Samping Ceker Ayam 4

 Standar Samping Model Ceker Ayam, Ada yang Mau Coba ?

 

Cewek Gagal Naik 2-Tak 2

Jangan Biarkan Ladybikers Pemula Geber Motor 2-Tak Sendirian !

 

Piringan Cakram Gear 5

Gear Belakang Dipakai Jadi Piringan Disc Cakram ! Edaaann !!

 

wpid-honda-beat-fc50-cute.jpg

Loh, Kenapa Honda Beat jadi Buruk Rupa begini yaa …?

 

wpid-1459054_435630326584937_674778491380322399_n.jpg

Ini Honda Supra… Loh, Koq Mesinnya 2-Tak Radiator !!??

 

Ngebut 250 Kmh Tanpa Helm Main

Ngebut Tanpa Helm ?? Ini Dia Hasilnya… Monyong Deh Ente !!

 

Stunt di Jalanan Umum 4

Ini Dia Alasan Untuk Tidak Stoppie Dijalan Umum !!

 

Motor Meleduk

Geber Terus…. Sampai Meledak !

 

Jupiter MX 150cc DOHC

Yamaha Kolaborasi Dengan Suzuki ? Ini Dia Hasilnya, Jupiter MX FU DOHC !!

38 comments

  1. Akhirnya terjawab penasaran gue. Ente pernah pasang artikel ini Kang, dan Ane penasaran ama rem depannya.

  2. Lha wong sepeda pancal saya udah pake rem cakram mang 😀
    Padahal saya bawa sampe 45 km-an aja udah syukur ahahaha

  3. Pantesan motogp jadi ajang balap motor paling bergengsi, jaman jadul aja udah pake motor yg gila gilaan.

  4. klo menurut perhitungan teori panjang stroke-nya, rem sepeda a.k.a nempel di velg akan lebih pakem, karena seperti modif gedein cakram, semakin besar cakram yg notabene masih dibawah besar velg semakin pakem, apalagi dipasang di velg jelas makin pakem…cmiuw… 😀

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s