WTH : Pebalap MotoGP Jadul Ini Cuma Pakai Helm Catok !!

 

Mike Hailwood Pudding Basin Helmet

 

Oke, Seperti yang sudah dijelaskan di edisi What The Hell ! sebelumnya… Artikel ini sangat relevan dengan judulnya, dan bukan Zonk ! Di era motogp silam faktor safety sepertinya memang sudah diberlakukan. . . Namun, Lantaran unsur teknologi & inovasi yang masih terbatas, Akhirnya sesuatu yang kita anggap konyol pun kita lihat di Gelaran MotoGP (WGP) jadul tersebut… Meskipun mungkin di era 40-60’an silam, tentu tidak demikian. . . Nah, salah satunya ini nih, Yaitu tentang pebalap Jadul yang menggunakan Helm Catok, alias Half Helmet, alias Helm ala Insinyur !! Ah, yang bener Kang Eno ?? Yuk, Langsung kita simak….

 

 

 

AJS Leslie Graham

Leslie Graham, Juara Pertama Kali MotoGP 500cc !

 

 

Penggunaan Helm Catok atau yang dikenal di Dunia Internasional sebagai (Half/Shorty/Pudding-Basin Helmet) ini, adalah bukti salah satu ke “gokilan” para pebalap jadul… Persis seperti kasus Rem Sepeda di Motor MotoGP yang kita bahas silam. . . Pebalap legendaris era awal WGP sampai akhir 60-an pun tentunya sudah tak asing lagi dengan Helm ini… Beberapa diantaranya adalah Juara Pertama MotoGP – Leslie Graham, John Surtees, Mike “The Bike” Hailwood, hingga yang sekelas Giacomo Agostini – 15 kali Juara Dunia MotoGP. . .

 

 

John Surtess

John Surtees, Pebalap “Pengawin” Juara MotoGP & Formula 1 !!

 

 

Terdengar gokil ? Eits, Tunggu dulu !! Penggunaan Helm Catok tersebut biasanya dibarengi dengan Google (Bukan Search Engine itu loh yaa), yang berfungsi sebagai penutup mata dari hantaman debu, kerikil, dan part sepeda motor yang beterbangan. . . Kenapa bisa ada kerikil & part beterbangan Kang Eno ? Yup, Karena dulu teknologi jelas belum seperti sekarang, Dan hampir semua race MotoGP digelar di jalanan umum yang disulap menjadi sirkuit… Otomatis, Kondisi jalanannya pun beragam, ada aspal, ada juga yang masih bebatuan. . .

Dan you know what ? Beberapa Motor MotoGP Jadul layaknya MotoGuzzi V8, MV Agusta Bialbero V6, Honda RC174, RC166, dan beberapa lainnya, Mampu digeber hingga lebih dari 200 Km/h !! Edyaaaan, 200 Km/h pake Helm Catok ?? Speechless….

 

 

Helm Giacomo Agostini Pudding Basin

Giacomo Agostini – Juara 15 Kali MotoGP Jadul !!

 

 

Akibatnya pun bisa ditebak… Kecelakaan yang berakibat cedera fatal pun sering terjadi di Balapan MotoGP Jadul silam… Bahkan banyak diantaranya yang berujung dengan berpulang nya Sang Rider ke Penciptanya. . . Menurut data yang tercatat di Situs Resmi MotoGP, Ada 59 Insiden di era GP tahun 1949 hingga akhir 1960-an yang berujung maut. . . Bahkan beberapa diantaranya adalah nama-nama pebalap tersohor layaknya Leslie Graham (Juara Dunia Pertama GP 500cc), Tom Phillis (Juara Dunia Pertama Honda), Bill Ivy (Juara Dunia Pertama Yamaha), dan beberapa nama tenar lainnya. . .

 

 

 

Well. . . Sejak diperkenalkannya Helm Full-Face (Full Face Helmet) di awal 1970-an… Otomatis peredaran helm nyentrik ini pun seketika ditinggalkan. . . Rider yang pertama kali “menduniakan” Helm yang menutup seluruh bagian kepala, adalah Giacomo Agostini bersama MV Agusta & Yamaha tahun 1972 silam… Dan saat itu model serta teknologi Helm nya mencomot dari Para Astronot NASA, yang juga menggunakan helm jenis ini untuk ekspedisi Luar Angkasa. . . Akhirnya, Era Helm Catok di MotoGP pun berakhir, Bersama kisah “Gokil” para Rider yang pernah menggunakannya. . .

 

So, Helm Catok di MotoGP ? Pernah Ada Koq !!

 

 

Helm Giacomo Agostini 1972 2 Helm Giacomo Agostini 1972

Helm Giacomo Agostini 1972…

 

 

Baca Juga yang Unik lainnya yaa Brosist. . .

 

 

Yamaha FZ400R Rongsokan 8

Disini Disayang Disana Dibuang, Yamaha FZ400R Inline-Four !!

 

RC116 Test

Motor MotoGP Jadul Ini Ternyata Cuma Pakai Rem Sepeda !!

 

Anak Sekolah Pakai Moge 2

Anak Sekolah Bawa Moge ? Gokil Bro !!

 

Rongsokan 2-Tak

 Ini Dia Surganya Para 2-Tak Speed Lovers !!!

 

Standar Samping Ceker Ayam 4

 Standar Samping Model Ceker Ayam, Ada yang Mau Coba ?

 

Cewek Gagal Naik 2-Tak 2

Jangan Biarkan Ladybikers Pemula Geber Motor 2-Tak Sendirian !

 

Piringan Cakram Gear 5

Gear Belakang Dipakai Jadi Piringan Disc Cakram ! Edaaann !!

 

wpid-honda-beat-fc50-cute.jpg

Loh, Kenapa Honda Beat jadi Buruk Rupa begini yaa …?

 

wpid-1459054_435630326584937_674778491380322399_n.jpg

Ini Honda Supra… Loh, Koq Mesinnya 2-Tak Radiator !!??

 

Ngebut 250 Kmh Tanpa Helm Main

Ngebut Tanpa Helm ?? Ini Dia Hasilnya… Monyong Deh Ente !!

 

Stunt di Jalanan Umum 4

Ini Dia Alasan Untuk Tidak Stoppie Dijalan Umum !!

29 comments

  1. wooooh.. sekarang ane sadar. TRX Pilus Astronot made in Honda Indonesia itu terinspirasi dr motoGP jadul. tapi yg Honda bikin di upgrade dgn fitur andalan Auto Rotation, jd kalo rider melayang terlempar dr motor, helm itu bakal muter” membuat bantal udara. Jadi pas rider jatuh ke tanah, kepala + helmnya udh terlindungi sama bantal udara tsb. All Hail Helm TRX Cakil. wkwkwk.

  2. top speed jaman dulu berapa yak 😀 . yang keren itu pas jaman balap 125 cc . modifikasi engine sering banget … dari 4 silin pindah 5 pindah 6 dll .

  3. Disinyalir pas lagi jalan lurus kalo mangap bisa “aplek aplrkan” tuh bibir,, aplek aplekan apa si? :v

  4. geleng geleng kepala deh mang, sekarang helm udah bagus” eh malah pada ogah”an makenya. jaman kebolak balik kaya goreng tela

  5. balap moto jipi sekarang suruh pake helem batok..??..,dijamin motojipi bakal bubar gara2 para pebalapnya lebih milih mancing daripada matikonyol di sirkuwit..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s