Testride New Honda Vario 150, Skutik Tetaplah Skutik !

 

Test Ride Vario 150 Main

 

Alhamdulillah… EA’s Blog Masih diberi kesempatan mengetes skutik terbaru dari Pabrikan sayap mengepak, Honda Vario 150. . . Bertempat di area lingkungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII)… EA’s Blog berkesempatan untuk mengetes ability handling, pengereman & performanya. . .

Penasaran seperti apa Review yang diberikan EA’s Blog untuk Sosok New Honda Vario 150 ini ? Yuk kita simak bareng-bareng Brosist ! Cekidots !!

 

Awal menaiki Vario 150 terbaru ini, EA’s Blog masih merasa lumayan bersahabat lah… Kenapa ? Karena model jok serta body-nya sama-sama “meleber“, Persis punya Spacy Bob. . . Bedanya, Busa Jok Vario terbaru ini jauh lebih empuk & bersahabat untuk (maaf) bokong. . .

 

Bagaimana Aspek Ergonomi Vario 150 Kang Eno ?

 

 

Ergonomi

 

Ergonomi New Vario 150 Masih khas ala Honda banget nih Brosist ! Nyaman tingkat maksimal !! Hanya saja, Berkat model joknya yang melebar seperti yang dibahas diatas… EA’s Blog yang tingginya 175cm, terasa napak sempurna, tapi pas-pasan banget tuh Brosist. . .

Putar kunci Honda Vario 150 ke posisi on, Sambutan speedometer sampai ke 160 Km/h pun menyapa. . . Pencet starter nya, ACG Starter memberikan sensasi yang halus, lembut, dan tanpa suara sedikitpun. . . Pelintir gas nya sedikit, Akselerasinya tetap smooth dan berkarakter… tak menyentak-nyentak seperti yang EA’s Blog bayangkan sebelumnya. . .

 

 

Saat menunggu antrean karcis parkir yang kadang menyebalkan… ISS di New Vario 150 bekerja secara maksimal ! Dalam 3 detik saat posisi diam, Mesin langsung mati… Dan hanya butuh sedikit bukaan gas untuk menjalankan kembali skutik ini. . . Good Job Honda, EA’s Blog Love All of This Feature !!

 

 

Bagaimana Handling & Ability Selap-selip di kemacetan Honda Vario 150 Kang Eno ?

 

 

Vario 150 Testride

 

Awal mula pengetesan, dimulai dari area Pintu Utama Taman Mini, menuju Jalan Garuda. . . Disini, EA’s Blog menjajal ability Vario 150 terbaru ini di tengah kepadatan, kemacetan dan kesemrawutan di sekitar Jalan Garuda sampai Putaran arah Pintu Tol TMII. . .

 

Dengan Akselerasi smooth, Getaran Minim, Power 0-60 Km/h yang bikin nggak nyadar (karena saking halusnya tuh mesin, ciyuss lho), Ban tubeless yang asik buat meliuk-liuk, plus sasis baru yang ringan & makin nurut dibanding Vario 125 Lawas… Membuat Honda Vario 150 ini cocok digunakan di Jalanan Kota Besar yang rawan kemacetan. . . Handling & Selap-selip, Mantap ! No Doubt !

 

Pengetesan selanjutnya, EA’s Blog masuk ke Area Taman Mini Indonesia Indah (TMII)… Disini EA’s Blog coba seluruh aspek, Mulai dari Akselerasi Maksimum, Top Speed, Cornering, Pengereman, Late Braking, sampai puas deh pokoknya. . .

Diajak meliuk-liuk di beberapa spot Tikungan TMII, Honda Vario 150 ini sangat ajib dan mantap Brosist ! Dengan dukungan suspensi belakang yang lebih stiff (kaku), Cornering terasa makin nyaman & ringan !

Sayang, suspensi belakang yang stiff ini malah jadi bumerang saat EA’s Blog tak sadar melewati rel yang banyak melintang di jalanan TMII… “Dentuman” di area belakang sangat berasa. . . Beruntung, Jok Vario 150 yang empuk banget, sedikit menolong kekurangan tersebut. . .

Dijajal Late Braking, Loh… Koq Vario 150 ini manut banget ya ?? Nggak ada gejala buritan ngebuang seperti yang sering EA’s Blog rasakan di Spacy BOB tuh Brosist ! Setelah beberapa kali percobaan Pengereman Ekstrim, EA’s Blog menganalisa inilah keunggulan Rem CBS (Combi Brake System)… Yang menghubungkan Rem Depan & Rem Belakang di Tuas Kiri Rem nya. . .

 

Nah, Terus Bagaimana dengan Akselerasi Maksimal & Top Speed New Vario 150 Kang Eno ??

 

Test SpeedVario 150

 

Nah, Pada nggak sabar yahh nunggu Testimoni EA’s Blog soal performanya ?? hehehee ๐Ÿ˜€ . . . Satu hal yang bisa EA’s Blog sampaikan ke Brosist sekalian soal Tes Performa Vario 150 ini. . . Powernya Memang mantap untuk digeber hingga 80 Km/h tuh Brosist. . . Bahkan, Speedometer Analog nya cepet banget tuh naik dari 40-80 km/h !!

 

Akan tetapi, Saat menjajal Performa Vario 150 ini lebih dari 80 Km/h, Performanya justru diluar ekspektasi EA’s Blog. . . Performa di putaran atasnya terasa berat untuk naik hingga ke 100 Km/h tuh Brosist….!

Memang masih memungkinkan sih, Secara EA’s Blog juga berhasil gaspoll Top Speed New Vario 150 menyentuh 100 Km/h (lebih dikit di speedometer) di spot area sepi TMII. . . Tapi, Itu butuh effort yang lebih… Seperti trek yang lebih jauh / panjang dari ekspektasi EA’s Blog sebelumnya. . . Jadi, peningkatan tenaga dari Vario 125 sebelumnya (Vario 125 WTF), lebih terasa di Low-to-Mid power saja tuh Brosist. . .

 

 

 

Well. . . Kesimpulan yang bisa diambil EA’s Blog setelah mencoba dan menganalisanya… New Honda Vario 150 adalah Skutik Fungsional yang mengunggulkan Akselerasi Smooth tapi Menggigit, Serta Fitur yang melimpah, dan gampang membuat Brosist menyukainya. . .

Akan tetapi Skutik adalah Skutik ! Dan ekspektasi EA’s Blog yang mengira bahwa Vario 150 akan mampu menyaingi kedigdayaan Power Naked-Bike Entry Level 150cc ataupun Bebek Super dibawah 150cc… Ternyata belum tercapai tuh Brosist ! New Vario 150 tetaplah Skutik ! Tapi memiliki akselerasi dan performa Low-To-Mid power yang terdepan di kancah skutik High-End Indonesia. . .

 

 

So, Bagaimana Brosist ?? Ada yang kurang dan Ingin Diketahui seputar Test Ride Honda Vario 150 ini ?

 

Test Vario 150 2

Daniel Mananta ?? Be Carefull Bro !! wkwkwkwk :v

 

 

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

 

Vario 150 1

Apa Aja Sih Kelebihan & Kekurangan Fisik New Honda Vario 150ย ?

 

Vario 150 Sonic White Blue

New Honda Vario 150 Resmi Dirilisโ€ฆ Mesin Baru, Detail Mantapย !!

 

Vario 150 Main

New Honda Vario 150, Power Tembus 12,46 HP & PTWR Diatas PCX 150ย !

 

Vario 125 eSP 2015

Ini Dia New Honda Vario 125 eSP, Facelift Tampilan plus Peningkatan Performaย !

 

Dazz 8

Testride TVS Dazz, Skutik Mungil dengan Ability Mumpuniย !!

 

MSX125 20

Testride Honda MSX 125 (Grom), Sport Mungil Dengan Seabrek Kejutanย !

 

TVS Max with EA's Blog

Test Ride TVS Max 125, Sport Murah Tapi Tak Murahanย !

 

CBR Test by Eno

Testride All New Honda CBR150R vs CBR150R CBU, Ability Performa & Handlingย !

Iklan

74 comments

  1. Akselerasi kurang maknyus ??? :/
    mengail top speed terasa berat ?
    Lebih wahh BEAT dong ?

    Gak jadi akh belii ginian :p

    *lagi pengen/butuh-NSR250-80jt

  2. Itu apa memang faktor suspensi atau karena ban tubelessnya ya bro?yang jadi buat keras?

    Apa BBMnya ada di cek, Pertamax 95 92 or Premium 88 ya bro, mengingat ini kompresinya lumayan tinggi.

    Atau sengaja di set gak tuh ya sama AHM sesuai ma brosur :D.

    Karena kalo dilihat di brosur itu 102km/jam “menggunakan alat ukur performa”, dynotest atau apa itu ya?, kalo betul dynotest seharusnya on odometer more than 102km/jam biasanya sih.

    Lagian kalo cuma 102km/jam kayanya gak beda jauh dengan Beat or Spacy 110cc, kebetulan pake Spacy Karbu 110CC Pernah coba tembus 90-km/jam on odometer, dan di review2 blogger juga ada yang ampe 95-100km/jam agaknya on odo.

    Apa ada sengaja diset akselarasi nampol aja ya ma AHM, top speed dicekek.

    Masih penasaran, kalo 150CC on odo cuma segitu, kuciwa euy ๐Ÿ˜ฆ

    • Tapi anehnya, Vario 125 yang saya test boncengan punya shock belakang yang terasa lebih mantul bro… padahal ban nya sama2 tubeless loh…

      yang perlu dicatat, ini buat jarak pendek ya bro… Trek di TMII paling banter cuma 200-300 meter aja soalnya, sisanya kudu ngerem soalnya rame… Sebenernya nggak kecekik sih, cuma habis lewatin 80-85 km/h… lama aja naiknya di speedometer…

      Kalo sama Beat or Spacy ?? Jauh lah bro… Akselerasi 0-80 km/h nya si Vario, Gokil euy ! Smooth tapi ngacir, jauh lah sama Spacy bahkan Vario 125 WTF sekalipun. . .:D

      • Yoi bro, ane lebih concern ke top speed wae, utk akselarasi pastilah, apalg dah engine new… ๐Ÿ˜€

        Nah ini, panjang trek, so kira, on odo berapa itu ya kalo treknya memungkinkan, apa sampai 120km/jam atau lebih maxnya, dengan catatan tid 102km/jam โ€œmenggunakan alat ukur performaโ€ ada differensiasikan, ah sok tahu :P.

        ane suka ma all new vario ini, cuma karena bawa 150cc tadi, expektasi all pasti menuju ke top speed, walopun accela juga sangat penting.

        iya pula ya yang 125 km/jam, nah ini dia yang buat tambah curiga, karena 150cc mungkin, mungkin nih top speed on odo lebih dari yang sudah di test, jadi dibuat stiff biar gak limbung pas peak speednya.

        bro, OOT, untuk spacy kalo pake ban kombinasi dpn 90/80-14, blkg 100/80-14, kira-kira tambah berat nggak ya? ini udah 3 tahun, ban bawaan terasa agak mulai benjol and slippery.
        mohon saranya bro ๐Ÿ™‚

      • wkwkwkwk…. saya juga baru nyadar pas selesai testride waktu pulang ngacir naik bis… baru deh saya inget, kalo motor ini “Trah” nya emang skutik… dan performanya yaa kudu dibandingin sama skutik ๐Ÿ˜€

        Saya juga pakai 90/80 & 100/80-14 Michelin Pilot Street Tubeless Bro… Enteng koq masbroo… IMHO Gak kerasa bedanya…. ๐Ÿ™‚

      • ralat “iya pula ya yang 125, nah ini dia yang buat tambah curiga, karena 150cc mungkin, mungkin nih top speed on odo lebih dari yang sudah di test, jadi dibuat stiff biar gak limbung pas peak speednya.”

      • Okeh, sambil menunggu testimoni dan perkembangan Vario 150 and 125 new, ganti ban dulu dah si Chubby Spacy nih…ahai.

        Hadeh Michelin, duitnya :D, ada saran yang budget agak oke bro?

        Thanx bro.

    • Benar judul diatas,skutik tetaplah skutik. karena otomatis mulai dari kopling otomatis juga dengan pergantian gigi juga otomatis. skutik mungkin dipakai hanya untuk wilayah perkotaan,bukan untuk balapan. beda halnya dengan motor sport dengan kopling manual atau motor bebek yg semi otomatis. kayak kemarin saya pakai motor bebek 115cc, jumpa vario 125 di track lurus, vario 125 ngajak balapan tapi di kecepatan 100km/jam vario sudah mundur teratur,sedangkan motor bebek 115cc masih naik ke 120km/jam kebetulan saya pakai pertamax & oli BM1. jumpa disimpang vario 125cc malah marah-marah ngajak balapan lagi. mungkin dia merasa motor cc kecil bisanya apa sih. sama ketika pengalaman berjumpa ninja RR, tidak terima juga dilewati motor bebek 115cc,sampai ninja RR itu polisi tidur pun dihajarnya kasihan penumpangnya dibelakang jadi serasa naik kuda. kasusnya sama ketika saya lewati tidak memberikan jalan malah ngajak balapan,karena spesialis motor akselerasi bawah kencang,ninja RR kalah,jumpa polisi tidur dihajar saja,mungkin tidak terima kali ninja RR kalah sprint dengan motor bebek. inilah yg saya bilang,terlalu banyak orang sok dengan cc besar,jadi begitu jumpa motor kecil,merasa paling hebat.

  3. Wajar lah kang buat komuter, jagoan stop and go

    Kalo biar ngebut ganti ban cacing *eh ๐Ÿ˜†

    Btw,mang eno gemukan ya :mrgreen:
    Mang kobay aja kalah ๐Ÿ˜†

  4. Rollernya yg 15,5 gram… Lebih kejar torsi..
    Coba tukar dngan yg 125… Masa wtf new 125 new rollernya 18gram sama dengan yg old, juga pcx….

  5. 18 kang…. Wtf ane cvt part-nya udah full pcx 150 kecuali rollernya dan belt-nya, karna sama2 18 gram untuk rollernya yg non led….

  6. Wah… yang punya warung dan pengunjung seakan akan sedang duduk lesehan sambil ngobrol bareng,
    seharusnya pemilik warung lainnya seperti ea ini

  7. Mohon bimbingan kang Eno..

    Vario 125 ISS ane raib digondol maling, pas pengen lagi eh keluar yang 150..

    Kalo bagasi lebih luas mana ya? Terus kan kalo di jakarta mah ga melulu nyari top speed, akselerasi enakan yang 125 apa 150 untuk jalan dalam kota yang padat?

    Jujur mah masih terlalu nyaman sama yang 125 sih..

    Dijawab ya akang Eno..

    Nuhun ๐Ÿ™‚

    • wah, sebelumnya saya turut berduka buat Vario 125 ISS nya kang… ๐Ÿ˜ฆ

      buat bagasi yang 125 WTF, saya kebetulan belum pernah buka kang, hehehehee… Tapi sebagai gambaran aja, Bagasinya si 150 cuma muat helm yang minim lekukan kang… buat yang banyak lekukan apalagi ada buntut belakang, pasti gak masuk…

      Kalau akselerasi, jelas jauh kang… Vario 150 smooth, minim getaran, plus responsif banget sampe 60-80 km/h….

      Semoga mampu sedikit membantu ya kang, heheheee ๐Ÿ˜€

  8. top speed ga penting mas bro…
    jalanan jakarta macet ga bisa ngebut juga tuhh
    diajak mudik lewat pantura, lari 100km udh lbh dari cukup donkkk?

    thanks utk report test ride nya, very useful…

  9. tpi dgn adanya vario 150.. rider yg suka oprek motor matic jdi lebih murah bayarnya krna cuma oprek cvt trus itu ditambah knalpot bobok.. gak ush dibore up lagi..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s