Ducati Elenore, Ducati Bermesin V8 yang Eksotis !

Elenore V8

 

Pernah dengar Ducati Elenore ?? Bagi para maniak motor sejati yang tahu seluk-beluk kemajuan teknologi pasti tahu lah yaaa. . . Tapi tenang, Kali ini EA’sBlog akan menjabarkan semuanya koq mulai dari detail sampai seluk-beluknya. . . Yuk kita intip bareng-bareng si Ducati bermesin unik ini. . . . Cekdisott !!

 

Elenore V8 2

 

Ducati Elenore sesungguhnya bukanlah Produk yang dijual oleh Ducati ini layaknya Panigale, Multistrada ataupun Monster. . . Namun merupakan hasil karya Dieter Hartmann-Wirthwein, Dengan Proyek “Edan” nya Ducati V8 Project. . . Seperti yang barusan disinggung, Elenore ini menggunakan Mesin Berkonfigurasi V8 dengan kubikasi 868 cc !!

Sebagai bahannya, Basic Frame dan Kruk -As nya mengambil dari Ducati 900SS dan mengalami sedikit modifikasi. . . Selanjutnya bagi yang belum begitu paham akan ada sedikit dijabarkan secara ringan sehingga mudah dimengerti. . . πŸ˜€

 

Ducati V8

 

Ehh, Tunggu dulu deh… Bukannya Ducati itu Mesinnya L-Twin ya kang Eno ?? Berarti Kruk-As & Stang pistonnya cuma 2 dong ??

Iya Koq Brosist, Ducati 900SS memang menggunakan konfigurasi L-Twin, Tapi ini beneran menggunakan Kruk As milik 900SS koq. . .

Lah, Bagaimana caranya 2 Kruk as, Yang berarti 2 stang piston, Yang berarti pasti 2 Piston doang, bisa pakai konfigurasi V8 (8 Silinder) ??

Nih dia rahasianya Brosist !!

 

V8 Patent

 

 

Bisa Brosist lihat dari gambar diatas yang juga merupakan sketsa Patent dari Ducati Elenore, Bahwa Stang piston yang digunakan di Elenore ini memiliki dua cabang yang memiliki piston di setiap cabangnya. . . Nantinya, Kedua piston di cabang tersebut masing-masing akan mempunyai satu cabang lagi sehingga nanti konfigurasi nya terlihat seperti gambar diatas. . . Cabang tersebut diatur dengan poros-poros yang telah melalui perhitungan sempurna agar tak terjadi kesalahan proses pembakaran. . . Dengan layout yang rumit seperti ini, Nantinya Ducati Elenore akan memiliki pembakaran tipe Flatplane Crankshaft dengan Tipe Offset Cylinder agar tetap aman dari gesekan berlebih. . .

 

V8 Layout

 

Dengan melihat gambar diatas, Tentunya terlihat sangat simple ya Brosist. . . Namun jangan membayangkan proses perancangan mesin seperti ini !! Dijamin hanya desainer mesin top dunia yang bisa membuatnya dan menghitungnya secara presisi sehingga tetap mampu digunakan dan bukan hanya menjadi sekedar pajangan. . . Jujur, Saat dulu EA’s Blog melihatnya tahun 2012 silam, Edyann nih Desainernya si Hartmann-Wirthwein. . . Joss bangett !!

 

Bila Brosist masih ada yang bingung mengenai cara kerja Mesin Ducati V8 yang super rumit ini. . . Silahkan lihat cara kerja mesin sang Elenore pada video di bawah ini :

 

 

So, Bagaimana Brosist ?? Keren Nggak mesin Ducati V8 yang Satu Ini ??

Ducati V8 2

 

Iklan

24 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s