“Daur Ulang” Nama Produk ala Suzuki !

 

TVS - Suzuki Shogun

 

Sejak awal tahun 2010-an hingga momen kelahiran Satria FU Injeksi, Perlu diakui Suzuki memang terasa minim produk-produk anyar… Padahal kalau mau simple, Tinggal mendaur-ulang produk-produk lawasnya (ala Kawasaki) pun bakal jadi strategi brilian ! Sayang, Pabrikan berlogo “S” ini sepertinya tak “pandai” dalam hal tersebut… Tapi meskipun demikian, Nggak untuk urusan nama produk lho ! Kenapa ?

Yup, Karena usut punya usut… Ternyata nama motor Suzuki di era modern ini, Banyak yang diambil dari produk lawas lho ! Yang bener tuh, Memangnya apa aja sih Kang Eno ? Nah biar nggak penasaran, Yuk kita cek satu-persatu… Cekidots !

 

Suzuki Let’s

 

 

Suzuki Let's

 

Ada diantara Brosist sekalian yang belum tahu kalau Suzuki Indonesia pernah punya produk bernama Suzuki Let’s ? Hmmm, Wajar koq ! Soalnya produk yang rilis tahun 2012 silam ini memang sepi banget beritanya… Malah, Saat ini sudah tak terendus lagi keberadaannya diantara line-up skutik Suzuki. . . Meskipun sebenarnya masuk di segmen yang banyak banget peminat, Yakni skutik retro-modern layaknya Honda Scoopy & Yamaha Fino. . .

 

Suzuki Lets

 

Anyway, Sekitar 2 dekade silam ternyata Suzuki juga pernah merilis produk dengan nama serupa lho Brosist ! Bahkan ada 2 produk sekaligus, Yakni Let’s (Headlamp di tebeng depan) serta Let’s II (Headlamp di setang)… Keduanya sama-sama merupakan skutik bermesin 50cc 2-Tak, dengan muntahan tenaga yang lumayan jos ! Tak hanya sampai disitu… Tahun 2014 silam, Ternyata Suzuki India juga merilis skutik entry anyar, Yang juga bernama Let’s. . . Ebusyed, Namanya laris banget ya ? wkwkwk

 

 

Suzuki Skywave – Burgman

 

 

Suzuki Skywave 125

 

Di Indonesia, Nama Suzuki Skywave dikenal sebagai skutik Mid-End 125cc yang pertama kali diperkenalkan medio 2007 silam… Kala itu, Duetnya bersama Spin 125 diplot Suzuki sebagai “penjegal“ Yamaha yang jadi market leader pasar skutik dengan market share 70% lebih (ada yang merasa aneh membaca kalimat barusan ?). . . Sayang, Selama 3 tahun masa baktinya, Skywave justru harus mengalami pil pahit, Karena terus merosot penjualannya. . .

 

Suzuki Skywave 650

 

Nama Suzuki Skywave di Luar Negeri, khususnya di Jepang & Eropa, Tentu bakal diartikan berbeda… Karena disana, Produk bernama Skywave adalah skutik gambot bermesin 250, 400 & 650cc, sejak tahun 1998 silam. . . Maxyscoot ini juga dikenal dengan nama “Burgman”, Yang juga masih ada hingga saat artikel ini ditulis lho ! Suzuki Burgman 200

 

 

Suzuki Address

 

 

Address 1

 

Ini dia skutik terbaru milik Suzuki ! Namanya Address, Asal jangan di-translate ke bahasa indonesia aja ya, wkwkwk. . . Tak cuma punya spesifikasi teknis ideal dan kualitas fisik yang lebih mentereng dari produk sekelasnya (entry-level)… Suzuki Address adalah produk global buatan Indonesia, yang diekspor ke berbagai negara termasuk Eropa & Jepang ! Bahkan, Skutik ini juga jadi primadona di beberapa negara maju tersebut, Wuih…

 

Suzuki Address 1994

 

Dan ternyata, Nama Address ini bukan kali pertama ini digunakan Suzuki lho Brosist ! Karena di medio 1990-an silam, Pabrikan berlogo S tersebut juga pernah merilis produk dengan nama yang serupa… Bahkan hingga 4 produk sekaligus : Address 50 (AD50), R50, R7, serta R100 – Yang kesemuanya bermesin 2-Tak, di segmen skuter pemula. . . Dan yang uniknya lagi, Address di jaman dulu ternyata juga merupakan skuter yang dijual secara global loh Brosist ! Nah, Ada kesamaan kan ?

 

 

Suzuki Van-Van

 

 

Suzuki Van-Van 125 3

 

Yang satu ini merupakan produk global dari Suzuki, Dengan desain retro-modern plus diameter velg mungil – Namun berkaret bundar super gambot ! Yup, Itulah sekilas penggambaran 2 sosok produk pabrikanberlogo “S“, dengan nama Suzuki Van-Van (125 & 200 cc) – atau yang di Jepang dibaca “Bambang“, wkwkwkwk. . . Di medio 2014 silam, Van-Van 125 sempat santer diisukan bakal melipir ke tanah air, dengan rumor harga jual yang WOW (PHP nya, wkwkwk)… Sayangnya hingga saat ini belum ada kabar terbaru soal hal tersebut. . .

 

 

Suzuki Van-Van 50

 

Ternyata eh ternyata, Sekitar 4 dekade silam Suzuki juga pernah membuat produk dengan nama yang sama loh Brosist ! Namanya adalah Suzuki Van-Van 50 (RV50) yang diproduksi tahun 1972 hingga discontinue tahun 1982 silam. . . Secara konsep, Van-Van versi jadul dan modernnya mirip-mirip koq ! Sama-sama “mini” roadster, dengan ukuran karet bundar gambot. . . Bedanya Van-Van 125 (dan 200) dibekali mesin 4-Tak yang lebih modern, Sementara versi 50cc nya masih dibekali mesin 2-Tak. . .

 

Baca Kelanjutannya >> Suzuki Inazuma, Smash Titan, hingga Shogun !

 

54 comments

  1. Lest 2sroke di malaysia msh banyak siliweran kank…
    Msh banyak di jempai di jalanan..

    Sekarang brand macem SYM. DEMAK lgi boming

    Klo moge di sini paling banyak brand kawasaki.. Suzuki

  2. ngakak body bergetar ala shogun&smash , temen ane pernah bilang, “cewek jangan naik motor ini, ntar getaran nya bikin cewek ho*ny” 😀

  3. Minggu kemaren sempet ketemu di jalan dewi sartika depan PGC sama titan500/GT series twin suaranya mantep bgt… Pas dilihat ternyata suzuki modelnya sama persis kaya di poto warnanya hitan strip coklat emas.

  4. mantap pengetahuannya tentang produk suzuki mas eno, jempol dah ✅
    naksir banget dengan skywave…tapi gak pernah diijinin beli..😑 curhat…
    model dibaner iklan lets yang pertama bikin pucing 😈😈😈😈😈😈😈

      • Ambil kang Address. Gk akan menyesal.
        Ambil yg Elegant Series warna Eropa. Ane pake yg silver, sering dilirikin di jalan.
        Yg putih jga cakep, warna kesukaan orang Jepang.
        Keren euyy, banyak direview bloger dan youtuber di Eropa dan Jepang.

  5. di rumah masih ada shogun125, 140rb km! tarikannya masih oke loh..
    kalo ada dana pgn direstorasi.. tapi bengkel sujuki mana yak? 😀

    • Klo saya malah lgi pengen nyari mentahan shogun 125 FD buat direstorasi ulang aja. Di kebon jeruk, sparepart suzuki melimpah. Atau ke dealer besar pasti dicariin. Gampang mah suzuki, pasti dilayanin dan dicariin sparepart motor2 lawas. Coba kalo Honda, nyari handgrip Karisma aja ogah2an ngelayaninnya.

  6. Sebenernya penyakit smash udah gak turun ke titan loh kang.. saya punya dulu motornya, minim getaran + tarikannya jempolan wkwkw sama suprax125 jauh banget kang

      • smash gen awal jelek, gw pernah pake pny temen, gw dr pancoran. gaspoll malah mika kaca depan retak, akhirnya mati dah tuh lampu krn posisi nya gak pas. gw gancel pk kayu br normal lg. wkwkwkwk

      • Iyaa kang om saya pernah punya wkwkwk:v eta mah bukan vibrator lagi, Kaleng krupuk jatoh. Berisik kang wkwk

  7. Ai pnya ke 3 nya lads gen 1 smpe ke smash tiitan paling parah gen 1 body pelastik tebel sih tpi kek kerupuk pecah sana sini
    Engine? Jarang rewel tpi ya itu sekalinya rewel spare part minta yg ori
    Paling enak sih si titan irit minim getar lincah… Prikitiewwww

    • Karena dari depan kayak kebo. Liat aja headlamp nya melebar kyak kepala kebo bertanduk. Dari samping jga lamak kayak kebo. Tenaga dan nafas jga kyak kebo. Siap diajak buat bajak jalanan.

  8. tambahan lagi kang Eno. di negara Yunani alias Greece, suzuki address itu justru nama mobek yg disini terkenal dgn nama suzuki shogun 125 (itu penyebutan sebelum skutik address yg sekarang brojol)

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s