Fakta Tentang Produk Roda 2 Asal Negeri China, Ternyata…… (Part 2)

Perkembangan Mocin di Indonesia !!

 

KTM Power MX

 

 

Dulu, Saat masih tenar-tenarnya produk Motor bebek/cub, Banyak sekali pabrikan yang “latah” ikutan membuat Motor bebek yang Plagiat produk Jepang. . . Jumlahnya sangat beragam !! Berbanding jauh dengan di tahun ini, Dimana Pabrikan Motor China rata-rata sudah kembali ke asalnya (Pulang Kampung) atau ada juga yang melebur menjadi sebuah Pabrikan yang “Konon Kabarnya” dimiliki Indonesia. . . Salah satu Contohnya adalah Loncin Penta Jaya (Loncin) yang berubah menjadi Minerva Motor Indonesia (Minerva). . .

 

Minerva

 

Masa Peralihan tersebut dimulai tahun 2005-2008 silam, Dimana Banyak Sport yang berbasis china hadir di Pasar Indonesia. . . Salah satu yang mengalami kesuksesan besar adalah Minerva R150, Yang desainnya Copypaste milik Honda (Old) CBR150R. . . Seperti yang tadi dibahas, IMHO mungkin inilah perkembangan yang bisa dilakukan Pabrikan yang dulunya berbasis China. . . Desain Copypaste milik Honda CBR150R, Mesin berbasis Honda GL-Series, Embel-embel Pabrikan Sachs Asal Jerman, Tapi Build-Quality nya tetap “Khas” Motor China yang…… You Know laahh…. 😀

Namun jangan pernah Underestimate terhadap Pabrikan yang dulunya bernama Loncin ini ya Brosist !! Pasalnya, Loncin juga pernah berduet dengan Honda untuk Pasar China, Selain itu Loncin juga kabarnya pernah ikut ajang MotoGP loh !! Jika Brosist teliti membaca tentang Kerjasama Lisensi antara Pabrikan China-Jepang pada point pembahasan pertama diatas, Maka Brosist akan menyadari mengapa Minerva bisa mencomot Desain milik Honda (Old) CBR150R. . .

Baca Juga : Minerva RX-150 Resmi Dirilis, Tampang Yahud, Banderolnya Hanya 21,95 Jutaan !!

 

CFMoto 650NK

CFMoto 650 NK. . . Ada yang mau berkomentar ??

 

Sebenarnya tak hanya Minerva saja yang dicap mengkloning, Copypaste atau sejenisnya, Tapi juga banyak Merk lain bahkan hingga ke luar negeri. . . Tak bisa dipungkiri, Meski kini Mocin sering dianggap kualitas bawah, Namun eksistensi nya tak pernah pudar seiring berjalannya waktu. . .

Kini, Bahkan beberapa diantara mereka sudah kerjasama dengan berbagai Produk Tenar dari Eropa loh Brosist !! Contohnya Loncin-BMW, Zongshen-Piaggio, CFMoto-KTM Austria. . . Bahkan sampai ada yang mampu mengakuisisi Pabrikan Eropa yang dulu pernah Tenar loh Brosist ! Tuh, Lihat saja Benelli Italia yang kini telah diakuisisi oleh Qianjiang Group. . . So, Masih ada yang perlu dibenahi ?? Ya, Tentu saja banyak……. If u know what I mean. . . . .

 Baca Juga : Benelli BN 302, Jawaban Moge Terjangkau di Indonesia ??

 

Naahh. . . Sekarang Brosist sekalian udah clear kan tentang perjalanan Mocin di Indonesia ??

So, Tetap Saling Respect yaa ! 😀

Benelli BN600

Benelli BN600. . . Mocin “Rasa” Italia  ( Atau Terbalik Yaa ? ) !! 😛

33 comments

  1. Sek kang broo,di minerva sendiri pihak sachs apa turun lngsng jg ya bikin produknya minerva ? (Liat model madass bgs tuh,trondol abis)

  2. berbanding lurus dengan harga yg murah maka kualitas jadi korban. tp ad untungnya juga dengan mengcopas produk jepang semua part bisa di ganti dari merk jepang…

  3. Bagus kang bro artikelnya..China perlu mempertahankan level produksinya, kalo gak bs ada ribuan ato bahkan jutaan pengangguran..ya hasilnya mocin-mocin.itu he he he. Elektronik jg banyak yg dicopas.

    Tp minerva CBR itu fenomenal memang. Ane aja smpt tertarik beli waktu ms blm punya uang he he he

    • Thanks banyak masbroo. . .

      Sudah paham kan china jumlah penduduknya seberapa ?? Kalo perusahaan bangkrut, Naahh kayak yg dibilang masbroo deeh 😀

      Laahh, Koq samaan kang ?? Saya kesengsem banget loh, Soalnya 1/2 harga . . . wkwkwk 😀

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s