Tohatsu Motor, Pabrikan Legendaris Jepang yang Terlupakan !!

 

Tohatsu PA55 1955

 

Hollaa Brosist. . . Berbicara tentang Pabrikan Otomotif Roda 2 Jepang, Tentu pikiran kita akan langsung tersita ke dalam Persaingan Sengit antara Kwartet Pabrikan Raksasa Honda, Kawasaki, Suzuki & Yamaha. . . Namun, Dibalik itu semua ternyata dahulu kala masih ada loh Brosist Pabrikan Jepang selain Kwartet Tadi. . . Bahkan, Pabrikan tersebut juga pernah Masuk dan Ikutan Ajang GrandPrix loh Brosist !!

Yup ! Pabrikan yang kita maksud tadi adalah Tohatsu. . . Sebuah Pabrikan yang ternyata dulunya pernah memproduksi Sepeda Motor serta merakit Sepeda Motor untuk Pabrikan lain. . .

Penasaran seperti apa sejarah serta kisah Pabrikan satu ini ?? Yuk kita intip bersama-sama Brosist !! πŸ˜€

Tohatsu Logo

 

Tohatsu Corporation (Tokyo Hatsudoki Co, Ltd.), Adalah Pabrikan Jepang yang didirikan pada tahun 1922 di Tokyo. . . Pabrikan ini dulunya memproduksi Motor tempel untuk Perahu, Pompa Pemadam Kebakaran, Mobil Pemadam Kebakaran, Serta Unit pendingin & Mengelola beberapa Real-Estate di Jepang. . . Perusahaan ini awalnya bernama Takata Motor Research Institute dengan produksi utamanya berupa Gerbong Kereta. . .

Baca Juga : Ariel Motors, Tahukah Anda ??

 

Tohatsu LE 125

 

Tohatsu Mulai memproduksi Sepeda Motor sejak Tahun 1950-an, Dengan Pasar Utama adalah Domestik Jepang. . . Beberapa Dealernya dahulu kala bisa ditemukan di Seluruh Penjuru Jepang, Dengan Kantor Utama di Kawasan Tokyo, Fukuoka, Nagoya, Sendai & Sapporo. . . Pabrikan ini juga pernah mengalami Masa kejayaan yakni pada tahun 1955, Ditandai dengan dibukanya plant anyar khusus untuk sepeda motor dengan line-up produk baru. . . Tohatsu juga tercatat pernah memproduksi Mesin Motor untuk Pabrikan Lainnya, Khususnya di Era 50-60 ‘ an silam. . .

 

Tohatsu 106Y Racer

Tohatsu 106Y Racer, Jagoan Tohatsu di Kancah GP 125 !!

 

Menariknya, Tohatsu juga pernah ikut serta dalam Ajang WorldGP tahun 1962 loh Brosist. . . Yup !! Sebelum Kawasaki & Yamaha tenar di Ajang GrandPrix, Tohatsu ternyata pernah lebih dulu mencicipi ganasnya persaingan Teknologi di Ajang Balap Motor terbesar di Dunia kala itu Brosist. . .

Meski tidak mendulang hasil yang signifikan, Namun keberanian Tohatsu yang kala itu turun di kelas 125 cc bersama pembalapnya Pedro Rosenthal patut dicungi Jempol. . . Pada Akhirnya, Tohatsu GP 125 (Tohatsu 106Y Racer) bermesin 125 cc, Inline-Twin 2 Silinder ini hanya mampu nangkring di Posisi Buncit tanpa mendapatkan 1 poin pun. . .

Baca Juga : Pabrikan JAWA Motors, Tahukah Anda ??

 

Tohatsu Racer

Tohatsu vs MZ Racing !!

 

Keberadaan Motor Tohatsu mulai menghilang sejak Kwartet pabrikan Motor Raksasa Jepang (Kawasaki, Honda, Suzuki & Yamaha), Mulai membabat habis seluruh penjualan motor di Domestik Jepang. . . Beberapa analisis jepang menyatakan, Kegagalan Tohatsu saat itu adalah karena mereka tetap kokoh pada pendiriannya untuk membuat Sepeda Motor. . . Berbeda dengan Pabrikan Sepeda Motor Jepang lainnya yang rata-rata berpindah haluan, Contohnya Daihatsu, Mazda & Mitsubishi yang berpindah ke Produksi Roda 4. . .

Salah satu parameter kegagalan Tohatsu lainnya adalah, Karena mereka tak mampu bersaing di Pasar Amerika yang saat itu sangat menggiurkan. . . Produk Tohatsu kurang bisa diserap konsumen lantaran Kalah Pamor ketimbang Honda ataupun Yamaha, Apalagi melawan Pabrikan Eropa atau Domestik (Amerika)Β  Lainnya. . .

Baca Juga : Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda !!

 

 

Well. . . Meskipun akhirnya Sepeda Motor Tohatsu harus mengalami ending yang “menyedihkan“, Namun setidaknya mari kita membuka mata lebih jauh tentang Pabrikan Roda 2 lainnya dari negeri sakura ini. .Β  . Karena tenyata, Di Jepang dahulu kala punya banyak Pabrikan Sepeda Motor loh Brosist !! Beberapa lainnya akan EA’s Blog kupas tuntas di Artikel History Ringan yang Selanjutnya. . . . Jadi, Tetap stay tuned terus bareng EA’s Blog ya Brosist. . . . πŸ˜€

 

So, Tohatsu Motorcycle. . . . Brosist ada yang pernah dengar sebelumnya ??

Tohatsu Ranpet Sport

30 comments

  1. Tohatsu sekarang sudah terpecah jadi dua, yaitu TOyota dan daiHATSU. Sekarang bersatu lagi lewat duet avanza-xenia. Just my opinion:-D

  2. Kalo skrng kyknya sih pabrikan Tohatsu lebih fokus jualan mesin air portabel buat pemadam kebakaran mas, coz di tempat ane Banjarmasin merek tohatsu jd idola banget dipake sm para pemadam kebakaran…

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s