Pabrikan JAWA Motors, Tahukah Anda ??

Jawa Logo

 

Hollaa Brosist. . . Kita kembali lagi di Artikel History Ringan ala EA’s Blog. . . Kali ini kita akan membahas tentang sebuah Pabrikan yang mungkin diantara Brosist sekalian belum ada yang tau. . . Pabrikan tersebut adalah JAWA Motors !!

JAWA Motors ?????  Udah kaya nama pulau di negara kita aja ya Kang Eno ??

Yapp, Benar Brosist ! Nama Pabrikannya memang sama dengan nama pulau yang saat ini EA’s Blog singgahi saat ini. . . Tapi pabrikannya memang benar-benar ada koq Brosist, Bahkan pernah ikut kejuaraan WorldGP (MotoGP) juga loh !! Nah, Keren kann ??

Seperti apa sih Sejarah pabrikan satu ini ?? Yuk kita bahas & simak bareng-bareng Brosist. . . Cekdisot !!

 

Jawa 350

 

Jawa Motors (Jawa Motokov) adalah pabrikan yang dahulu dibangun di Cekoslovakia pada tahun 1929. . . Pabrikan ini dirintis dan dibangun oleh František Janecek yang saat itu berhasil mengakuisisi pabrikan Wanderers asal Jerman yang hampir bangkrut. . . Asal Kata JAWA diambil dari nama 2 Pembesar pabrikan ini yaitu JAnecek (Sang Perintis & Owner) & WAnderers (Pabrikan sebelumnya). . . Nah, sekarang paham sedikit arti tentang asal usul nama Perusahaannya kan Brosist ?? Yuk kita bahas juga yang lainnya Brosist…….

 

Frantisek Janecek

 

Frantizek Janecek sebenarnya bukanlah seseorang yang berasal dari dunia otomotif, Sebelumnya beliau adalah seseorang yang menggeluti dunia Produksi persenjataan. . . Meskipun demikian, Namun pengetahuan & pengalaman Janecek di bidang Manufakturing tetaplah mumpuni. . . Beliau memilih mengakuisisi Pabrikan Wanderers asal Jerman yang saat itu memiliki konsep motor 500 cc yang mumpuni namun belum sempat memproduksinya lantaran terancam Bangkrut. . .

Setelah diakuisisi oleh Janecek, Pabrikan ini pun berubah menjadi JAWA Motors dan langsung memperkenalkan Motor 500 cc tersebut ke publik pada 23 Oktober 1929. . . Motor ini diberi label Jawa 500 OHV yang bermesin 4-Tak, 500 cc, dengan power maksimal 18HP dan konsumsi BBM 16 Km/L. . . Meski dibanderol dengan harga tinggi, Namun motor ini tetaplah sukses dipasaran serta dapat diandalkan untuk menjadi amunisi utama di Pasar Eropa kala itu. . .

 

Jawa 500 OHV

Jawa 500 OHV, Produksi Perdana Jawa Motors

 

Dengan adanya pergolakan ekonomi di tahun 1930, Maka Sepeda motor dengan harga yang lebih murah pun dibutuhkan. . . Pada tahun 1932, Jawa Motors menjawabnya dengan memperkenalkan Jawa 175, Motor 175cc dengan power maksimum 5HP dan konsumsi BBM yang jauh lebih irit dibanding Jawa 500 OHV yakni 29 Km/L. . . Motor yang sangat ringan ini (70Kg) mampu berlari dengan kecepatan maksimum 80 Km/h. . . Waoww tahun 1932 loh Brosist !!

Motor ini mampu mendulang kesuksesan yang sangat luar biasa, Jawa 175 terjual 3000 unit hanya dalam waktu 1 tahun saja, Dimana butuh 3 tahun bagi Jawa 500 OHV untuk menyamai angka tersebut. . . Selama Jawa 175 diproduksi, 27.535 unit laku terjual Brosist !! Sayangnya sang pendiri pabrikan Frantisek Janecek harus tutup usia di Tahun 1940. . .

 

Jawa 175

Jawa 175, Sukses Berat di Masanya

 

Meski ditinggal oleh Sang Founder, Namun Pabrikan Jawa tetap melanjutkan Inovasi & Kreasi produknya Brosist !! Mereka berhasil memproduksi Motor lainnya seperti Jawa 350 Ogar, Jawa 500 OHC, Jawa 125 Travel, Jawa 350 Automatic dll. . . Tak hanya sebatas memproduksi Motor, Mereka juga mampu unjuk gigi di berbagai ajang balap dunia bahkan balapan sekelas WorldGP (MotoGP) loh Brosist !!!

 

Jawa Motors mengikuti ajang WorldGP pada era 60-an, Dimana saat itu Ekspansi Pabrikan Jepang & Duel antara Pabrikan besar Eropa sedang berlangsung sengit !! Jawa Motors saat itu mengikuti kejuaraan pertama kali di tahun 1957 bersama pembalapnya yang juga berasal dari Cekoslovakia, Frantisek Statsny & Gustav Havel. . . Prestasi terbaik Jawa Motors berhasil diraih pada tahun 1961 bersama Frantisek Statsny dengan berada di Posisi Runner-Up GP 350cc dibawah MV Agusta. . . Tak Hanya itu, Jawa Motors bersama Statsny juga berhasil menempati Posisi ke 4 GP 350cc pada tahun 1966, Statsny saat itu mampu bersaing dengan pembalap legenda Sekelas Mike Hailwood (Honda), Giacomo Agostini (MV Agusta) & Renzo Pasolini (Harley-Davidson). . . Edyannnn polll !!!

Keseluruhannya, Jawa Motors berhasil Menjuarai 4 Seri GP plus 15 Podium Utama di Ajang WorldGP. . . Ini menjadi hasil yang sangat gemilang & mengejutkan, Dimana saat itu Jawa Motors hanyalah pabrikan kecil dengan dana yang terbatas dibanding Raksasa Pabrikan lainnya. . . !!

 

Jawa 350 GP

Jawa 350 GP V-4 Engine, Lihat tuh Mesinnya Brosist. . . Maknyus !!

 

Sayangnya pada tahun 1993 terjadi perpecahan di negara Cekoslovakia, Hingga akhirnya negara tersebut terpecah menjadi Republik Ceko & Slovakia. . . Pabrikan Jawa Motors pun ikutan terkena Imbasnya, Hingga akhirnya harus ikutan terpecah menjadi beberapa anak perusahaan. . . Meskipun demikian, Kiprah Pabrikan asal Eropa Timur ini layak kita acungi dua jempol Brosist !!!

 

 

Well. . . Semoga Artikel History Ringan ini mampu menambah ensiklopedi pengetahuan Brosist sekalian mengenai Pabrikan Jawa Motors beserta segala macam Sejarah & Pencapaian-nya. . . Mohon maaf apabila ada salah kata ataupun kesalahan penulisan ya Brosist. . . Sampai berjumpa lagi di Artikel History ala EA’s Blog selanjutnya. . . . Stay tuned terus bareng EA’s Blog ya Brosist !!

See yahh !!

 

JAWA Motors, Do You Know It ??

Jawa 125 Travel

26 comments

  1. Jadi inget cerita dari Ibu. Dulu di kampung eyang di Solo (Penumping) banyak yang pakai motor luar. Eyang saya pegawai kesehatan motor dinas dari kantor merk JAWA. Tetangga depan rumah merk motornya BSA. Dua-duanya ga tau tipe dan tahun berapa, tahunya merknya aja. Si JAWA sekian lama teronggok di belakang rumah karena susah ngerawatnya. Akhirnya ditemukan keponakan (saya manggilnya om) dari Joga trus minta ijin diboyong untuk diretorasi di sana. Ya sudah daripada jadi besi tua karatan tak berguna akhirnya dibolehkan sama eyang untuk dibawa ke Jogja. Yang boyong namanya om Dody Biwaldo mantan ketua Harley Jogja kalo ada yang tau. Sekarang ga tau nasib sang motor, gak pernah lihat atau denger kabarnya.

      • hehe atau mungkin saya komennya kepanjangan jdinya kejaring..btw motor Jawa ni kabarnya banyak di impor era Orde Lama waktu Bung Karno jadi Presiden terutama tahun 60an awal hingga pertengahan karena waktu itu Indonesia dekat dengan blok timur/komunis di mana Cekoslovakia adalah salah satu anggotanya. Makanya oleh pemerintah waktu itu Jawa jadi semacam Honda Win/Mega Pro-nya zaman dulu alias motor pegawai dan mengingat harganya yang relatif ga semahal motor Inggris. Namun seiring waktu sayangnya motor Jawa ini sudah mulai dilupakan.karena tenggelam oleh nama besar motor Inggris. Saya sendiri mungkin ga akan tahu merk Jawa klo tidak diceritakan Ibu.

      • Wahh nice share banget nih masbroo. . . Kayaknya bisa tuh ya dijadikan artikel tentang Masuknya pabrikan Jawa di Indonesia, Lumayan buat nambah knowledge pembaca sekalian. . . Thanks banyak masbroo. . . 😀

      • sama2 kang eno. saya salut sama pengetahuan kang eno yang terbilang relatif muda tapi pengetahuan tentang sejarah roda dua begitu luas. dulu ada beberapa blog yang sering bahas sejarah roda dua macam (maaf sebut merk) dwinugros dan triatmono tapi lama2 sudah tidak lagi. padhal mnrut saya sangat penting bagi kita pengguna motor untuk tau sejarah, bahwa motor itu gak cuman H atau Y saja, bahwa evolusi motor itu sangat panjang dan bertahap, dan yang terpenting supaya tidak buta merk dan lebih melihat kepada effort dan prosesnya.(halah lagi2 ngomong kpanjangan).btw melihat bnyaknya sumber pngetahuan baru di blog ini sepertinya saya bakal jadi pelanggan tetap warung ini kang meskipun nantinya cuman silent reader saja. jangan ikut2an blog lain yang kalo sudah jadi terlalu mainstream beritanya jadi cuman update info dari pabrikan saja tapi kering…salam 🙂

      • Wahh, Terima kasih banyak masbroo buat apresiasi nya, Sebut merk disini juga gapapa koq massbroo , xixixi :D. . .
        Insyaallah saya bakal terus hidupkan artikel history nya, meskipun kedepannya nanti bakal saya kombinasi dgn artikel modern supaya gak membosankan. . . Thanks banyak udah berkunjung massbroo, Salam kenal 😀

  2. hyah info baru tenan om eno, baca judulnya kukira terinspirasi nama JAWA (gr daripada gt hihihih)………seperti JAVA SCRIPT di pemrograman komputer karena programernya memang suka ngopi JAVA COFFEE……..

    artikele memang mantab….lain dari yang lain

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s