Moto Guzzi V8 “Ottocilindri”, Saat Kegilaan Inovasi menjadi Mahakarya !

mg main.jpeg

Lagi asik dengerin Lagu “Tiada Guna Lagi nya Republik” sambil mandangin pic Pacar tersayang (Haiyyaaah, , Curcol Mode : On πŸ˜› ), , Eh, , ,Sampai hampir kelupaan publish Artikel Historical Bike ini. . . πŸ˜€

Oke. . Tanpa Curcol-an lagi πŸ˜› , , , Kesempatan kedua di Hari ini setelah Membahas Ninja Series Pertama yang Legendaris , , Kita akan membahas sekelumit Tentang Moto Guzzi V8 yang dulu sangat Tenar dikancah Grand Prix Dunia. . .

Nanti dulu deh, , Mesin V8 di Motor ? ?
Bukannya biasanya cuma ditemuin di Supercar ya Kang Eno ? ?

 

Yaa, Bener koq Brosist. . . Motor yang akan kita bahas ini memang menggunakan mesin “V8” 8 Silinder, , Bahkan umurnya lebih tua dari beberapa Supercar V8 yang Brosist Idamkan Loh ! ! Seperti apa sih Detailnya, Yuk langsung kita Bahas, , , Cekdisott ! !

 

mg8.jpeg

Moto Guzzi V8 adalah sebuah mahakarya dari Produsen Motor asal Italia yang sebelumnya juga diketahui merupakan Supplier part Pesawat-pesawat yang digunakan pada masa Peperangan. . . Guzzi V8 ini didevelop oleh Team yang diketuai oleh Giulio Cesare Carcano yang juga dibantu Oleh Assistennya Umberto Todero & Enrico Cartoni pada tahun 1954. . . Hingga akhirnya Moto Guzzi V8 ini resmi diperkenalkan Pada tahun 1955 untuk ajang Grand Prix pada saat itu. . .

 

mg2.jpeg
mg3.jpeg

Kala itu walaupun mendominasi di GP Kelas 350cc, , , Tetapi Guzzi selalu kalah dalam ajang GP 500cc dengan Platform Mesin V-Twin (Bicilindrica) nya yang Inferior. . . Hingga tanpa terduga pada tahun 1955 mereka mengeluarkan Mesin Jenis Baru yang Sangat Luar Biasa. . . Yap, , Guzzi berhasil mendevelop Mesin V8 yang sangat Menawan !! Josss Poll !!

 

mg engine4.jpeg

 

Lebih detail tentang V8 nya Guzzi, , Mesin ini menggunakan Platform 4-Tak, Liquid-Cooled, “V8” 8 Silinder, DOHC + Penyuplai BBM 8 Karburator Dell Orto 20mm . . . Yang membuatnya unik, Guzzi merancang Blok Silindernya Menyatu alias Blok Silindernya tidak terpisah Namun Berbentuk V menggunakan Material Alumunium Alloy High Quality (Sumpah, Ane sampe puyeng Broo kasih detail mesin ini, ). . .

Ditopang dengan Crankcase Magnesium, , Mesin yang hanya memiliki berat 45 kg ini mampu memuntahkan Power Output hingga 78 HP @ 12.000 Rpm (Waoww, , Tahun 1955 mesin 500cc sudah bisa tembus hampir 80 HP, Josss !! ). . . . Guzzi V8 yang berat kosong totalnya 148Kg ini ternyata sanggup menembus angka Top Speed 172 Mph (280 Km/h) di Trek Lurus GP Belgia loh Brosist ! Edyann pisann !

LUCUNYA , , Butuh kurang lebih 20 Tahun bagi Pabrikan Lain untuk bisa menyamai Rekor Power Output & Top Speed si Guzzi V8 ini. . . (Ebusyehh, , Guzzi Benar-benar Mendahului Jaman !)

mg engine 5.jpeg
mg5.jpeg

Sayangnya, , Brilliannya Mesin yang didevelop oleh Moto Guzzi, Hasilnya tak Se-brillian yang diharapkan. . . Dikarenakan Kompleksitas alias Kerumitan Mesin ini beserta Tingginya Cost yang dibtuhkan untuk Mesin V8 ini, , ,akhirnya Guzzi V8 gagal mendulang hasil positif di Grand Prix kala itu. . . Hingga akhirnya Moto Guzzi pun harus Mundur dari Kancah GP pada tahun 1957 dan memutuskan untuk memfokuskan diri ke Produk Massal yang Canggih. . . Namun, Jangan Salah loh Brosist ! Biarpun sering gagal Finish karena trouble mesin, Guzzi tetap sering mencetak Rekor Fastest Lap, Fastest Speed dan Sering memimpin di depan Loh (Walaupun setelah itu ada trouble πŸ˜€ ). . .

 

mg engine2.jpeg
mg6.jpeg

 

Nah, Ini dia Sedikit Spesifikasi dari Moto Guzzi V8 ini ( Harap Maklum kalau cuma sedikit, Soalnya Motor ini merupakan Motor Prototype GP )

 

Engine : 4-Tak, V-8 (8 – Silinder), Liquid-Cooled, DOHC

Bore x Stroke : 44 x 41 mm

Kapasitas Silinder : 499 cc

Rasio Kompresi : 10 : 1

Sistem Penyuplai BBM : 8 x Karburator Dell’Orto 20 mm

Max Power : 78 HP @ 12.000 Rpm

Top Speed : 280 Km/h (172 Mph)

 

Rem Depan : Drum Brake (Tromol)

Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)

Ban Depan : 2.75 – 19

Ban Belakang : 3.00 – 20

Berat Kosong : 148 Kg

 

 

Β  Well. . . Dengan Kegilaan Inovasi, , Moto Guzzi V8 mengajarkan pada kita bahwa Tak Ada Sesuatu yang Mustahil di Dunia Ini bila Dilakukan dengan Kerja Keras & Dedikasi Tinggi . . . Bahkan dengan Segala Keterbatasan dan Perang yang sering Bergejolak di Tahun 1955-an, , Insinyur Guzzi tetap mampu membuat Karya Menawan yang Faktanya mampu menembus Jaman bahkan Abad sekalipun !

So, , Tak berlebihan bila EA’s Blog Menilai & Memberikan Tagline pada Motor yang Masuk ” Daftar 10 Motor Terbaik Dunia versi Discovery Channel ” ini yaitu :

“Moto Guzzi V8, True Insanity of Inovation ”

mg7.jpeg
mg8.jpeg
mg engine3.jpeg

Oke, , , Demikian lah Artikel Ringan yang bisa EA’s Blog Share di kesempatan kali ini. . . Satu yang EA’s Blog harapkan, , Semoga Artikel dari Orang Sederhana ini mampu Menginspirasi Semua Kalangan agar mau membuat Perubahan di Indonesia ini, Khususnya Dunia Otomotif Tanah Air. . . Aminn

Sampai berjumpa di Artikel Historical Bike Selanjutnya ya Brosist !
Jangan lupa , , Sampaikan Masukkan & Request Motor History Favorit Brosist via Kolom Komentar. . .
Semoga Bermanfaat….. πŸ˜€

Special Historical Bike by EA’s Blog

Special Thanks To :
– Wikipedia
– Motorcyclist
– Classic-Motorcycle dll

Iklan

23 comments

  1. bahas juga dong tentang tekno patent pelapisan cylinder wall moto guzzi yakni “Nigusil” serta dikomparasikan dg milik pabrikan lain seperti ceramic composite & atau SCEM:))

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s