Honda Vario 110 FI vs Yamaha Soul GT, Duel Spesifikasi Skutik Fashion !

Desain

Pasar skutik yang sangat bergairah, Memang mengundang para pabrikan untuk berlomba-lomba menggelontorkan berbagai produk skutiknya sesuai dengan kebutuhan konsumen. . . Tak terkecuali dengan kelas skutik Fashion atau yang lebih kita kenal dengan skutik keren, Yang saat ini line up-nya diisi oleh Yamaha Soul GT & Penantang terbarunya Honda Vario FI. . .  So, Mengapa kita tak mengkomparasikan keduanya ?? Bener gak Brosist ??

Manakah yang Terbaik ?? Mari langsung saja kita mulai pembahasan detail yang pastinya ala EA’s Blog. . . Cekdisot !

 

ASPEK DESAIN, DIMENSI & DETAIL

 

HL

 

Dari sisi desain, Honda Vario FI mengusung Dual Headlamp dengan model yang meruncing plus fitur Inovatif yaitu LED Headlamp. . . Sementara itu, Yamaha Soul GT hadir dengan Headlamp keren ala “Bumblebee” plus desain yang Muscular alias mantap. . . Uniknya, Keduanya memiliki kekurangan disisi buritan yang justru dianggap tak seirama dengan bagian depannya. . . Untuk Perbandingan sisi Desain ini sebenarnya Relatif bagi yang melihat, Namun menurut EA’s Blog, Desain Yamaha Soul GT sedikit lebih mantap karena lekukan Body mantap & Pilihan warnanya yang cool abis….

 

Selanjutnya ke aspek dimensi, Keduanya memiliki dimensi yang nyaris seimbang. . . Hanya saja Vario FI lebih panjang dan tinggi dibanding Soul GT yang cenderung lebih lebar. . . Data perbandingan dimensi dan Bobotnya bisa Brosist lihat dibawah ini :

Vario FI  >>  P x L x T : 1888 x 679 x 1091 mm  |  Berat Kosong : 95 Kg

Soul GT  >>  P x L x T : 1855 x 700 x 1050 mm  |  Berat Kosong : 93 Kg

 

Speedo

Di bagian speedometer, Keduanya sama-sama mengusung desain yang trendy dan mengadopsi full analog alias jarum sebagai indikatornya. . . Di sisi ini, Keduanya bisa dikatakan seimbang. . .

 

Velg

Beralih ke sektor kaki-kaki Khususnya Velg,  Keduanya tampil seimbang dengan desain velg yang sama-sama menganut velg Cast Wheel (Racing) dengan 5 palang. . . FYI : Desain velg kedua motor ini sudah ada sejak era skutik pertama booming lho. . . Kenapa velg keduanya gak ada yang direfresh ya ??

Geser sedikit ke bagian ban. . . Keduanya sama-sama mengusung Tube-Type alias masih menggunakan ban dalam. . . Hanya saja, Vario FI lebih unggul berkat ukuran ban yang lebih besar yakni 80/90 – 14 Depan & 90/90 – 14 Belakang, Dibanding Soul GT 70/90 – 14 Depan & 80/90 – 14 Belakang. . . Hal ini tentunya berpengaruh terhadap stabilitas & handling Vario FI yang lebih baik dibanding Soul GT. . .

 

ASPEK MESIN, PERFORMA & KEIRITAN

 

Mesin

Di bagian mesin, Keduanya memiliki konfigurasi mesin yang identik, Plus sama-sama telah dibekali dengan pengabut BBM Injeksi (Honda PGM-FI & Yamaha YM-Jet FI). . . Pada bagian ini, Soul GT sedikit lebih unggul berkat pengaplikasian Diasil Cylinder & Forged Piston yang diklaim jauh lebih awet dibanding Mesin Vario FI  yang menggunakan Blok Cylinder & Piston Konvensional (Standar). . .

 

Beralih ke sisi Performa, Keunggulan Soul GT pada sektor mesin ternyata tidak berbanding lurus dengan sisi performance-nya. . . Di sisi ini Justru Vario FI lebih jumawa berkat muntahan Power maksimumnya yang mencapai 8,52 PS (8,34 HP) dibanding Soul GT yang hanya mampu memuntahkan tenaga maksimum sebesar 7,75 PS (7,59 HP) . . . Perbandingan Power lengkap dengan Perbandingan PTWR (Power to Weight Ratio) nya bisa Brosist simak dibawah ini :

Vario FI  >>  Max Power : 8,34 HP @ 8.000 RPM  |  Max Torsi : 8,9 N.m @ 6.500 RPM

Soul GT  >>  Max Power : 7,59 HP @ 8.500 RPM  | Max Torsi : 8,7 N.m @ 5.000 RPM

 

PTWR Vario FI  >>  8,34 HP / 95 Kg  =  0,08778  HP/Kg

PTWR Soul GT  >>  7,59 HP / 93 Kg  =  0,08161  HP/Kg

 

Sementara itu, Disisi keiritan keduanya bisa dibilang seimbang dan tergolong irit untuk kategori Daily Skutik. . . Ingat ! Perbandingan keiritan sangat dipengaruhi riding style & trek (jalanan) yang dilalui Brosist. . . Kalau rajin geber-geber plus trek yang selalu ramai/macet, Jangan berharap bisa irit yaa Brosist….. Apalagi ngarep seperti klaim kedua pabrikan 😀

 

 

ASPEK FITUR & HARGA

 

Desain 2

Beralih ke Sisi Fitur, Jujur EA’s Blog merasa keduanya sangat tak seimbang. . . Mengapa demikian ?? Hal tersebut dikarenakan Vario FI sangat memanjakan usernya dengan fitur tebaru plus mutakhir layaknya Answer Back System & Dual-LED Headlamp. . . Itu masih belum ditambah fitur terkini lainnya seperti Rem CBS (Combined Brake System), Gantungan Barang lipat, Plus Fitur Standar khas Skutik Honda yakni Parking Brake Lock & Secure Stand Switch. . . Sementara itu, Soul GT hadir hanya dengan mengusung Fitur Smart Lock System saja. . . Otomatis, Vario FI unggul mutlak disisi fitur ketimbang Soul GT. . .

 

Next ke sisi Harga. . . Keduanya dibanderol sedikit lebih mahal dibanding jajaran skutik entry level lainnya. . . Di sektor ini Soul GT lebih unggul lantaran Vario FI terpaut lebih mahal sekitar 450 ribu dibanding Soul GT Edisi Muscle. . . Berikut perbandingan lengkap harganya :

Vario FI  >>  Rp. 15. 200.000*

Soul GT Muscle >>  Rp. 14. 750.000*

Harga OTR Jabodetabek

 

 

KESIMPULAN

 

Main

Well. . . Keduanya bisa dibilang adalah Skutik yang mengutamakan sisi desain dibanding jajaran skutik entry level biasa. . . Meski sisi Desain adalah Mutlak soal selera masing-masing, Namun ternyata Desain Soul GT mampu memikat EA’s Blog dengan Lekukan Muscular plus Headlamp ala Chevy Camaro Bumblebee nya. . . Meskipun demikian, Desain Vario FI tentu tak bisa dianggap sebelah mata lantaran tampilannya yang fresh plus Dual-Keen LED Headlampnya yang sangat menggoda. . .

Sementara untuk urusan Fitur & Performa, Vario FI unggul telak dibanding Soul GT yang sebenarnya memiliki kubikasi (cc) lebih besar plus teknologi yang mutakhir. . . So, Meskipun dibanderol lebih mahal sekitar 450 ribu-an dibanding Soul GT, Namun untuk urusan Value for Money, Jelas Vario FI masih jauh lebih value dan unggul dibanding Soul GT yang lebih dulu mengisi kelas ini. . .

(Note) Perbandingan ini hanyalah perbandingan berdasarkan spesifikasi resmi semata ala EA’s Blog saja. . . Jika ada kesalahan penulisan spek, harga, dll, Silahkan dikoreksi di kolom komentar demi kebaikan bersama. . .

 

So… Vario 110 FI vs Soul GT Muscle, Yang Mana Pilihanmu Brosist ???

 

Riding

41 comments

  1. Kalo design emang selera sih.. Kalo ane malah kurang sreg liat headlamp skutik yamaha.. Kaya soul gt, gt125, fino karbu apalagi x-ride.. Kalo yamaha mau masukin Nouvo mungkin skutik yamaha satu ini bisa jadi pertimbangan..

  2. Once in your SOUL, you must believe #kataVR46
    Ane pribadi pilih SOUL bro, dipake harian enak terutama jok nya yang nyaman, cm kelemahannya ada dua yang mendasar, sok blkg agak keras & ban blkg yg terlalu kecil, tp bisa substitusi pake part X-Ride (pnp) yang soknya lbh empuk & ban lbh lebar.

    http://devmoto.blogspot.com/

  3. kalo lihat head 2 head di jalan…
    ane kok lebih sreg ama soul gt ya modelnya..
    keliatan sangar gitu dari depan, belakang juga ok…tapi sayang agak kegedean dikit stoplampnya
    vario 110cc yg sekarang fitur memang ok, tapi desain nya kalah ama soul gt..
    sering papasan di jalan, ni vario 110 fi kurang keluar aura kerennya..beda dengan soul gt
    malahan mending vario 110 karbu yang lama, desainnya masih imbanglah ama soul gt kalo yg lama

  4. i’m vario,
    walaupun akhirnya saya ambil vario 125 esp,
    hihihihi,
    sebelumnya saya juga naek vario techno 110,
    vario mantebh pokoke mas bro,

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s