Tentang iklan-iklan ini



Penyebab Borosnya Baterai Android Anda & Solusinya

image

Punya SmartPhone Yahud, Kinerja Mantap, Prosessor Cepat ala Android, Gaming HD & Online Mantap, Serta Browsing & Download Speed yang Ngebut adalah beberapa pilihan yang ditawarkan oleh SmartPhone Android. Banyak Brand Ternama Layaknya Samsung, LG, Sony, HTC, Huawei dll Berlomba untuk merebut hati para Konsumen. Tidak ketinggalan Brand” Lokal pun ikut bersaing mencicipi manisnya dunia SmartPhone Android, Sebut saja IMO, Cross, Nexian, Advan dll mengawal para Brand” ternama dalam persaingan bisnis di segmen ini…

Balik ke Judul diatas ya, kalau dijelaskan soal Android ga akan habis satu postingan di Ericko Anderson’s Blog. Eitts dari sekian banyak keunggulan SmartPhone Android itu ternyata memiliki sisi yang perlu di improve lho, Apakah itu ???
Yupp, Daya tahan baterai menjadi kendala penting di SmartPhone yang terkenal cepat & handal ini. BATERAI adalah bagian yang perlu improve, mungkin masalah ini terselesaikan di SmartPhone kelas atas Layaknya Samsung Galaxy S3, S4, Galaxy Note Series, LG Optimus G, HTC One, Sony Xperia Z Series yang harganya > 6juta. Nah bagaimana kalau kondisinya hanya bisa membeli SmartPhone Android Range 1-3 Juta. Nah, Berikut Ericko Anderson’s Blog berikan Sedikit Tips :

- Matikan aplikasi yang Masih Berjalan di Background.
Bingung kan, Android cuma sebentar dipakai tapi baterai langsung drop. Nah itu tandanya masih ada aplikasi yang berjalan di background padahal sudah tidak terpakai. Biasanya ini terjadi jika kita sering kembali ke menu menggunakan tombol Home. Nah di Android 4.0 A.k.a Ice Cream Sandwich caranya sangat mudah, dengan menekan tombol home 3detik dan kemudian jreengg, aplikasi” yang masih berjalan bermunculan. Geser aplikasi yang ingin ditutup ke arah kanan (Lihat Gambar).

image

image

Untuk Android 2.1 Eclair, 2.2 Frozen Yoghurt dan 2.3 Gingerbread bisa cek di task manager masing”. Atau kalau kita ingin lebih mudah, cari saja aplikasinya di PlayStore. Ketikkan keyword ‘Task Manager’ di kolom Search. Download, Ikuti Petunjuk & Done. Mudah kan ?

- Cek Sinyal Anda.
Mungkin terdengar membingungkan ya ? Tapi coba cek deh Sinyal di android Juragan sekalian. Kalau sinyalna kabur”an, Pasti Androidnya bakal keabisan daya deh. Hal ini dikarenakan Android butuh daya yang sangat besar untuk merefresh network dan mencari jangkauan sinyal melalui BTS terdekat. Terlebih jika kita terus”an Standby dalam Koneksi 3G UMTS/WCDMA HSDPA. Wah dijamin tambah tekor deh baterainya. Menyiasatinya gak susah kok, cuma dibutuhkan kerajinan aja buat ngelakuinnya. Apabila ponsel sedang Dipakai untuk Browsing, SosMed, Streaming Youtube atau dll Anda bisa mengaktifkan Jaringan 3G/HSDPA, Sedangkan bila ponsel cuma dibiarin diam atau ditaruh di saku kantong, Gunakanlah Jaringan Normal GPRS/EDGE. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan Jaringan EDGE/GPRS Lebih mudah Tercover daripada Jaringan 3G/HSDPA. Nah, kalo lebih mudah dicari lebih sedikit nguras Stamina kan ?

image

Dan, Apabila Anda berada di Daerah yang bahkan Sinyal GPRS pun sulit didapat, Maka Jangan berharap terlalu banyak baterai anda bisa bertahan lama, dalam kondisi demikian paling tidak 1 Hari harus 2x Charge. Dan Jangan sekalipun membanting Android anda apabila kesal karena sulit mendapatkan Jaringan, hhhee. Percaya deh, Ga ada gunanya, Sinyalnya juga ga bakalan langsung Fullteng kok, Mendingan buat saya Androidnya :P.

-Matikan Koneksi yang Tidak Diperlukan.
Yupps, Kadangkala sehabis asik nebeng Wifi an, atau berbagi konten via Bluetooth kita lupa menonaktifkan koneksi ini. Terlebih kalo asik Wifi an sambil Download atau buka SosMed Pasti kelupaan matiin deh. Nah ini yang bikin Baterai Android anda boros, Urutan koneksi yang paling banyak mengkonsumsi Baterai itu 1. Tethering & Portable Hotspot, 2. Wifi, 3. GPS 4. Wifi Direct/DLNA/dll, 5. Bluetooth, Semuanya berada di Menu Setting, dan untuk GPS berada di Submenu Location. Nonaktifkan jika memang sudah tidak digunakan lagi, Percaya deh Baterai Android Juragan pasti Awet.

image

image

- Cek Brightness ( Kecerahan ) Layar.
Layar itu Termasuk pengonsumsi daya Baterai terboros lho. Apalagi kalau diset Full Brightness nya. Wow, dijamin borosnya poll deh. Nah, Kalau memang kita berada di dalam ruang atau tidak langsung berada di bawah terik matahari, coba deh setting Brightness layar Anda, Cukup dibawah setengah bar dari  pilihan yang ada, berbeda kalau di bawah terik matahari langsung, coba set diatas setengah bar. Sebab kalau tidak pasti juragan mereng” deh liat layarnya. Jangan lupa untuk menonaktifkan Fitur tambahan di layar, kalo di Sony saya ada LED-Backlight & Mobile Bravia Engine, Gatau deh di Android agan, coba nonaktifin deh. Jangan lupa Screen Timeout atau Waktu Standby Layarnya ubah ke paling rendah, ya maksimal 30detik lah. Dan Jreng jreng, Baterai android agan pasti bisa Survive jauh lebih lama.

image

image

- Coba Deh Liat Homescreen nya.
Cukup mudah kok, tinggal pencet Home, Tett dan Langsung deh ada di Homescreen. Perhatikan, Makin banyak Widget yang tersedia di Homescreen, maka makin cepat pula Baterai android Anda terkuras. Sama halnya dengan Live Wallpaper, Walaupun Homescreen terlihat indah dengan fitur ini, tapi bagi anda yang sedang kritis baterai, Segera Nonaktifkan !. Hal ini dikarenakan Widget yang berada di Homescreen Android itu bertipe Cloud Web System, Jadi harus selalu terkoneksi dengan Internet. Nah tadi udah dijelasin kan diatas, betapa Koneksi internet memakan suplai yang besar di Baterai anda.

image

image

- Cek Juga kondisi Fisik Baterai Anda.
Caranya gampang, Matikan Smartphone, Buka tutup Cover Baterainya, Terus Lepas deh Baterainya. Coba Anda cek Kondisi Fisiknya, Apakah masih Rata Normal atau sudah ada penggelembungan di Baterai anda. Jika masih Normal maka baterai anda masih OK, dan apabila sudah ada Penggelembungan, maka diperlukan penggantian. Bukan sepele, karena baterai yang sudah menggelembung akan terus membesar, dan akhirnya bisa terbakar yang akan mengakibatkan konsletting kecil. Lagipula baterai yang Sudah demikian, hanya bertahan 1-2 jam setelah MenCharge dalam kondisi Full. Parah Kan ??
Ya salah satu Penyebabnya adalah Terus menerus dipakai dalam kondisi Sedang Mencharge Baterai. Banyak yang mengatakan Disimpan dalam Freezer Lemari Es, Bakal balik normal seperti semula lagi. Saya Tegaskan, Hal demikian adalah SALAH, karena memang internal dari baterai itu sendiri sudah rusak dan tidak bisa di perbaiki lagi.
Ada baiknya dalam hal demikian kita membeli baterai baru yang Original dan membelinya di Service Centre Resmi Brand Smartphone kita. Bukan sembarangan, daripada membeli baterai Non-Ori seharga 50rb, tapi 2 bulan sudah menggelembung lagi. Bandingkan dengan Original yang harganya berkisar antara 100-200rb (Tergantung Merk & Type), tapi umurnya bisa mencapai 1tahun bahkan lebih, Ada garansi resmi nya pula. Jauh lebih menguntungkan kan, Ya istilahnya Berakit-rakit Kehulu Bersenang-senang Kemudian.

Dengan mengikuti cara yang disebutkan diatas, Baterai android kita akan bertahan jauh lebih lama dibandingkan sebelumnya, Semuanya sudah dicoba di Sony Xperia Tipo Single SIM, Samsung Galaxy Tab2 7.0, Samsung Galaxy Ace Plus & LG Optimus 2X. Dan Alhamdulillah bisa bertahan 2hari dalam 1x Charge. Untuk Galaxy Tab2 nya bisa 4Hari malah.
Lumayan, Kalo lagi diperjalanan yang susah buat NgeCharge. :P

Demikian Artikel yang bisa saya buat, Saya banyak berharap ada koreksi nya apabila ada kesalahan & kata” yang kurang berkenan. Artikel ini saya buat hanya untuk sekedar berbagi ke sama Droiders sekalian, Siapa tau berguna dan bermanfaat. Ditunggu Komen nya ya para BroSist Juragan Sekalian.

Tentang iklan-iklan ini

0 Responses to “Penyebab Borosnya Baterai Android Anda & Solusinya”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tentang iklan-iklan ini

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 728 pengikut lainnya.

INFO PENULIS

Eno Anderson

Ericko Anderson

Newbie Blogger, Engine Holics & 20.000 RPM Lovers. . . Let's Roll Brosist !!

Contact Me :
E-Mail : eno.anderson.ericko@gmail.com
Facebook : Ericko Anderson

Follow Twitter EA’s Blog

EA's Blog Statistik

  • 2,702,347 Hits, Thanks Brosist.....

Member Of

INDOMOTOBLOG

Eno Anderson

Paguyuban Juragan Blogger Jawa Barat

Kalender Arsip EA’s Blog

Maret 2013
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Dulur D’Gujubar


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 728 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: