Analisa Penjualan Yamaha New Vixion Lightning vs Honda CB150R Streetfire !

 

CBSF vs NVL

 

Sejak awal diperkenalkan, Yamaha New Vixion Lightning & Honda CB150R Streetfire memang sudah mengundang animo besar dri para konsumen tanah air. . . Terbukti segmen sport yang sebelumnya memble, Kini mulai terangkat pamornya lantaran persaingan antara kedua motor ini. . . Tak hanya persaingan di penjualan segmen sport, Bahkan hingga fansboy nya pun duel sengit nan panas terutama di awal kehadiran 2 Motor Ini. . .

Tentunya disini kita tidak akan debat kusir ataupun sebagainya ya Brosist, Pada artikel ringan ini kita akan membahas tentang data persaingan antara New Vixion Lightning & CB150R Streetfire. . . Bukan pula data dynotest yang penuh dengan intrik, Tapi data penjualan kedua motor ini sejak awal mula diperkenalkan akhir 2012 silam. . .

Seperti apa duel penjualan keduanya ?? Yuk kita intip bareng-bareng Brosist. . . . Cekdisott !!

 

 

Total Penjualan Semester I 2013

 

 

CBSF Old

 

Pada akhir tahun 2012 Honda CB150R Streetfire digadang-gadang mampu menjungkalkan eksistensi serta nama besar Yamaha Vixion di Pasar Sport Indonesia. . . Tak gampang brosist, Lantaran Yamaha Vixion sudah sangat lama menguasai segmen ini (istilahnya raja sport tanah air) tanpa ada satupun “effort” dari pabrikan lain untuk “mengkudeta” nya. . . Nah, Sosok CB150R Streetfire dengan basis mesin DOHC 4V fenomenal yang sudah lama malang melintang di jagad permotoran tanah air, digadang-gadang mampu mengkudeta Sang Raja dari Yamaha. . .

Namun semuanya menjadi semakin buyar saat Honda menegaskan target penerimaan CB150R yang ternyata tak sebesar NVL yang merupakan facelift dari Vixion Lawas. . . Terbukti, Pada semester pertama sejak lahirnya kedua motor ini (januari-juni 2013) , Penjualan New Vixion masih menjadi yang paling sukses !

 

Data Penjualan Yamaha NVL vs Honda CB150R Semester I 2013 :

 

Yamaha NVL  :  183. 106 Unit

Honda CBSF    :   77. 070 Unit

Selisih    :  106. 036 Unit

 

 

Total Penjualan Selama Tahun 2013

 

 

New Vixion

 

Berlanjut ke Semester kedua 2013, Kedua Motor ini tetap mencatatkan penjualan yang fenomenal Brosist !! New Vixion & CB150R tetap menjadi panglima terdepan dalam invasi segmen sport di pasar Indonesia. . . Namun, banyaknya kasus ataupun rumor masalah yang terjadi di CB150R membuat penjualannya kian tertinggal jauh dibandingkan NVL yang kembali sukses menjadi Raja Sport Indonesia. . .

Sebenarnya Yamaha NVL pun tak lepas dari sejumlah masalah. . . Sayangnya, Saat itu Honda seperti belum memanfaatkan beberapa kelemahan NVL sebagai keunggulan dari CB150R Streetfire. . . Akhirnya, Banyak Bully & BC dari salah satu kubu fansboy yang menyebutkan bahwa “Honda hanya tertarik jualan skutik” yang ternyata masih didengungkan hingga saat ini. . . Walhasil, Selisih angka penjualan keduanya sepanjang tahun 2013 pun semakin melebar jauh Brosist !!

 

Data Penjualan Yamaha NVL vs Honda CB150R All-Time 2013 :

 

Yamaha NVL  :  470. 025 Unit

Honda CBSF    :   182. 942 Unit

Selisih    :   287. 083 Unit

 

Lanjutkan Ke >> Penjualan Semester I 2014, Duel Makin Sengit !!

 

58 comments

  1. yg menkudeta nvl yach r15 pada akhirnya.

    karena segment nvl itu yach segment r15 juga.

    bukan cb 150 sebagi pengkudeta.

  2. CB150R itu dari tangki BB hingga buritan bahkan joknya pun mengingatkan pada sebuah moge Honda yakni CBR650F yang pake fairing dengan cyclop eyes. Cakep Gan kalo difairing seperti kakaknya, dijamin. Apalagi kalo mesinnya diupgrade seperti K45 yang kuat tarikan atas-bawahnya plus ban gambot. Mini moge.

  3. Di facelift atuh CB nya, biar makin laris. hehe.

    Vixion bisa jadi kegerus dikit sm R15, karena ada 2 jenis org yg beli vixion:
    – emang demen motor naked streetfighter
    – demen gaya sport racy dengan harga terjangkau

    Nah orang-orang tipe kedua yang potensial beli NVL untuk disarungin (seperti ane) kebanyakan akan pindah ke R15. Walhasil potensi penjualan NVL berkurang sedikit.

    Sementara orang-orang yang beli CB150R kebanyakan orang-orang tipe pertama, makanya ane belom ngeliat CB150R yang disarungin jadi-jadian / dibikin nunduk dan lancip selama ini hehe. Kalo NVL sih sring digituin.

    Kalo analisis ini bener, keluarnya K45 nanti gak akan terlalu mengganggu penjualan CB150.

  4. Sampai kapanpun si CB150R tidak akan bisa mampu mengimbangi penjualan V-ixion,karena CB150R benar-benar motor banyak masalah yang belum juga teratasi sampai saat ini. Misal mesin klothok-klothok,headlamp meleleh,shock bocor,prolink patah,rangka teralis abal-abal berkarat,tanki tipis dan gampang bocor,gear rompal,swing arm prothol.
    Dan satu lagi,konsumen merasa dirugikan karena dijadikan kelinci percobaan oleh pabrikan AHM.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s