Musim Hujan Tiba ? Persiapkan Diri & Motor Kalian Brosist !

 

Bikers Hujan

 

Setelah terik matahari musim panas beranjak pergi, Kini waktunya musim penghujan di sisa tahun 2014 menyapa kita semua. . . Bagi Brosist sekalian yang merupakan sesama Bikers seperti EA’s Blog, Pastinya harus bersiap-siap nih… Pasalnya, di musim penghujan ini banyak sekali rintangan dan bahaya yang mengintai Bikers dan juga motornya. . .

Nah, Seperti apa sih persiapan yang harus disiapkan oleh para bikers dalam menghadapi musim penghujan ?? Yuk kita simak bareng-bareng aja Brosist, Sedikit tips ala EA’s Blog. . . Cekidots !!

 

Persiapan Motor

 

 

– Cek Kondisi Ban

 

 

Spacy 5

 

Ban merupakan salah satu komponen penting utama dalam menghadapi musim penghujan seperti sekarang ini. . . Nah, Sebelum menghadapi situasi hujan yang sering mendera, Ada baiknya brosist sekalian mengecek kondisi ban motor Brosist ! Ban yang alurnya sudah habis (baca : gundul) tentu akan memberikan resiko tergelincir lebih besar. . . Apalagi saat terjadi hujan, Otomatis jalanan akan menjadi sangat licin dan kadang karakternya sulit ditebak. . . Dengan mengganti ban yang sudah gundul, pastinya daya cengkram juga menjadi semakin mantap. . .

Oiya, Satu lagi ! Bagi brosist yang suka dengan tampilan ala “Thai Look” alias menggunakan ban kecil/cungkring, Alangkah baiknya jika di musim penghujan ini mengembalikan ke kondisi standard saja dulu. . . Pasalnya, Dengan ukuran yang jauh lebih kecil, Pastinya daya cengkram ke aspal pun semakin payah, Apalagi dengam kondisi aspal yang licin selepas hujan. . . Kondisi ini tentu bisa membahayakan bagi diri sendiri, serta bikers lainnya tuh Brosist. . .

 

 

– Cek kondisi Busi & Kabel Busi

 

 

Busi

 

Setelah ban, Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan Brosist saat menghadapi musim hujan adalah kondisi busi. . . Busi sebagai komponen utama pengapian, seringkali menjadi biang kerok mogoknya motor di musim hujan. . . Pasalnya, Busi terletak di bagian yang rentan bersentuhan langsung dengan air hujan (apalagi di motor bebek). . .

Selalu cek kondisi busi & kabel busi motor Brosist sekalian. . . Pastikan busi dalam kondisi baik & kabel busi tak mengalami getas. . . Sebagai langkah pencegahan motor ngadat selanjutnya, Selalu sediakan busi cadangan yaa Brosist. . . Harganya gak mahal koq, Lagipula ukurannya yang kecil memungkinkan untuk disimpan di bagasi bawah jok. . .

 

 

– Cek Kondisi Rantai

 

 

Rantai

 

Bagi Brosist sekalian pengguna motor sport atau bebek, Rantai haruslah menjadi fokus selanjutnya. . . Di musim penghujan, Kondisi rantai akan menjadi sangat rentan bermasalah. . . Mulai dari bunyi-bunyian yang mengganggu, karat yang menghinggap, hingga rentan mengendur yang jika dibiarkan tentu akan sangat menyusahkan Brosist sekalian. . .

Usahakan membersihkan rantai, serta mengecek kerenggangan rantai secara rutin di musim penghujan. . . Cukup bersihkan bersamaan saat Brosist mencuci motor, kemudian cek kerenggangan & lumasi dengan cairan khusus rantai (chain lube). . .

 

 

– Yuk, Kita Cuci Motor !

 

 

Cuci Motor

 

Pernahkah Brosist mengendarai tunggangan kesayangan dalam kondisi kotor penuh lumpur ala musim hujan ?? Nah, Coba bandingkan dengan riding bersama tunggangan di kondisi yang kinclong alias bersih mengkilap ?? Tentu berbeda bukan ??

Karena tak dapat dipungkiri, Kotoran yang menempel di motor Brosist pasti menyebabkan kinerja beberapa bagiannya terganggu. . . Terlebih, Air hujan yang mengandung asam mampu membuat cat body motor kita cepat kusam serta bagian logamnya cepat berkarat. . . Hasilnya ? Kenyamanan kita saat riding akan berkurang tuh Brosist !

Nah, Alangkah baiknya bila kita membersihkan motor kita secara teratur, Terlebih selepas diguyur hujan tuh brosist. . . Selagi mencuci motor kesayangan, Perhatikan dan bersihkan secara seksama bagian Rantai (untuk motor yang menggunakan rantai), Area pengereman (Disc Cakram & Kaliper), Knalpot (Leher & Silencer) & Suspensi. . . Bagian tersebut adalah bagian yang sangat rentan ditempeli kotoran dan akhirnya mengurangi kenyamanan. . . Last but not least, Jangan lupa mencuci saat kondisi mesin sudah dingin, serta gunakan shampoo khusus cuci motor. . .

 

 

Lanjutkan Membaca >> Tips Persiapan Untuk Bikers !

Β 

31 comments

  1. wahh saya sering banget tuh pas kerja di GTman, kalo ujan deres tiap mau balik pasti banjir, ane mah langsung terjang aja walu banjir’a tinggi yg penting jangan ampe pelan πŸ˜€

  2. “Sendal Jepit (Sebagai pengganti sepatu kala hujan, biar nggak cepet kotor/basah)”
    usul kang, sekarang kan ada cover sepatu (shoes rain cover).. karena riding pake sendal jepit imho tentu kurang safety.

  3. justru, kang, riding pas ujan itu sensasinya dapet bgt. Riding slow, perlengkapan lengkap, sambil dimandiin ma alam. Awas lubang janda *eh jalan. Hahaha.

  4. di warung lain dapet info motor.. di warung ini dapet pengetahuan motor.. heheh artikel nya udah kayak presentasi. good job!
    ditunggu artikel history bike yang lain bro..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s