Merknya JAWA, Tapi Motor Ini Bukan dari Indonesia

JAWA MOTO: REBORN

Maju 2 dekade kemudian, nama JAWA kembali dihidupkan oleh Classic Legends yang merupakan bagian dari Mahindra Group di India. Proses yang dimulai tahun 2016 ini akhirnya selesai pada November 2018, dan langsung jadi project baru buat motor produksi masal di Negeri Bollywood.

Tapi motor JAWA yang diproduksi di India ini beda spek sama yang terakhir diproduksi di Ceko ataupun India era 70-an dulu. Motor JAWA sekarang sudah pakai spek yang lebih modern, dengan mesin 4-Tak, injeksi, plus spek ramah lingkungan lainnya.

Cuma butuh waktu 1 tahun, 100.000 unit motor bermerk JAWA ini habis di booking sama calon konsumen disana. CEO nya Anand Mahindra bahkan bilang kalau pabrik JAWA di India itu kewalahan menghadapi permintaan konsumen yang begitu besar terhadap merek ini.

Tapi permintaan yang paling berbobot itu datang dari ex owner JAWA sebelumnya Jiri Gerle. Sebelum menjual brand ini ke Classic Legends, Gerle membuat satu permintaan khusus buat CEO Mahindra Group tahun 2016 lalu. Requestnya simpel, Gerle meminta Mahindra buat menjual motor JAWA versi reborn ke Republik Ceko – alias rumah asli mereka sebelumnya.

Dan amazingnya, CEO Anand Mahindra membalasnya dengan gesture yang bisa dibilang cukup menyentuh. Di bulan Oktober 2019, atau persis 90 tahun setelah brand ini diresmikan sama Franticek Janecek, motor JAWA secara resmi mendarat di Republik Ceko. Kemudian yang bikin tambah nostalgic, pabrik JAWA sebelumnya yang ada di Ceko, dipugar ulang dan dijadikan museum sebagai sarana pembelajaran ke generasi muda Ceko. Now that’s sweet!

Dan sekarang, generasi baru motor JAWA rutin nongol di film-film India keluaran terbaru. Persis kayak yang sebelumnya sudah kejadian di era 70-an. Dan brand ini kembali jadi salah satu yang paling bersinar di India, lagi, persis seperti yang dulu juga pernah kejadian.

Life comes full circle.

7 comments

  1. ………..
    Kecuali kalau kalian salah satu yang pantengin terus tulisan di ENOANDERSON.COM, you Rockstar!

    ……..gimana mau nge-rock……..
    La kang eno nya sering ngilang

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s