Merknya JAWA, Tapi Motor Ini Bukan dari Indonesia

JAWA MOTO – THE RISE AND FALL

ESO 500 GP

Sebelum ikutan balap GrandPrix, JAWA Motor terlebih dulu melakukan persiapan secara matang. Dan yang saya maksud persiapan disini maksudnya adalah mengakuisisi pabrikan mesin balap, yang namanya adalah ESO, dari kubu Soviet juga, supaya mereka bisa pakai mesinnya. Jadi tugas JAWA itu ya ibaratnya cukup bikin sasis yang bagus doang, job done.

Tapi bahkan dengan tugas yang kelihatan gampang buat sebuah manufaktur motor tadi, JAWA masih kelimpungan. Sasis yang mereka racik kelihatan bulky, berat, plus nggak ramah sama sekali secara handling. Ditambah lagi, karena pakai mesin yang bisa dibilang generic, alias sudah dipakai sama banyak tim balap waktu itu, horsepower juga bukan jadi sahabat baik mereka.

Lebih berat secara bobot, power jauh ketinggalan dari kompetitor, nah sudah jelas kan hasil akhirnya gimana? Ya, jangankan buat ngejar MV Agusta, bahkan sama tim kecil Inggris yang mesinnya beli lisensi dari ESO pun mereka kalah. Ditambah sama debut tim dari Jepang yang inovasinya super ngebut, di awal era 60-an JAWA harus pulang ke Cekoslovakia dengan kepala tertunduk.

Tapi di akhir musim 1964, jurnalis majalah Motorcycle News John Dixon mengabarkan kalau JAWA bakal pindah ke mesin 2-Tak. Dan yang dipakai JAWA, ternyata adalah salah satu tipe mesin 2-Tak yang paling susah diaplikasikan ke motor balap. Tanya Yamaha kalau nggak percaya.

Detail soal motor balap JAWA ini kita bahas di materi terpisah ya… Pokoknya spoilernya, motor balap JAWA ini bahkan mampu bikin duo legend kayak MV Agusta bareng Giacomo Agostini, itu sempet ketar-ketir sama performanya.

Jawa 350-V4 Type 673

So singkat cerita, setelah nyadar kalau balapan GrandPrix itu terlalu mahal buat pabrikan minoritas kayak JAWA, mereka akhirnya stop ikutan balap sejagad tadi. Kemudian memutuskan buat ikutan level balapan yang lebih murah & menjanjikan kayak Motocross. Di era selanjutnya, JAWA tetap fokus jualan motor dengan spek tradisional tapi durable.

Kemajuan JAWA makin kelihatan sewaktu motor ini dibawa ke India buat diproduksi secara lokal disana mulai era 70-an. Populasi India yang berkembang sangat cepat, plus kebutuhan alat transportasi yang durable bikin nama JAWA jadi sesuatu yang dipuja-puji sama konsumen disana… Khususnya dibagian selatan India. Bahkan sampai punya cult following sendiri lho merk yang satu ini.

Nah jadi udah mulai ada gambaran kan ya, kenapa Mahindra mati-matian ngusahain beli merk dagang JAWA buat direborn ulang beberapa tahun yang lalu. Ada alasannya juga ternyata.

Anyway, penjualan brand motor JAWA yang diproduksi di Ceko juga nggak kalah mentereng. Produk baru mereka California, bareng produk legend sebelumnya Perak, tetap jadi yang paling dipilih sama konsumen. Oiya selain di India, JAWA ini juga punya fansbase sendiri di regional Amerika Latin. Pokoknya everybody gangsta, sampai 2 momen di tanggal 26 April 1986 & 7 Desember 1988, bikin semuanya berubah.

Insiden Chernobyl dan Kontroversi Gempa di Armenia bikin pamor Soviet langsung turun drastis. State yang sebelumnya jadi komrade mereka pun memaksa buat bikin negara sendiri secara berdaulat. Dan di tahun 1993, ini juga yang terjadi ke Cekoslovakia yang terbelah ke kubu Ceko dan Slovakia. Kondisi ini bikin divisi racing JAWA harus memisahkan diri dari karena lokasinya sekarang ada di 2 negara yang beda.

Perpecahan ini juga jadi biang kerok menurunnya penjualan JAWA di awal tahun 90-an… Selain gempuran motor Jepang & Eropa yang makin canggih juga tentunya. Kondisi ini bikin JAWA terdesak dan akhirnya menyetop produksi motor di tahun 1996.

7 comments

  1. ………..
    Kecuali kalau kalian salah satu yang pantengin terus tulisan di ENOANDERSON.COM, you Rockstar!

    ……..gimana mau nge-rock……..
    La kang eno nya sering ngilang

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s