Mengapa Bebek Berkopling Manual Kini Makin Langka & Tenggelam ?

shogun sp.jpeg

Ngomongin bebek emang ga ada matinya, Dari mulai bebek entry level seperti Yamaha Vega Force, Honda Revo FI & Suzuki Shooter FI, Hingga kumpulan Bebek Super Seperti Yamaha New Jupiter MX, Honda CS1 & Suzuki Satria F150. Biarpun kini penjualannya makin tenggelam oleh jajaran skutik yang kian laris manis, Namun apa salahnya kalau kita bahas Segmen yang pernah menjadi Raja jalanan Tanah Air ini. Terutama jajaran bebek Berkopling manual yang kini semakin langka dan hanya bisa dijumpai di Produk Bebek super yang harganya juga……Super.
Yuk, Mari kita bahas bersama Brosist ! Here We Goooo

honda+supra+xx+2003.jpeg
yamahaf1zr.jpeg
Honda Supra XX & Yamaha F1ZR, Bebek Berkopling Manual yang kini makin tenggelam ditelan masa

Sejak era bebek 2 Tak Mesin Tidur dengan Kopling Manual macam Yamaha F1ZR. Hingga era bebek 4 Tak Mesin Tidur dengan Kopling Manual Layaknya Honda Supra V/XX, Suzuki Shogun 125 SP, Suzuki Shogun Axelo R, TVS Neo, TVS RockZ. Kini hampir sudah jarang ditemui produk baru bebek mesin tidur yang menggunakan Kopling Manual. Terakhir yang terdengar di telinga EA’s Blog adalah Suzuki Shogun Axelo R & TVS RockZ, Itupun penjualannya entah kemana alias nggak laku-laku amat ( Menurut EA’s Blog Bukan karena kopling manualnya loh, Tapi karena yang satu desainnya ga menarik, Sementara yang satunya lagi karena brand nya belum cukup besar ). Sebenarnya Banyak produk bebek Kopling Manual yang juga laku keras dibanding Versi Kopling Otomatisnya , Brosist bisa tengok Suzuki Shogun SP vs Shogun RR, Contoh Lainnya Jupiter MX M/T vs Jupiter MX A/T. Masih kurang ? Tengok tuh Penggantinya Shogun SP alias Suzuki Axelo R vs Axelo S. Mana yang lebih diminati ??? Dari sini sudah jelas kan ? Bebek Berkopling Manual, Banyak Peminatnya !

suzuki+shogun+axelo+r+125cc.jpeg
Suzuki Shogun Axelo 125, Bebek 125cc Kopling Manual Terakhir

Namun entah mengapa, Kini Pabrikan justru mengabaikan sektor tersebut. Justru kini Perbedaan Varian dari satu produk hanya melulu di soal Velg, Fitur, Warna, Stripping atau Bullsh** lainnya. Walhasil tidak sedikit Bikers yang mengaplikasikan Kopling Manual Aftermarket yang saya kira justru malah Memperpendek Usia Mesin Motornya . Syukur-syukur Bikersnya mengerti seluk beluk Mesin dan Bengkel yang mengerjakan sudah ahli dan pengerjaannya rapi. Nah kalo yang masih awam alias belum banyak pengalaman ? Niat supaya akselerasi tunggangan bertambah, Justru malah pengeluaran yang bertambah, Itu belum ditambah aspek standar yang makin memperpendek usia mesin. EA’s Blog sendiri pun pernah merasakannya di Honda New Supra Fit Lansiran Tahun 2006 pemberian Ortu. Saat itu saya pribadi yang memang masih sangat sangat sangat sangat awam seluk beluk mesin akhirnya harus menyesal karena terlanjur pasang Kopling Manual Aftermarket . Problem seperti Oli Rembes dari Area Blok Kopling, Suara aneh dari Cylinder Head sampai Kabel Kopling yang Putus ditengah jalan sudah sering saya jumpai. Nah, Kalau seperti ini sih kata pepatah, Mau Untung Malah Buntung. Ckckck

suprax kopling.jpeg
jupi kop.jpeg
jupi kopling.jpeg
Sedikit contoh dari rasa “Ketidak puasan” Konsumen terhadap Varian Produk

Nah, Apakah Pabrikan kini tak lagi mementingkan aspek yang diinginkan Konsumen ? Tentunya biaya pembuatan varian Kopling Manual Alias Manual Clutch Alias M/T tak semahal membuat Produk Baru, Dan hasil keuntungan yang didapat dari Varian M/T pun cukup menggiurkan mengingat kiprah Varian M/T hingga saat ini. Namun Mengapa Pabrikan justru menutup mata soal hal ini ? Padahal ada beberapa produk yang EA’s Blog Rasa Memiliki Potensi Besar untuk diberikan Opsi Varian M/T . Apa Saja Produk itu :

1. Yamaha Jupiter Z1
2. Honda New Blade (Atau New Blade 125 PGM-FI yang Segera Meluncur)
3. Honda Supra X 125 PGM-FI
4. Suzuki Raider J 115 FI
5. Kawasaki Edge 110
6. Kawasaki Athlete 125

Mengapa Produk Bebek Hemat tidak EA’s Blog Sertakan ? Karena sesuai dengan fungsi dan keperluannya, Bebek Hemat TIDAK HARUS ada opsi Kopling Manual. Yang lebih dibutuhkan oleh Bebek Hemat adalah Fungsionalitas, Irit BBM, Tangguh, Bandel & Siap Diajak Bekerja Keras. Oleh karena itu, Semoga dengan hadirnya Postingan di Blog Sederhana ini, Masing-masing Pabrikan bisa mempertimbangkan soal Varian M/T dari suatu Produk yang akan diluncurkan. Seperti kata bijak yang satu ini, Lebih Baik Terlambat Daripada Tidak Sama Sekali.

Nah, Demikian sedikit tulisan atau bisa dibilang uneg-uneg EA’s Blog yang juga berperan sebagai Konsumen.
Jika ada yang ingin menambahkan Varian Bebek Kopling Manual yang tidak sempat atau lupa EA’s Blog Sertakan dalam Postingan diatas beserta Saran dan Kritiknya, Monggo ditunggu dikolom komentar yaa Brosist.
Semoga Bermanfaat…..

00Posted By Bung Eno with WP For Android

18 comments

    • Bisa jadi sih bro, Tapi kalo ada bebek 15jt yang tampang keren, Fitur mantep ditambah Kopling manual…. Kan lebih baik bro, Walaupun rada ngarep….hhhheeee
      Btw, Thankyu banyak buat masukannya….

  1. Populasinya kalah dengan Bebek Jupiter berkopling punya manual X1 Om….punyaku masih segar bugar itu jupe kelahiran 2004 dengan kopling X1….

    • Iya juga ya, Banyak bgt seliweran Jupi / Vega pake blok Kopling Manual…. Tanda pabrikan kurang perhatian sama konsumen, Semoga mereka baca artikel ini… Hhheee

      Wah, ane suprafit 2006 blok SND kang… Sayang udah dilego buat dituker ama spacy.Moga Sehat terus kang jupi n ownernya… Thankyyu udah berkunjung….

      • Ho oh Om… Terasa spt nambah torsi….
        Amin Alhamdulillah…sama sama ya Bro…. Semoga di beri kesehatan selalu….
        Supra Fit yo enak ko’ Om.. Aku sering pake motor itu,,, enteng….irit juga motornya….
        Apapun motornya yg penting selalu Sehat dan Rukun tentunya ya Om….
        Perbedaan di dunia maya yaaahhh…buat seru seruan ajah hehehe…. Lanjuuuut Juragannn…

  2. Betul sekali,sy dl pernah pake shogun sp 2005,sy sangat puas sekali dengan seluruh fitur2 nya.mulai dari dobel disk(waktu itu cuma suzuki yg ada),transmisi gigi manual,bagasi luas,security shuter,dll.tp sayang tanpa elektrik starter,trus spare part nya rada mahal dan untu jambi agak susah nyari nya(mesti indent).mudah2an dr pabrikan(terutama pabrikan jepang) ada perhatian untuk pecinta bebek manual.karena segmen ini sngat menjanjikan.

    • Shogun 125 SP Old atau New Shogun 125 SP emang udah memikat mata ane dari jaman SMP dulu kang… Bebek layak beli dah pokoknya selain HSX125… Sayang kini gantinya produk gagal si Axelo itu tuh…

      Nah betul sekali kang, Varian Kopling Sangat Menjanjikan… Sayang pabrikan pada budeg atau gimana tuh matanya… Hhheee
      Thanks udah mampir

  3. Betul sekali,sy dl pernah pake shogun sp 2005,sy sangat puas sekali dengan seluruh fitur2 nya.mulai dari dobel disk(waktu itu cuma suzuki yg ada),transmisi gigi manual,bagasi luas,security shuter,dll.tp sayang tanpa elektrik starter,trus spare part nya rada mahal dan untuk jambi agak susah nyari nya(mesti indent).mudah2an dr pabrikan(terutama pabrikan jepang) ada perhatian untuk pecinta bebek manual.karena segmen ini sngat menjanjikan.

  4. sebenarnya klo bwt jupz1, blade fi 125 itu cocok jg pke kopling krn disegnnya jg mndukung krn typenya sporty dn dtujukan bwt kaum muda, tp klo supra x pgm-fi kyanya gk cocok dh krn dri model motornya aj mngarah ke motor keluarga yg mmbutuhkan kemudahan dn kpraktisan bwt keprluan shari2, mksud ane bkannya supra x gk bsa pke kopling manual, tp krn dliatnya krang cocok aj, krn biasanya yg pke kopling itu yg modelnya mngarah ke sport sprti NJMX,Stria fu,cs1,axelo dll! itu klo mnrut ane y..klo mnrt yg lain yo wis…!!

    • Harusnya sih demikian masbro, , Z1 & Blade emang karakternya lebih sporty dibanding sesamanya… Harusnya sih dipasang varian kopling manual (M/T), , seperti kasus Axelo & Shogun SP….

  5. athlete sekarang juga ada kopling manual,om.oh ya,sebenarnya saya juga berharap ada blade dan jupiter z1 yg kopling manual(kalau bisa 1-n-2-3-4 persneling).soalnya saya terbiasa kopling manual.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s