Harley-Davidson RR 250, Spesialis Juara Dunia MotoGP Dari Amerika !!

HD Main

Holla Brosist. . . . Bingung yah lihat judulnya ?? Brosist sekalian ada yang tau kalau Harley-Davidson (HD) pernah ikut serta di Kejuaraan MotoGP ??

Nah, Sepertinya bila kita meraba masalah MotoGP, Pastinya yang kita kenal adalah Superioritas kwartet Pabrikan Jepang & Pabrikan besar Italia layaknya MV Agusta, Ducati dll. . . Tapi, Sebenarnya pabrikan asal Amerika yang terkenal dengan motor V-Twin bersuara eksotisnya pernah ikut serta di Kejuaraan MotoGP loh. . . Yaa ! Harley Davidson pernah ikut serta di Ajang MotoGP pada era 1970-an, Yang lebih bikin heboh lagi, Ternyata Harley-Davidson berhasil menjadi Juara Dunia MotoGP selama 3 Tahun Berturut-Turut bersama motor Andalannya, Harley-Davidson RR 250. . .

 

Seperti apa sih Sejarahnya HD di kancah MotoGP ??

Terus seperti apa sih detail Jagoannya si Harley RR 250 itu ??

Yuk kita simak infonya bersama-sama Brosist, Cekidots yahh !!!

 

HD Nose

Kembali ke era 1970-an, Harley-Davidson memulai ekspansinya menuju berbagai ajang balap dunia termasuk yang paling tinggi derajatnya yakni WorldGP (Sekarang MotoGP). . . Tujuannya jelas, Yakni untuk membuat image brand HD saat itu meningkat lantaran berbagai gempuran yang baru dimulai oleh para pabrikan Jepang di pasar Roda dua Amerika. . . Lantas, bagaimana caranya pabrikan yang terkenal dengan Mesin V-Twin berperforma touring ini mampu ikut serta di kejuaraan yang diikuti oleh motor spek super tinggi plus biaya mahal ??

Jawabannya adalah Aermacchi, Pabrikan asal Italia yang sudah lama malang-melintang di kancah WorldGP. . . Pada akhir era 1960-an, Harley Davidson sukses mengakuisisi 50 persen Pabrikan Aermacchi lantaran ingin melebarkan jangkauannya di benua biru sekaligus mengembangkan mesin Aermacchi ke HD yang kala itu terkenal akan kencangnya. . .

 

HD 1972 Front

Pada tahun 1971, Pabrikan Harley-Davidson mulai mengikuti kejuaraan balap paling bergengsi di Dunia MotoGP dengan base mesin Aermacchi. . . Berbekal mesin 2-Tak 250cc Parallel-Twin, Air-Cooled yang didesain oleh Desainer Aermacchi William Soncini, Harley-Davidson RR 250 berhasil mencatatkan hasil yang lumayan pada musim keduanya berkat raihan 3 juara seri MotoGP dan 5 Podium dengan pebalap asal Italia Renzo Pasolini. . . Pasolini juga berhasil mencatatkan hasil yang gemilang bagi HD dengan merebut runner-up MotoGP kelas 250cc, Dan menjadi pesaing berat Giacomo Agostini sang penunggang MV Agusta di kelas 350cc bersama Harley RR 350 (Versi Bore-Up RR 250). . . Tragisnya, Pasolini harus tutup usia karena kecelakaan di GP Monza, Italia pada 20 Mei 1973. . .

HD Pasolini

Renzo Pasolini bersama Harley-Davidson RR 250

 

Akhirnya pada tahun 1973, Posisi Pasolini digantikan oleh pebalap asal Italia lainnya Walter Villa. . . Pada tahun ini, Harley RR 250 mengalami beberapa perubahan yang signifikan yakni ditambahkan pendingin-cairan (Liquid-Cooled) menggantikan sirip air cooled pada musim sebelumnya. . . Ubahan ini membuat HD RR 250 menjadi jauh lebih ringan dan sempurnanya daya tahan mesin selama balapan berlangsung. . .

Pada tahun 1974, Walter Villa dan Team AMF Harley-Davidson (Team Factory HD) kembali mengusung perubahan pada RR 250. . . Kini Disc-Brake “Campagnola” dipercaya sebagai otak pengereman di bagian depan, Menggantikan Drum-Brake pada edisi sebelumnya. . . Hasilnya pun menakjubkan, Harley-Davidson RR 250 mampu mengantarkan Walter Villa menjadi Juara Dunia MotoGP kelas 250cc pada tahun 1974 dengan catatan sebagai 4 kali juara Seri. . . Waoww !!

HD Comb

HD Walter Villa

Harley-Davidson RR 250 bersama Walter Villa

 

Yang jauh lebih fantastis lagi, Harley-Davidson beserta Walter Villa juga berhasil menjadi Juara Dunia kelas 250cc pada tahun 1975 & 1976, Yang berarti Juara Dunia selama 3 tahun berturut-turut. . . Tak hanya itu, Harley RR 350 yang merupakan versi Bore-Up dari RR 250 juga berhasil tercatat sebagai Juara Dunia MotoGP kelas 350cc masih bersama Walter Villa. . . . Edyanssss !!

 

HD Speedo

 

Akhirnya, Musim pamungkas Team Harley-Davidson terjadi di tahun 1977. . . Sebenarnya, Mesin Harley RR 250 ini masih terus dikembangkan hingga tahun 1980, Bahkan powernya meningkat hingga 58 HP berkat Karburator Dell’Orto Baru. . . Namun sayangnya RR 250 saat itu hanya dipakai oleh Team Balap Privateer dengan Nama Pabrikan HD-Cagiva (Gabungan Harley & Cagiva) , Yang setelahnya berubah menjadi Pabrikan Cagiva. . .

 

Sebagai Tambahan, Nih dia EA’s Blog berikan Sedikit Spesifikasi Harley-Davidson RR 250. . .

 

Manufaktur : Harley-Davidson (Originally Aermacchi)

Model : RR 250 “Sprint”

Tahun : 1971 – 1980

Class : WorldGP (MotoGP)

 

Engine : 2-Tak, Parallel-Inline 2 Silinder (Parallel-Twin), Piston-Port, Air-Cooled (Berganti Liquid Cooled sejak 1973)

Bore x Stroke : 56 x 50 mm

Kapasitas Silinder : 246 cc

Rasio Kompresi :   12 : 1

Sistem Penyuplai BBM : 2 x Karburator Mikuni VX 30mm (Berganti ke Dell’Orto 32 mm sejak 1977)

Ignition : Magneto

Transmisi : 6-Speed, Close Ratio, Dry-Clutch

Max Power :  50 HP @ 11.400 RPM (Sejak 1977 -1980 = 58 HP @ 12.000 RPM)

Max Torsi :  30,5 N.m @ 10.250 RPM

Top Speed : 240 Km/h

 

Frame : Bimota-Aermacchi Tubular Steel

Kapasitas Tangki BBM : 19 Liter

Berat Kosong : 112 Kg

Suspensi Depan : 34mm “Ceriani” Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Marzocchi Twin Girling Shockbreaker

Rem Depan : “Ceriani” Drum Brake (Berganti Campagnolo Disc Brake sejak 1974)

Rem Belakang : “Ceriani” Drum Brake

Ban Depan : 3.00 – 18

Ban Belakang : 3.25 – 18

 

Well. . . Meskipun sering dicap sebagai bukan asli US, Namun tetaplah perlu diakui bahwa Harley-Davidson beserta RR 250 nya sangat layak untuk diacungi jempol. . . Seperti layaknya kata pepatah “Masih banyak jalan menuju Roma”, Tak harus riset ulang besar-besaran untuk menjadi Juara, Tapi hanya dengan menggabungkan 2 Kekuatan saja Harley-Davidson mampu menjadi Juara Dunia MotoGP, Bahkan tercatat hingga 3 kali Berturut-turut. . . So, Tak berlebihan layaknya bila EA’s Blog memberikan Tagline :

“Harley-Davidson RR 250, The US-Italian Race Invasion”

HD Last2

 

Oke, Sekian dulu yang bisa EA’s Blog share dalam kesempatan kali ini. . . Semoga artikel sederhana ini mampu menambah Inspirasi ataupun Pengetahuan Brosist sekalian. . . Aminn 😀

Jangan Lupa, Keep Always Update bareng EA’s Blog ya Brosist. . . . See yah !!

41 comments

  1. kereeeennn jg si HD.. andai saja amrik mau lagi bikin motor khusus buat balapan di motogp.. ga akan sulit bg amrik ane rasa, wong bikin pesawat antariksa bisa bingit apalagi kalo cuma bikin motor.. tapi sprtinya amrik kurang tertarik sama motogp ya?
    btw 2 jempol utk bro eno yg suka nulis2 artikel2 ttg motor2 lawas yg dpt mmbuat mata pembaca terbelalak skligus menambah wawasan para pembaca. salut.. keep up the good work and the brotherhood! 🙂

    • Amrik mah tinggal sekedipan mata juga jadi ya masbro. . . Tapi kalo HD sih kayaknya susah, soalnya butuh dana yg gila2an buat riset GP dari awal. . .

      Wahh, terima kasih banyak massbroo buat jempolnya. . . Semoga para pembaca yg lain juga bisa terhibur & bertambah wawasannya juga, aminn. . . Thanks banyak masbroo 😀

    • HD fairing selain nu ieu masih aya koq mang asep. . . Lamun era ayeuna nu model Naked-Bike ge aya, Model XR-Series. . . 😀
      Hahahaa, Neangna dari sumber orang luar soalna. . . 😀

  2. Mangstabh lah ulasan historis na, jadi bertambah terus yeuh ke ilmuan tentang motor.. lanjut kang bro..

  3. tetep aja mesinnya bukan buatan harley….dan faktanya aermachi sdh bangkrut gak mampu bersaing dgn motor jepang…mana ada sejarahnya harley bikin mesin canggih dan kencang…mau adu teknologi sama motor jepang dan eropah?
    ngimpi aja kamu harley….

      • mungkin dulu aermachi dah mau koit, dengan membeli aermachi mungkin harley berpikir bisa dapat alih teknologi supaya bisa bikin mesin dengan teknologi yg sejajar sama jepang n eropah….

      • jadi ingat kegagalan harley yang bikin vr1000 buat adu kebut dengan honda dan ducati di AMA superbike akibat mesin vr1000 yang lambat dan getarannya sangat besar….akhirnya cabut dari AMA sampe sekarang

      • putaran mesin harley-aermachi rr250 cuma sampai 14000rpm , bandingkan dengan honda rc161 yang pada tahun 60an sudah bisa sampai 22000rpm

  4. koreksi bro
    kalo ente sebut MotoGP kayak nya tidak tepat
    karna era MotoGP adalah baru dimulai th 2002 yaitu era 4tak berkubikasi 990cc atau 2 tak 500cc, dmn th 2003 smua motor dah wajib pake 4 tak.
    menurut determinasi, sudah beda antara world GP dgn MotoGP
    so mungkin judul yg lebih tepat adalah “Harley-Davidson RR 250, Spesialis Juara Dunia Kelas Primer Dari Amerika !!
    utk konten nya joss gandoss kotos kotos…
    like this
    keep roarring bro…!!!

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s