Spesial : Ini Dia Mitos & Anggapan Unik Seputar Roda 2 Kiriman Pembaca !

 

Mitos Unik

 

Di artikel Mitos & Anggapan Unik Dunia Roda 2 Silam… EA’s Blog sudah membahas tentang beberapa hal unik yang kadang sudah mendarah daging di konsumen tanah air. . . Nah, Tanpa diduga… Ternyata banyak pembaca & komentator Blog sederhana ini yang turut memberikan kontribusi loh Brosist. . . Mereka menyampaikan Mitos & Anggapan Unik yang beberapa diantaranya terlewat oleh EA’s Blog. . .

Penasaran apa sajakah Mitos seputar Roda 2 kiriman para pengunjung setia EA’s Blog tersebut ?? Yuk, Langsung aja kita cek Brosist…. Cekdisot !!

 

 

Makin Panas, Mesin Honda Justru Makin Bertenaga ??

 

 

Mesin CBR

 

Mitos ini masih sering EA’s Blog dengar dari beberapa kalangan Bikers tanah air. . . Yakni, Benarkah saat mesin motor Honda panas, Performanya bakal naik pesat ketimbang saat mesin adem ayem ?? Loh, Koq bisa gitu ya ?

 

Jawaban :

 

Ini adalah sebuah mitos yang bisa EA’s Blog bilang gokil banget ! Faktanya, Semakin panas mesinnya… Semakin overheat pula motor tersebut. . . Yang berarti performa bakal menurun, Oli berkurang, Konsumsi BBM meningkat, bahkan bisa berakibat mogok !!

 

Selidik punya selidik, Ternyata ini adalah Mitos Jadul yang terbawa-bawa sampai sekarang nih Brosist. . . Dahulu kala, Honda yang terkenal akan motor 4-Tak nya, memang terkenal Superior diantara kwartet Jepang lainnya yang rata-rata masih berbekal mesin 2-Tak. . .

 

Dan saat kwartet pabrikan jepang tersebut serentak beralih ke mesin 4-Tak (Sebelum ada teknologi pelapisan dinding silinder, seperti Diasil, Spiny Sleeve, dll)… Honda dinilai tetap yang paling efisien dalam pembuangan panas mesin. . .

Hal ini dikarenakan pada Produk Honda biasanya dilengkapi tebal blok silinder yang lebih tipis, serta liner silinder lebih dekat ke baut tusuk sate, dibanding Brand Motor lainnya (Contoh, Supra 100 vs Jupiter vs Shogun… Bahkan hingga ke generasi Mio Lawas vs Beat Karburator). . . Ini tentu punya plus minus tersendiri, Karena bagi para pakar Oprekers atau penggila Bore Up, Mesin Honda ini sulit untuk bisa dibore up ekstrim… Kecuali dengan metode headswap atau membuat blok silinder baru. . .

 

Kalau sekarang sih kenyataan nya, Apabila mesin motor melebihi suhu optimum yang dibutuhkan untuk Kinerja Mesin…. Pasti bakal mengalami gejala overheat, mesin tak bertenaga, bahkan bisa sampai mogok !

 

Baca Mitos Unik Selanjutnya >>Β Ban Tubeless Lebih Baik dibanding Ban Biasa ?

Β 

Iklan

55 comments

  1. mitos spare part kawasaki mahal

    -> spare part motor laen ada yang KW murah, kawasaki nggak ada semuanya ori makanya mahal

    mitos spare part kawasaki susah

    -> enggak tau spare part kanibalannya aja. banyak yang sama kayak motor lain.

    mitos agun fbk berbulu repsol

    -> itoe betoel adanja

      • faktanya spare part kawak (baca: zx130) sering habis kalau di dealer resmi

        misal kampas kopling zx130, bisa dipake sama tiger, mx, apache, bahkan supra, dan performanya katanya lebih bagus

        yang punya zx130 malah gigit jari keabisan stok… zxzxzxzx

  2. faktanya bnyk org yg tetap percaya klo Makin Panas Mesin Honda Justru
    Makin Bertenaga khususnya yg masa mudanya di era 80-90an…udh bbrp x ane udh jelasin alasan yg kayak bro bilang tsb…lahh malah ane dianggap sok tau. wkwk pdhl justru mereka yg mau dibodoh-bodohi pabrikan.

  3. Klo msh ada yg blg mesin honda makin panas makin jos, suruh copot aja radiatornya cb or cbr. Ganti ma talenan dapur. Wkwkwkak. Btw, kalo nabrak tikus gimana mang? Kan hama. Ngurangin populasinya berarti menyelamatkan lingkungan. OOT : ngerasa ga sh di banyak daerah tikusnya udh banyak bener? Keliatan dr bangkenya yg mojrot di tengah jalan.

    • wkwkwk, jalan 30 menit langsung bau hangus πŸ˜€

      Iya nih saya setuju, Tikus makin gak bisa dikontrol jumlahna… mulai dari bangkenya di jalanan, di got gang depan, sampe di rumah saya pun ada ! ckckck 😦

  4. Saya kira kuncinya ada pada rasio kompresi dan faktanya meski tidak semua tetapi rata2 motor tersebut kompresinya dipatok rendah dengan begitu sudah pasti control panasnya tentu saja lebih baik keuntungan lain mudah ditebak irit bbm dan awet kekurangannya pasti ketinggalan jauh dengan motor yg kompresinya dipatok lebih tinggi.

  5. honda mkin pnas mkin bertenaga emg bner adanya, ane penunggang tiger emg ngerasa gitu klo mesin dingin susah bawa larinya tpi klo panas beda critanya+ udara panas lbih enak,,, vario ane jga msin tiis mh gk karuan . πŸ˜€

  6. apik mas kata2 nya, berbobot dan enak dibacanya…. good job… lanjutkan berkaryanya….. πŸ™‚

    klo boleh mas, bahas artikel honda binter mercy atw sputaran honda gl-pro neo tech… suwun mas

  7. tapi satu mitos yang kurang,sudah di buktikan di jalanan langsung,dulu waktu smp di kampung ad orang ngebhut pake motor bebek,nabrak sapi,mentak ke got terus meninggal,lha klo mitis nabrak kucing bikin sial,nek “nabrak sapi lebih sial lagi”..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s