Suzuki GS1100, Superbike Flagship Suzuki, Tercepat di Eranya !!

 

GS1100

 

Brosist sekalian pernah mendengar tentang betapa digdaya nya Power milik  Suzuki Hayabusa (GSX-R1300), Hingga dikenal sebagai “King of Horsepower” alias “Motor Tercepat di Dunia” sebelum tahta nya digeser oleh Kawasaki ZX-14R ?? Jika Brosist mengetahuinya, Maka kali ini kita akan membahas mengapa Suzuki mampu menciptakan Mesin yang begitu Powerfull, Sehingga mampu menyabet gelar prestisius tersebut. . . Eits, Kita tak akan membahas tentang Suzuki Hayabusa, Tapi tentang “Mbah Buyut” nya Busa, Yakni Suzuki GS1100. . .

Seperti apa sih Detail serta Pernak-pernik nya ?? Yuk sama-sama kita bahas Brosist. . . Cekidotss !!

 

GS1100 Last

 

Di tengah badai penyetopan pengembangan teknologi 2-Stroke (2-Tak) akhir tahun 1970-an, Hampir semua Kwartet Pabrikan Jepang mulai mengalihkan Produk Flagshipnya menggunakan Mesin 4-Tak yang lebih ramah lingkungan. . . Honda membuat CBX1047 6-Silinder sebagai pengembangan dari Superbike Inline-4 Pertama di Dunia Honda CB750, Kawasaki Menciptakan Z1000/Z1 yang hingga saat ini kita kenal sebagai Masterpiece “Super Naked” dari Pabrikan Kawasaki, Serta Suzuki Menciptakan Flagship terbaru nya yakni Suzuki GS1100 sebagai penerus dari Suzuki GS1000. . . Hanya Yamaha saja yang masih mengandalkan RD-Series (2-Tak) untuk penjualan di Ranah Eropa & Amerika. . .

Baca Juga :

– Yamaha RD350 LC YPVS, City-Race Bike Super Sangar !!

– Suzuki RG500, Paduan Mesin Unik & Power Super Dahsyat !!!!

 

GS1100 4

 

Suzuki GS1100 pertama kali diciptakan pada tahun 1979 sebagai sebuah Refreshment dari GS1000 yang saat itu sudah keteteran melawan Jagoan Italia Benelli Sei 900, Teknologi Kawasaki Z1 serta Aduhai nya Mesin Honda CBX1047 6-Silinder. . . Sebagai Motor yang hadir sebagai penantang, Tentunya Suzuki GS1100 ini haruslah mempunya Spek yang Brilian. . . Apalagi yang dilawannya adalah kompetitor kelas dewa dengan Reputasi dan Tingkat kepopuleran tinggi. . .

So, Saat itu development besar-besaran dilakukan oleh Suzuki dengan membuat Frame, Mesin serta Kaki-kaki anyar. . . Dalam proyek pengembangannya, Suzuki tak hanya menginginkan motor yang cepat ! Namun juga harus memiliki ability yang lincah di Tikungan, Daya tahan tinggi, Serta tentunya Berkualitas. . .

Baca Juga :

– Kawasaki Z1, Z-Series Pertama di Dunia !!

– Benelli Sei 750, Inline-6 Silinder Fully Taste of Italia !!

 

GS1100 3

 

Walhasil, Terciptalah Suzuki GS1100 ini sebagai sosok Superbike Flagship Baru dari Suzuki. . . FYI : Sebelum Suzuki menggunakan Nama GSX – Series sebagai Superbike dengan kasta tertinggi, Pabrikan berlogo S ini menggunakan Klan GS – Series sebagai Superbike Flagship, Masa Transisi GS-Series ke GSX-Series akan EA’s Blog bahas nanti di Artikel History. . .

 

GS1100 5

 

Suzuki GS1100 hadir dengan Genre Naked Bike yang lebih mengarah ke Tourer. . . Bodywork nya sedikit banyak mengingatkan kita kepada Kawasaki Z1300 lansiran akhir 70-an yang pernah kita bahas sebelumnya. . . Dari sisi desain, GS1100 jelas head2head dengan Superbike Jagoan Honda kala itu, CBX1047. . . Pasalnya, Kedua Superbike 1000 cc ini sudah menggunakan Velg Alumunium Cast-Wheel, Bodywork Kekar, serta Rem Double-Disc Depan plus Cakram Belakang. . . Sisi Kaki-kakinya, Flagship Suzuki ini mengusung detail yang unik yaitu Velg 19 inch di Depan & Velg 17 Inch di Belakang. . .

Baca Juga : Kawasaki Z1300, Inline-6 Silinder Kelas Berat !!

 

Lanjutkan Membaca >> Ke Halaman 2

 

27 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s