Honda Nova Dash 125, Ayago Kencang yang Sesungguhnya

Dash 6

Alhamdulillah, Kita masih diberi kesempatan untuk bertemu kembali di hari yang indah ini bersama artikel ringan nan spesial ala EA’s Blog. . . Menanggapi Request pengunjung pada artikel yang lalu Spesial : Adu Spesifikasi Motor Legendaris 250cc 2-Tak, Maka kali ini EA’s Blog coba untuk memenuhi hasrat Brosist semua tentang ayago super kencang yang juga direquest oleh bro FazriΒ yakni Honda Nova Dash 125. . .

 

Seperti apa seluk-beluk, detail serta performanya ? Langsung saja kita bahas bersama Brosist. . . Here we go !

 

Dash 2

 

 

Honda Nova Dash 125 adalah suksesor dari generasi Honda Nova sebelumnya, Honda Nova Tena RS. . . Diperkenalkan pada medio 1996-an, Perombakan besar-besaran dilakukan A.P Honda (ATPM Honda Thailand) pada Nova Dash ini kala itu, Seperti kubikasi mesin yang meningkat dari 110cc ke 125cc, Penambahan liquid-cooled, Transmisi 6 speed (Type Dash RS), beserta beberapa sentuhan desain baru. . . Tak hanya itu, Nova Dash juga kembali mengalami Refreshment pada tahun 1998 dan diberi nama New Nova Dash RS125. . . Motor yang pernah hadir ke Indonesia pada era Millenium lewat jalur IU (Importir Umum) ini memang layak banget disebut sebagai bebek asal jepang terbaik di masanya, , , Seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. . .

Dash Evo

Dash Evo 2

Dash Evo 3

(Dari atas ke bawah) Nova Tena 110, Nova Dash RS125, New Nova Dash RS125

Melirik sektor desain, Aroma sport 150cc fenomenal Honda saat itu yakni NSR150SP sangat kental terasa di Nova Dash ini. . . Mungkin karena hal tersebut lah si Nova Dash 125 ini sering disebut “Downgrade” dari NSR SP, Padahal sesungguhnya Nova Dash RS adalah “Upgrade” dari produk sebelumnya yakni Nova Tena. . . Faktanya NSR125SP lah yang merupakan downgrade dari NSR150SP (Thanks untuk pencerahan by suhu2 di Forum Thai). . .

Balik ke topik semula, New Nova Dash diberi sentuhan baru yang semakin membuat mata melirik dibanding edisi sebelumnya. . . Tengok saja Desain lekukan body semakin berisi nan aduhai, Batok headlamp yang bikin ngiler abis, Buritan sexy ala NSR150SP, Belum lagi ditambah Frame twinspar mini, Double disc brake plus radiator gambotnya. . . Mantap !

Dash 5

Dash 3

 

Beralih ke sektor mesin. . . Meski secara garis besar bergenre bebek (Ayago), Namun New Nova Dash menggendong mesin yang cukup sangar, yakni 2-Tak, Liquid-Cooled, 125cc, plus rasio kompresi yang cukup padat 7,0 : 1. . . Pada sistem penyuplai BBM, Nova Dash menyematkan Karburator Keihin PE 24, Yang pada era selanjutnya menjadi karburator favorit para “Oprekers” korek harian layaknya EA’s Blog. . . Untuk menekan kadar CO yang tinggi di motor 2-tak kala itu, A.P Honda juga menambahkan Catalytic pada knalpot Nova Dash. . . Tak heran, Power maksimal 22 PS @ 9.000 RPM dan raihan speed 140 km/h pun enteng banget buat si Ayago kencang ini. . . Itu baru standar, Kebayang kan kalau sudah dicolek dikit ! Jossss Pastinya !

Dash Speedo

Dash 7

 

Dash Drag

 

Sebagai Tambahan, Ini dia spesifikasi si bebek super asal Honda Thailand New Nova Dash RS125 !

 

Engine : 2-Tak, Single-Cylinder, Liquid Cooled, Crankcase Reed Valve

Bore x Stroke : 55 x 52 mm

Kapasitas Silinder : 123,5 cc

Sistem Penyuplai BBM : Karburator Keihin PE 24

Rasio Kompresi : Β  7,0 : 1

Transmisi : 6 Speed

Ignition : Electronic CDI Unit

Max Power : 22 PS (21,56 HP) @ 9.000 RPM

Max Torsi : Β 1,83 Kgf/m (18,3 N.m) @ 8.000 RPM

 

Panjang x Lebar x Tinggi : 1833 x 650 x 966 mm

Jarak Sumbu Roda : 1355 mm

Berat Kosong : 102 Kg

 

Frame : Alumunium Twinspar Frame

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Monoshock, Swingarm

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston

Ban Depan : 70/90 – 17

Ban Belakang : 80/90 – 17

 

Well. . . Honda Nova Dash 125 mengingatkan kita pada generasi bebek super di era-nya. . . Desain yang aduhai, Sasis kokoh yang sangat stabil, plus performa super kencang di kalangan bebek membuat ayago yang beredar saat ini seolah tak ada apa-apanya, Termasuk suksesor Nova Dash itu sendiri yaitu Nova Sonic 125 ataupun Raider 150 (Satria F150) yang kini sangat fenomenal akan performanya. . . So, Bagi para generasi pencinta ayago yang berjiwa muda, Tetap santun dan hormati bikers yang lain di jalan ya. . . Inget “Diatas langit masih ada langit” lho….

Oleh karena itu, Tak berlebihan rasanya EA’s Blog memberikan tagline pada Bebek Super Honda ini yaitu :

” Honda Nova Dash 125, The Real Hyper-Underbone “

Dash 4

Oke, Sekian dulu artikel History ringan kita kali ini. . . Jangan lupa setelah ini masih ada artikel History lainnya yang pastinya bikin Brosist penasaran. . . Oiya, Sampaikan juga kritik, komentar, koreksi, ataupun request artikel motor History Brosist di bawah yaa, Jika data-data nya mendukung, Insyaallah EA’s Blog akan buatkan…

 

Brosist ada yang punya memori/kenangan bersama Nova Dash RS125 ini ???

Dash Girls

66 comments

Tinggalkan Balasan