Yamaha Aerox 155 VVA 2018

Yang Nyebelin Dari Yamaha Aerox 155 VVA 2019

Sebelum memulai pembahasan soal Yamaha, saya mau ingatkan kalau judul diatas adalah clickbait.

Mungkin sudah banyak diantara Brosist sekalian yang paham kalau EA’s Blog kedatangan satu lagi tambahan line-up motor: Yamaha Aerox 155 VVA R-Version. Well, sebenarnya ini bukan sepenuhnya motor pribadi saya sih… Karena bakal dipakai oleh Neng Anderson & Adiknya yang saat ini sudah bekerja. Makanya saya sih nggak mau nge-hype, paling cuma bikin review & catatan pemakaian saja. As usual.

Yamaha Aerox 155 VVA 2018

Kalau ada Brosist yang tanya, “Kenapa pilih Aerox dibanding Vario 150, NMAX, Lexi S, atau PCX, Kang Eno? Saya nggak bakal mau jawab sekarang (biar penasaran, wkwkwk)… Tapi kalau ada yang tanya, “Kenapa pilih Aerox R dibanding versi STD yang lebih terjangkau, atau Aerox S yang lebih banyak fiturnya?”. Nah ini ada alasannya.

Coba tanya ke kaum hawa deh, kalau disuruh pilih antara Aerox, Lexi, atau PCX Lokal sambil perlihatkan brosur masing-masing. Saya jamin, pasti 80% diantaranya bakal menjawab Honda PCX Lokal. Karena selain punya emblem berlogo sayap, tampangnya memang sumpah, bikin mupeng banget dimata neng-mbak-emak.

Tapi setelah saya yakinkan dengan masalah kualitas PCX Lokal, belum lagi indennya yang amit-amit, plus performa mesin 155cc VVA (karena kebetulan si Neng juga doyan motor kencang), akhirnya sepakat ambil Aerox 155… Karena NMAX terlalu pasaran, dan Lexi S jelas useless kalau dibandingkan dengan Aerox-series.

Yamaha Aerox 155 VVA 2018 - S-Version

Nawarin warna begini ke anak muda……

Niatnya sih ambil Yamaha Aerox 155 S-Version, karena saya butuh banget Keyless (Smart Key) yang saat ini cuma ada di versi S. Tapi sayangnya, begitu lihat-lihat unitnya di dealer, semuanya malah pengen balik ambil PCX Lokal! Alasannya satu, warna matte dan kombinasi velg hitam standarnya terlalu ke ‘bapak-bapakan’… Nggak cocok blas dengan konsepnya yang sporty-big-scooter look.

Nggak habis akal, saya langsung perlihatkan Aerox 155 R-Version yang punya kombinasi warna jauh-uh-uh lebih menarik dari versi tertinggi. Belum lagi suspensi gas-tank yang punya preload & rebound lebih nyaman dibanding S-Version yang (anehnya) justru masih pakai model suspensi standar… What the hell heppen, Yams?

Akhirnya, semua langsung kepincut Yamaha Aerox VVA R-Version warna Silver-Blue yang memang buat saya warna paling keren yang ada saat ini. Keyless gampang lah ya, kalau nanti ada rejeki bisa pasang terpisah… Meski harus frustasi INDEN selama 2 BULAN lebih untuk boyong warna Silver-Blue secara CASH (ya, ini saya nggak bohong lho, bahkan malah ditawari kredit terus-terusan, saya nggak memanfaatkan status sebagai blogger R2 sama sekali).

Tapi, kesabaran berbuah hasil… Yamaha Aerox Silver-Blue kini sudah ditangan, dan minggu lalu baru saja turun STNK nya. Alhamdulillah ya rabb, semoga si Neng & Adiknya puas.

Yamaha Aerox 155 VVA STD 2018

Seminggu kemudian, PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg merilis update Yamaha Aerox 155 VVA STD & S-Version. Warna versi standar makin menggiurkan dengan kehadiran opsi Grey velg Yellow Fluorescent yang keren abis! Meskipun yaaaa, nggak bakal saya pilih juga sih karena terlalu basic dan pastinya bakal pasaran banget.

Tapi yang bikin nyebelin, Aerox versi S juga ikutan dirombak pakai warna yang lebih sporty. Kalau sebelumnya cuma tersedia dengan warna matte yang (nggak tau kenapa) terkesan buluk, kali ini Yamaha Aerox 155 VVA S-Version hadir dengan balutan warna Merah & Hitam, plus velg yang dibalut warna gold cerah. Dan tanggapan saya…. SETAAAAAAAANNNNN! Kenapa nggak dari kemarin-kemarin sih…?

Yamaha Aerox 155 VVA S-Version 2018

Terlepas dari kekesalan EA’s Blog ke Yamaha yang nggak bilang-bilang mau rombak konsep warna di tipe S jadi lebih Sporty, update kelir warna ini ya jelas positif banget bagi calon konsumen diluar sana. Dan menurut saya juga tergolong strategi yang positif – karena IMHO, pasar Aerox ini anak muda dan yang berjiwa muda – kisaran teenagers & twenties, bukan bapak-bapak! Kaum 30-40 tahunan keatas ya pasti bakal ambil NMAX / PCX lah.

Langkah tepat bagi skutik yang super-underrated di Indonesia ini. Karena entah kenapa setahun terakhir Yamaha justru lebih mengekspose Lexi S & skutik yang baru hadir, FreeGo… Padahal kalau dari sisi value, keduanya bakal dimuntahin Aerox, kemudian disuruh ngepel lagi lantainya sampai bersih.

Aerox 155 VVA STD Black Aerox 155 VVA STD Grey Aerox 155 VVA STD Grey Aerox 155 VVA STD Grey Aerox 155 VVA STD Grey

58 comments

  • Apakah benar dugaan saya, bila dealer yamaha dikuasai oleh perusahaan leasing?

    • thecompor

      Ah kaga juga, gw beli nmax n xmax di pelita motor cash langsung bawa bang? Xmax ada 4 unit malah yg orang2 bilang indent,..
      Jangan suka membangun opini menyesatkan, ga semua dealer.. Oknum doank..

    • Rio

      tahun kemarin saya amil mio 125 cash, malah diskon 800rb, 3 jam motor udah di rumah. mangkanya rajin2 keluar cari info…

  • Apakah benar dugaan saya, bila dealer yamaha dikuasai leasing?

    • Aromanya sih kek gitu… Tetangga saya di jaman old mau beli cash Jupi MX 135 musti bolak-balik. (Singkatnya dipersulit).

      Kalo brand sebelah, sy sharing ama salesnya sih ngga kek gitu.

      Tapi… itu kan sales yang ngomong. Faktanya belum tentu juga. Sumbernya harus dari konsumen, baru bisa di katakan akurat.

      • Ihsaan

        Sekedar sharing…
        Menurut ane sih ga smua dealer yamaha bro. Tergantung dealer n wilayahnya.
        Ane tinggal di depok, ktp ane msh jakarta.
        Pd wktu ane ambil nmax (2017) di depok bnyk ready stock. Tp bnyk dealer yg bilang klo beli cash indennya pling cpt 1bln. Klo kredit brg ready. Ada jg bbrp dealer yg bisa lgsg bw plg.
        Tp krn harga otr depok lbh tinggi dr otr jkt. Ane ke dealer er* mtr di pasming (krn paling deket dr margonda depok) Kebetulan th 2014 ane pernah ambil r25 disitu.
        Akhirnya dgn harga otr jkt malah dpt diskon, bsknya motor dianter ke rmh.
        Bln okt kmrn jg ane ambil lexi bwt nyonya, hny via telp bsknya mtr dianter ke rmh (byr dirumah).
        Sorry kang eno kepanjangan sharingnya 🙂

      • Lebay.com

        Saya beli aerox versi s cash sehari langsung tiba. Awalnya sih tipe r tp karena stok habis harus nunggu seminggu. D alihkan ke tipe s dapat potongan 500ribu. Ya ydah gue ambil saja. Mungkin ada sih satu dua tiga dealer yg memoersulit pembelian cash. Tp saya g pernah ngalamin.

        • enoanderson

          Ini menurut saya tergantung case nya sih, yang saya alami sendiri nih ya:

          1. Ditawari kredit terus2an itu cuma biar unit R-Version Silver-Blue cepat nyampe ke dealer. Karena klaim mereka berebutan unitnya antar dealer.
          2. Untuk R-Version Movistar, nggak demikian. Karena udah lama jogrog di dealer, si Neng ditawari potongan harga lumayan kalo beli cash. Bahkan itungannya malah jadi lebih murah dari R-Version Silver.
          3. Aerox STD & S asal pilih warna ready stock, cash gampang.

          Silahkan disimpulkan sendiri Bros…

          • Tituk

            Di sebuah kota di JaTeng seperti itu juga beli nmax cash dipersulit beli aerox apa aja cash sore langsung dikirim bisa

          • Mas An

            Pengalaman saya ya bang Eno. September 2017 beli yamaha aeroa 155 S warna putih di Yamaha **sma Denpasar. Beli cash kena 29,850jt & unit baru turun 1 bulanan itupun setelah nego setengah ngancam bakalan pindah beli produk sebelah, kalau enggak mungkin juga 2 bulanan selisih 2 jt dari harga dijakarta kalau kredit unit dikirim hari itu juga

          • lol

            Nggak cuma yamaha sih, coba kunjungi grup2 PCX di facebook/Kaskus, kasusnya sama, banyak yang dipersulit kalo beli cash. Rata2 diminta biaya tambahan dan inden lama, tapi kalo kredit bisa cepet dateng. Hanya saja, nggak terkespos (atau nggak diekspos)

    • Setdah

      G jg. Sy sdh bli yamaha 2x cash..semunya lncar n mtor bs lngsung dibawa sendiri..

    • A F

      Tergantung dealer saya beli scooter yamaha 2x cash mudah prosesnya dapet potongan lagi. Tapi sekarang kapok beli yamaha lagi mesin kasar, getaran di stang parah, kaga irit bbm pula. Buat scooter harian tetep honda beat dan vario terbaik di kelas nya

  • Teguh

    Ya beli aja dek baru kang. Kan gampang, sekalian rubah warna di STNK

  • goezman

    nyoba aerox kuning punya temen, dijalan jelek atau gravel lebih gleser enak glindingnya gimana gitu dibanding metik entry level.

  • kecoa balap

    Wah.. Sudah dibuat artikel perkenalan..
    Ditunggu yg berikutnya..
    Btw, warna biru silver itu ud yg paling bgus ampe skrg menurut ane.. ingetin ama R1M.
    yg kedua cakep yg kuning di std version..

    Tp ya kalo ane teteup pilih trim yg paling lengkaap.. mungkin kalo ada s version + warna silver blue + rear disc brake + suspensi bertabung

  • anonimus

    Beli motor emang harus hati2 sih, kalo misalkan udh setahun/lebih setelah facelift terakhir, harus rada sabar nunggu (antara facelift makin ganteng atau meh…)

  • Gundala_Putra_Kenthir

    Artikel nya “kentang” nih kang, di antosan nambe komplit plit

    Ngah ngah Ngahsem

  • Lebih kerenan warna hitam doff Suzuki address,kaya ada pernisnya alias mengkilap

  • Cuma yang saya sesalian dari aerox itu kapasitas tangki bensinnya terlalu kecil untuk ukuran 155 cc , tapi sisanya jos dah kang

  • visitor

    buat saya masih lebih bagusan yg versi r kang eno, warnanya tuh exclusive, kombinasi silver matte dan dark blue nya mantap pisan lah. lebih everlasting dan yamaha banget, kalau yg versi s 2019 meskipun sudah lebih baik dari s 2018 tetep aja kelihatan pasaran, kurang khas brand yamaha nya, imho

  • CS12A1RR M/T

    Urg mah moal meuli mang, rek aerox, PCX atau brand NU sejen…
    Dan teu boga duid

  • Hamon

    Warna khas MT-series nurun juga ke matic

  • Garong

    Setannnn, uink ngantosan emte lima belas bujur ges bulukan teu bijil2 acan … hahaha

  • swakemudi

    saya pribadi kepincut merah-silver. tinggal dikasih sticker ala ala desmosedici

  • mramadhan89

    aink ngerti perasaan ente kang..soale aink juga ngambil aerox S warna putih eh keluar black matte….Seeeettttttaaaaaannnnnn

  • mardatillah

    Maaf kang itu kata SETAN nya bisa agak santai gak.?? Hahaha

  • Alsylend

    Wah padahal gw nunggu review shock standartnya

    Taunya ambil R

    • Spy

      Sharing dikit ya.. Shock standar udh ga ada masalah kok skrg bro.. kalo dulu produksi awal suka bunyi srek2 yg belakang kan.. semenjak udh direvisi dgn ulir per yg agak nggembung udh aman dari suara2. Aerox ini nyaman bgt suspensinya depan belakang jos gleser..tambah lg ban besar bgt.. makin nyaman. aneh memang dibanding nmax atau pcx malah pd keras2 itu pdhl skutik utk kenyamanan. Kekurangan aerox cm tangki kecil dan tempat duduk pembonceng agak kecil di ujung jd kurang nyaman utk lama2 boncengan.. oh ya sama kalau kena angin kencang agak goyang di speed tinggi. Mungkin karena terlalu ringan bobotnya & tinggi ground clearence nya ya. Beda sm nmax yg anteb bgt di hi speed

  • robotic.munky

    damn . . . . dari artikel ini saya baru sadar kalo saya pilih PCX karena udah jadi bapak2.

    • visy

      Tp ane jg bapak2 anak 2 om umur hampir 40 pilihnya tetep r155 vva, matic mh buat mak nya anak2 wkwkwkwkwkwk life is a choice

      • robotic.munky

        next time om, di gudang udah nyimpen cbr 150 karbu kok.
        jadwal lagi padat, jadi cari yang paling efisien bahkan di tenaga buat bawa motor.
        kalo 2 bocah saya udah lebih santai ngeloninnya, moga2 masih bisa motoran pake itu.

  • Nunggu review vampir nya deh kang. Katanya ada revisi facelift ini. Entah benar apa kagak. Soalnya bosen miara sayap mulu, dan kurang ngeh kalo ngambil S

  • stratosphere

    ane udah ambil yang aerox std kuning om eno wkwkkw, tahun 2017. sejauh ini yg mau di upgrade ya shockbreakernya (berasa om kalo pake standar shockbreakernya, apalagi kalo boncengan), tapi selepas dari shockbreaker, aerox worth it to the max. lol. enak dipake, recommend

  • Gobleh

    Ditunggu review mesinnya kang. Mesin 155 vva vampir oli juga gak kaya vixion 150? Dan test keakuratan speedo dengan gps hp deviasinya berapa? (Saya tahu gps hp gak bisa dijadiin patokan krn keakuratannya, hanya penasaran aja)
    Btw ukuran tube shock depan sama apa beda dengan nmax punya? Secara visual di aerox keliatan kecil banget, tapi di nmax gak keliatan kekecilan.

  • Ketika baru ambil unit dan seminggu kemudian keluar yang baru, meskipun dari sisi warna,….nyesek itu rasanya..wkwkwkwk

  • Pepesan Kosong

    Bujur sama ban nya yg memurut saya ga bikin ngiler..gede teuing lah..coba dibikin 13″ kayak NMax..aerox bagi sayah terkesan ndut teuing bujur jeung bannna

  • yah daripada Vario 150 mang… kualitas nya amid2… yah plusnya sih dr sisi keyles nya aja.

    emang ngincer itu nya.tp ya keylessnya kek kompor gas.

  • A F

    Buat scooter harian si menurut gue ini motor malah ga value sama sekali..
    Bodi nya obesitas maksa banget, yg jelas ga semua kalangan suka sama model nya. Mending sekalian beli pcx di harga segitu. Honda beat sama vario tetap terbaik di kelas nya terbukti mayoritas konsumen suka karna nyaman dipakai dan irit bbm. Salam satu beton #vario1252018

  • om,sy ada keinginan buat beli aerox,tp yg d khawatirkan adalah aerox itu ga masuk ke pintu rmh sy yg kecil,apakah aerox bkln masuk d pintu rmh yg kecil om?

    • A F

      Maaf ane jawab. Jangan dipaksain bro kalo buat masukin motor aja ga muat, beli sesuai kebutuhan dan kondisi kita.. Lagian kalo buat scooter harian beli yg pijakan kaki bisa buat naro belanjaan/tas. Trus pastikan buat selap-selip itu motor lincah dan irit pasti nya! Jd menurut ane scooter 150cc itu useless buat harian wkwk

Tinggalkan Balasan