Kayaknya Suzuki Harus Bikinin Setang Clip On Nyaman Untuk GSX-R150

Siapa disini yang nggak jadi beli Suzuki GSX-R150 gara-gara takut lihat posisi riding super nunduk? Cung….!

Biasanya kalau soal nyaman nggak nyaman, saya sama sekali nggak menyarankan lirik genre sportbike. Karena senyaman-nyamannya motor berfairing, nggak bakal lebih nyaman dari naked-bike. Dan serileks apapun naked-bike, nggak lebih rileks dan lebih easy riding dibanding skuter matik & maxi-scooter.

So, kalau Bros sekalian cari kenyamanan berkendara diatas segala unsur kelebihan sepeda motor lain – seperti performa, handling, value, dan segala yang lainnya… You know exactly where to go.

Suzuki GSX-R150 ABS 2019

Tapi, gimana kalau misalnya tetap mau sportbike biar terlihat berjiwa muda, ekspresif, dan kekinian kayak instagramanus yang lagi ngtrend? So, jawaban paling masuk akal cuma ada 4, New Honda CBR150R, Suzuki GSX-R150, All-New Yamaha R15 dan…. Ehem, sekenan.

New Honda CBR150R adalah pilihan utama kalau bicara soal kenyamanan, tapi juga pilihan yang paling EA’s Blog nggak rekomendasi demi perkembangan sportbike yang lebih baik. Sementara All-New R15 – meskipun speknya paling mentereng dikelas ini – tapi mungkin nggak masuk di kantong banyak orang lantaran harganya.

Jadi, pilihan paling masuk akal cuma GSX-R150 yang harganya paling murah dan nggak kalah value dari All-New R15… GSX-R150 gak kalah di segmen motor gress, dan juara di segmen motor second karena harga jualnya anjlok.

Suzuki GSX-R150 Setang Nyaman

Photo via Blog Kang Aiken, silahkan kalau mau lihat tutorial setang nyaman ala GSX-R150

Tapi, ini sekaligus menjadi pilihan yang paling terbelakang soal kenyamanan. Handlingnya memang ringan, dan geometri sasisnya benar-benar lincah – tapi posisi berkendaranya itu lho, bikin calon pembeli yang doyan kenyamanan jadi ilfeel duluan… Belum lagi kalau ditambah beban boncenger yang menukik tajam dibelakang. Game over.

Dan ini nggak cuma dikeluhkan 1-2 orang lho, tapi dari 100 ribuan orang yang menonton kombo video New CBR150R ABS & GSX-R150 ABS, yang komen begini banyak banget! Okelah sisi boncenger yang nggak manusiawi kita nggaj bisa banyak protes(karena kalau dibikinin body belakang baru takutnya malah hancur minah kayak #ehemm GSX150 Bandit),  tapi dari perspektif rider itu lho… Kenyamanan berkendara itu tetap dicari meskipun segmen ini jelas nggak mengutamakan kenyamanan.

Suzuki GSX-R150 Setang Nyaman

No Suzuki, bukan kayak begini… Catat!

Suzuki sebenarnya sudah membuktikan lewat GSX-S150… Dengan geometri sasis yang sama, buritan yang sama-sama nungging, handling khas ala GSX-R150 nggak bakal terpengaruh meskipun posisi setangnya diubah jadi lebih nyaman. EA’s Blog sudah buktikan sendiri, GSX-S150 tetap jadi naked-bike yang super enjoyable buat dibawa harian… Kalau yang make jomblo tulen.

So, gimana menurut Brosist sekalian? Haruskah Suzuki merubah ergonomi berkendara di GSX-R150 dengan memasang setang clip-on konvensional ala-ala CBR150R K45A? Atau lebih baik jual paket setang & clamp atas khusus (pakai brand SARP, maybe) yang punya posisi riding lebih nyaman, jadi user lawas bisa langsung upgrade tanpa ragu soal PnP?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. Knp new R15 gk d rekomendasikan klo harga yg jd pertimbangan om,knp gk CBR yg fitur se adanyA tp plg mhal skrg…??apa krn gk pernah di undang yamaha,,heheheheh

  2. Gajadi ‘pure sport feeling’ dong….
    Terserah sih, gue pake gsxs sih :v
    Buat boncengan pake mx
    Buat angkut2 pake revo
    Buat belanja pake mio

  3. klo pengen nyaman, paling cari stang clip on yg rada tinggian.

    masih kurang nyaman……

    solusi nya beli matic aja. hehehe.

  4. Gak mentok fairing tuh stangnya kang? Banyak yg nyoba pake punya cbr dan akhirnya harus ngalah lepas windshield wkwkwk
    Atau mungkin sekarang ada yg berhasil sempurna?

  5. Kok saya malah udah kebiasa ya sama stangnya gsx r150, awal2 iya pegel, lama2 ilang jg pegelnya, jadi enjoy. malah klo naik revo nggak nunduk ada yg kurang. Ban depan kerasa kurang gigit ke aspal. Jgn keintimidasi ama stang underyokenya gsx r150, soalnya masih kategori nyaman banget buat harian kok klo dibanding, say, R15 VVA, atau bahkan 868 evo… (saya kebetulan pernah test). Bak bumi langit.

    Btw klo diganti stang upper yoke, jadinya bukang GSX-R150 dong, tp jadi GSX-150R kwkwkwkkw. Menurut saya biarkan sajalah.

    • Kasus konsumen seperti ente ini 1001 mas, sampeyan yg 1, yg sono 1000. Itu kenapa cbr 150(selain cap sayap legendnya itu) dan ninja 250 (selain jualan pride) laku keras. Tp kalo ane disuruh milih gsxr vs cbr yaaa miliihhh……… Cbr wkwkwkwkwkland

  6. aduh kang, kayanya beginian gak usah dibahas. kenapa? karena memang genre nya disana. soul. jiwa. udah. titik. jangan dipanjang lebar kan.

    Ini bagaikan mengkritik produsen pembalut softek untuk pria. Jelas-jelas pembalut itu ya buat wanita!

    Mungkin judulnya harus dirubah “how to setup clip on GSX-R150 to fit your body”

    klo judulnya Nyaman? senyaman apa?