2019 New Honda CBR650R

5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang New Honda CBR650R

Engine Holics Section

Mesin Hasil Tuning Ulang

 

2019 New Honda CBR650R

Meskipun mesinnya masih menggunakan 4-silinder, 649cc, DOHC 16-Valve, Liquid Cooled – which is kelihatan sama persis seperti edisi lawas – tapi New Honda CBR650R ini diklaim sudah mendapatkan seabrek tuning ulang lho!

Ubahan pertama ada dibagian dome piston yang membuat rasio kompresi mesinnya jadi lebih padat, dari 11,4 ke 11,6 : 1. Durasi valve timing juga diatur ulang untuk menghasilkan tambahan tenaga di RPM rendah, serta menyesuaikan ECU anyar yang punya redline 1.000 RPM lebih tinggi… Area ruang bakar mesin kemudian dilengkapi dengan Busi Iridium sebagai standar.

2019 New Honda CBR650R

Kemudian untuk memaksimalkan area intake & exhaust, New Honda CBR650R juga sudah menggunakan Ram Air yang mengalirkan udara bersih ke box filter di kecepatan tinggi. Dibagian knalpot – meski masih menggunakan tipe underbelly seperti edisi lawas – namun kini sudah berbekal diameter pipa gas buang yang lebih besar (35mm ke 38,1mm).

2019 New Honda CBR650R 2019 New Honda CBR650R

Seabrek tuning ulang dibagian mesin ini kemudian ditambah dengan Assist-Slipper Clutch untuk perpindahan gear lebih halus saat downshift, serta handle kopling yang lebih enteng. Nggak ketinggalan, Honda Selectable Traction Control (HSTC) kini hadir sebagai standar… Dan bisa di on-off sesuai kebutuhan.

2019 New Honda CBR650R

Ubahan ini membuat power New Honda CBR650R naik dari 90 HP @ 11.000 RPM, menjadi 95 HP @ 12.000 RPM. Honda juga memberikan opsi downgrade powernya menjadi 35kW (47 HP), supaya bisa digunakan pemula dengan lisensi A2.

 

My 2 Cents

 

Di pasar Eropa, New Honda CBR650R diplot sebagai pengganti CBR600RR

– Kenapa Honda CBR650F berubah nama dan konsep jadi lebih sporty dalam sosok New Honda CBR650R?┬áSelain menyesuaikan dengan spek CB650R, kalau Brosist sekalian rajin baca artikel lawas EA’s Blog, Honda CBR650-series inilah sebenarnya yang diplot untuk menggantikan sosok legendaris CBR600RR yang jadi korban sepinya segmen Supersport.

– Kira-kira kalau diboyong ke Indonesia gimana menurut Kang Eno… Bakal laris atau nggak? Well, menurut saya kira sih bakal sama saja seperti pendahulunya, CBR650F. New Honda CBR650R pastinya bakal dijual dengan harga lebih mahal dari Kawasaki Z900 (Rp. 225 Juta), bahkan berpotensi lebih mahal dari Z900RS (Rp. 275 Juta).

2019 New Honda CBR650R

– Kok sekarang Honda CBR-series desainnya jadi lancip-lancip alias agresif banget gitu ya, Kang Eno? Again, saya pernah bahas seputar ubahan konsep CBR-series ini. Sejak kehadiran CBR250RR & CBR1000RR beberapa tahun lalu, desain CBR-R & CBR-RR series memang jadi jauh lebih agresif, bahkan lebih agresif dibanding sesama sportbike merk Jepang lain dipasaran.

 

23 comments

  • topman

    Secara umum Z800/900 impor thailand, honda CBR650xx impor jepang, umumnya sih dri Thai bisa lebih murah krn insentif pajak dll, tapi balik lagi sy ga tau gimana2nya, di dunia permobilan Mazda bisa impor jepang bahkan bejaban dgn buatan lokal, misal CX5 vs CRV… atau toyota voxy yg beda tipis dgn innova venturer, coba deh tuh ditanyain ke AHM nya hihi

  • Hamon

    Yakin kang CBR650R ini di plot pengganti sang legenda 600rr? jomplang banget peformanya dengan kompetitornya (R6 dan new ZX6R).. buat ngelawan ninja 650 lebih pas imho

    • ChrisNug

      Klo saya ga yakin. Kayanya lebih sebagai lawan dari Ninja 650.

      • enoanderson

        Cuma buat ngisi line up CBR600RR di Eropa kang, pengganti secara line up jualan, bukan total pengganti all-new.

        • ChrisNug

          Penggantinya mungkin aja CBR700RR ato CBR800RR, sekaligus jadi lawan Ducati Panigale 959.

          Tebak2an ngawur saja sih…

    • kecoa balap

      gantiin super sport kelas 600 sih ga mungkin…
      tapi ya ga pantes jg dibandingin ama kelas 650 2cyl..
      mgkn honda mau ngisi celah di antara 2 kelas tersebut.

    • enoanderson

      Emang begitu faktanya kang, based on pernyataan bos besar presiden Honda. Nah buat buktinya, silahkan liat di web Honda EU (UK contohnya), itu dikelas supersport diisi CBR650F/R…

      Tapi inget, cuma buat EU yang sudah nerapkan EURO4.

  • Avan Za

    CBR600RR distop produksi bkannya terkait masaLah emisi ya, Kang ?? Jdi daripada harus kehiLangan feeL and souLnya sebuah CBR karena reguLasi jadi Honda mutusin bwt stop produksi. SeLain juga karena penjualannya yg kurang memuaskan.

  • kecoa balap

    Cbr 650f di thai sih cm 303.000 thb… sama harganya kayak seri 500cc 2 cyl di indonesia..
    Entahlah siapa yg ga niat jual.. apakah ngahaem atau honda pusat (jpg dan thai).

    Kalo misalnya cbr650 series ini seharga 150an, yakinlah bakal nambah 1 customer yg beli..

    • Mbg

      150an?? 4 silinder ini pak bukan 2 silinder..
      Harga segitu gk nambah 1 tp puluhan pembeli pak
      Kalo mau 150an 4 silinder merk honda udah ada line up briyo satiya pak.. monggo dibeli.. wkwkwkland

  • Allien

    Jomplang bgt 95 HP di downgrade jd 47 HP itu ko terkesan mubazir banget 4 silinder spek gahar knp ga yg cbr 500 aja padahal yg spek lebih rendah

    • enoanderson

      Buat orang sana (EU) mungkin ceritanya beda kayak di kita kang. FYI, MT-07, Z650, bahkan Z900 (yes beneran) juga dikasih opsi downgrade power ke 35 kW kang.

      • ChrisNug

        Gimana caranya motong power-nya itu? Nanti mesinnya bakal bermasalah ga?

        • Thurston River

          Kayaknya lewat ECU di limit rpm maupun topspeednya, lupa pernah baca di mana gitu ada di artikel luar yang pengen ubah spek motor A2 ke full license yang artinya unlock restriction di jeroan mesinnya

        • Mbg

          Satu2nya cara instan ya lewat piranti elektroniknya itu pak. Gampang aja pas di test dyno peak 47HP ini di rpm berapa, ya udah limitnya di rpm itu. Tp soal torsi bakal melimpah ruah krn gk bs dibohongi di rpm low-mid nya. Amsyong bgt kalo pas tenaga segitu cuma di rpm 5-6000 an udah berasa ngegas mobil aja wkwkwk

  • Thurston River

    Gak banget buritannya gak kayak Ducati Supersport mengalir dari depan ke belakang lebih milih di jadiin Neo Cafe Racer aja pake bikini fairing kayak CB4 Interceptor udah gitu mesinnya sama daripada nodain design Fireblade atau emang ini kode buat Foreblade saat ini bakal kena update masive/all new. kalopun CBR650R buat ngisi celah kelas middleweight malah terlalu maksa ibaratnya ini motor lahir prematur.
    Sorry kang, keluarin unek2, gemes aja sama kelakuan Honda punya motor konsep keren kayak CB4 Interceptor malah ga di keluarin buat produksi massal, mungkin kehadiran Aprillia di kelas Superspot moga aja bikin pabrikan lain ‘bener-bener niat’ bikin Supersport yang lebih baru bukan ganti baju.

    • ChrisNug

      IMO, CBR650R kayanya ga bener2 diposisikan sebagai pengganti CBR600RR, kan kode belakangnya udah lain (R & RR).

      Mungkin aja bakal ada pengganti yg benar2 sepadan nantinya, secara ada celah di antara kelas 600-650 dan 1000cc, meskipun ga bakal bisa main di kelas Supersport.
      Misal: CBR650RR, CBR700RR, CBR750RR…

      • Thurston River

        Iya bro, tapi di eropa sana market CBR600RR yang kosong di isi sama CBR650R. emang bukan pengganti varian ttapi pasar yang kosong, cuma lucu aja sama motor prematur kayak CBR650R.

        Entah, kelas middlesport jadi kelas paling nanggung kudu ada sesuatu yang lebih.

  • Ecekeben

    Ini cbr150r versi moge nya??? Mirip ya…

  • uzhenx

    Spion kalah sama cebeer pekgo…

  • Dut

    Tambah keren, cuma minus buritan, kalo buritan pake yg 650 lawas baru cocok hehe..
    Tapi masih lebih manis cbr600f sodaranya si hornet, lawannya fz6

  • Alsylend

    Memang pendekatan sport tourer lebih menjanjikan di banding supersport

    Itulah mengapa cbr150r lebih laku

    Ntah mengapa r15 v3 malah ga bisa di bikin uperyoke
    Bisa sih tp mentok sana sini jd ga enak

    Gsx juga nunduknya kebangetan

    Jadinya ya gt,
    Harusnya yamaha sama suzuki segera merespon permasalahan ini
    Biar cbr ga laku terus, biar ga cmn ganti2 stang wkwkwk

Tinggalkan Balasan