Honda PCX Electric Nampang Di Booth Honda IMOS 2018

Diluar deretan moge >500cc yang bikin ngiler, praktis Booth Honda IMOS 2018 terkesan ‘garing’… Kecuali untuk yang satu ini, Honda PCX Electric!

Sebenarnya pasca dapat undangan IMOS 2018 dari PT. AHM, saya bingung mau datang atau nggak. Pertama, takut bentrok dengan acara perilisan Suzuki GSX-R150 ABS. Kedua, saya nggak yakin CB150R Exmotion bakal ikutan nampang di pameran sepeda motor yang diklaim “terbesar di Indonesia” ini. Tapi akhirnya ya datang aja, siapa tau ada kejutan.

Daaaaannn… Ternyata nggak ada. Selain moge >500cc yang bikin ngiler, isinya cuma display produk Honda yang saat ini dijual dipasaran. Dengan beberapa pajangan custom, plus 1 motor konsep di area sayap booth PT. AHM.

 

Motor Konsep Anyar

 

Motor prototype a.k.a Honda G Concept yang dipamerkan di booth Honda IMOS 2018 ini unik. Desainnya nggak lucu & imut-imut seperti Scoopy atau Giorno, juga nggak rounded laiknya Vespa modern. Meskipun overall desainnya Scoopy-licious banget, tapi guratan bodinya dipenuhi aksen tajam yang berbanding terbalik dengan tema motor retro-fashion.

 

Salah seorang penjaga booth motor prototype tersebut sempat menanyai EA’s Blog…

E: Ini motor prototype baru ya mas?
P: Iya mas, gimana menurut mas… Pertama kali lihat desain seperti ini atau gimana?
E: Kalau soal desain unik sih, tapi kayak yang sudah pernah lihat dimana gitu.
P: Apa ya mas?
E: Entah kenapa saya langsung teringat prototype punya pabrikan sebelah (sambil nunjuk booth Yamaha yang sebelahan).
P: Motor apa ya mas?
E: Yang punya sayap kayak kupu-kupu gitu deh kalo nggak salah, entah namanya 03GEN atau prototype GEN berapa gitu (maaf, asli saya lupa kalau namanya 04GEN).
P: Tapi kalo di Indonesia, apakah baru pertama kali lihat yang seperti ini mas?
E: Jelas. Ini pertama kali saya lihat shape desain begini.

Secara overall desain, menurut EA’s Blog skutik ini menggabungkan unsur fashion ala Scoopy & guratan desain lancip yang terkesan sporty. Konsepnya mungkin terdengar mirip Fino Blue Core, tapi secara visual jelas jauh banget – cakepan ini kemana-mana…. Jauuuuuuuuuuuuhh.

Yang unik, detailnya justru pakai unsur sporty lho. Speedometernya pakai digital, suspensi depan-belakang pakai punya BeAT tapi dengan velg Y-Spoke ala Vario 125 eSP. Mesinnya kelihatan pakai basic 108cc Air-Cooled, tapi cover CVT nya pakai punya Vario 125… Nah, inikah basis mesin 125cc Air-Cooled Honda untuk matik entry-level kedepannya?

Who knows, karena memang nggak ada keterangan apapun di sisi permesinannya.

 

Honda PCX Electric

 

Satu lagi yang bikin kejutan justru berada dibagian belakang booth Honda IMOS 2018. Nyempil diantara Forza 250 & PCX Hybrid, adalah Honda PCX Electric yang debut secara perdana di Indonesia!

Skutik bertenaga baterai ini kalau dilihat dari depan, dijamin nggak ada bedanya dari PCX standar ataupun ABS… Cuma aksen alis biru & emblem Electric yang bikin beda. Tapi begitu dilihat dari belakang, ebusyed, maxi-scooter elektrik ternyata begini ya!

Ini pertama kalinya saya lihat skutik gambot pakai mesin elektrik, dan ternyata motor listriknya kecil banget! Jauh lebih mungil dari mesin 150cc eSP milik PCX bermotor bensin konvensional… Saking kecilnya, sampai bagian kaki-kaki belakang Honda PCX Electric ini kelihatan seperti maxi-scooter kena penyakit anomali gizi.

Karena bagian belakang Honda PCX Electric ini jadi hancur banget, sumpah… Knalpot & Swingarm PCX Konvensional digantikan swingarm mungil, yang lebih kelihatan seperti dudukan shockbreaker ketimbang unit swingarm. Cover CVT nya digantikan drivetrain motor listrik, yang secara visual lebih mirip E-Scooter punya ibu-ibu belanja kepasar.

Untungnya, Honda PCX Electric ini punya tambahan mud guard keren sebagai pengganti fender belakang. Di booth khusus PCX Electric ini juga kita bisa melihat 2 baterai Lithium-ion yang digunakan sebagai sumber tenaga motor listrik sang PCX, berikut chargernya! Ukurannya masif dan lumayan berat euy… Pantesan sekarang harga baterai beginian masih mahal banget, wkwkwk

 

7 comments

  • Polmas

    Inovasi masih bagusan yamaha, baterai aki konvensional jadi hybrid

    • anonimus

      Plus minus sih, cuma yg jelas y & h ada itikad buat bikin motor listrik, nemenin viar q1 sama gesit nanti

  • swakemudi

    berpotensi lbh arogan daripada namex. mesin listrik bos, torsinya instan. langsung torsi maksimal di detik pertama!

  • Ceberus

    Ancur banget dah belakangnya wkwk .. Tapi diarea cvtnya menurutku paling kerenk

  • Yang pertama kepikiran pas ngeliat motor konsepnya, langsung inget Vespa 946

  • emblue

    Sependapat dgn EA yg sy pernah baca di artikel lama. Indonesia jauhh uhh utk convert transportasi listrik terutama dr kebijakannya yg luama ga kelar2. Dan setuju dg Gaikindo soal hybrid sbg perjenjangan lantaran kebutuhan listrik rumah tangga & produksi saja belum dijamin BEBAS MATILISTRIK . Kebayang kan motor listrik abis mau ngecas mati listrik wkwkw

  • Cah Angon

    “Konsepnya mungkin terdengar mirip Fino Blue Core, tapi secara visual jelas jauh banget – cakepan ini kemana-mana…. Jauuuuuuuuuuuuhh.’
    Sejauh mata memandang ya om Eno

Tinggalkan Balasan