Suzuki GSX-R150 ABS Resmi Tampol Honda CBR150R 2019!

Belum genap 2 minggu lalu saya ‘sentil’ Honda saat merilis CBR150R edisi 2019. Sekarang, langsung dihantam bogem mentah oleh Suzuki GSX-R150 ABS.

Melaporkan dari IMOS 2018, PT. Suzuki Indomobil Sales akhirnya menambah satu lagi varian GSX-series dengan kehadiran Suzuki GSX-R150 ABS. Sepengamatan saya langsung dilokasi, setidaknya ada 2 kejutan di Baby-GSX varian ABS yang dirilis resmi hari ini.

Suzuki GSX-R150 ABS 2019

Pertama, sistem Antilock Brake System nya sudah menggunakan tipe Dual-Channel ABS – di roda depan & belakang. Sebenernya nggak aneh sih, karena GSX-R125 yang jadi basis sistem ABS nya memang sudah pakai ABS dual-channel… Berkebalikan dari New R25, dalam hal ini Suzuki mampu memanfaatkan basis produk global ke versi lokalnya.

Notes selanjutnya, Suzuki GSX-R150 tipe ABS belum pakai sistem ESS (Emergency Stop Signal) laiknya di CBR150R edisi 2019… Karena you know, ESS (sepertinya) hak patent milik Honda. Dan Suzuki belum mengembangkan fitur yang serupa kinerjanya.

Lagi, ini juga harusnya bukan hal yang aneh karena GSX-R125 juga belum pakai sistem hazard serupa ESS kan? Nggak mungkin Suzuki develop fitur anyar seperti ini dalam waktu 2 minggu… Lahwong develop Upside Down SARP aja nggak kelar-kelar.

Suzuki GSX-R150 ABS 2019

Kejutan yang kedua – dan menurut saya ini yang paling mind blowing – harga Suzuki GSX-R150 ABS cuma naik Rp. 3 juta dari versi Keyless Standar! Menjadikan Baby-GSX sebagai motor bersistem ABS Dual-Channel dengan selisih harga termurah dibanding versi Non-ABS…!

Suzuki GSX-R150 tipe ABS ini dibanderol dengan harga Rp. 33,15 juta saja… Dimana GSX-R150 Keyless Non-ABS dibanderol Rp. 30,15 juta & GSX-R150 versi paling rendah (Shuttered Key) dilego Rp. 29,15 juta.

Tentu saja, meskipun EA’s Blog pribadi suka sosok GSX-R150 sejak pertama review tahun 2017 lalu… Saya nggak bakal tutup mata soal pernyataan di artikel CBR150R 2019 silam. Tanpa mengurangi kepedulian untuk sektor safety dengan penerapan Rem ABS – untuk kenaikan harga Rp. 3 juta, detail eksotik laiknya suspensi upside down, swingarm alumunium, kaki-kaki & upgrade mesin lebih saya apresiasi dibanding penerapan ABS.

Untungnya mesin Suzuki GSX-R150 ABS sejak generasi Keyless perdana dulu pun sudah powerful, jadi nggak perlu dikomentarin lagi deh soal mesinnya.

Suzuki GSX-R150 ABS 2019

Oke, balik ke topik *eh harga… Dengan banderol harga tersebut, tentunya sudah tahu kan siapa yang bakal jadi bahan sentilan di EA’s Blog? Tapi, NO, kali ini bukan saya yang nyentil. Faktanya, Honda CBR150R edisi 2019 langsung ditampol oleh Suzuki GSX-R150 ABS!

Gimana nggak, selisih harganya dengan CBR edisi 2019 mencapai Rp. 5,7 juta – alias hampir ENAM JUTA!

Suzuki GSX-R150 ABS 2019

Kenapa EA’s Blog bandingkan harganya dengan Honda CBR150R ABS versi Repsol Edition? Padahal kalau dibandingkan yang standar kan bedanya nggak sampai Rp. 5 juta Kang? Nah, itu karena Suzuki GSX-R150 ABS punya varian Ecstar MotoGP (Triton Blue) dengan harga yang sama seperti varian warna lain.

Dan nggak cuma itu aja, masih ada juga warna lain dengan kombinasi kelir dual-tone (Velg & Body) yang beda warna. Jujur, favorit saya tetap Brilliant White – Vigor Blue CW… Warna biru velgnya menor pisan kayak make-up artis dangdut! Selain itu ada juga varian warna Titan Black – Rouge Red CW ala BlackFire edition, serta Stronger Red – Titan Black yang paling minimalis.

Video review perbandingan Suzuki GSX-R150 ABS & Honda CBR150R 2019 menyusul ya Bros! Sementara ini, plis kasih komentar terbaik kalian dikolom komentar… Mungkin bisa EA’s Blog pertimbangkan komentarnya jadi bahan di video kita mendatang.

 

47 comments

  • radenmasbao

    Pertamax. . .

  • radenmasbao

    Pertamax kang eno. .

  • Sikent bae kang

    Knp abs gsx itu murah , krna itu suzuki..
    Kenapa abs cbr itu mahal krna itu AHM ngoahahahh

  • Udah nebak pasti ni bakal di bahas sama aneendorsan wkwkwkwk..

    H itu emng baik saking baiknya jadi jahat.

    Saking jahatnya sampai jahatpun tetep dibilang baik

    Karena mereka Umat paling jenius ..

  • the_ebs

    sistem serupa ESS sudah lebih dulu diterapkan di mobil, Bro.
    saya lupa tepatnya mobil apa (antara bmw atau volvo) yang bahkan tingkat kecerahan lampu rem akan berbeda² sesuai dengan tekanan kaki pengemudi pada pada pedal rem.

    *saya hanya bisa menemukan contoh ini https://m.youtube.com/watch?v=56WTZThaWt4

  • Waqit

    Ini tipe abs yg berdiri sendiri atau yg nyatu dengan ecm mang eno ?
    1 lg kalau tipe nyatu kayak modul abs pada umumnya kemungkinan g bisa subtitusi dengan gsx lawas y

  • Ilmantul

    Jiaaaaahhhh sesuai prediksi saya harganya

    Bikin si H jadi keliatan masang harga overprice

  • rafiedingdong

    jangankan dibandingin sama CBR150R ABS, harga GSX R150 ABS ini aja masih lebih murah dr CBR150R STD kok wkwk

  • Allien

    Nah kang ai saklar hazzard di versi abs ada kan di gsx r125 ada tuh saklar hazzard

  • rezim gila

    Nahh ini baru bener.
    ABS itu buat motor KENTJANG..!!!

  • DOYOK

    Cbr bagaikan pangeran.
    Tampan,penuh fitur,penuh asesoris,tp dgn harga & performa “priyayi”

    Gxs seperti prajurit perang.
    Tidak ganteng,tidak banyak asesoris,tp dgn harga merakyat & performa bukan priyayi.

    Ngoahh..ngoahh..

  • Semut Merah

    Suzuki, yg 3 juta itu kenapa ga dibuat versi special nya pake USD, swing arm banana, ABS ga terlalu kepake, udah macet Jabodetabek mah.

  • goezman

    abs gak ada kaitan ama ngebut kok, memang berfungsi diatas kecepatan tertentu (misal 30 km/jam) karena dibawah kecepatan itu ngerem mendadak pun “relatif” aman (gak nge-lock parah bannya).

    klo jalan abis ujan trus ngerem ngedadak gak pake abs paling ngesot n ngejungkel. atau abis macet2an, akselerasi lagi filtering diantara mobil tau2 dari sela2 mobil nongol motor lain kan ngerem ngedadak juga tuh, bisa ngesot juga. kecepatan? paling 40-50 km/jam saat itu.

    fyi abs mandatory di kelas A2 (learner)

  • Selles Honda

    Ya elah pake dibahas yg kaya ginian. Honda kan jualan brand bro 8) sama kualitas after sales yg bengkelnya ada dimana2. Ibarat kalo hp, bandingin merk mtr suzuki dgn mtr honda tuh ibarat bandingin merk hp xiaomi dengan samsung. Meskipun samsung harganya jauh lebih mahal dari hp xiaomi, tp hp samsung tetep laris manis d pasaran.

    • Au ah

      Bedalah samsung mah mahal ngasih kualitas bagus, mau di bandingin ama xiaomi jg keliatan mahal samsung , lah honda you know lah…

    • aa

      Yaelah bengkel dimana mana?
      la itu CBR250RR yg notabene bengkelnya ada di mana mana
      kok kalah laku dibanding Ninja250 yang bengkelnya lebih sedikit?
      coba dijawab?

      Yaelah bandingin sama samsung. samsung kualitasnya bagus
      lah ahaem?

  • Ciplux

    Btw di Xpander juga sudah ada fitur macam ESS di CBR 150 ABS itu om, tapi kemungkinan asal udah ABS kayaknya bisa modif fitur macam ESS itu. Kasarnya mungkin tinggal jumper flasher ke sensor ABS nya jadi ABS aktif ESS juga aktif haha

  • CBR150R termahal, GSX Termurah, R15 ditengah-tengah harganya. gak aman buat R15, karena org calon buyer yg awam biasanya ketika dihadapin banyak pilihan itu beli yg termahal atau termurah. aplg rentangnya 30-33-35-38. hayo pilih yg mana kalian? ketiganya sama-sama tampan dgn kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

    • Frans

      Jadi semakin baik bila yamaha bisa mengakomadasi fitur2x penting kaya gini tapi dgn harga sewajarnya. Tendangan pasar lbh ngelawan yamaha banding suzuki semakin banyak harga motor Honda yg overprice yg kemungkinan tidak lbh laku dgn pesaing yg bervariasi. Demoga ekspor Szuki moncer jd bisa develop motor yg cakep berfitur harga bersahabat. Organisasi Hmi dah terlalu tambun kebetulan produksi tambun klw ngk salah

  • emblue

    Yang saya takutkan karena Ahaem Honda sbg market leader dia akan menjadi standar “benchmark” baik secara “harga” dan “kualitas” . Itu kayak mimpi buruk sih, tp setidaknya pabrikan lain punya idealisme yg kokoh.

    • enoanderson

      Makanya blog lain semacem EA’s Blog kudu tetep eksis kang, meskipun ya pasti perih bgt kehidupan ngeblog nya.

      • emblue

        Seperih buyer apple kang beli mahal eh rusak minta perbaiki eh dikasih alesan ini itu. (-_-)
        Penulis bloger apapun profesi ya harus tetep punya “pegangan” , kl ga ya hanyut.

  • kecoa balap

    gw fans honda (bukan fans ngahaem yaa…), tp ngeliat suzuki bangkit begini dan mukul cbr150r, saya suka..
    inilah gunanya kompetisi..
    biar semua produsen mikir kalo mau ngluarin produk buluk tapi mahal…

  • Syawal

    Honda cbr 150 tambah rem ABS naik 5 juta….
    Di tmbah keyless naik 5 juta..
    Di tambah upside down naik 5 juta..
    Di tmabah arm banana naik 5 juta
    Plus ganti warna naik 1 juta….

    Jdi total semua 50 jutaan….jika ada pembaruan lagi….

    Oohhhhhhh no….!!!!!!!!!!!!!!!

  • Wawan

    Mang eno ini sistem abs bisa dipake di satria fufi ngga?
    Kebetulan belum lama ini saya ngajungkel gara2 panic break haha

    • enoanderson

      Satria FI velgnya beda kang sama GSX. Modip mungkin bisa, tapi IMHO penyesuaiannya bakal susah banget itu di velg standar FU FI kang

  • Ocil

    Sebenernya murah mahal itu memang relatif kok, Oke ini memang bisa diukur dimana dari segi mesin, fitur ABS dan pricing memang GSX-R lah pemenangnya. Tapi IMO, desain dan ergonomi riding tetaplah sebuah prioritas utama dalam kelas 150cc sport bike ini. Dan tentunya Honda(beruntungnya) tetap menyertakan 2 jenis CBR dimana konsumen bisa memilih antara mau membeli yang biasa ataukah yang ABS. Semua perbandingan fitur seolah sirna ketika kita melihat data AISI keduanya. Dan realistis sih klo produk sudah laku keras trus dijadikan mahal, soalnya lagi2 kembali ke “klo mahal laku ngapain harus dimurahkan?” 😀

    • enoanderson

      Saya bukan kali ini doang bandingin 2 atau lebih produk dari sisi harga, Nex II vs BeAT misalnya… Saya tetap pegang BeAT meskipun, ya gitu, lebih mahal. Kenapa? Okelah kualitas kalah, tapi BeAT itu secara overall produk jauh lebih baik daripada metik entry Suzi.

      Untuk kasus CBR150R 2019 ini jelas nggak masuk akal dilihat dari sisi manapun, kecuali bisnis. Okelah CBR punya ABS + ESS, tapi apa basic kaliper & kampasnya lebih bagus dari punya GSX-series? Kan nggak. Nyaman (secara ergonomi doang loh ya) jelas CBR juara… Tapi apa itu masuk akal bikin harganya beda 5,6 juta sesama versi ABS? Nggak.

      Oiya, karena tadi komentarnya juga bahas versi standar, kita lupain aja dulu All-New R15. Kasian banget CBR kalo dibandingin sama R15, wkwkwk

      • Syawal

        Intinya kesalahn cbr itu maslah harga nya yg kelewatan…
        Yg jdi kasian adlah para peminat model cbr 150….. mau mendapatkn motor impian yg gk wah wah banget smpai mengorek kantong nyaris 40 jutaan ….

        Untung sy fans suzuki… hihi

  • Akra

    Smart people membanggakan motor favoritnya berdasar data penjualan aisi & tokcernya cara bisnis si merk motor sampe bisa laris manis.

    Wajar sih mereka bgitu, pan tiap bulan mereka yg banggain data jualan motor itu dibagi keuntungan sama pabrikan, makin laku jualan makin banyak deviden ke masuk dompet mereka juga, ditransfer langsung sama pabrikan. Keren memang.

  • honda gk bakal ngasih perlawanan kemusuh yg udah sekarat. beda lagi kalo kasusnya h0nda marketnya dibawah y ma s.pasti dibantai.jadi disini saya merasa atas nama cbr

  • Fakhri

    Develop teknis USD sebenarnya gak sulit seharusnya untuk sekelas pabrikan. Yang sulit itu develop harganya
    IMHO

  • uzhenx

    6 juta lebih murah tapi keliatan keremieun kang..

Tinggalkan Balasan